Rabu, 30 April 2014

Lima Taman Terindah di Dunia


Area taman perkotaan merupakan salah satu wilayah hijau di suatu kota dan dapat digunakan sebagai tempat rekreasi atau berbagai kegiatan lainnya. Taman tersebut biasanya dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai untuk menarik pengunjung. Nah, sobat, di dunia ini terdapat beberapa taman yang memang dibangun dengan konsep arsitektur yang sangat menarik. Menjadikannya sebagai taman terindah di dunia. Berikut ini rangkuman lima taman terindah di dunia.

Keukenhof Gardens, Belanda

Taman yang juga dikenal dengan nama Garden of Europe ini berada di kota Lisse, Belanda. Setiap tahunnya, sekitar tujuh juta bibit bunga tulip ditanam di taman seluas 32 hektar ini. Taman ini menjadi kebanggaan dan menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Belanda. Selain itu taman ini juga menjadi taman bunga terbesar di dunia.

Nong Nooch Garden, Thailand

Taman ini merupakan taman botani yang berada di Jalan Sukhumvit, Provinsi Chonburi, Thailand. Taman ini dibuka pada tahun 1980 di atas lahan seluas 600 hektar dan menjadi taman yang mampu memukau setiap wisatawan dengan pemandangan tamannya yang luar biasa. Taman ini menjadi rumah bagi tanaman jenis cycadophyta atau palem sagu. Berbagai tanaman anggrek terbaik di Thailand pun juga terdapat di sini.

Versailles Garden, Perancis

Taman yang berada di kota Versailles ini didirikan oleh Raja Louis XIV pada tahun 1661. Dia menyewa para arsitek terbaik, pelukis dan desainer taman untuk mengerjakan seluruh bagian taman dan menjadi taman bagi kerajaannya yang megah, Château de Versailles. Luas area taman ini mencakup sekitar 800 hektar dengan taman bergaya Perancis nan klasik. Terdapat sekitar 200 ribu pohon yang tumbuh di taman ini. Selain itu terdapat juga kanal dan air mancur yang turut mempercantik taman ini.

Butchart Gardens, Kanada

Taman yang berada di Brentwood Bay, British Columbia, Kanada ini terkenal akan keindahannya. Tercatat hampir satu juta pengunjung mendatangi taman ini setiap tahunnya. Sehingga taman ini ditetapkan sebagai National Historic Site of Canada. Taman yang memiliki banyak koleksi bunga ini juga memiliki area taman cekung, berbagai patung, air mancur dan tentunya pemandangan yang indah yang tidak akan membuat bosan siapa saja yang berkunjung.

Botanical Garden of Curitiba, Brasil

Taman ini terletak di kota Curitiba, ibukota Paraná, Brasil dan menjadi landmark kota sekaligus obyek wisata utama di kota ini. Begitu memasuki pintu masuk taman bergaya Perancis ini, para pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan taman yang luas disertai dengan air mancur, air terjun, danau dan hamparan bunga yang bermekaran. Selain itu di dalam taman seluas sekitar 240.000 meter persegi ini terdapat rumah kaca seluas 458 meter persegi yang menyimpan koleksi tanaman tropis.

Sumber : utiket.com

Selasa, 29 April 2014

Lima Jalan Terunik di Dunia


Jalan merupakan hal yang selalu kita jumpai setiap saat. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa jalan terunik di dunia ini. Berikut ini rangkuman lima jalan terunik di dunia.

Lombard Street, USA

Lombard Street merupakan jalan berkelok yang berada di dekat puncak Bukit Russian yakni diantara jalan Hyde dan Leavenworth, San Franciso, Amerika Serikat. Dahulunya jalan ini lurus ke bawah dengan kecuraman sekitar 27 derajat. Namun antara tahun 1922 hingga tahun 1923, jalan ini kemudian dibuat berliku agar tidak membahayakan para pengguna jalan. Jalan sepanjang sekitar 400 meter dan diaspal dengan bata merah ini hanya bisa digunakan untuk satu arah saja (downhill) atau untuk berbelok ke timur yakni ke arah Leavenworth Street. Terdapat delapan kelokan di jalan ini. Kendaraan yang melintas di sini pun dibatasi kecepatan maksimalnya, yaitu delapan kilometer per jam.

Spreuerhofstraße, Jerman

Bagi orang awan tentunya susah untuk membaca nama jalan yang dinobatkan sebagai jalan tersempit di dunia ini. Jalan ini tepatnya berada di kota Reutlingen, Baden-Württemberg, Jerman. Jalan ini hanya memiliki ukuran 31 cm untuk bagian tersempitnya dan 50 cm untuk bagian terlebarnya. Jalan ini dibangun pada tahun 1727. Sebelumnya kawasan ini sempat mengalami peristiwa kebakaran yang terjadi pada tahun 1726. Jalan ini resmi terdaftar di dalam arsip Dinas Pertanahan Kota setempat dengan nama City Street Number 77.

Baldwin Street, Selandia Baru

Baldwin Street berada di kota Dunedin, Selandia Baru. Jalan sepanjang sekitar 350 meter ini membentang dari lembah Lindsay Creek menanjak ke Bukit Signal yang mengarah ke Opoho dengan elevasi dari bawah ke puncak sekitar 30 hingga 100 mdpl. Yang menjadi keunikan dari jalan ini adalah kemiringannya yang mencapai 19 derajat. Bisa dibayangkan bagaimana curamnya jalan ini. Hal tersebut menjadikan Baldwin Street diakui sebagai jalan tercuram di dunia.

Magic Roundbout, Inggris

Semuanya pasti tahu dengan yang namanya jalan melingkar. Dan biasanya jalan melingkar tersebut ada pembatasnya. Namun di kota Swindon, Inggris terdapat jalan melingkar yang membingungkan karena tidak memiliki batas, yaitu Magic Roundabout. Jalan ini dibangun pada tahun 1972 dan terdiri dari lima jalan melingkar mini. Pada tahun 2009, jalan ini menjadi salah satu jalan mengerikan di Inggris. Pembangunan jalan ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan, namun di sisi lain jalan ini justru membingungkan bagi yang belum tahu.

Judge Harry Pregerson Interchange, USA

Persimpangan jalan dengan nama Judge Harry Pregerson Interchange ini berada di Los Angeles, California, Amerika Serikat dan menjadi salah satu persimpangan jalan terumit. Jalan yang dibuka pada tahun 1993 ini memiliki empat level persimpangan yang terdiri dari lapisan-lapisan jembatan yang jika dilihat dari ketinggian, maka jalan ini benar-benar terlihat rumit.

Sumber : utiket.com

Senin, 28 April 2014

Tips Berwisata ke Akuarium



Tidak semua kota di dunia ini memiliki obyek wisata akuarium. Jadi jika Anda berkesempatan mengunjungi kota yang memiliki obyek wisata akuarium, jangan lewatkan hal itu. Sebagai contoh obyek wisata akuarium dapat kita temui di SeaWorld yang ada di Ancol dan Dunia Air Tawar yang ada di TMII. Keduanya berada di Jakarta. Sedangkan untuk akuarium di negara tetangga dapat dijumpai di Singapura dengan S.E.A Aquarium yang terkenal dengan ukurannya yang super besar. Di Malaysia, Thailand dan Australia juga memiliki akuarium yang indah. Agar wisata ke akuarium menjadi lebih berkesan, berikut ini beberapa tipsnya.

Datang lebih awal

Datanglah ke akuarium lebih awal terutama saat musim liburan. Dengan datang lebih awal, kita dapat menjelajahi akuarium dengan puas dan detail. Rasanya sayang jika hanya menyaksikan sekilas saja seluruh koleksi akuarium. Kita juga bisa memiliki banyak waktu untuk berfoto di dalam akuarium dan tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung yang lain. Untuk itu, kita perlu mengetahui jam buka akuarium tersebut.

Cari tahu jadwal memberi makan ikan (feeding fish)

Feeding fish atau memberi makan ikan merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan yang bisa kita lakukan saat berwisata akuarium. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai waktu atau jadwal feeding fish karena biasanya hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu saja. Kita bisa mencari infonya melalui internet atau bertanya kepada petugas akuarium melalui telepon.

Ajak buah hati ke kolam sentuh

Saat berwisata ke akuarium bersama buah hati, jangan lupa untuk mengajaknya ke kolam sentuh. Di sini kita dapat berinteraksi langsung dengan berbagai ikan dengan cara menyentuhnya. Si buah hati tentunya akan suka dengan hal ini. Tidak hanya untuk sang buah hati saja, Anda pun bisa mencobanya.

Jangan lewatkan untuk melihat ikan langka

Cari tahu mengenai keberadaan ikan langka dan aneh yang menjadi koleksi akuarium tersebut. Biasanya setiap akuarium memiliki hewan langka dan aneh ataupun yang menjadi ikon akuarium tersebut. Sebagai contoh, di Dunia Air Tawar TMII ada ikan buntal yang akan mengembang menyerupai balon saat tengah terancam, di Siam Ocean World Bangkok ada kepiting laba-laba raksasa yang berhabitat asli di dasar lautan Jepang.

Jangan gunakan blitz untuk berfoto

Pastinya ingin mengabadikan momen di akuarium kan? Jika ingin berfoto di akuarium, hindari penggunaan blitz karena cahaya blitz bisa terpantul dari kaca akuarium dan membuat hasil foto tidak bagus. Selain itu, pilihlah lokasi yang bagus untuk berfoto, misalnya di terowongan kaca.

Sumber : utiket.com

Minggu, 27 April 2014

Taman Nasional Ujung Kulon Jakarta Indonesia


Tentang Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang berada di Kabupaten Pandeglang, Banten ini merupakan tempat wisata alam yang kaya dengan aneka ragam ekosistem, flora dan fauna. Ada berbagai ragam tumbuhan dan satwa yang hidup di tempat ini, salah satunya yang kita kenal yaitu Badak Jawa.

Taman seluas 122.956 hektar ini merupakan habitat asli Badak Jawa. Badak Jawa yang menghuni taman nasional ini jumlahnya hanya ada sekitar 50-60 ekor karena hewan ini merupakan hewan langka yang ada di dunia. Hal itu menjadikan taman nasional ini sebagai cagar alam dan salah satu situs warisan alam dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Selain Badak Jawa, di Taman Nasional Ujung Kulon ini mempunyai 3 ekosistem : laut, rawa dan daratan yang dihuni oleh berbagai hewan dan tumbuhan. Diantara hewan dan tumbuhan yang hidup di taman ini beberapa diantaranya merupakan jenis hewan dan tumbuhan langka.

Ada beberapa obyek wisata lainnya yang masih berada di kawasan ini diantaranya : Pulau Peucang, Pulau Handeleum, Pulau Panaitan, Gunung Honje dan Semenanjung ujung Kulon. Di tempat-tempat tersebut kamu bisa menikmati wisata alam seperti trekking, berkemah, wildlife viewing, menyelam, snorkeling, berenang, bersampan, berselancar, wisata budaya di desa nelayan, dan menikmati sumber air panas. Untuk berwisata alam kamu dikenakan tarif antara Rp. 10rb-50rb/orang untuk warga negara Indonesia, Rp. 30rb-75rb/orang untuk warga negara asing tergantung dari jenis wisata alamnya.

Sedangkan untuk tiket masuk ke TNUK ini seharga Rp. 2.500,-/orang untuk warga negara Indonesia, Rp. 20.000,-/orang untuk warga negara asing ditambah biaya asuransi sebesar Rp. 3.000,-. Saat berkunjung ke TNUK kamu dilarang untuk berburu, menangkap, menebang, menyalakan api dan hal-hal yang mengganggu kehidupan flora dan fauna di TNUK ini serta segala hal yang menyebabkan pencemaran lingkungan.

Akses ke Taman Nasional Ujung Kulon

Untuk menuju TNUK kamu bisa menggunakan angkutan umum dari Jakarta menuju Labuan yang memakan waktu sekitar 4-6 jam dengan tarif sekitar Rp. 30.000,-. Untuk melanjutkan perjalanan menuju TNUK kamu bisa menggunakan kapal hi-speed yang berangkat dari Carita berkapasitas 8 orang dengan tarif sewa Rp. 4.500.000,-/hari atau bisa juga menggunakan kapal normal-speed yang berangkat dari Sumur atau Tamanjaya berkapasitas 20 orang dengan tarif sewa Rp. 2.250.000,-/hari.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 26 April 2014

Taman Safari Cisarua Jakarta Indonesia



Tentang Taman Safari Cisarua

Terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten BogorJawa Barat, 20km barat dari kota Bogor. Taman Safari Indonesia Cisarua di bangun pada tahun 1980 dengan luas tanah 138,5 hektar. Taman Safari beralamat di Jl. Raya Puncak No 601, Cisarua Jawa Barat, Indonesia.

Di Taman Safari ini di lengkapi dengan berbagai area bermain seperti Mini Kora-Kora, Jet Coaster, Spinning Boat dan wahana lainnya dapat dicoba dengan tarif Rp 10.000 untuk setiap permainan. Selain itu kamu juga bisa merasakan sensasi berenang bersama buaya, yang tentu saja tidak secara langsung namun terdapat pemisah antara kolam renang dengan buaya.

Mengunjungi Taman Safari Cisarua akan memberikan pengalaman baru bagi anak-anak, karena mereka dapat berinteraksi langsung dengan binatang di kawasan Baby Zoo selain memperhatikan tingkah laku para binatang yang menggemaskan.

Jika kamu merasa lelah, di sini juga tersedia mobil yang dibuat seperti kereta untuk mengelilingi kawasan Taman Safari atau melihat seluruh kawasan ini dari ketinggian, menggunakan Sky Lift (kereta gantung) dengan tarif Rp 10.000. Banyak terdapat restoran dan toko-toko souvenir yang menjual boneka binatang, kaos atau souvenir lain yang dapat menjadi kenang-kenangan ataupun sebagai pilihan oleh-olehmu.

Sebuah gerbang yang menyerupai gading gajah adalah sebagai tanda bahwa kamu hampir sampai di loket karcis dengan harga karcis masuk Taman Safari sebesar Rp 75.000 (dewasa) dan karcis untuk kendaraan Rp 15.000. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga karcis masuk 2 kali lipat. Taman Safari dibuka setiap hari dari jam 09.00 s/d 17.00 wib.

Akses ke Taman Safari Cisarua

Lokasi Taman Safari Cisarua, terletak di jalan raya Jakarta-Bandungkurang lebih 80 Km dari Jakarta atau 1,5-2 jam dengan kendaraan. Sedangkan dari Bandung sekitar 78 Km atau 3 jam. Bila menggunakan kendaraan umum atau bus dari Jakarta atau Bandung, berhenti di Cibeureum Cisarua, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau angkot, kurang lebih 15 menit ke Taman Safari Cisarua.

Sumber : utiket.com

Jumat, 25 April 2014

Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Indonesia



Tentang Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau sering di singkat dengan TMII adalah sebuah kawasan wisata bertemakan kebudayaan Indonesia yang terletak di Jakarta Timur.

TMII merupakan rangkuman berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia yang tersebar di 26 Propinsi (pada tahun 1975). Di tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia, adapun kawasan seta yang meliputi aneka busana, tarian dan tradisi daerah. Banyaknya sarana menjadikan TMII sebagai salah satu kawasan wisata terkenal di Jakarta, Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah memiliki maskot yaitu Hanoman. TMII di resmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1991.

Adapun bagian-bagian dari TMII yaitu:

Anjungan Daerah

Yaitu kawasan yang meliputi berbagai bangunan atau arsitektur tradisional dari hampir setiap suku bangsa yang tidak jarang memiliki lebih dari satu lebih dari satu jenis bangunan tradisional.

Bangunan Keagamaan

Mewakili berbagai bangunan atau tempat ibadah yang diakui di Indonesia, ini juga menggambarkan keselarasan dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia dan bangunan-bangunan itu di wujudkan dan antara lain:
  1. Masjid Pangeran Diponegoro.
  2. Gereja Katolik Santa Cantharina.
  3. Gereja Protestan Haleluya.
  4. Pura Penataraan Agung Kertabumi.
  5. Wihara Arya Dwipa Arama.
  6. Sasana Adirasa Pangaeran Samber Nyawa.
  7. Kuil Konghucu.

Sarana Rekreasi

Banyaknya sarana rekreasi menjadikan TMII adalah tempat yang cocok untuk berwisata bersama anak-anak karena di TMII selain kita disuguhi keindahaan alam, tatanan yang apik, serta banyaknya wahana permainan, kita juga dapat berwisata pengetahuan dan kenal lebih jauh tentang keaneka ragaman budaya Indonesia. Sarana Rekreasi ini meliputi:
  1. Istana Anak-anak Indonesia.
  2. Kereta Gantung.
  3. Perahu Angsa Arsipel Indonesia.
  4. Taman Among Putro.
  5. Taman Ria Atmaja.
  6. Desa Wisata.
  7. Kolam renang Snow Bay (Rp 25.000 per orang).

Teater dan Bioskop

Bangunan yang dikhususkan sebagai tempat pagelaran kesenian dan menonton film, antara lain :
  1. Teater IMAX Keong Mas, di IMAX diputar berbagai film yang bertemakan lingkungan dan Nusantara sampai film Box Office.
  2. Teater Tanah Air ku.
  3. Teater 4 D.

Taman

Di bangun khusus untuk menunjukan keindahan flora dan fauna di Indonesia, di kawasan ini terdapat sepuluh taman, yaitu:
  1. Taman Anggrek
  2. Taman Apotek Hidup
  3. Taman Kaktus
  4. Taman Melati
  5. Taman Bunga Keong Mas
  6. Akuarium Ikan Air Tawar
  7. Taman Bekisar
  8. Taman Burung
  9. Taman Ria Atmaja Park, panggung pagelaran musik
  10. Taman Budaya Tionghoa Indonesia

Museum

Diperuntukkan menyimpan dan memamerkan berbagai budaya, sejarah, flora, fauna dan tekhnologi di Indonesia. Dengan tarif Rp 2000, tak kurang 14 museum yang berada di kawasan ini bisa kamu kunjungi, antara lain:
  1. Museum Indonesia
  2. Museum Purna Bakti Pertiwi
  3. Museum Keprajuritan
  4. Museum Prangko
  5. Museum Pusaka
  6. Museum Transportasi
  7. Museum Listrik dan energi Baru
  8. Museum telekomunikasi
  9. Museum Penerangan
  10. Museum Olahraga
  11. Museum Asmat
  12. Museum Satwa Indonesia Komodo dan Reptil
  13. Museum Serangga
  14. Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
  15. Museum Minyak dan Gas Bumi
  16. Museum Timor Leste

Akses ke Taman Mini Indonesia Indah

Sangatlah mudah untuk mengunjugi TMII, kamu bisa dengan mudah mengendarai kendaraan pribadi melalui jalan tol, TMII adalah salah satu solusi jika kamu ingin mengelilingi Indonesia tanpa mengeluarkan banyak biaya. Hanya dengan tiket masuk sekitar Rp 9000 dan untuk tarif parkir Rp 6000 per motor dan Rp 10.000 per mobil dijamin kamu bisa mengenal lebih jauh tentang Indonesia.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Jakarta, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com

Kamis, 24 April 2014

Ancol Jakarta Bay City Jakarta Indonesia



Tentang Ancol Jakarta Bay City

Ancol Jakarta Bay City (sebelumnya Taman Impian Jaya Ancolmerupakan taman rekreasi terbesar dan paling menarik di wilayah Jakarta. Ini terdiri antara lain dari lapangan golf, tema taman, hotel, klub malam dan kolam renang. Ancol Jakarta Bay City terletak di tanah reklamasi sebelah utara Teluk Jakarta. Hiburan atau wahana yang ada di Ancol Jakarta Bay City:

Dunia Fantasi (Dufan). Jakarta bertemakan sebuah taman dengan lebih dari 40 wahana dan atraksi termasuk roller coaster Halilintar. Harga tiket untuk masuk ke Dunia Fantasi adalah Rp 135.000 per orang pada hari biasa.

Petualangan air Atlantis adalah Sebuah taman air dengan luas lima hektar dan bertemakan mitologi kota Atlantis, terdapat kolam ombak, kolam air terjun, kolam luncur, sungai buatan yang mengalir ke kolam renang anak-anak, dan restoran. Tiket masuk Rp 90.000 pada hari biasa.



Dunia Laut. Salah satu oceanarium terbesar di Asia Tenggara, yang menampilkan kolam buaya dan hiu, dan beberapa kolam umum sebagai kolam sahabat Laut dan kolam Utama.

Pasar Seni: Sebuah pasar seni yang dalam perjalanan sejarah 25 tahun telah menjadi pusat bagi seniman untuk secara langsung membuat dan menjual produk mereka.

Fun Golf Eksekutif, adalah lapangan golf bertaraf internasional yang berada di tepi pantai dengan 18 lubang. Ada pula Pantai yang berada di dalam resort, seperti pantai Karnaval dan pantai Festival.

Akses ke Ancol Jakarta Bay City

Mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol mudah dicapai dengan mobil, sepeda motor atau bus TransJakarta. Sadarilah bahwa Anda harus membeli tiket terpisah untuk setiap wahana yang berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol meskipun mereka menyediakan beberapa paket hiburan.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Jakarta, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com

Rabu, 23 April 2014

Kebun Binatang Ragunan Jakarta Indonesia



Tentang Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Jakarta terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ini adalah rumah bagi 4000 binatang dan 260 spesies, yang sebagian besar terancam punah di Indonesia dan seluruh dunia. Kebun Binatang ini memiliki koleksi yang cukup lengkap seperti Komodoorang utan dan harimau.

Kebun Binatang Ragunan didirikan pada tahun 1864 oleh Vereneging Planten en Dierentuin, sebuah organisasi Hindia Belanda untuk pecinta flora dan fauna. Pada awalnya Kebun Binatang Ragunan berada di Jakarta Pusat daerah Cikini yang kemudian pindah ke lokasi di Pasar Minggu pada tahun 1966 dikarenakan alam tropis sekitarnya.

Kebun Binatang Ragunan termasuk Pusat Primata Schmutzer, yang namanya diambil dari orang yang menyumbangkan hartanya yaitu Pauline Schmutzer. Tujuan pusat ini adalah memberikan habitat alami untuk primata seperti gorila, orang utan dan simpanse. Sebagai contoh, orang utan di tempatkan dengan menggunakan kaca gelap tebal yang dimaksudkan mencegah orang utan untuk melihat pengunjung sementara pengunjung melihatnya.

Kebun binatang ini sangat cocok untuk anak-anak karena tersedianya area bermain seperti naik gajah, perahu, kereta, dan kuda poni.

Akses ke Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang ini terletak dekat dengan Jakarta Outer Ring Road dan dapat dijangkau dengan mudah oleh bus TransJakarta.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Jakarta, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com

Selasa, 22 April 2014

Pantai Charlita Gunung Sitoli Indonesia



Tentang Pantai Charlita

Gunung Sitoli memang mempunyai kawasan pantai yang cukup banyak, namun sebagian besar belum dikelola secara maksimal. Salah satu pantai yang sudah dikelola dengan baik adalah Pantai Charlita. Pantai ini dikelola oleh seorang investor bernama Anita Yuniar Telaumbanua. Pantai Charlita sendiri di ambil dari nama anak Anita Yuniar Telaumbanua yang bernama lengkap Charlita Zega. Pantai Charlita yang dahulunya sepi, sekarang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dan menjadi salah satu obyek wisata andalan Gunung Sitoli. Pantai Charlita terletak di Desa Afia, Kecamatan Gunung Sitoli Utara, Kota Gunung Sitoli, Provinsi Sumatera Utara.

Pantai Charlita merupakan pantai pasir putih yang luas membentang. Pantai Charlita mempunyai air laut yang tenang berwarna biru laut dan sangat cocok untuk berenang. Di sekitar pantai terdapat pepohonan sebagai peneduh. Kita bisa duduk santai di bawahnya untuk menikmati pemandangan pantai yang indah serta merasakan hembusan angin laut yang sepoi-sepoi.

Di Pantai Charlita ini juga sudah dilengkapi dengan aneka macam fasilitas seperti penginapan, tempat makan, juga ada kolam renang yang dilengkapi dengan wahana permainan yang mirip dengan waterboom versi kecil. Uniknya, kolam renang ini berisi air laut, jadi Anda bisa menikmati rasanya berenang di air laut tanpa takut terseret ombak. Usai bermain, Anda bisa beristirahat di berbagai gazebo yang ada di sekitar pantai atau menikmati sajian seafood khas Pantai Charlita di restoran sekitar pantai. Jadi, tidak ada salahnya mampir di Pantai Charlita saat Anda berada di Gunung Sitoli yang ada di Pulau Nias.

Akses ke Pantai Charlita

Pantai Charlita berjarak sekitar empatbelas kilometer dari pusat Kota Gunung Sitoli, sehingga tempat wisata ini sangat mudah dijangkau. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, namun ada juga kendaraan umum yang menuju ke sana. Lama perjalanan dari pusat kota kurang lebih satu jam.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gunung Sitoli, Anda bisa mengunjungi :


Maskapai terbang ke Gunung Sitoli

Maskapai ini terbang langsung ke Gunung Sitoli.


Sumber : utiket.com

Senin, 21 April 2014

Pantai Lagundri dan Sorake Gunung Sitoli Indonesia



Tentang Pantai Lagundri dan Sorake

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake merupakan dua pantai yang berada dalam satu garis pantai. Jarak kedua pantai itu hanya dua kilometer. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Kedua pantai tersebut sudah tersohor di kalangan para peselancar profesional domestik maupun mancanegara.

Keduanya terkenal karena ombaknya yang menantang bagi para peselancar dan disebut-sebut sebagai tempat berselancar terbaik kedua setelah Hawaii. Tinggi ombak di kedua pantai ini bisa mencapai tujuh hingga sepuluh meter dengan lima tingkatan. Daya dorong ombaknya sendiri bisa mencapai 200 meter. Saat bulan purnama tiba, ombak di kedua pantai ini akan menjadi lebih menantang. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang berhadapan dengan Samudera Indonesia dan merupakan tempat bertemunya teluk menjadikan ombaknya mengalir besar.

Bukan hamparan pasir putih yang bisa kita jumpai di kedua pantai ini, namun juga batu-batu karang yang bertebaran di sepanjang pesisir pantainya. Para ahli mengatakan bahwa pantai yang tepinya penuh dengan batu karang, maka pantai tersebut mempunyai ombak yang lebih besar daripada pantai yang berpasir.

Bagi wisatawan yang ingin belajar berselancar di pantai ini juga bisa lho. Warga lokal di daerah pantai tersebut akan menjadi pemandu dan pelatih untuk belajar berselancar. Waktu terbaik untuk belajar berselancar adalah pagi hari karena ombaknya belum terlalu tinggi.

Beberapa lomba selancar sering diadakan di kedua pantai ini baik lomba selancar nasional maupun internasional. Biasanya lomba digelar antara bulan Juni atau Juli setiap tahunnya dimana pada bulan tersebut ombak di pantai ini sedang besar-besarnya. Nias Open merupakan salah satu kejuaraan selancar yang rutin diselenggarakan di kedua pantai tersebut. Pesertanya didominasi oleh peselancar mancanegara.

Jika ingin bermalam di kawasan Pantai Lagundri dan Pantai Sorake, kita bisa memilih diantara 60 homestay yang berjejer di bibir pantai tersebut. Tarif sewa kamarnya mulai dari Rp. 75.000 per malam. Salah satu hotel berbintang yang terkenal di kawasan ini adalah Sorake Beach Hotel.

Akses ke Pantai Lagundri dan Sorake

Kita bisa memilih penerbangan yang menuju ke Bandara BinakaGunung Sitoli. Dari bandara kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Lagundri dan Pantai Sorake yang berada di Teluk Dalam menggunakan kendaraan umum yang berupa minibus. Tarif untuk naik minibus sekitar Rp. 40.000 per orang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa maka kita bisa memilih jalur untuk menuju kedua pantai tersebut:

Jalur pertama: melewati Lahewa kemudian membelah Pulau Nias sampai ke Teluk Dalam.
Jalur kedua: menyusuri pantai dengan melewati kota-kota kecamatan, yaitu Gido, Bawolato, Idanogawo dan Lahusa.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gunung Sitoli, Anda bisa mengunjungi :


Maskapai terbang ke Gunung Sitoli

Maskapai ini terbang langsung ke Gunung Sitoli.


Sumber : utiket.com

Minggu, 20 April 2014

Pulau Kadidiri Gorontalo Indonesia



Tentang Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Propinsi Sulawesi Tengah. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Pulau dengan pantai berpasir putih bersih dan laut yang sangat jernih ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan. Daya tarik lain dari kepulauan ini adalah adanya taman laut yang sangat mempesona dengan sekitar 200 macam biota laut di dalamnya. Taman laut berhiaskan terumbu karang dan berbagai jenis fauna laut ini benar-benar menjadi daya tarik utama di pulau ini, bagi wisatawan yang memang hobi ber-snorkeling. Di sinilah salah satu surga bawah laut yang patut dikunjungi. Wisatawan dapat dengan mudah menyaksikan ikan-ikan kecil berenang kesana-kemari mencoba bersembunyi di balik karang-karang yang sangat mempesona dengan keindahannya dan kealamiahannya. Karena memang di lokasi obyek wisata ini masih sangat dijaga kelestariannya dan bahkan dilindungi oleh pemerintah.

Untuk dapat menikmati keindahan surga bawah laut tersebut, pengunjung tidak perlu susah-susah ke tengah lautan karena pemandangan yang mengagumkan tersebut dapat disaksikan di dasar laut di bibir pantai. Daerah pesisir pantainya pun tidak kalah menawannya. Namun bagi pengunjung yang ingin lebih menikmati keindahan bawah lautnya, bisa mengunjungi beberapa spot diving di kawasan Kadidiri ini. Selain beberapa spot diving yang dapat dikunjungi, di lokasi ini juga ditawarkan beberapa level diving spot. Dari mulai Spot Open Water yang standar hingga Night Dive yang bisa memacu adrenalin para wisatawan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi level diving tersebut dapat menyewa jasa dive center yang terletak di pulau tersebut. Bukan hanya jasa saja, di lokasi wisata ini juga telah dibuka tempat penyewaan peralatan snorkeling maupun diving. Jadi para wisatawan tidak perlu repot-repot membawa peralatan menyelam.

Selain dapat menikmati keindahan bawah laut pulau Kadidiri, ada satu lagi kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan di sini, yaitu bird watching. Di bird watching ini, wisatawan dapat melihat burung yang ada di lokasi ini. Beberapa jenis burung yang jarang diketemukan di lokasi lain, akan dapat dijumpai disini. Salah satu burung tersebut adalah burung elang kepala putih. Burung yang saat ini sudah tergolong langka dan dilindungi ini akan mudah dijumpai saat mereka terbang membumbung tinggi di tepian pantai.

Tidak sampai disitu saja keeksotikan pulau ini. Bagi wisatawan yang suka dengan kegiatan trekking bisa menjelajah hutan yang terdapat di sekeliling pantai tersebut. Nah, bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan di pulau ini tidak perlu takut mengenai penginapan karena di lokasi obyek wisata Pulau Kadidiri ini sudah banyak dibangun resort atau penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung dengan berbagai macam tipe dan tarif yang berbeda-beda. Namun sedikit disayangkan, karena di kepulauan ini wisatawan tidak dapat melakukan komunikasi karena di kepulauan ini belum ada sinyal, jadinya tidak dapat menggunakan alat komunikasi.

