Rabu, 31 Desember 2014

Hotel dari Gerbong Kereta



Hotel dari gerbong kereta api, kenapa tidak? Yup, ada banyak hotel dengan konsep maupun bentuk bangunan yang unik di dunia ini. Salah satunya adalah hotel yang dibuat dari gerbong kereta ini. Namanya Santos Express Train LodgeSantos Express Train Lodge merupakan serangkaian gerbong kereta api yang disulap menjadi hotel. Lokasinya berada di tepi Pantai Santos, Mossel Bay, Afrika Selatan. Bukan hanya unik, hotel kereta ini letaknya menghadap ke arah laut. Istimewanya jarak dari hotel ke laut hanya sekitar 30 meter saja, sehingga wisatawan yang menginap di hotel ini bisa menikmati pemandangan indah dari dalam kamar.

Hotel ini menggunakan tujuh gerbong kereta api. Empat gerbong telah disulap menjadi tujuh ruang kamar dan gerbong kelima disulap menjadi sebuah dormitori dengan 16 tempat tidur. Sedangkan dua gerbong lainnya merupakan gerbong tua buatan tahun 1920an yang didatangkan dari Inggris pada tahun 2013 lalu diubah menjadi empat kamar Royal Suite yang bergaya vintage. Hotel ini mampu mengakomodasi hingga 114 tamu.

Hotel ini juga menyediakan sebuah restoran dengan sajian hidangan tradisional Afrika Selatan, seafood dan braai's (barbeque khas Afrika Selatan). Namun restoran di sini hanya buka mulai pukul 07.30 pagi waktu setempat.

Walaupun hotel ini memiliki ukuran kamar yang kecil, namun tetap memiliki fasilitas yang memadai, seperti WiFi, bus stop, laundry, sekuriti serta laundry.

Biaya menginap di hotel ini pun terjangkau, mulai dari R160 atau sekitar Rp 175.000 per malam. 
Bagaimana, tertarik untuk coba menginap di sini?

Sumber : utiket.com

Selasa, 30 Desember 2014

Pulau Tagalaya Tobelo Indonesia



Introduksi

Berbicara mengenai keindahan Bahari di Indonesia sepertinya tidak akan ada habisnya. Hal ini di karenakan Indonesia memang merupakan salah satu destinansi para pecinta keindahan Bahari. Tidak hanya penikmat dari dalam negeri namun juga dari luar negeri. Namun, masih banyak wisata Bahari di Indonesia yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Padahal, wisata-wisata tersebutlah yang masih banyak dicari oleh para wisatawan. Mungkin karena masih belum terjamah oleh tangan-tangan jahil sehingga keindahan atau keeksotisannya masih sangat alami.

Beberapa pulau di Indonesia memang masih menawarkan keindahan Bahari yang masih alami. Salah satunya yakni keindahan pulau Tagalaya. Pulau yang terletak di Tobelo, Halmahera, Maluku Utara ini masih sangat dijaga kelestariannya. Sebuah pulau yang relatif kecil ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indahnya, terutama keindahan biota lautnya.

Pulau Tagalaya menyajikan sebuah panorama yang luar biasa memukau. Bagaimana tidak, hamparan pasir putih sepanjang pantai seolah-olah telah menyambut kedatangan para wisatawan sekalian. Selain itu pulau ini menyajikan air laut yang sebening kaca dan keindahan lautnya bagaikan sebuah lukisan yang tidak ternilai harga nya, belum lagi ketika kita menyelam 'diving' maka kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa cantiknya. Inilah salah satu spot diving yang bisa dikatakan sangat rekomendasi buat pengunjung sekalian yang memang suka atau hobby dengan olahraga yang satu ini.

Pulau Tagalaya menawarkan sebuah keindahan alam bawah laut yang sempurna untuk para penyelam. Bukan hanya terumbu karang yang sangat memukau, ikan-ikan yang berwarna-warni berenang-renang kesana kemari dan juluran tentakel dari gurita laut saja yang akan kita temui di tempat ini. Namun, di pulau ini kita juga dapat menikmati keindahan alam yang sungguh luar biasa. Pepohonan bakau yang tumbuh di atas pasir putih dan apabila kita melihat di sisi sebelah Utara maka pengunjung akan disuguhi bebatuan karang yang sangat indah.

Bahkan untuk menikmati keindahan bawah lautnya, wisatawan tidak perlu harus menyelam dalam-dalam. Hal ini dikarenakan dengan melihat saja tanpa harus menyelam wisatawan sudah dapat melihat terumbu karang yang hidup dengan alami dan terjaga keindahannya. Namun, kalau ingin yang jauh lebih indah maka pengunjung dapat menyelam dengan kedalaman antara 2-10 meter saja. Karena terumbu karang dan biota laut dalam keadaan baik dapat kita temui pada kedalaman tersebut. Sungguh sebuah pulau yang sangat memanjakan mata wisatawan sekalian.

Namun, ada satu peraturan di pulau ini yang harus dipatuhi oleh para wisatawan. Yakni, para wisatawan dilarang untuk menginjak atau tidak boleh berpijak di atas bunga karang apabila sedang menyelam. Hal ini dikarenakan, agar tidak terjadi kerusakan terhadap bunga karang tersebut. Kalaupun harus berpijak, silahkan mencari pijakan yang tidak menyebabkan bunga karang tersebut rusak. Sebuah peraturan yang sungguh baik untuk dijalankan, agar ekosistem nya tetap terjaga.. Jadi, silahkan cantumkan Pulau Tagalaya dalam daftar List destinasi penyelaman Anda berikutnya. Love Diving and always save our earth.

Akses ke Pulau Tagalaya Tobelo

Untuk dapat sampai ke pulau Tagalaya, wisatawan dapat menggunakan dua alternatif kendaraan yakni menggunakan perahu tradisional "ketinting" bersama-sama atau dapat pula menyewa Speedboat dari pelabuhan Tobelo.

Diperlukan waktu kurang lebih 20-30 menit perjalanan untuk sampai ke pulau Tagalaya dari pelabuhan Tobelo. Bagi pengunjung sekalian yang memang ingin menikmati keindahan pulau ini tidak ada salah nya apabila menggunakan perahu tradisional. Dengan menggunakan perahu tradisional tersebut wisatawan akan disuguhi keindahan bahari Maluku selama perjalanan. Selain itu wisatawan juga dapat lebih mengenal warga sekitar melalui perbincangan ringan bersama pemiliki perahu, siapa tahu nanti harga sewa perahu dapat potongan.

