Thursday, January 15, 2015

Agrowisata Mangunan Bantul Yogyakarta



Introduksi

Kebun buah Mangunan berada di Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 35 km dari pusat kota Yogyakarta, agrowisata ini dibangun di atas area seluas 23,34 hektar pada tahun 2003 oleh Permerintah Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada di kawasan perbukitan kaki Pegunungan Seribu dengan ketinggian 150-200m di atas permukaan laut. Agrowisata Mangunan memiliki berbagai macam koleksi tanaman buah-buahan, diantaranya durian, mangga, jeruk dan jambu.

Di tempat ini kamu bisa menikmati aneka buah-buahan yang bisa langsung kamu petik. Tapi tidak semua buah bisa tersedia dalam satu waktu karena ada beberapa buah berdasarkan musimnya. Untuk bisa memetik dan menikmati aneka buah langsung dari pohonnya, kamu diharuskan membayar sesuai dengan tarif yang ditentukan. Selain tanaman buah-buahan, pengunjung juga dapat melihat beberapa koleksi satwa, seperti rusa dan monyet. Agrowisata ini memiliki gardu pandang yang berada di puncak bukit, kamu bisa menikmati pemandangan alam pegunungan seribu yang indah.

Fasilitas

Agrowisata ini dikelola cukup baik, bisa dilihat dengan adanya fasilitas yang disediakan, seperti: kolam renang untuk anak-anak dengan kedalaman sekitar 0,5 sampai 1 m, kolam rekreasi dengan perahu bebek dan sepeda air, adanya tiga buah aula, area api unggun, area kemping, flying fox, refling, dan tracking area outbond. Selain itu, disini juga sering dijadikan arena latihan dan perlombaan bagi para pecinta downhill dan cross country.

Akses ke Agrowisata Mangunan Bantul Yogyakarta

Bagi kamu yang ingin menuju kawasan ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena minimnya angkutan umum yang melewati tempat ini. Untuk menuju Agrowisata Mangunan kamu bisa lewat Jalan Imogiri Timur menuju arah Imogiri Dlingo, kemudian sekitar 5km dari Imogiri Dlingo kamu akan menjumpai Balai Desa Mangunan. Di balai desa ini ada petunjuk arah untuk menuju kawasan Agrowisata Mangunan. Kamu tinggal mengikuti petunjuk arah tersebut dan kamu akan sampai di Agrowisata Mangunan yang sejuk.

Biaya tiket masuk

5000 rupiah per orang

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment