Minggu, 28 Desember 2014

Pulau Bobale Tobelo Indonesia



Introduksi

Indonesia menyimpan begitu banyak keindahan alam, salah satunya keindahan bahari. Bahari dari Sabang sampai Merauke mempunyai keindahan dengan masing-masing pesonanya. Salah satunya keindahan Pulau Bobale yang dikelilingi dengan pesona baharinya. Pulau Bobale terletak di Kecamatan Kao Utara, Kebupaten Halmahera Utara, Propinsi Maluku Utara. Pulau mungil ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan dikelola Dinas Pariwisata Halmahera Utara. Walaupun pulau ini mungil namun menjadi tempat favorit bagi yang berkunjung ke Propinsi Maluku Utara untuk snorkeling ataupun diving di pantai Pulau Bobale ini.

Terdapat beberapa spot yang menarik di perairan sekitar pulau ini yang menyajikan taman laut dengan beragam biota laut yang bisa kamu temui di kedalaman 2-10 meter. Air lautnya yang jernih membuatmu bisa melihat dasar laut di kedalaman 2 meter dengan jelas. Pasirnya yang halus dan pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya menambah pesona tersendiri Pulau Bobale. Maka tak heran jika pulau yang satu ini menjadi tempat favorit bagi para penyelam untuk menikmati kehidupan bawah lautnya.

Fasilitas

Sayangnya belum tersedia penyewaan alat untuk diving maupun snorkeling di pulau ini. