Minggu, 30 November 2014

Es Air Mata Pengantin



Selain sebagai nama tumbuhan, Air Mata Pengantin juga merupakan sebuah nama minuman dingin. Yup, Es Air Mata Pengantin adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Riau. Dinamakan Es Air Mata Pengantin karena dulunya minuman ini biasa disajikan saat acara pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan. Sehingga seringkali orang menyebut minuman ini sebagai simbol dari air mata yang bahagia.

Minuman ini rasanya sangat segar dan enak. Isinya terdiri dari berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup, serutan es batu, serta blewah. Biji selasih selain biasa digunakan sebagai pelengkap atau campuran  minuman dingin, juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain.

Cara pembuatan minuman ini pun cukup mudah. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan utamanya seperti agar-agar, blewah, biji selasih serta jelly kenyal sejenis nata de coco. Setelah itu masak atau rebus agar-agar dengan air dan gula. Bila mau, Anda bisa membuat agar-agar dengan beberapa pilihan warna agar lebih menarik. Setelah matang, tuang agar-agar tersebut ke dalam wadah lalu dinginkan.

Proses selanjutnya, setelah dingin, serutlah agar-agar tersebut lalu serta blewah yang juga telah diserut. Jangan lupa juga untuk menambahkan serutan es batu dan juga sirup. Untuk sirup, biasanya menggunakan sirup cocopandan. Dan Es Air Mata Pengantin yang segar sudah bisa Anda nikmati. Cukup mudah bukan.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 29 November 2014

Pulau Kera Kupang Indonesia



Introduksi

Namanya memang cukup unik yakni Pulau Kera. Namun jangan salah, pulau ini bukanlah sebuah pulau yang dihuni oleh ratusan kera. Ada beberapa pendapat tentang asal usul nama Pulau Kera ini. Sebagian ada yang menyebut Kera berasal dari kata Kea (Bahasa Rote) yang artinya penyu. Karena dahulunya pulau ini berfungsi sebagi penangkaran penyu. Namun mungkin karena pengucapan lafal saja, sehingga namanya berubah menjadi Pulau Kera. Namun beberapa ada pula yang berpendapat Kera berasal dari kata Takera (Bahasa Solor) yang artinya ember/timba.

Pulau Kera berhadapan langsung dengan Teluk Kupang. Tepatnya berada di Desa Uiasa, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini masuk dalam wilayah Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang. Pulau ini merupakan pulau berpenduduk karena telah ditempati oleh warga pendatang sejak tahun 1911. Saat ini mayoritas penduduknya adalah Suku Bajo yang beragama Islam.

Pulau Kera merupakan sebuah pulau kecil. Luasnya hanya sekitar satu kilometer persegi saja. Hamparan pasir pantai di pulau ini berwarna putih dan sedikit berwarna merah. Air lautnya berwarna hijau tosca dan sangat jernih. Terasa menyegarkan tentunya. Beberapa pohon kelapa dan cemara menghiasi pulau ini. Pantai di pulau ini cukup landai dan dangkal. Di pulau ini, Anda bisa melakukan kegiatan diving, snorkeling ataupun memancing. Beberapa spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset juga ada di pulau ini.

Fasilitas

Di pulau ini masih minim fasilitas. Beberapa gubuk peristirahatan memang sudah tersedia di bibir pantai. Penduduk setempatnya pun sangat ramah terhadap pengunjung. Sebaiknya, Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung makan di pulau ini. Yang ada hanyalah beberapa warung kelontong kecil yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Bila mau menginap, Anda bisa mendirikan tenda atau menginap di rumah penduduk setempat. Hanya saja, tidak ada sumber air tawar di pulau ini. Sumber mata air di pulau ini berasal dari tiga buah sumur yang semuanya berair payau. Untuk air yang digunakan untuk memasak, makan/minum, penduduk setempat membelinya dari Kupang. Listrik di pulau ini pun masih berasal dari genset yang hanya menyala mulai dari jam 18.00 WITA hingga jam 23.00 WITA. Sehingga saat malam tiba, suasana di pulau ini cukup tenang dan jauh dari kebisingan.

Akses ke Pulau Kera Kupang

Pulau Kera bisa diakses melalui kota Kupang. Satu-satunya sarana transportasi menuju ke pulau ini adalah dengan menggunakan perahu.

Rutenya adalah dari pusat kota Kupang, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Oeba, Kupang. Dari pelabuhan ini, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menuju ke Pulau Kera. Waktu tempuhnya sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan. Sebaiknya Anda melakukan perjalanan di pagi hari karena perahu nelayan yang menuju ke Pulau Kera biasanya hanya ada di waktu tersebut.

Sumber : utiket.com

Jumat, 28 November 2014

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali Indonesia



Introduksi

Selain pantai, Bali juga memiliki obyek wisata air terjun. Salah satunya bernama Air Terjun Tegenungan atau dikenal pula dengan nama Air Terjun Kemenuh. Letaknya ada di Sungai Tukad Petanu, tepatnya berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya sekitar 16 kilometer dari pusat kota Denpasar. Air terjun ini tidak seperti air terjun lainnya yang berada di dataran tinggi atau pegunungan, namun justru berada di dataran rendah.

Tinggi air terjun ini hanya sekitar empat meter, namun debit air terjun ini cukup deras dan menyegarkan. Di sekelilingnya juga memiliki pemandangan yang indah. Pepohonan yang hijau dan asri bisa Anda saksikan dari sini. Bila mau, Anda bisa sekedar bermain air atau mandi di lokasi ini. Air terjun ini juga cocok dikunjungi oleh Anda para pecinta fotografi. Beberapa sudutnya cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pemotretan.

Fasilitas

Di sini telah tersedia fasilitas pemandian dan air pancuran yang bisa digunakan oleh pengunjung. Beberaa warung makan sederhana yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan bisa Anda dapatkan di lokasi ini. Begitu juga untuk penginapan, dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar kawasan ini.