Sumber : utiket.com

Senin, 29 Desember 2014

Pulau Dodola Tobelo Indonesia



Introduksi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi wisata yang beberapa diantaranya merupakan wisata tersembunyi di kawasan Indonesia bagian timur. Salah satu potensi wisata yang bisa Anda jumpai di wilayah Indonesia timur adalah Pulau Dodola yang terletak di Kabupaten Kepulauan Morotai, Provinsi Maluku Utara. Belum banyak orang mengenal dan mengetahui keindahan yang tersimpan di pulau ini. Pulau ini sangat mudah dijangkau dari kota Tobelo yang menjadi pintu gerbang menuju ke Kepulauan Morotai melalui jalur laut.

Pulau ini pada dasarnya terbagi menjadi dua, yakni Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Uniknya, kedua pulau akan nampak terpisah ketika permukaan air laut sedang pasang dan akan terlihat terhubung ketika permukaan air laut surut. Hamparan pasir putihnya pun juga mempunyai dua tipe yang berbeda yakni hamparan pasir putih yang kasar serta hamparan pasir putih yang halus. Namun pada dasarnya suasana di kedua pulau ini cukup santai dan menyenangkan, dipadu dengan indahnya pemandangan yang mengelilingi pulau ini. Selain itu, ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini, diantaranya adalah berenang, menyelam, memancing maupun bermain speedboat. Berbagai acara tradisi lokal juga sering diselenggarakan di tempat ini, seperti tradisi Buka Panen Wangongira yang diadakan setiap bulan Juni setiap tahunnya maupun Tradisi Gelaran Timba Laor, sebuah tradisi lokal yang diadakan setiap sesudah bulan purnama.

Fasilitas

Di pulau ini memang tidak ada fasilitas mewah seperti tempat-tempat terkenal lainnya. Untuk mesin ATM pun tidak dijumpai di tempat ini. Anda harus benar-benar menyediakan uang tunai untuk berkunjung ke tempat ini. Namun jangan khawatir karena tempat ini sudah terjangkau oleh sinyal telepon seluler. Bila Anda ingin bermalam, di pulau ini pun telah tersedia penginapan yang dibangun oleh pemerintah setempat.

Akses ke Pulau Dodola Tobelo

Bila Anda ingin berkunjung ke Pulau Dodola, Anda bisa mengambil rute penerbangan ke Tobelo. Dari kota Tobelo, Anda bisa menuju ke Pelabuhan Tobelo untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan M.S. Lastori yang ada di kota Daruba, Morotai menggunakan kapal ferry atau speedboat. Sesampainya di Pelabuhan M.S. Lastori, Anda bisa menyewa kapal katinting atau speedboat untuk langsung menuju ke lokasi wisata.

Sumber : utiket.com

Minggu, 28 Desember 2014

Pulau Bobale Tobelo Indonesia



Introduksi

Indonesia menyimpan begitu banyak keindahan alam, salah satunya keindahan bahari. Bahari dari Sabang sampai Merauke mempunyai keindahan dengan masing-masing pesonanya. Salah satunya keindahan Pulau Bobale yang dikelilingi dengan pesona baharinya. Pulau Bobale terletak di Kecamatan Kao Utara, Kebupaten Halmahera Utara, Propinsi Maluku Utara. Pulau mungil ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan dikelola Dinas Pariwisata Halmahera Utara. Walaupun pulau ini mungil namun menjadi tempat favorit bagi yang berkunjung ke Propinsi Maluku Utara untuk snorkeling ataupun diving di pantai Pulau Bobale ini.

Terdapat beberapa spot yang menarik di perairan sekitar pulau ini yang menyajikan taman laut dengan beragam biota laut yang bisa kamu temui di kedalaman 2-10 meter. Air lautnya yang jernih membuatmu bisa melihat dasar laut di kedalaman 2 meter dengan jelas. Pasirnya yang halus dan pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya menambah pesona tersendiri Pulau Bobale. Maka tak heran jika pulau yang satu ini menjadi tempat favorit bagi para penyelam untuk menikmati kehidupan bawah lautnya.

Fasilitas

Sayangnya belum tersedia penyewaan alat untuk diving maupun snorkeling di pulau ini. Kamu bisa mempersiapkan keperluan diving dan snorkeling sendiri sebelum berkunjung ke Pulau Bobale. Saat menyelam, kamu dilarang untuk berpijak di atas bunga karang. Kamu bisa mencari dasar pijakan yang tidak mengakibatkan kerusakan pada bunga karang yang berada di taman laut.

Selain pesona taman lautnya, di Pulau Bobale terdapat sejumlah sisa-sisa peninggalan Jepang pada masa Perang Dunia II. Salat satu peninggalan Jepang yang bisa kamu temui di Pulau Bobale ini adalah bunker dengan 3 ruangan berukuran sedang yang berada di tebing pantai.

Akses ke Pulau Bobale Tobelo Indonesia

Dari Kota Tobelo (ibukota Halmahera Utara) kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor menuju pelabuhan Desa Daru yang berjarak sekitar 57 km dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Letak pelabuhan ini tepat berada di depan Pulau Bobale. Dari pelabuhan, kamu bisa menggunakan ketinting menuju Pulau Bobale yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 27 Desember 2014

Air Terjun Jembatan Batu Tobelo Indonesia



Introduksi

Air Terjun Jembatan Batu merupakan obyek wisata alam yang berjarak sekitar enam kilometer di sebelah barat Desa Mede, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku. Air terjun setinggi sepuluh meter yang berada di dalam kawasan hutan Mede ini memiliki keistimewaan yang terletak pada lokasi sekitar air terjun tersebut. Keistimewaan tersebut terletak pada bebatuannya yang berbentuk seperti sebuah jembatan batu alami. Hal tersebut yang menjadikan daya tarik obyek wisata ini.

Di bebatuan yang menyerupai jembatan batu alami ini terdapat pepohonan yang menyelimuti sebagian permukaannya sehingga terlihat semakin kokoh. Bagi para pecinta alam yang memiliki hobi mendaki, tempat ini merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi untuk menaklukkan terjalnya dinding batu tersebut.

