Rabu, 24 Desember 2014

Tips Memilih Sleeping Bag



Sleeping bag merupakan sebuah benda atau sejenis selimut yang biasa digunakan oleh para traveler atau pendaki gunung ketika akan tidur. Fungsi utamanya adalah untuk menghangatkan badan ketika sedang tidur. Benda ini merupakan salah satu benda yang wajib dibawa ketika Anda akan melakukan kegiatan camping, mendaki gunung atau melakukan petualangan lain di alam bebas. Nah, berikut tips bagaimana memilih sleeping bag yang baik dan pas untuk perjalanan Anda.

Pilihlah sleeping bag yang sesuai dengan perjalanan yang akan Anda lakukan
Sleeping bag dibuat untuk digunakan pada kondisi dan daerah yang berbeda. Ada beberapa macam jenis sleeping bag yakni 1-2 Season (cocok digunakan pada daerah yang panas karena ringan dan tidak sumpek dan beratnya kurang dari satu kilogram), 2 Season (biasa digunakan saat akhir musim semi hingga awal musim gugur, rata-rata beratnya sekitar satu hingga satu setengah kilogram), 3 Season (biasa digunakan saat awal musim semi hingga musim gugur maupun saat musim dingin. Rata-rata beratnya satu koma empat kilogram hingga dua kilogram), 4 Season (mempunyai lapisan sintetis tambahan dan bisa digunakan saat ekspedisi gunung). 

Pilihlah sleeping bag dengan bahan yang sesuai untuk perjalanan Anda
Sleeping dibuat dengan beberapa bahan diantaranya ada yang dibuat dengan menggunakan bahan parasit (seperti nilon / polyester, kanvas, kapas), bahan sintetis serta polar dan dacron. Sleeping dengan bahan parasit cocok untuk Anda yang sering bepergian dengan menggunakan transportasi umum karena bahannya lebih ringan untuk dibawa. Untuk sleeping yang berbahan sintetis cocok dibawa saat musim hujan, karena bahannya lebih cepat kering bila terkena air. Sedangkan sleeping bag dengan bahan polar, tentunya lebih hangat daripada yang berbahan dacron. Namun sleeping bag dengan bahan polar tentunya lebih berat dari pada yang berbahan dacron.

Pilihlah model sleeping bag yang sesuai dan nyaman digunakan
Sleeping bag dibuat dengan berbagai model. Ada yang berbentuk seperti mumi maupun persegi panjang. Sleeping dengan model mumi dibuat pas sesuai bentuk tubuh sehingga lebih hangat. Sedangkan sleeping bag model persegi panjang mempunyai bentuk lebih lebar dengan ujung-ujungnya yang berukuran sama, sehingga Anda lebih leluasa untuk bergerak.

Cek dan telitilah jahitan serta bahan lapisan dalam/luar sleeping bag
Sebelum memutuskan untuk membeli, jangan ragu untuk cek jahitan sleeping bag. Apakah kuat atau tidak. Jangan lupa juga untuk cek bahan lapisan dalam / luar sleeping bag karena beberapa sleeping bag mempunyai bahan yang berbeda antara bagian dalam dan luarnya.

Sesuaikan dengan budget Anda
Bila Anda mempunyai uang lebih, tidak ada salahnya Anda membeli sleeping bag dengan harga yang lebih tinggi dan yang sudah teruji kualitasnya.

Bila akan menggunakan sleeping bag, sebaiknya Anda membalik bagian dalamnya keluar terlebih dahulu. Hal ini cukup penting untuk mencegah adanya serangga atau sesuatu yang nantinya akan membuat Anda tidak nyaman ketika memakainya.

Sumber : utiket.com