Akses ke Air Terjun Tegenungan Denpasar

Air terjun ini jaraknya sekitar 16 kilometer dari pusat kota Denpasar. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, sewa atau angkutan umum seperti taksi untuk menuju ke lokasi. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit perjalanan.

Rutenya :

Dari pusat kota Denpasar, bisa langsung menuju ke Sukawati. Setelah melewati Pasar Seni Sukawati, lurus terus hingga tiba di perempatan jalan. Dari sini, ambil arah ke kanan yang menuju ke Tegenungan. Lurus ikuti jalan, sekitar satu setengah kilometer, Anda sudah sampai di Air Terjun Tegenungan. Dari tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga. Jumlahnya sekitar 150an anak tangga.

Sumber : utiket.com

Kamis, 27 November 2014

Pantai Toyolawa Gunung Sitoli Indonesia



Introduksi

Pantai Toyolawa merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Pulau Nias, tepatnya berada di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Jaraknya sekitar dua jam perjalanan dari Gunung Sitoli.

Pantai Toyolawa memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih dan merah kecoklatan. Sebagian pasir pantainya ada yang bercampur dengan bebatuan kerikil. Beberapa bebatuan karang serta deretan pohon kelapa juga tampak menghiasi bibir pantai ini. Konon bebatuan karang tersebut berasal dari sebuah peristiwa alam yang pernah terjadi di Pulau Nias. Air laut di pantai ini masih cukup jernih dan menyegarkan. Sesekali di tengah laut, tampak beberapa kapal nelayan yang sedang melakukan aktivitasnya. Di pantai ini, Anda bisa berenang di garis pantainya yang cukup dangkal.

Pantai Toyolawa juga sering dijadikan sebagai tempat acara keluarga karena suasana di sini sangat mendukung dan terasa nyaman. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota juga memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya. Pada saat akhir pekan atau liburan, kawasan pantai ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun saat hari biasa, cukup sepi dari pengunjung.

Fasilitas

Pantai ini masih minim fasilitas. Namun beberapa penginapan dan tempat makan bisa Anda dapatkan di sekitar kawasan pantai ini.

Akses ke Pantai Toyolawa Gunung Sitoli

Untuk menuju Pantai Toyolawa, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau angkutan umum dari Gunung Sitoli. Akses jalan ke lokasi pantai sudah cukup bagus.

Rutenya dari Gunung Sitoli - Kecamatan Lahewa. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan. Dari Lahewa, akan ada papan petunjuk yang menginformasikan lokasi pantai.

Bila menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkot dengan dari Gunung Sitoli dengan jurusan Gunung Sitoli – Lahewa. Biayanya sekitar Rp 35.000 sekali jalan. Dari Lahewa, Anda bisa lanjut dengan menggunakan ojek motor untuk menuju ke lokasi pantai.

Sumber : utiket.com

Rabu, 26 November 2014

Pantai Pintu Kota Ambon Indonesia



Introduksi

Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Provinsi Maluku. Jaraknya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ambon. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan termasuk jenis pantai yang berkarang dan berbatu. Di pantai ini terdapat sebuah tebing yang menjorok ke laut dan berlubang di tengahnya. Lubang tersebut uniknya berbentuk seperti sebuah pintu gerbang. Tebing dengan lubang berbentuk pintu gerbang inilah yang menjadi ikon pantai ini.

Pantai ini memang tidak terlalu luas. Sebagian pantainya banyak dipenuhi dengan karang dan bebatuan. Sebagian lagi terhampar pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan dengan kapal-kapal kecil yang berlabuh. Meski begitu pantai ini tetap menjadi salah satu pantai favorit bagi para wisatawan. Pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan serta lokasi penyelaman karena memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah. Beberapa spot untuk snorkeling atau diving juga ada di kawasan pantai ini. Untuk menuju ke spot tersebut, para wisatawan biasanya menggunakan speedboat / perahu dari nelayan setempat.

Fasilitas

Kawasan pantai ini sudah menyediakan area parkir yang cukup luas dan nyaman. Di sekitar kawasan pantai terdapat beberapa pondokan yang bisa digunakan untuk beristirahat dan berteduh sambil menikmati keindahan pantai. Beberapa penjual makanan dan penginapan juga bisa Anda dapatkan di sekitar kawasan pantai ini.

Akses ke Pantai Pintu Kota Ambon

Akses jalan ke lokasi pantai sudah beraspal mulus. Hanya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ambon. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju ke sini.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju ke Desa Airlouw karena akses jalannya sudah mulus.

Bila menggunakan angkutan umum :

Dari pusat kota Ambon, Anda bisa menggunakan angkot yang berwana merah dengan jurusan yang menuju ke Desa Airlouw (angkot tersebut cirinya bertuliskan Air Louw di atas atap angkot). Tarifnya sekitar Rp 3.000 sekali jalan, mungkin sekarang sudah naik.

Sumber : utiket.com

Selasa, 25 November 2014

Pantai Maluk Sumbawa Indonesia



Introduksi

Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki obyek wisata berupa pantai yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali. Pantai ini disebut dengan Pantai Maluk yang terletak di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai Maluk wisatawan juga bisa melihat pesona keindahan Teluk Maluk.

Surganya para Peselancar

Ombak di pantai Maluk diberi julukan Super Suck karena ombak yang menuju daratan terpecah oleh sebuah tanjung yang oleh penduduk setempat diberi nama Tanjung Ahmad. Pecahnya ombak ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter, oleh sebab itu ombak di Pantai Maluk masuk ke dalam daftar ombak terbaik bagi para peselancar.

Di sekitar pantai banyak papan selancar serta kano yang disewakan dengan tarif Rp 5.000 per jam untuk kano (bila harga belum berubah). Pasirnya yang putih dan lembut menjadikan wisatawan betah berlama-lama di pantai ini untuk sekedar berjemur. Selain itu terdapat pula tempat penangkaran penyu yang berada tepat di tepi pantai.

Fasilitas

Meski telah dibangun pancuran terbuka, area voli serta area bermain anak-anak di Pantai Maluk namun kapasitas untuk fasilitas tersebut masih minim. Selain area bermain di sini juga telah dikembangkan dengan adanya rumah makan yang menyajikan menu makanan sea food, di sini juga sudah tersedia hotel dengan tarif sekitar Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per hari.

Akses ke Pantai Maluk

Untuk mengunjungi Pantai Maluk tidak terlalu sulit karena transportasi yang dibutuhkan oleh wisatawan tersedia setiap saat. Dari Ibu Kota NTB, Mataram sekitar 6 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Maluk, sekitar 2 jam perjalanan menggunakan feri dari Pelabuhan Kayangan Lombok dan selebihnya perjalanan di tempuh melalui jalur darat.

Sumber : utiket.com

Senin, 24 November 2014

Pulau Moyo Surganya Pecinta Alam Sumbawa - Indonesia


Introduksi

Pulau Moyo berada di wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Jaraknya sekitar dua setengah kilometer sebelah utara dari Pulau Sumbawa, NTB. Pulau ini menjadi tujuan tempat wisata bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Bahkan Mick Jagger dan Putri Diana pernah berkunjung ke tempat ini. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya. Selain masih alami dan sepi, suasana di pulau ini memberikan nuansa ketenangan.

Keindahan Pulau Moyo tidak diragukan lagi. Di sini terdapat berbagai jenis flora dan fauna seperti kupu-kupu, dua puluh satu jenis kelelawar, babi liar, rusa, ular, berbagai macam jenis burung dan hewan-hewan lainnya. Hal ini menandakan bahwa Pulau Moyo terjaga kelestariannya. Selain bisa menikmati keindahan hutannya, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang tentunya masih sangat indah.

Bagi pecinta alam maupun burung, Pulau Moyo adalah surga tersendiri. Dari 124 jenis burung yang ada di Sumbawa, 84 jenis diantaranya ada di sini. Beberapa spesies langka seperti kakak tua berkepala kuning dan burung gosong dapat Anda temukan di pulau ini. Bagi pecinta hiking, Anda akan menemukan air terjun, gua, serta sungai yang bisa Anda susuri. Dan untuk yang hobi bersnorkeling ataupun diving, di sini terdapat spot-spot bawah laut yang indah. Anda akan menemukan spon, anemon, belut, pelagik, manta, sekelompok ikan terbang sampai hiu kecil yang sedang berenang.

Fasilitas

Di pulau ini Anda bisa menginap di Amanwana Resort (satu-satunya resort sekelas hotel bintang lima di Pulau Moyo) dengan biaya yang cukup mahal yakni sekitar $800 per malam. Pilihan lainnya, Anda bisa mendapatkan beberapa tempat untuk menginap di rumah penduduk Desa Labuan Aji dengan biaya sesuai kesepakatan atau sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per malam. Atau bila mau, bisa juga membawa tenda sendiri beserta perlengkapan tidur seperti sleeping bag, dengan begitu tentunya akan lebih menghemat keuangan Anda.

Akses ke Pulau Moyo

Akses ke Pulau Moyo memang sedikit tidak mudah. Bila Anda dari Mataram, Pulau Lombok, NTB, Anda bisa menggunakan kendaraan darat dengan rute dari Mataram langsung menuju ke Pelabuhan Kayangan. Dari pelabuhan dilanjutkan ke Poto Tano (dengan kapal fery). Dari Poto Tano bisa langsung menuju ke Sumbawa Besar (dengan kendaraan darat). Total waktu tempuhnya sekitar enam jam perjalanan.

Anda bisa juga menggunakan jalur udara yakni dari Bandara Internasional Lombok menuju ke Bandara Sultan KaharuddinSumbawa dengan menggunakan pesawat berjenis Fokker.

Dari Sumbawa perjalanan dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Muara Kali. Dari pelabuhan ini, Anda bisa meggunakan kapal rakyat dengan biaya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per orang. Kapal ini berangkat ke Pulau Moyo sekitar pukul 11.30 waktu setempat dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Kapal ini akan berangkat ke Sumbawa lagi sekitar pukul 09.00 waktu setempat. 

Bila Anda mau menggunakan kapal rakyat ini lagi maka Anda harus menginap. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan perahu motor milik nelayan dengan biaya sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000 atau sesuai kesepakatan (bila tidak menginap dan ingin kembali ke Sumbawa di hari yang sama).

Jika ingin lebih cepat, Anda dapat menyewa kapal cepat milik swasta dengan biaya lebih mahal yaitu sekitar Rp 3.000.000 (pp). Kelebihannya, selain waktu tempuhnya lebih cepat kapal tersebut dapat mengelilingi Pulau Moyo seharian penuh.

Pilihan akses ke Pulau Moyo lainnya adalah melalui Ai Bari yang terletak sekitar 20 km dari Sumbawa Besar. Dari Ai Bari, Anda bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 20 menit atau dengan kapal ketinting dengan waktu yang lebih lama tentunya.

Sumber : utiket.com

Minggu, 23 November 2014

Taman Wisata Alam Sorong Indonesia



Introduksi

Taman Wisata Alam Sorong merupakan sebuah kawasan obyek wisata yang berupa ekosistem alam. Dari pusat kota Sorong berjarak sekitar empat belas kilometer. Karena lokasinya berada sedikit jauh dari pusat kota maka tempat ini jauh dari keramaian. Kawasan ini berupa hutan lindung dan seringkali dikunjungi oleh para pecinta alam.

Terdapat berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang menghuni kawasan hutan wisata ini. Kebanyakan yang datang berkunjung ke sini adalah para pecinta alam dan menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alamnya dengan berkemah. Aktivitas outbond pun bisa dilakukan di sini, namun harus membawa perlengkapannya sendiri. Pos penjagaan berupa Barak Polisi Hutan juga ada di sini, sehingga kalau terjadi apa-apa bisa melapor, namun saat ini hanya tersedia sekitar tiga pos saja.

Fasilitas

Jika ingin jalan-jalan dan menikmati alam hutan, tempat ini sangat cocok, karena masih terjaga kelestariannya. Terdapat beberapa shelter yang bisa digunakan untuk beristirahat ataupun berteduh. Selain itu, di dalam kawasan wisata ini juga terdapat penangkaran buaya dimana kita bisa melihat proses pengembang biakan buaya. Kalau ingin berkunjung ke sini jangan lupa bawa bekal sendiri ya karena tidak ada penjual makanan di sekitar tempat ini.

Akses ke Taman Wisata Alam Sorong

Akses menuju ke Taman Wisata Alam Sorong dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan darat baik pribadi, sewa maupun kendaraan umum berupa angkot, bus kota maupun ojek. Waktu tempuhnya sekitar dua puluh menit. Jalanan menuju ke kawasan ini pun juga sudah beraspal bagus.

Jika menggunakan angkot atau bus kota tarifnya sekitar Rp 5.000 per orang untuk sekali jalan. Sedangkan tarif ojek sekitar Rp 20.000 sekali jalan atau sesuai kesepakatan dengan pemilik ojek.

Jika ingin menyewa kendaraan sendiri bisa menyewa dari pusat kota Sorong dengan tarif sewa sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per hari dengan sopir.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 22 November 2014

Pantai Tanjung Kasuari Sorong Indonesia



Introduksi

Pantai Tanjung Kasuari merupakan salah satu obyek wisata andalan Kota Sorong, Propinsi Papua Barat. Walaupun bernama Pantai Tanjung Kasuari namun pantai ini tidak berada persis di Tanjung Kasuari. Pantai ini berada di teluk yang terletak di balik Tanjung Kasuari. Dan jangan pula dibayangkan anda dapat menemui burung kasuari di tempat wisata ini.

Tempat wisata ini merupakan pantai berpasir putih yang indah dan nyaman untuk dikunjungi. Suasana sejuk dapat anda rasakan saat berkunjung ke pantai ini karena banyak terdapat rerimbunan pohon yang tumbuh di sepanjang pantai ini. Anda bisa berenang dan merasakan sejuk airnya yang jernih. Dan walaupun pantai ini berhadapan langsung dengan laut lepas, namun perairan di pantai ini tergolong aman. Anda tidak akan menemui ombak besar yang mencapai pantai karena ombak akan memecah dalam jarak sekitar 100 m dari bibir pantai terkena dasar pantai yang berkarang.

Saat akhir pekan atau hari libur, Pantai Tanjung Kasuari akan ramai dikunjungi oleh para pengunjung baik dari Kota Sorong sendiri maupun dari luar Kota Sorong yang menghabiskan waktu untuk bersantai di pantai ini. Namun pada saat hari kerja, pantai ini menjadi pantai yang hening. Jadi anda bisa pilih kapan waktu yang cocok untuk berkunjung ke pantai ini sesuai selera. Mau suasana pantai yang ramai atau hening tinggal tentukan sendiri hari berkunjung anda.

Akses ke Pantai Tanjung Kasuari Sorong

Pantai Tanjung Kasuari terletak sekitar tujuh kilometer ke arah timur dari Kota Sorong. Anda bisa mencapai Pantai Tanjung Kasuari menggunakan ojek dengan tarif sekitar Rp. 30.000 atau menyewa angkutan umum jika anda pergi beramai-ramai bersama teman dengan tarif sekitar Rp. 100.000-200.000. (Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

Biaya tiket masuk

Jika berkunjung ke Pantai Tanjung Kasuari ini anda diwajibkan membeli tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

Sumber : utiket.com

Jumat, 21 November 2014

Pulau Raja Ampat Sorong Indonesia



Introduksi

Pesona dan kekayaan alam bawah laut, menjadi andalan di Kabupaten Raja Ampat. Kawasan ini di kenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Raja Ampat adalah kabupaten baru di Indonesia. Papua lebih dikenal dengan kebudayaannya yang masih sangat sederhana, pakaiannya yang unik, serta sumber daya alam yang berlimpah, bagi masyarakat kebanyakan namun tidak bagi para penyelam dan pecinta alam bawah laut. Salah satu yang terkenal adalah perairan Raja Ampat, kawasan ini di juluki sebagai coral reef paradise (surga terumbu karang) oleh para penyelam dunia. Berlokasi tepat di kepala burung pulau Papua, tepatnya di Propinsi Papua Barat.

Kepulauan Raja Ampat tidak hanya di anggap sebagai taman laut terbesar di Indonesia, namun juga di yakini memiliki biota laut terbesar di dunia menurut Conservation International. Dalam catatan fotografi bawah laut di kawasan Raja Ampat adalah paling besar di seluruh segitiga koral dunia, yaitu Philipina, Indonesia, Papua Nugini. Segitiga koral ini merupakan jantung kekayaan terumbu karang di dunia yang di lindungi dan di tetapkan berdasarkan konservasi perlindungan alam internasional, karena sekitar 600-an jenis terumbu karang di dunia, 75 persennya ada di perairan Raja Ampat.

Perairan Raja Ampat sangatlah luas dengan kekayaan biota lautnya serta pemandangan bawah laut yang begitu indah, wisatawan dapat memilih beberapa titik penyelaman. Titik penyelaman tersebut di antaranya di pulau Kri, di mana terdapat berbagai jenis ikan seperti kerapu, barracuda, napoeleon, hiu karang, tuna, wrasse, queensland groupe, giant trevally di tambah dengan terumbu karang yang menakjubkan.

Titik penyelaman lain yaitu di Sardine Reef, kedalaman 10 meter, di tempat ini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan termasuk parrotfish dengan warnanya yang cemerlang. Ada juga Kaboei Bay Rock, di kepulauan ini terdapat sebuah teluk yang dibawahnya merupakan sebuah terowongan, juga terdapat gua-gua yang di huni oleh ratusan kelelawar. Dan masih banyak titik lain penyelaman di perairan Raja Ampat.