Meskipun terlihat mudah namun bagi para wisatawan yang belum terbiasa dengan panjat tebing tentunya akan mengalami kesulitan dalam menaklukan dinding batu ini. Selain terkendala tebing yang terjal, bebatuan yang lembab juga merupakan salah satu kendala dalam mencapai puncak tebing tersebut. Namun kesulitan tersebut akan segera terbayar lunas ketika sampai puncak tebing yang menyuguhkan keindahan panorama alami.

Akses ke Air Terjun Jembatan Batu Tobelo

Dari Kota Tobelo, wisatawan dapat menuju arah barat menggunakan kendaraan sewa baik pribadi maupun sewa untuk mencapai lokasi Air Terjun Jembatan Mede.

Sumber : utiket.com

Jumat, 26 Desember 2014

Pantai Marina Batam Indonesia



Introduksi

Pantai Marina merupakan salah satu obyek wisata bahari di Batam, terletak di kawasan Marina Water Front City yang berada di bagian barat dari Pulau Batam. Selain sebagai kawasan wisata, pantai ini juga berfungsi sebagai pelabuhan Ferry International Water Front City. Tempat ini menjadi salah satu pilihan para warga Batam untuk berlibur di pantai. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan dapat membuat betah siapa saja yang berkunjung ke sini. Bahkan pada saat cuaca cerah, kita bisa melihat Marina Bay Sands di Singapura. Hal ini dikarenakan letak Pantai Marina menghadap ke Selat Singapura. Tidak hanya itu saja, pemandangan sunset di pantai ini juga merupakan momen yang paling banyak diminati karena memiliki pesona tersendiri.

Di tepian pantai ini terdapat taman hijau yang ditata dengan apik dan dilengkapi dengan arena permainan bagi anak-anak. Sehingga pantai ini juga cocok sebagai tempat liburan keluarga. Bermain air, berenang dan mencoba berbagai wahana permainan air seperti banana boat serta jet ski merupakan sebagian aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pengunjung pantai.

Tak usah khawatir jika tidak membawa bekal saat berkunjung ke sini karena terdapat banyak penjual makanan di sekitar wilayah pantai. Mulai dari makanan ringan hingga makanan olahan seafood khas Batam. Jika ingin menikmati Pantai Marina lebih lama, kita bisa menginap di penginapan yang terdapat di dekat pantai ini, yaitu Harris Resort dan Holiday Inn.

Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki Pantai Marina dikenakan tarif Rp 6.000 per orang untuk dewasa dan Rp 3.000 per orang untuk anak-anak. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang ada.

Akses ke Pantai Marina Batam

Pantai Marina dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan darat baik sewa, pribadi maupun kendaraan umum seperti taksi. Dari Batam Center, Anda bisa langsung menuju ke Pantai Marina dengan waktu tempuh selama sekitar 30 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com

Danau Biru Bintan Batam Indonesia



Introduksi

Pulau Bintan yang ada di Kepulauan Riau memang menyimpan banyak keindahan. Yup, salah satunya danau cantik ini. Danau ini dikenal dengan nama Danau Biru. Danau ini terletak di Galang Batang yang ada di Pulau Bintan. Warna air di danau ini memang biru, seperti namanya. Pemandangan di kawasan danau ini pun sangat cantik. Sekeliling danau dihiasi dengan beberapa bukit pasir.

Danau Biru sebenarnya bukanlah danau alami yang terbentuk karena proses alam. Danau ini awalnya merupakan bekas galian tambang pasir dan terbentuk di atas tanah liat yang cukup dalam. Saat cuaca cerah, warna air di danau ini akan memancarkan warna biru muda yang sangat indah. Nah, keindahan warna air di danau inilah yang membius dan membuat penasaran para wisatawan untuk datang ke sini.

Meski begitu, sebenarnya danau ini bukanlah merupakan tempat wisata. Kawasan danau ini sebenarnya merupakan tempat penambangan pasir yang masih aktif.

Fasilitas

Karena sebenarnya bukan merupakan sebuah tempat kawasan pariwisata, maka tidak tersedia fasilitas yang memadai di tempat ini. Namun beberapa penginapan serta rumah makan tersedia di kawasan Pulau Bintan ini.

Akses ke Danau Biru Bintan Batam

Danau ini berada di kawasan Pulau Bintan. Anda bisa menuju ke tempat ini melalui Batam. Jarak dari Batam ke Pulau Bintan cukup dekat, hanya sekitar 20 menit dengan menggunakan speedboat atau kapal ferry.

Dari Batam, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Punggur. Dari pelabuhan ini, Anda bisa menyeberang ke Pelabuhan Tanjung Uban dengan menggunakan speedboat.

Sampai di Pelabuhan Tanjung Uban, Anda bisa menuju ke Simpang Korindo hingga ke arah Kawal. Sekitar dua kilometer sebelum pertigaan Kawal, Anda sudah bisa melihat lokasi Danau Biru.

Sumber : utiket.com

Kamis, 25 Desember 2014

Wisata Pantai Galesong Utara Makassar Indonesia



Introduksi

Kawasan pantai ini terletak di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 15 kilometer arah selatan dari pusat kota Makassar. Pantai ini memang terlihat sedikit berbeda dengan pantai lainnya. Suasananya masih cukup tenang.

Awalnya kawasan pantai ini tidak banyak dikenal oleh masyrakat luas. Namun setelah melakukan beberapa pengembangan dan perbaikan maka dibangunlah kawasan wisata ini menjadi sebuah sebuah tempat wisata yang menggabungkan antara konsep hotel, resort serta outbound. Beberapa fasilitas yang disediakan di tempat ini antara lain mobil ATV, taman outbound, skuter listrik, motor cross mini, sepeda listrik, kamar untuk menginap, rumah makan hingga kolam renang. Selain itu di resort ini, Anda bisa pula bermain jetski ataupun banana boat.

Tiket masuk ke kawasan wisata ini dikenakan biaya sekitar Rp 30.000 per orang pada hari biasa. Untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur tiket akan naik menjadi sekitar Rp 40.000 per orang.

Bila Anda ingin menginap, disediakan pula beberapa pilihan kamar yakni standar room dengan biaya sekitar Rp 390.000 dengan dua kasur susun serta paket family room dengan biaya sekitar Rp 590.000 (empat kasur susun). Jangan khawatir setiap kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas AC.

Akses ke Wisata Pantai Galesong Utara Makassar

Dari Makassar ke lokasi obyek wisata berjarak sekitar 15 kilometer ke arah selatan. Dari Bandara Sultan Hasanuddin, Anda bisa menyewa taksi atau kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi. Waktu tempuhnya sekitar 20 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com

Taman Oval Ladang Tarakan Indonesia



Introduksi

Taman Oval Ladang merupakan salah satu tempat wisata sebagai sarana hiburan dan rekreasi bagi warga kota Tarakan. Tempat ini banyak diminati terutama oleh para anak muda di kota ini. Terlebih lagi taman ini memiliki berbagai fasilitas yang sangat memadai dan lokasinya mudah dijangkau. Selain itu, taman ini juga berfungsi sebagai salah satu ruang hijau terbuka di kota Tarakan.

Disebut dengan taman oval karena taman ini berbentuk oval. Taman Oval Ladang berada di dalam kompleks perumahan yang menjadikannya terlihat rapi, asri dan tenang. Terdapat berbagai macam patung di Taman Oval Ladang, seperti patung kuda, ikan, dinosaurus dan masih banyak lagi. Yang hobi narsis bisa lho berfoto ria di dekat patung-patung itu. Fasilitas lain pun juga turut mendukung kenyamanan taman ini, seperti taman bermain anak, jogging track, air mancur dan berbagai lampu hias. Bermacam kios pedagang makanan dan minuman pun turut menyemarakkan taman ini. Harga berbagai menu kuliner di taman ini pun cukup terjangkau. Jadi sembari menikmati kuliner, kamu juga bisa sekalian menikmati keindahan Taman Oval Ladang. Kamu juga bisa menyaksikan acara pentas seni yang digelar di taman ini.

Satu lagi fasilitas yang menjadikan Taman Oval Ladang merupakan tempat yang diminati oleh para anak muda di kota Tarakan adalah karena adanya fasilitas free wifi. Fasilitas free wifi ini memang disediakan oleh Pemerintah Kota Tarakan. Yup, menikmati keindahan taman dengan menyantap sajian kuliner sembari berselancar di dunia maya tentunya akan membuatmu betah nongkrong di sini. Tapi tetap harus diingat ya, Taman Oval Ladang ini hanya buka pada pukul 16.00-00.00 saja. Sebenarnya di kota Tarakan terdapat tiga taman oval, yaitu Taman Oval Malundung, Taman Oval Markoni dan Taman Oval Ladang. Namun yang paling banyak diminati adalah Taman Oval Ladang karena fasilitas free wifi tersebut.

Tiket masuk

Jika ingin masuk ke dalam area Taman Oval Ladang dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 2.000 per orang.

Akses ke Taman Oval Ladang Tarakan

Lokasi Taman Oval Ladang bisa dijangkau dengan mudah. Kamu bisa menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk menuju ke taman ini.

Sumber : utiket.com

Rabu, 24 Desember 2014

Tips Memilih Sleeping Bag



Sleeping bag merupakan sebuah benda atau sejenis selimut yang biasa digunakan oleh para traveler atau pendaki gunung ketika akan tidur. Fungsi utamanya adalah untuk menghangatkan badan ketika sedang tidur. Benda ini merupakan salah satu benda yang wajib dibawa ketika Anda akan melakukan kegiatan camping, mendaki gunung atau melakukan petualangan lain di alam bebas. Nah, berikut tips bagaimana memilih sleeping bag yang baik dan pas untuk perjalanan Anda.

Pilihlah sleeping bag yang sesuai dengan perjalanan yang akan Anda lakukan
Sleeping bag dibuat untuk digunakan pada kondisi dan daerah yang berbeda. Ada beberapa macam jenis sleeping bag yakni 1-2 Season (cocok digunakan pada daerah yang panas karena ringan dan tidak sumpek dan beratnya kurang dari satu kilogram), 2 Season (biasa digunakan saat akhir musim semi hingga awal musim gugur, rata-rata beratnya sekitar satu hingga satu setengah kilogram), 3 Season (biasa digunakan saat awal musim semi hingga musim gugur maupun saat musim dingin. Rata-rata beratnya satu koma empat kilogram hingga dua kilogram), 4 Season (mempunyai lapisan sintetis tambahan dan bisa digunakan saat ekspedisi gunung). 

Pilihlah sleeping bag dengan bahan yang sesuai untuk perjalanan Anda
Sleeping dibuat dengan beberapa bahan diantaranya ada yang dibuat dengan menggunakan bahan parasit (seperti nilon / polyester, kanvas, kapas), bahan sintetis serta polar dan dacron. Sleeping dengan bahan parasit cocok untuk Anda yang sering bepergian dengan menggunakan transportasi umum karena bahannya lebih ringan untuk dibawa. Untuk sleeping yang berbahan sintetis cocok dibawa saat musim hujan, karena bahannya lebih cepat kering bila terkena air. Sedangkan sleeping bag dengan bahan polar, tentunya lebih hangat daripada yang berbahan dacron. Namun sleeping bag dengan bahan polar tentunya lebih berat dari pada yang berbahan dacron.

Pilihlah model sleeping bag yang sesuai dan nyaman digunakan
Sleeping bag dibuat dengan berbagai model. Ada yang berbentuk seperti mumi maupun persegi panjang. Sleeping dengan model mumi dibuat pas sesuai bentuk tubuh sehingga lebih hangat. Sedangkan sleeping bag model persegi panjang mempunyai bentuk lebih lebar dengan ujung-ujungnya yang berukuran sama, sehingga Anda lebih leluasa untuk bergerak.

Cek dan telitilah jahitan serta bahan lapisan dalam/luar sleeping bag
Sebelum memutuskan untuk membeli, jangan ragu untuk cek jahitan sleeping bag. Apakah kuat atau tidak. Jangan lupa juga untuk cek bahan lapisan dalam / luar sleeping bag karena beberapa sleeping bag mempunyai bahan yang berbeda antara bagian dalam dan luarnya.

Sesuaikan dengan budget Anda
Bila Anda mempunyai uang lebih, tidak ada salahnya Anda membeli sleeping bag dengan harga yang lebih tinggi dan yang sudah teruji kualitasnya.

Bila akan menggunakan sleeping bag, sebaiknya Anda membalik bagian dalamnya keluar terlebih dahulu. Hal ini cukup penting untuk mencegah adanya serangga atau sesuatu yang nantinya akan membuat Anda tidak nyaman ketika memakainya.

Sumber : utiket.com

Taman Nasional Manupeu Tambolaka Indonesia



Introduksi

Secara administratif Taman Nasional Manupeu Tanah Daru (TNMT) terletak di wilayah tiga wilayah kabupaten : Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur. TNMT ditunjuk menjadi taman nasional oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1998. Sebagian besar topografi di kawasan taman nasional ini berupa tebing-tebing terjal dan berada di ketinggian 0-600 mdpl.

Kawasan taman nasional ini memiliki luas sekitar 87.984,04 hektar dan merupakan gabungan dari beberapa kawasan hutan seperti:
  • Hutan Lindung Manupeu (9.500 hektar)
  • Hutan Lindung Tanadaru-Praimamongutidas (43.750 hektar)
  • Hutan Produksi Terbatas Praingpalindi-Tanadaru (10.534 hektar)
  • Cagar Alam Langgaliru (24.750 hektar)

Dari seluruh gabungan beberapa kawasan hutan tersebut, TNMT mempunyai tipe-tipe vegetasi diantaranya hutan primer, hutan sekunder yang umumnya merupakan hutan musim, padang ilalang dan semak serta padang rumput dan bekas lahan pertanian yang ditinggalkan masyarakat. Ada pula tipe habitat hutan seperti hutan pantai dan hutan mangrove di sebagian pantai dan muara sungai.

Taman Nasional Manupeu Tambolaka Indonesia juga mempunyai flora dan fauna yang beragam, seperti :
  • 118 jenis tumbuhan, diantaranya: sure, taduk, kesambi, pulai, asam, kemiri, jambu hutan, cemara gunung dan lantana.
  • 87 jenis burung termasuk 7 jenis burung endemik Pulau Sumba, yaitu: kakatua cempaka dan julang Sumba yang merupakan burung paling langka dan terancam punah di Pulau Sumba, punai Sumba, sikatan Sumba, kepodang-sungu Sumba, dan madu Sumba.
  • 57 jenis kupu-kupu termasuk 7 jenis kupu-kupu endemik Pulau Sumba, yaitu: Papilio neumoegenii, Ideopsis oberthurii, Delias fasciata, Junonia adulatrix, Athyma karita, Sumalia chilo dan Elimnia amoena.

Selain memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam, TNMT juga mempunyai ikon tersendiri yaitu Air Terjun Lapopu. Untuk menuju Air Terjun Lapopu, wisatawan dapat berjalan kaki melewati jalan setapak yang baru saja dibuka pada tahun 2011 sepanjang 600 m.

Akses ke Taman Nasional Manupeu Tambolaka

Wisatawan dapat memilih penerbangan yang menuju Bandara Tambolaka, Waikabubak. Dari Bandara Tambolaka perjalanan dilanjutkan menggunakan kendaraan darat menuju lokasi kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru yang berada di Desa Langgaliru, Desa Katiku Loku dan Desa Watumbelar.

Sumber : utiket.com

Selasa, 23 Desember 2014

Ruang Bawah Tanah Terkeren di Dunia



Ruang bawah tanah ini bernama Salina Turda. Salina Turda merupakan sebuah tempat atau ruang bawah tanah yang terletak di Turda, Str. Aleea Durgaului No.7, Distrik Cluj, Rumania. Tempat ini dibangun antara tahun 1853-1870. Dahulunya merupakan bekas lahan tambang garam yang berhenti beroperasi pada tahun 1932. Baru pada tahun 1992, tempat ini berubah menjadi sebuah museum tambang yang beroperasi layaknya taman hiburan

Sejak pembukaannya pada tahun 1992, tempat ini telah dikunjungi lebih dari dua juta wisatawan, baik dari negara Rumania sendiri maupun wisatawan asing. Bahkan oleh majalah Busines Insider, tempat ini dinobatkan sebagai ruang bawah tanah terkeren di dunia dan tempat wisata paling spektakuler ke-22 di dunia.

Tempat ini terdiri dari tiga bagian yakni tambang Terezia dengan kedalaman 120 meter, tambang Anton dengan kedalaman 108 meter dan tambang Rudolf dengan kedalaman 42 meter. Dalam ruang bawah tanah ini terdapat bermacam-macam wahana, seperti bianglala setinggi 20 meter dengan harga tiket sebesar 5 Lei per orang atau sekitar Rp 17.000, ampiteater atau tempat yang digunakan untuk pertunjukan hiburan (harga tiketnya sekitar 200 Lei), bowling (10 Lei), meja billiard dan beberapa wahana lainnya. Bahkan, di sini Anda bisa berperahu di danau bawah tanah (harga tiketnya 10 Lei). Pemandu wisata resmi pun disediakan oleh pihak pengelola tempat ini.

Tak hanya menawarkan keindahan ruang bawah tanah dan atraksi menariknya, Salina Turda juga menyediakan ruang untuk pesta pernikahan. Uniknya, di tempat ini terdapat roda panoramik yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk melihat stalagnit yang telah terbentuk selama 1.000 tahun.

Jam operasional :

Tempat ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Sumber : utiket.com

Pesona Kepulauan Banda Ambon Indonesia



Introduksi

Kepulauan Banda terletak di Bandaneira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia atau berjarak sekitar 132 kilometer sebelah tenggara kota Ambon. Kepulauan Banda sebenarnya terdiri dari tiga pulau besar dan tujuh pulau kecil. Panorama di kepulauan ini cukup indah, begitu juga dengan keindahan bawah lautnya.

Menurut sejarah, Kepulauan Banda merupakan penghasil rempah-rempah khususnya pala yang terbesar di dunia. Maka tak heran bila sejak tahun 600-an, Bangsa Tiongkok sudah mulai berdagang di kepulauan ini. Lalu diikuti oleh Bangsa Moro, Bangsa Portugis, Inggris dan Belanda di tahun 1621.

Pesona keindahan Kepulauan Banda memang cukup terkenal. Perairan lautnya yang cukup hangat serta keindahan bawah laut yang dimiliki menjadikannya sebagai salah satu surga bagi para penyelam dunia. Beberapa spot untuk menyelam pun tersedia di kepulauan ini. Beberapa tempat juga menyediakan jasa penyewaan perahu serta alat untuk menyelam. Namun saat musim hujan tiba yakni antara bulan Juli hingga September, hanya beberapa spot untuk menyelam saja yang boleh dikunjungi.

Fasilitas

Dari penginapan sederhana hingga hotel mewah bisa Anda dapatkan di tempat ini. Selain itu beberapa rumah makan juga menyediakan menu makanan tradisional yang bisa Anda cicipi. Tak kalah ketinggalan beberapa penjual cinderamata lokal juga bisa Anda dapatkan di sini.

Akses ke Pesona Kepulauan Banda Ambon

Tempat terdekat untuk berkunjung ke tempat ini adalah dari kota Ambon. Setelah tiba di Bandara Pattimura Ambon, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan pesawat kecil menuju ke Bandaneira yang mempunyai jadwal penerbangan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Tidak ada penerbangan pulang-pergi sehingga penerbangan kembali juga harus melalui Bandaneira.

Atau Anda bisa juga menggunakan kapal feri KM Ciremai yang beroperasi dua kali seminggu dari Ambon ke Bandaneira dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam perjalanan.

Sumber : utiket.com

Senin, 22 Desember 2014

Museum Siwalima Ambon Maluku Indonesia



Introduksi

Museum Siwalima terletak di kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Propinsi Maluku. Museum ini didirikan pada tanggal 8 November 1973, namun diresmikan pada tanggal 26 Maret 1977. Walaupun obyek wisata yang satu ini merupakan tempat peninggalan benda-benda bersejarah, namun bangunan museum ini berada di atas bukit yang menghadap Teluk Ambon dengan keeksotisannya yang akan membuatmu terpesona.

Kata Siwalima merupakan bentukan dari 2 kata. Menurut cerita, kedua kata tersebut diambil dari sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Maluku. Kata Siwa yang berarti sembilan diambil dari kata Ulisiwa yang merupakan kumpulan 9 kerajaan di wilayah selatan Maluku dan kata Lima yang berarti lima diambil dari kata Patalima yang merupakan kumpulan 5 kerajaan di wilayah utara Maluku.

Di depan pintu masuk museum ini terdapat tulisan "Usu Mae Upu" yang berarti "Mari Silahkan Masuk". Awalnya museum ini hanya menyimpan koleksi budaya dan adat istiadat Maluku saja, namun terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut membuat Museum Siwalima dibagi menjadi 2 bangunan:

Bangunan I:

Disebut dengan Museum Kelautan Siwalima. Di tempat ini tersimpan sejarah kelautan masyarakat Ambon, benda-benda dan binatang-binatang laut seperti: 3 buah kerangka ikan paus dengan panjang 9 m, 17 m dan 19, serta berbagai benda kekayan kehidupan laut Maluku.

Bangunan II:

Disebut dengan Museum Budaya Siwalima. Di tempat ini tersimpan segala hal yang berkaitan dengan budaya Maluku, seperti: bangunan asli Maluku, pakaian adat, alat-alat pertanian, senjata, perlengkapan upacara adat, uang lama, dan berbagai guci pada masa penjajahan Jepang.

Semua benda-benda tersebut terawat dengan baik di Museum Siwalima. Saat kamu berkunjung ke obyek wisata ini, tak perlu khawatir, akan ada petugas yang bisa menjelaskan seluruh isi museum secara rinci. Pengunjung museum ini juga bisa melakukan permintaan khusus untuk menikmati sajian musik lokal, pementasan tari dan demo pembuatan kain tenun. Dan tak lupa bagi kamu yang suka memotret, kamu tetap bisa membidikkan kameramu di dalam museum ini.

Akses ke Museum Siwalima Ambon Maluku

Letak museum ini hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Ambon dan dapat kamu capai menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang menuju Taman Makmur.

Jam buka

Museum Siwalima buka setiap hari Selasa-Kamis pukul 08:00 - 14:00 WIT, hari Sabtu buka pada pukul 08:00 - 13:00 WIT, hari Minggu buka pada pukul 08:00 - 15:00 WIT, sedangkan setiap Hari Senin dan hari libur nasional museum ini tutup.

Biaya tiket masuk

Harga tiket untuk masuk ke Museum Siwalima Rp. 3000/orang untuk dewasa, Rp. 1.500/orang untuk anak-anak dan Rp. 1.000/orang untuk rombongan.

Kontak

Jalan Dr. Malaiholo, Taman Makmur. Ambon, Maluku
Indonesia. Phone: 0911-42841

Sumber : utiket.com

Pulau Samalona Makassar Indonesia



Introduksi

Selama ini obyek wisata di Makassar selalu identik dengan Pantai Losari. Namun tahukah Anda bahwa di Makassar terdapat sebuah pulau yang memiliki keindahan alam yang sangat cantik? Nama pulau tersebut adalah Pulau Samalona. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari kota Makassar.

Pulau Samalona memiliki pantai dengan hamparan pasir berwarna putih. Air lautnya masih berwarna biru jernih. Di pulau ini terdapat banyak pohon kelapa yang semakin menambah kecantikannya. Pulau Samalona juga terkenal dengan keindahan dunia bawah lautnya. Selain berenang, Anda juga bisa menyelam / diving di sini. Terumbu karangnya masih cantik dengan ikan lautnya yang berwarna-warni.

Selain itu, pulau ini juga menyimpan misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-2. Setidaknya ada tujuh buah kapal yang tenggelam di kawasan pulau ini. Diantaranya adalah Kapal Maru (sebuah kapal perang milik Jepang yang tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter), Kapal Lancaster Bomber, Kapal Kargo Hakko Maru buatan Belanda dan beberapa kapal lainnya. Saat ini kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan menjadi rumah bagi ratusan biota laut. Para wisatawan biasanya datang ke pulau ini untuk berenang diantara bangkai kapal-kapal tersebut.

Fasilitas

Di kawasan pulau ini terdapat beberapa warung makan yang menawarkan berbagai menu seafood yang cukup segar. Beberapa penginapan sederhana juga tersedia di kawasan pulau ini. Mushala dan toilet umum juga sudah tersedia di sini. Selain itu jasa penyewaan perlengkapan diving atau snorkeling juga bisa Anda dapatkan di pulau ini.

Akses ke Pulau Samalona Makassar

Pulau ini jaraknya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Makassar. Anda bisa menuju ke lokasi ini melalui sebuah dermaga yang terletak di dekat Pantai Losari maupun dari dermaga yang ada di dekat Benteng Fort Rotterdam. Dari dermaga tersebut, Anda bisa menyewa sebuah speed boat dengan biaya sekitar Rp 300.000 hingga Rp 400.000 untuk pulang-pergi atau tergantung kesepakatan dengan si pengemudi. Waktu tempuhnya sekitar 30 hingga 40 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com

Minggu, 21 Desember 2014

Pulau Poya Lisa Palu Indonesia



Introduksi

Pulau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean yang ada di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Meski begitu, pulau ini sangat jarang disebut di peta wisata kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Padahal keindahannya tak kalah dengan pulau-pulau lain yang ada di Indonesia.

Pulau Poya Lisa merupakan pulau kecil dan merupakan pulau pribadi. Pulau ini dimiliki dan dikelola langsung oleh Pak Ismail, seorang mantri kesehatan yang ada di Bomba. Konon, awalnya pulau ini hanya bernama Pulau Poya. Poya sendiri merupakan nama orang yang pertama kali menanam pohon kelapa di pulau ini, sehingga menjadikannya sebagai pemilik pulau. Pak Ismail baru membeli pulau ini dari keturunan Poya yang mewarisinya.

Sedangkan nama Lisa sendiri berasal dari nama seorang wisatawan berkebangsaan Jerman yang pernah datang dan menghabiskan waktunya di pulau ini selama sebulan. Karena terkesan dengan keindahan pulau ini, wisatawan tersebut memohon agar Pak Ismail mengabadikan namanya di pulau ini. Sehingga pulau kecil ini sekarang dikenal dengan nama Pulau Poya Lisa.

Pulau Poya Lisa memiliki pantai dengan hamparan pasir berwarna putih dan air laut berwarna biru jernih. Bibir pantainya juga banyak ditumbuhi dengan pepohonan hijau nan menyegarkan. Di tempat ini, Anda bisa dengan bebas melakukan kegiatan snorkeling, diving maupun berkeliling pulau dengan perahu. Sudah pasti pemandangan bawah lautnya pun sangat istimewa. Pulau ini merupakan pulau pribadi, jadi hanya dihuni oleh pengelola dan sanak keluarganya saja. Sehingga suasana di pulau ini pun masih sangat tenang. Sangat cocok untuk melepas semua penat yang ada.

Fasilitas

Di pulau terdapat beberapa cottage yang dikelola langsung oleh Pak Ismail. Harga sewanya sekitar Rp 150.000 per malam/orang dan sudah termasuk makan sebanyak tiga kali sehari. Sarana air bersih dan fasilitas MCK juga sudah tersedia di pulau ini. Hanya saja aliran listrik di pulau ini hanya ada mulai pukul 18.00 hingga pukul 24.00 WITA. Begitu pula untuk sinyal HP, di pulau ini masih sulit untuk mendapatkan sinyal. Meski begitu hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan di pulau ini.

Akses ke Pulau Poya Lisa Palu

Untuk menuju ke pulau ini, Anda bisa melalui kota Palu.

Rutenya dari Palu – Ampana - Pulau Bomba - Pulau Poya Lisa.

Dari Palu, Anda bisa menggunakan kendaraan darat menuju ke Ampana, Kabupaten Toja Una-una, Sulawesi Tengah. Dari Ampana, Anda bisa menyewa speedboat atau perahu kecil untuk menuju ke Pulau Bomba. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan. Nah, dari Pulau Bomba, perjalanan dilanjutkan menuju ke Pulau Poya Lisa dengan waktu pelayaran sekitar sepuluh menit perjalanan.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 20 Desember 2014

Taman Nasional Kepulauan Togean Palu Indonesia



Introduksi

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan taman nasional yang diresmikan pada tanggal 19 Oktober 2004. Taman nasional ini terletak di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah atau tepatnya berada di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Taman Nasional Kepulauan Togean terdiri dari sekitar 66 pulau besar dan kecil. Enam pulau besar yang berada di kawasan kepulauan ini adalah Pulau Una-Una, Pulau Batudaka, Pulau Togean, Talatakoh, Pulau Waleakodi dan Pulau Waleabahi. 

Keindahan alam yang dimiliki oleh taman nasional ini sudah tidak diragukan lagi. Berbagai keaneka ragaman hayati terdapat di sini. Ekosistem baharinya menakjubkan. Begitu pula dengan ekosistem hutan dan pesisirnya. Di kawasan ini, Anda bisa menemukan kawasan hutan mangrove yang cantik. Beberapa penyu hijau dan penyu sisik yang langka serta berbagai jenis terumbu karang yang masih sehat dan alami juga ada di kawasan ini.

Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan di kawasan ini. Bila mau trekking, Anda bisa mengunjungi Pulau Togean. Sedangkan Pulau Batudaka yang merupakan pulau terbesar dan paling mudah dicapai di kepulauan ini, memiliki beberapa spot snorkeling serta diving yang bisa Anda kunjungi. Dan beberapa kecantikan dan keindahan luar biasa lainnya bisa Anda dapatkan di kepulauan ini.

Fasilitas

Di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa Anda sewa. Begitu juga untuk rumah makan. Banyak rumah makan yang menawarkan aneka olahan seafood.

Akses ke Taman Nasional Kepulauan Togean Palu

Lokasi taman nasional ini berada di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Anda bisa menuju ke sini melalui melalui Palu atau Gorontalo.

Bila dari Palu, rutenya adalah Palu – Ampana – Togean.

Dari Palu, Anda bisa langsung menuju ke Ampana melalui kendaraan darat. Dari Ampana, perjalanan dilanjutkan menuju ke Togean dengan menyewa kapal atau speedboat yang mampu menampung hingga 10 orang penumpang.

Bila dari Gorontalo, rutenya adalah Gorontalo – Ampana – Togean.

Dari Gorontalo, Anda bisa langsung menuju ke Ampana dengan menggunakan perahu. Perahu dari Gorontalo ke Ampana hanya berlayar setiap hari Rabu. Sedangkan dari Ampana ke Gorontalo perahu berlayar setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Minggu.

Dari Ampana, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Togean atau datang ke Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean yang beralamat di Jl. Poros Uemalingku Atas, Kecamatan Ampana Kota.