Akses ke Pulau Kadidiri

Untuk dapat sampai ke Pulau Kadidiri dapat ditempuh menggunakan perahu dengan rute Pulau Wakai-Bomba-Kadidiri dari dermaga yang berada di Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Una-Una. Tarif naik perahu ini sekitar Rp. 30.000-50.000 per orang dengan memakan waktu sekitar 5 jam. Untuk catatan, terkadang perahu ini hanya mau mengantarkan sampai di Pulau Wakai saja jika yang menuju Pulau Kadidiri hanya sedikit. Dari dermaga di Ampana dapat juga menggunakan kapal ferry dengan tujuan Gorontalo dan transit di Pulau Wakai yang hanya berangkat pada hari Rabu saja tiap minggunya. Tarif naik kapal ferry ini sekitar Rp. 100.000 per orang. Jika menggunakan kapal ferry akan memakan waktu lebih lama karena untuk rute Gorontalo ke Pulau Wakai sendiri memakan waktu sekitar 8 jam. Sesampainya di Pulau Wakai dapat menyewa perahu lainnya atau speedboat untuk mencapai Pulau Kadidiri. Lama perjalanan jika menggunakan perahu sekitar 1 jam, jika menggunakan speedboat tentunya akan lebih cepat.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com

Sabtu, 19 April 2014

Pemandian Air Panas Lombongo Gorontalo Indonesia


Tentang Pemandian Air Panas Lombongo

Gorontalo merupakan daerah vulkanis, tak heran jika Gorontalo mempunyai sumber air panas alami. Salah satu sumber air panas yang ada di Gorontalo dan cukup terkenal yaitu Air Panas Lombongo. Sumber Air Panas lombongo ini terletak di Desa Duwono, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Gorontalo, jaraknya kurang lebih 17 km dari Kota Gorontalo. Obyek wisata ini di resmikan pada tahun 1989, secara keseluruhan obyek wisata ini mempunyai luas sekitar 32 hektar. Terdiri dari dua kolam renang , satu kolam air panas dan satu kolam air dingin. Kolam air panas memiliki ukuran sekitar 500m persegi dengan kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter.

Pemandian air panas Lombongo mempunyai keunikan sendiri. Menikmati pemandangan alam pegunungan sembari berendam di kolam air panas tentu akan mengobati kepenatan Anda. Pemandangan di sekitar pemandian memang indah, ada aliran sungai dari air gunung yang sejuk serta berbagai jenis pepohonan yang hijau membuat Anda betah berlama-lama disini. Air yang keluar dari sumber mata airnya yang berada di sela-sela bebatuan, dipercaya bisa mengobati penyakit kulit. Suhu airnya yang panas juga bisa digunakan untuk merebus telur hingga matang.

Di pemandian ini juga sering di gelar event-event tradisonal yang menjadi agenda kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango. Acara yang di gelar biasanya berupa atraksi kesenian tradisonal khas Gorontalo. Jadi ketika Anda akan berkunjung ke pemandian ini ada baiknya Anda mencari informasi tentang jadwal gelaran seni tersebut, sehingga Anda tidak saja bisa berendam di Air kolam panas tetapi juga menyaksikan atraksi kesenian.

Akses ke Pemandian Air Panas Lombongo

Obyek wisata ini berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Gorontalo. Anda bisa menempuh perjalanan ke lokasi menggunakan mobil sewaan maupun ojek.

Biaya tiket masuk

Harga tiket masuk ke lokasi pemandian sangat terjangkau yaitu Rp 2.000/orang.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


Jumat, 18 April 2014

Pantai Bolihutuo Gorontalo Indonesia



Tentang Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Boalemo Indah merupakan salah satu obyek wisata alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Pantai ini berada di Kelurahan Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Propinsi Sulawesi Utara. Dari Kota Gorontalo berjarak sekitar 130 km.

Keindahan Pantai Bolihutuo menyerupai hamparan mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu dengan gulungan ombak yang berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya yang biru akan memanjakan mata anda untuk menikmati keindahan pantai ini. Di kawasan pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang, semakin menambah sejuknya suasana.

Tersedia perahu untuk disewa bagi yang ingin melihat berkeliling pantai. Tarif sewa perahu Rp. 3.000 per 10 menit. Selain perahu, tersedia pula sepeda air, kapal motor, alat diving dan sejumlah fasilitas lain yang disewakan bagi para pengunjung di Pantai Bolihutuo. Di pinggir pantai terdapat saung dan gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat.

Sarana dan prasarana lainnya pun juga telah tersedia di sini seperti : rumah makan, cottage dan pusat informasi wisata. Jika ingin bermalam di pantai ini anda bisa menyewa cottage dengan tarif mulai dari Rp. 150.000 per malam. Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Balihutuo, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 3.000 per orang.