Selain menyaksikan keindahan dan kekayaan biota laut, kamu juga dapat melihat kapal perang serta pesawat tempur yang karam di perairan Raja Ampat.

Tersedianya resort akan memudahkan kamu untuk menginap di sekitar perairan Raja Ampat.

Akses ke Pulau Raja Ampat Sorong

Untuk menuju perairan Raja Ampat, kamu bisa terbang dari kota-kota besar di Indonesia menuju Bandara Eduard Osok, Sorong kemudian perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan kapal selama 3 sampai 4 jam dengan tarif sekitar Rp. 3,2 juta untuk 10 orang.

Sumber : utiket.com

Kamis, 20 November 2014

Taman Wisata Suranadi Lombok Indonesia



Introduksi

Berkunjung ke Lombok, selain dapat mengunjungi Taman Narmada yang sudah sangat populer, Anda juga bisa mengunjungi Taman Wisata Suranadi. Taman Wisata Suranadi terletak di Jalan Wisata Suranadi, Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 15 km sebelah timur dari pusat kota Mataram. Taman ini merupakan hutan wisata yang sudah diresmikan oleh Kementrian Kehutanan. Luas wilayahnya sekitar 52 hektar dengan ketinggian kurang lebih 256 meter di atas permukaan laut.

Taman ini memiliki cukup banyak pepohanan khas hutan tropis. Bahkan beberapa pepohonan yang ada di kawasan ini ada yang berusia hingga ratusan tahun. Selain vegetasi dan flora khas hutan tropis, Taman Suranadi juga memiliki fauna khas seperti kera, musang, biawak, elang dan lain-lain. Salah satu keunikan taman ini adalah adanya tiga pura yang berada tepat di sebelah kawasan hutan.

Tiga pura ini biasa disebut dengan Pura Suranadi, keberadaan tiga pura ini konon merupakan jejak dari penyebaran agama Hindu di Pulau Lombok pada abad ke-14. Ketiga pura tersebut yaitu Pura Ulon, Pura Pangentas dan Pura Pabersihan. Selain ketiga pura tersebut, di kawasan ini juga terdapat lima mata air yang memiliki fungsi keramat dan biasanya digunakan dalam upacara keagamaan. Pengunjung pun tidak diperbolehkan mandi / mengambil langsung air dari kelima sumber mata air tersebut. Pengunjung hanya boleh mengambil air yang sudah dialirkan ke luar saja.

Fasilitas

Kawasan Taman Suranadi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Bahkan di kawasan ini juga ada tempat pemandian yang dikenal dengan nama Taman Pemandian Suranadi dan bisa digunakan oleh pengunjung.

Di sekitar kawasan juga terdapat pedagang yang menjajakan aneka macam makanan dan minuman, makanan khas yang perlu Anda coba yaitu sate bulayak yang merupakan sate daging sapi dengan bumbu khas Lombok. Berbagai penginapan dengan berbagai macam penawaran harga juga banyak terdapat di sekitar kawasan taman ini.

Akses ke Taman Wisata Suranadi Lombok

Lokasinya hanya sekitar 15 km dari pusat kota Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari pusat kota Mataram perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitat 30 menit perjalanan.

Rutenya dari pusat kota Mataram-Bertais-Narmada-Suranadi.

Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa menuju ke Terminal Bertais dan gunakan angkot yang menuju ke Narmada. Dari Narmada lalu ganti angkot yang menuju ke Suranadi. Biaya menggunakan angkot hanya sekitar Rp 3.000 untuk sekali jalan.

Jam buka

Buka mulai pukul 09.00-18.00 WITA.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke Taman Wisata Suranadi sekitar Rp 15.000 per orang. Sedangkan tiket masuk ke Taman Pemandian Suranadi sekitar Rp 10.000 per orang.

Sumber : utiket.com

Rabu, 19 November 2014

Lima Pasar Antik Terkenal di Dunia



Berbelanja menjadi salah satu agenda yang tak ketinggalan saat traveling. Dari mall hingga pasar tradisional pun menjadi sasaran para wisatawan. Barang-barang terbaru (up to date) biasanya menjadi incaran para wisatawan. Nah, bagi yang suka mengoleksi barang antik dan langka, tentunya harus mencari tahu keberadaan pasar barang-barang antik. Di beberapa daerah, pasar antik hanya terkenal di wilayahnya saja. Namun di bawah ini ada lima pasar antik yang namanya sudah terkenal di dunia dan menjadi buruan para kolektor barang antik.

Marche aux Puces de Clignancourt, Perancis

Pasar yang berada di kota Paris ini merupakan surga barang-barang antik. Terdapat sekitar 3.000 kios di pasar ini yang menjual berbagai pernak-pernik, barang antik, perhiasan, alat musik hingga kain kuno. Barang-barang unik dan langka tersebut ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Pasar ini hanya buka pada akhir pekan dan hari Senin saja.

Rose Bowl Flea Market, Amerika Serikat

Pasar ini merupakan pasar antik terbesar dan terkenal di Long Angeles, Amerika Serikat. Di dalam pasar terdapat sekitar 2.500 kios yang menawarkan aneka barang antik, mulai dari kotak makan antik, artefak budaya, bantal hingga baju unik. Pasar ini hanya buka setiap hari Minggu (yakni di minggu kedua setiap bulannya) mulai pukul 05.00 hingga 16.00 waktu setempat dan selalu ramai oleh pengunjung. Untuk menghindari pengunjung yang membludak, pintu gerbang di pasar ini biasanya hanya dibuka pada waktu tertentu saja.

Brimfield Antique Show, Amerika Serikat

Satu lagi pasar antik yang cukup terkenal dan masih berada di wilayah Amerika Serikat. Namanya Brimfield Antique Show. Pasar ini berada di kota Massachussets, Amerika Serikat dan menyediakan lebih dari 5.000 koleksi barang antik. Pasar ini juga menjual pakaian ala tahun 70-an. Namun jika ingin datang ke sini, harap perhatikan waktu operasi pasar yang hanya buka setiap bulan Mei, Juli dan September setiap tahunnya (hanya buka enam hari setiap bulannya).

San Telmo Antiques Fair, Argentina

Pasar antik ini terletak di kota Buenos Aires, Argentina dan berada di antara deretan gedung-gedung tua. Pasar ini buka setiap hari Minggu pukul 10.00 hingga pukul 16.00 waktu setempat dan menawarkan berbagai jenis barang-barang antik, pernak-pernik hingga poster film vintage. Di pasar ini terdapat musisi jalanan yang menyuguhkan musik tango khas Argentina beserta penarinya untuk menghibur para pembeli.

Bermondsey Market, Inggris

Bermondsey Market merupakan pasar barang antik yang cukup populer di London, Inggris. Pasar antik ini sudah ada sejak tahun 1885. Pasar antik ini terdiri dari beberapa deretan kios yang menjual berbagai barang bekas hingga barang-barang kuno. Kebanyakan barang-barang kuno tersebut berasal dari para kolektor yang ada di Inggris. Pasar ini hanya buka setiap hari Jumat. Para pedagang mulai menggelar dagangannya mulai pukul 04.00 waktu setempat. Namun para pembeli baru boleh membeli barang-barang yang ditawarkan mulai pukul 05.00 waktu setempat.

Sumber : utiket.com

Selasa, 18 November 2014

Pandawa Water World Solo Indonesia



Introduksi

Pandawa Water World termasuk tempat wisata baru di Kota Solo, satu-satunya water world yang ada di Solo. Tempat wisata yang bertema wisata air ini berdiri pada 22 Desember 2007, dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Pandawa terletak 4 km dari kota Solo, jadi mudah untuk ditemukan. Terletak di antara Solo dan Sukoharjo tepatnya di komplek Pandawa Solo Baru, Sukoharjo.

Sesuai dengan namanya, walaupun berkelas Internasional Pandawa World didesain berdasarkan tokoh pewayangan Jawa Pandawa. Di Pandawa Water World Anda bisa menikmati aneka macam wahana air bersama keluarga atau orang tersayang. Ada 27 wahana air di kawasan ini, antara lain Action River, Fantastic Slide, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide, Raft Slide, Gatot Kaca Bungy Tower dan lain-lain. Diantara Aneka Wahana itu, ada wahana yang menjadi favorit pengunjung yaitu Kresna Wave Pool disini air kolamnya berombak, jadi saat Anda berenang di kolam ini Anda seperti menikmati sensasi berenang di pantai, serta Black Hole Slide wahana ini cukup menantang ardenalin Anda, Anda bisa meluncur disepanjang lorong yang gelap gulita hingga ke dasar.

Fasilitas

Anda tidak perlu khawatir bermain disini karena setiap wahana dijaga oleh dua life guard, serta dokter yang selalu siaga. Bagi Anda yang membawa serta buah hati Anda juga tidak perlu khawatir, karena disini juga disediakan tempat bermain air khusus untuk anak-anak. Pandawa Water World juga dilengkapi dengan fasilitas foodcourt seperti Drupadi Food Servery, beraneka macam makan dan minuman bisa Anda pesan disini.

Akses ke Pandawa Water World Solo

Untuk lebih mudahnya sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Bus:
Dari Stasiun Purwosari Solo menggunakan Bus Wahyu Putro. Sedangkan dari Terminal Palur menggunakan Bus Surya Kencana Jalur E.

Kendaraan Pribadi:
Arahnya sekitar 4 Km ke arah selatan dari kota Solo, dari Jl. Tanjung Anom menuju ke selatan dengan waktu perjalanan sekitar beberapa menit.

Jam buka

Senin-Jumat buka mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Sabtu-Minggu buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB

Biaya tiket masuk

Harga tiket untuk hari Senin-Jumat Rp 80.000. Hari Sabtu, Minggu serta hari libur lainnya Rp 100.000.

Sumber : utiket.com

Senin, 17 November 2014

Pasar Klewer Solo Indonesia



Introduksi

Kota Solo memang terkenal dengan batiknya yang khas, jadi ketika Anda berkunjung ke Solo Anda wajib mengunjungi tempat belanja yang satu ini, Pasar Klewer. Pasar Klewer merupakan pasar batik terbesar di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1970 dan terus berkembang hingga sekarang. Di Pasar Klewer banyak dijual beraneka jenis batik, baik yang sudah berupa pakaian jadi maupun yang masih berupa kain dengan berbagai macam motif. 

Merupakan tempat wisata belanja yang sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Di sini Anda bisa menikmati suasana hiruk pikuk pedagang di sepanjang lorong pasar. Di Pasar Klewer Anda juga bisa berbelanja dengan harga miring, apalagi untuk Anda yang pintar menawar. Walaupun harganya miring tapi kualitas batik disini tidak kalah dengan batik yang ada di Mall atau toko-toko besar lainnya. Jadi Anda harus coba menikmati sensasi berbelanja murah dengan barang yang berkualitas.

Lelah berkeliling dan berbelanja, Anda bisa beristirahat di pinggir-pinggir pasar. Disekitar pasar terdapat beraneka pedagang makanan yang menjajakan dagangannya. Beraneka macam makanan khas Solo bisa Anda temui disini antara lain, srabi Solo, tengkleng, nasi timlo, dan beraneka jenis es gempo dan lain-lain. Semuanya siap menjadi pengobat lelah Anda.

Akses ke Pasar Klewer

Pasar Klewer berada di pusat kota Solo, disebelah Alun-Alun Lor Solo. Menggunakan Bus: Naik Batik Solo Trans turun di Gladak. Atau naik angkot dari Terminal Tirtonadi turun di Gladak.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 15 November 2014

Pesona Goa Gong Solo Indonesia



Introduksi

Goa Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 kilometer arah barat daya dari pusat kota Pacitan atau sekitar 140 kilometer sebelah selatan kota Solo. Goa ini merupakan salah satu goa terindah yang ada di Asia Tenggara.