Sumber : utiket.com

Pulau Penyengat Tanjung Pinang Indonesia



Introduksi

Ya, nama pulau ini mengingatkan kita dengan hewan kecil, lebah. Konon, saat pulau ini belum berpenghuni seperti sekarang, sering disinggahi oleh nelayan atau pelaut. Saat itu ada seorang nelayan yang tengah mengambil air dan dikejar oleh sekelompok binatang kecil seperti lebah yang mempunyai sengat. Nelayan itu pun lari sambil berteriak 'Penyengat... penyengat... penyengat'. Hal itulah yang menjadikan pulau ini dikenal sebagai Pulau Penyengat.

Pulau seluas 2.500 x 750 m ini berjarak 6 km dari Kota Tanjung Pinang, Propinsi Kepulauan Riau atau 35 km dari Pulau Batam. Pulau ini merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kepulauan Riau. Selain memiliki panorama yang indah, di pulau ini juga terdapat beberapa obyek wisata lainnya, yang salah satunya menjadi landmark pulau ini, yaitu Masjid Raya Sultan Riau. Masjid ini terbilang unik karena pembangunan masjid ini menggunakan telur sebagai perekatnya, bukan menggunakan semen. Selain itu ada juga makam raja-raja Riau, salah satunya makam Raja Ali Haji yang terkenal dengan Gurindam 12 nya, Bukit Kursi yang merupakan benteng pertahanan semasa peperangan, Balai Adat yang merupakan tempat penyimpanan perkakas raja dan tuan putri yang sekarang digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat kegiatan.

Akses ke Pulau Penyengat Tanjung Pinang

Dari Kota Tanjung Pinang kamu bisa menggunakan perahu motor kecil yang disebut pompong. Pompong ini bisa memuat 20-30 orang dan kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp. 5.000,00 per orang untuk sekali jalan. Pompong ini juga bisa kamu sewa dengan tarif Rp. 50.000,00 untuk sekali jalan. Sedangkan untuk transportasi selama di Pulau Penyengat, kamu bisa menggunakan becak motor. Tarifnya menyesuaikan dengan jarak yang ingin kamu capai. Namun jika kamu ingin mengelilingi pulau dengan becak motor ini kamu dikenakan tarif Rp. 20.000.

Sumber : utiket.com

Jumat, 19 Desember 2014

Pesawat dengan Bentuk Teraneh di Dunia



Umumnya bentuk pesawat menyerupai bentuk burung, namun tidak pada pesawat ini. Pesawat ini bentuknya malah menyerupai bentuk ikan paus. Sehingga pesawat ini sering disebut sebagai pesawat dengan bentuk teraneh di dunia. Pesawat ini dikenal dengan nama Pesawat Beluga. Dinamakan demikian karena bentuknya memang menyerupai bentuk ikan paus beluga. Yakni jenis ikan paus putih yang terdapat di perairan laut Kutub Utara dan sekitarnya. 

Pesawat Beluga adalah pesawat kargo dengan tipe Airbus A300-600ST. Pesawat berbentuk aneh ini terbang perdana pada tanggal 13 September 1994 dan secara resmi diperkenalkan pada bulan September 1995. Awalnya pesawat ini dinamakan Super Transporter, namun secara resmi akhirnya menggunakan nama Beluga. Hingga saat ini baru ada lima Pesawat Beluga yang dioperasikan oleh Airbus.

Bagian atap pesawat ini dipotong dan dibuat ruang tambahan dengan diameter hingga sekitar tujuh meter. Sehingga bentuknya menyerupai punuk ikan paus. Daya angkutnya pun mampu menampung hingga 47 ton. Karena bentuknya yang aneh dan berbeda dari pesawat pada umumnya, pesawat ini memiliki sayap khusus yang fungsinya untuk mengatur keseimbangan.

Pesawat ini dioperasikan oleh tiga orang sekaligus yang terbagi menjadi dua orang pilot dan seorang loadmaster yang mengurusi kargo pesawat. Dalam pelayanannya, pesawat ini pernah disewa untuk membawa kontainer yang berisi patung Firaun setinggi lima meter yang terbang dari Berlin menuju ke Paris.

Sementara itu, pihak Airbus sendiri saat ini sedang merencanakan untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat baru yang nantinya akan disebut dengan nama Beluga XL. Sementara Pesawat Beluga yang ada saat ini, rencananya akan dipensiunkan pada tahun 2025 nanti.

Sumber : utiket.com

Kamis, 18 Desember 2014

Pegunungan Jaya Wijaya Timika Indonesia



Introduksi

Pegunungan Jaya Wijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang memenjang di Papua barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua New Guinea di Pulau Irian. Deretan pegunungan ini memiliki puncak gunung tertinggi meski ketinggian pegunungan ini sekitar 4884 m, namun disini kita bisa temukan fosil ikan dan klastik pada batuan gamping.

Bukti bahwa Pulau Papua beserta pegunungannya menjadi bagian dari dasar laut dapat di lihat dari fosil-fosil yang ada di pegunungan ini.

Puncak pegunungan Jaya Wijaya merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya ditutupi oleh salju abadi.

Puncak-puncak di pegunungan Jaya Wijaya ini antara lain:

Puncak Jaya, dengan ketinggian sekitar 5.030 meter, yang sekitarnya terdapat Gletser Carstenz dan merupakan satu-satunya Gletser tropika yang berada di Indonesia.


Puncak ini juga pernah dinamai Poentjak Soekarno, Puncak jaya juga salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia dan merupakan puncak tertinggi di Oceania.

Puncak Yamin, dengan ketinggian sekitar 4.535 meter. Puncak Idenberg, dengan ketinggian sekitar 4.673 meter. Puncak Mandala, dengan ketinggian sekitar 4.760 meter, Puncak Mandala adalah puncak tertinggi ketiga setelah Puncak Jaya dan Puncak Trikora.

Puncak Trikora. Dengan ketinggian sekitar 4,751 meter, Puncak Trikora memiliki kawasan Hutan antara lain: Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. Oleh karena itu pegunungan Jaya Wijaya merupakan surga bagi para pendaki dan peneliti geologi. Jika kamu hobi mendaki ataupun sekedar ingin mengamati, inilah tempat paling tepat yang bisa kamu kunjungi meski jarak dan waktu tempuh serta medan yang kurang bersahabat namun semuanya akan terbayar dengan keindahan alamnya.

Sumber : utiket.com