Akses ke Pantai Bolihutuo

Dari Kota Gorontalo anda dapat menggunakan kendaraan darat baik sewa maupun pribadi atau menggunakan angkutan umum dengan tarif sekitar Rp. 25.000 untuk menuju ke Pantai Bolihutuo. Selama perjalanan menuju pantai yang berjarak sekitar 130 km dari Kota Gorontalo tersebut anda akan disapa oleh alam yang sejuk, lambaian pohon kelapa di sepanjang lembah dan bukit yang anda lalui. Selain itu jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa maka anda dapat berhenti di beberapa lokasi untuk membeli oleh-oleh khas Gorontalo seperti binte biluhuta: sup jagung yang lezat, ilabulo: daging, lemak dan kulit ayam yang dimasak memakai pati sagu dan dodol Gorontalo. Yang tak kalah seru, anda juga bisa mampir untuk menikmati jagung pulut yang rasanya lembut dan gurih di Paguyaman yang berada di dekat lokasi transmigrasi.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com

Kamis, 17 April 2014

Danau Limboto Gorontalo Indonesia



Tentang Danau Limboto

Ingin menikmati sensasi berperahu di atas permukaan air yang mengeluarkan asap? Anda wajib datang ke kawasan Pentadio Resort yang ada tepi Danau Limboto. Danau Limboto berada di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Propinsi Gorontalo. Perairan di tepian Danau Limboto ini memang unik karena seperti layaknya air yang mendidih, mengeluarkan kepulan asap. Banyak sungai yang mengairi Danau Limboto antara lain Sungai Alo, Sungai Bionga, Sungai Daena, dan Sungai Molalahu. Sungai-sungai itu tentu saja menambah kecantikan Danau Limboto ini. Sementara kepulan asap di Danau Limboto berasal dari aliran air panas yang melalui sebuah sungai selebar 2 meter. Aliran air panas ini bersumber dari mata air panas yang berada di sekitar Pentadio Resort.

Di pagi dan petang hari panorama unik bisa Anda saksikan di tempat ini. Sampan-sampan kecil milik nelayan menghiasai landscape khas Danau Limboto ditambah dengan burung-burung cantik yang saling mengepakkan sayapnya. Ya, danau ini juga menjadi tempat favorit habitat burung-burung. Aneka spesies burung air menghuni tempat ini, bahkan elang bondol yang termasuk burung langka turut menghuni tempat ini, uniknya tingkah burung-burung yang bergerak kesan kemari menjadi atraksi tersendiri bagi para pengunjung.

Selain pemandangan alamnya yang menarik hati, kuliner di Danau Limboto juga tak kalah menarik. Berbagai macam ikan tawar dengan berbagai olahan siap disajikan untuk Anda. Jangan lupa untuk memesan sambal khasnya, yaitu sambal dabu-dabu. Semuanya siap memanjakan lidah Anda. Jadi sempatkan diri untuk mengunjungi Danau Limboto saat Anda berkunjung ke Gorontalo. Apalagi ada penelitian yang memperkirakan bahwa danau ini akan lenyap sekitar 15 tahun lagi.

Akses ke Danau Limboto

Danau Limboto terletak tidak jauh dari Bandara Jalaludin, Gorontalo. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau kendaraan sewa untuk menuju kawasan wisata ini. Pemerintah Daerah setempat sudah membangun beberapa cottage untuk mengakomodir kedatangan wisatawan dan tarifnya pun cukup terjangkau. Wisatawan tidak dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi Danau Limboto, namun jika ingin berkeliling danau dapat menyewa perahu dengan tarif mulai dari Rp. 50.000,-.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com

Rabu, 16 April 2014

Taman Nasional Lorentz Fak Fak Indonesia



Tentang Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu dari tiga situs warisan dunia yang ada di Indonesia. Taman Nasional Lorentz berada di 2 provinsi yaitu di Provinsi Papua tepatnya di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai dan Kabupaten Merauke; dan Provinsi Papua Barat tepatnya di Kabupaten Fak-Fak. Taman nasional ini merupakan cagar alam yang di lindungi oleh undang-undang. Taman Nasional Lorentz ini membentang dari puncak Gunung Jayawijaya yang selalu ditutupi salju hingga Laut Arafura dengan hutan bakau dan kawasan pesisir pantainya. Kawasan ini merupakan kawasan dengan ragam hayati dan ekosistem terlengkap di Asia Tenggara dan Asia Pasifik.

Taman Nasional Lorentz sangat cocok untuk Anda para pecinta alam dan hobi berpetualang. Di taman nasional ini Anda bisa menikmati bentangan alam yang sangat indah khas eksotika Indonesia. Di sini terdapat sekitar 34 tipe vegetasi , sehingga ada beraneka ragam jenis flaura dan fauna yang sebagian besar jenisnya merupakan jenis yang langka. Keunikan lainnya yaitu keberadaan gletser di Puncak Jaya dan beberapa sungai bawah tanah yang melewati Lembah Balliem. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kebudayaan khas suku-suku yang tinggal di kawasan Taman Nasional Lorentz ini, antara lain Suku Nduga, Suku Asmat, Suku Sempan, Suku Dani Barat dan Suku Amungme.

Akses ke Taman Nasional Lorentz

Akses menuju Taman Nasional Lorent memang cukup sulit dan menjadi tantangan tersendiri pagi para petualang. Dapat diakses dengan menggunakan pesawat perintis dari Kota Timika menuju bagian utara Taman Nasional Lorentz yang terletak di Kabupaten Paniai. Atau bisa juga terbang menuju bagian selatan, tepatnya di Kabupaten Merauke. Pilihan jalur lainnya, anda dapat menggunakan kapal laut yang melayani tujuan Pelabuhan Sawa Erma. Sesampainya di pelabuhan ini dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke beberapa lokasi di Taman Nasional.

Jl. Raya Abepura Kotaraja PO Box 1217 Jayapura 99351, Papua Barat
Phone: (0967) 581596

Sumber : utiket.com