Panjang goa ini sekitar 256 meter dan mempunyai stalaktit serta stalagmit yang berusia ratusan tahun. Dinamakan Goa Gong karena konon menurut cerita, dari dalam goa sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai bunyi gong. Dalam goa ini sudah dilengkapi dengan beberapa lampu penerangan yang berwarna-warni. 

Memasuki lorong pertama gua, pengunjung akan disambut dengan stalaktit dan stalagmit goa yang membentuk seperti barisan ornamen.

Dalam balutan cahaya, bintik-bintik kecil putih yang ada pada beberapa barisan ornamen terlihat gemerlap seperti bintang dan cukup memukau. Goa ini sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa tangga dan pegangan besi. Jadi jangan khawatir tidak mendapat tempat untuk pijakan kaki. Hanya saja terkadang jalan setapaknya terkesan licin dan basah, jadi tetap harus hati-hati. Untuk lebih amannya lagi, bisa juga menyewa jasa pemandu wisata untuk menemani perjalanan Anda menyusuri goa Anda dapat juga menyewa senter dengan biaya sekitar Rp 3.000

Fasilitas

Beberapa toko souvenir, rumah makan, mushola, toilet juga sudah tersedia di sekitar kawasan obyek wisata ini. Bagi Anda yang ingin menginap, tersedia pula beberapa hotel atau penginapan yang ada di pusat kota Pacitan.

Akses ke Pesona Goa Gong

Akses menuju ke Goa Gong sangat mudah. Bila Anda datang dari kota Solo, Anda harus menuju ke Pacitan terlebih dahulu. Banyak angkutan umum yang bisa Anda dapatkan untuk menuju ke lokasi. 

Jalannya pun sudah beraspal. Sampai di Pacitan, perjalanan lalu dilanjutkan menuju ke Desa Bomo, Kecamatan Punung. Dari sini Anda bisa langsung menuju ke lokasi goa.

Jam buka

Goa Gong buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB

Biaya tiket masuk

Biaya tiket masuk ke area goa dikenakan sekitar Rp 7.000 per orang.

Sumber : utiket.com

Jumat, 14 November 2014

Taman Jurug Jalan Insinyur Sutami Indonesia



Introduksi

Seperti kota-kota besar lainnya, di Solo juga terdapat kebun binatang yang asyik untuk Anda kunjungi apalagi jika membawa serta si buah hati. Anda bisa mengenalkan beragam jenis satwa di Taman Jurug Solo. Kebun binatang ini memang dahulunya terletak di Taman Sriwedari, salah satu tempat wisata yang juga ada di Solo. Namun karena adanya pemugaran besar-besaran akhirnya Taman Jurug dipindahkan ke lokasi baru yang ada di pinggir Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Jalan Ir. Sutami yang merupakan jalan utama penghubung Yogyakarta-Surabaya. Dengan pindahnya lokasi diharapkan para wisatawan lebih mudah untuk mengunjunginya. Sampai sekarang Taman Jurug terus melakukan pengembangan dengan menata tata ruang yang lebih baik serta menambah koleksi binatangnya.

Taman Jurug dibangun diatas lahan seluas 14 hektar dan mempunyai koleksi binatang yang cukup banyak sekitar 200 ekor lebih. Memasuki pintu gerbang Taman Jurug, Anda akan disambut oleh pepohonon rindang yang menjadikan suasana teduh dan nyaman. Di Taman Jurug ini Anda bisa berkeliling sambil melihat beraneka satwa. Atau jika Anda berani bisa juga mencoba pengalaman baru dengan menaiki gajah atau kuda yang ada di kebun binatang ini. Di sini juga terdapat sebuah monumen yang dibuat sebagai bentuk penghargaan terhadap maestro keroncong di Indonesia yang terkenal dengan lagu Bengawan Solo yaitu Monumen Gesang. Di monumen ini terdapat sanggar yang sering sering digunakan untuk pentas seni musik keroncong pada hari Minggu yang bisa disaksikan oleh pengunjung.

Yang unik di Taman Jurug ini ada seekor orang utan bernama Tori yang mempunyai kebiasaan aneh yaitu merokok. Tori sudah berumur 15 tahun dan selama 10 tahun sudah menjadi perokok aktif. Tori menjadi perokok karena ulah tidak bertanggung jawab dari pengunjung yang dengan sengaja membuang puntung rokok ke kandang Tori. Sejak itu Tori kecanduan rokok. Saat Tori ingin merokok dia akan mengangkat kedua jari ke mulut dan permintaan ini harus dituruti jika tidak dia akan mengamuk dan melempar semua benda yang ada didekatnya. Kebiasaaan merokok Tori sangat disayangkan karena bisa mengganggu kesehatannya. Untuk itu pihak kebun binatang pun mengajak COP (Centre for Orangutan Protection) untuk ikut serta memantau kesehatan dan kebiasaan Tori agar kebiasaaannya bisa segera dihentikan. Bagaimana, Anda penasaran dengan Tori dan ingin berkenalan dengannya? Ayo kunjungi Taman Jurug saat Anda berada di Solo.

Akses ke Taman Jurug Jalan Insinyur Sutami

Taman Jurug yang berada dijalan utama yang menghubungkan Yogyakarta-Surabaya memudahkan wisatawan untuk mengunjunginya. Anda bisa mengunjungi Taman Jurug dengan menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau bisa juga menggunakan transportasi umum.

Dari Kota Solo jika menggunakan kendaraan umum Anda bisa menggunakan bus Damri A, bus Damri B, Sumber Rahayu, Atmo, Suryakencana A, Suryakencana B, Suryakencana E, Nusa A, Nusa B dan Solo Batik Trans yang beroperasi dari pukul 05.00-16.00 WIB. Tarifnya jauh dekat sekitar Rp 3.000.

