Jumat, 12 Desember 2014

Seruit Khas Lampung



Seruit adalah makanan khas Lampung. Makanan ini berasal dari kata Nyeruit yang berarti dilakukan bersama-sama. Masyarakat Lampung memang gemar berkumpul. Nah, Seruit biasanya dijadikan sebagai hidangan wajib saat berkumpul. Seruit bukan hanya sekedar kuliner saja, tetapi juga merupakan tradisi turun temurun Suku Lampung Pepadun. Salah satu fungsi makanan ini adalah sebagai sarana untuk menumbuhkan keakraban bagi sesama. Makanan ini memang akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama-sama.

Seruit merupakan masakan ikan yang digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambal terasi serta tempoyak. Makanan ini biasanya disajikan dengan aneka macam lalapan. Ikan yang digunakan biasanya ikan sungai, yang dibumbui terlebih dahulu kemudian digoreng atau dibakar. Setelah ikan matang baru disiapkan sambal terasi pedas yang dicampur dengan tempoyak. Sambal inilah yang membuat Seruit terasa istimewa. Tempoyak sendiri merupakan durian yang diawetkan dengan cara fermentasi, rasanya asam. Sambal terasi yang disampur dengan tempoyak mempunyai rasa perpaduan antara pedas, asam dan sedikit manis. Rasanya pun sangat khas.

Sambal tersebut lalu dicampur dengan ikan yang telah matang dan telah dipotong kecil-kecil. Lalu disantap dengan menggunakan nasi putih dan aneka macam lalapan. Tak banyak restoran atau rumah makan yang menghadirkan menu makanan khas ini. Di Lampung sendiri salah satu rumah makan yang menyajikan menu ini adalah Rumah Makan Rusdi Gendut, yang berada di Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung. Rumah makan ini merupakan rumah makan yang menyediakan berbagai macam makanan khas Lampung. Untuk minumnya, Anda bisa mencicipi Serbat yakni salah satu minuman khas Lampung yang terbuat dari mangga kweni. Penasaran ingin mencicipinya?

Sumber : utiket.com