Selasa, 16 Desember 2014

Segarnya Es Goyobod



Es Goyobod merupakan minuman khas dari Garut, Jawa Barat. Rasanya manis, gurih dan menyegarkan. Sedikit mirip dengan es campur memang, namun memiliki rasa yang berbeda. Minuman ini pada dasarnya terbuat dari beberapa bahan utama seperti tepung hunkwe / tepung sagu, tape singkong, potongan roti serta rautan kelapa yang diberi kuah santan, susu serta tambahan es serut. Dalam penyajiannya ada juga yang menambahkan agar-agar, cincau, buah alpukat, ketan hitam dan beberapa variasi lainnya.

Meski berasal dari Tanah Pasundan, namun nama Goyobod berasal dari bahasa Belanda yang bermakna Basah. Jadi bisa dibilang Goyobod itu bermakna minuman basah yang menyegarkan.  Saat Ramadhan tiba, minuman ini bahkan menjadi menu favorit sebagai hidangan pembuka puasa. Cara pembuatan es ini pun cukup mudah. Pertama buatlah adonan hunkwenya terlebih dahulu. Caranya campur tepung hunkwe dengan air secukupnya, lalu panaskan sambil diaduk hingga mengental dengan api kecil. Setelah kental, pindah adonan ke dalam loyang lalu dibekukan. Setelah beku, keluarkan dari loyang dan potong hunkwe menjadi kecil-kecil.

Untuk penyajiannya, isi mangkok atau gelas dengan potongan hunkwe, rautan kelapa muda, alpukat, ketan hitam dan lain-lain (tergantung selera). Setelah itu tuangkan sirup, kuah santan, beberapa potongan roti serta es serut. Jangan lupa juga untuk memberi susu kental manis. Dan Es Goyobod yang segar siap disajikan.

Sumber : utiket.com