Jam buka

Taman Jurug buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Biaya tiket masuk

Sementara untuk tiket masuk ke Taman Jurug Anda harus membayar Rp 6.000,- per orang untuk hari biasa, Rp 7.000,- per orang untuk hari libur. Sedangkan untuk anak-anak hari biasa dikenakan tarif Rp 3.000,- sedangkan hari libur Rp 4.000,-.

Sumber : utiket.com

Kamis, 13 November 2014

Grojogan Sewu Solo Indonesia



Introduksi

Wisata Grojogan Sewu (atau Air Terjun Seribu) adalah wisata alam air terjun, terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut, Grojogan Sewu memiliki hawa sejuk karena berada di sebuah hutan yang masih asri dan alami di tambah dengan banyaknya pepohonan akan membuat suasana rindang dan lebih sejuk.

Berwisata di Grojogan Sewu tidak sepenuhnya menikmati keindahan air terjun dengan hawa dinginnya, namun kamu juga bisa belanja sayur ataupun buah-buahan ciri khas pegunungan yang barangkali bisa menambah alternatif wisata kamu. Di sekitar pintu masuk tempat ini juga di sediakan kuda sewaan yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling, hanya dengan biaya Rp. 15.000 untuk sekali putaran.

Pintu masuk pertama terletak di atas, kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan dan tersusun rapi,di sediakan pula gazebo di beberapa titik, untuk beristirahat sejenak sambil melihat monyet ekor panjang yang hidup dengan bebas di kawasan ini, kamu juga bisa melihat tanaman hias yang di jual di sisi jalan. Sedangkan pintu masuk kedua berada di lereng bawah.

Grojogan Sewu memang berarti Air Terjun Seribu namun bukan berarti di kawasan ini terdapat seribu air terjun, tetapi ada beberapa titik air terjun yang bisa kamu nikmati. Air terjun tertingi sekitar 80 meter, ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan pancurannya yang meluas dan membentuk cabang-cabang.

Fasilitas

Setelah puas menikmati dinginnya air terjun utama, kamu bisa berkeliling hutan dan menikmati sejuknya udara di sana. Dengan luas sekitar 20 Ha, kawasan ini menyediakan fasilitas kolam renang bagi orang dewasa maupun anak-anak, ada pula warung yang menjual makanan dengan harga terjangkau dan yang khas dari kawasan ini adalah sate kelincinya. Beberapa penginapan juga tersedia di sekitar kawasan ini.

Akses ke Grojogan Sewu

Untuk dapat menuju ke Air terjun Seribu, sangatlah mudah meski jalan yang di lalui curam, banyak kelokan tajam serta disamping kanan dan kiri masih banyak terdapat jurang. Dari terminal Tawangmangu di lanjutkan dengan naik angkot sekitar 800 meter, sedangkan jarak antara pintu masuk dengan jalan raya utama hanya sekitar 200 meter.

Biaya tiket masuk

Harga tiket masuk sebesar Rp 6.000, dan ada dua loket pintu masuk untuk menuju Air Terjun Seribu.

Sumber : utiket.com

Rabu, 12 November 2014

Taman Laut 17 Pulau Riung Ende Indonesia



Introduksi

Indonesia memang memiliki banyak taman laut, salah satunya adalah Taman Laut 17 Pulau Riung. Taman laut ini terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman laut ini dikelola oleh KSDA Taman Nasional Riung.

Taman Laut 17 Pulau Riung terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil dan besar dan tak berpenghuni. Meskipun bernama Taman Laut 17 Pulau Riung, namun sebenarnya gugusan pulau-pulau tersebut berjumlah lebih dari 20 pulau. Pulau-pulau tersebut diantaranya meliputi :

Pulau Wire, Pulau Sui, Pulau Taor, Pulau Tembaga, Pulau Tiga (Pulau Panjang), Pulau Bampa, Pulau Meja, Pulau Rutong, Pulau Patta, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Besar, Pulau Dua, Pulau Kalong, Pulau Lainjawa dan Pulau Ontoloe.

Selain memiliki panorama yang indah, hampir seluruh kawasan darat di pulau ini merupakan hutan kering dimana pesisir pantainya ditumbuhi dengan pohon bakau. Perairan di sekitar pulau-pulau ini pun juga cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk bersnorkeling ataupun diving. Pulau Rutong dan Pulau Tiga merupakan pulau yang memiliki banyak spot terbaik untuk bersnorkeling ataupun diving. Selain itu banyak fauna seperti komodo, ayam hutan, bangau putih, kelelawar, burung nuri, kera , elang dan beberapa fauna lainnya hidup di kawasan ini. Begitu juga kehidupan bawah lautnya. Terdapat banyak jenis ikan dan terumbu karang pastinya.

Untuk menjelajah pulau-pulau di taman laut ini, Anda dapat menyewa perahu motor penduduk setempat. Biayanya tergantung kesepakatan dengan si pengemudi. Sebaiknya Anda juga mengikuti rekomendasi dari nelayan atau penduduk setempat mana pulau yang biasa dikunjungi oleh wisatawan dan mana yang tidak.

Fasilitas

Riung merupakan kawasan wisata yang masih perlu dikembangkan. Listrik di kawasan ini masih menggunakan generator yang hanya berfungsi mulai dari pukul 18.00 hingga pukul 06.00. Meski begitu beberapa penginapan dan rumah makan bisa Anda dapatkan di Riung. Biaya menginapnya mulai dari Rp 150.000 per malam.

Akses ke Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman laut ini dapat diakses melalui kota Ende. Waktu tempuhnya sekitar tiga hingga empat jam perjalanan darat. Yakni dengan menggunakan bus atau dengan menggunakan travel.

Jadwal keberangkan bus dari Ende ke Riung hanya ada dua kali (pagi dan siang hari). Rutenya dari Ende-Mbay-Riung.

Dari Ende ke Terminal Mbay, jalannya tidak terlalu mulus dan membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Baru dari Terminal Mbay, perjalanan dilanjutkan ke Riung. Waktu tempuhnya sekitar satu jam perjalanan.

Sumber : utiket.com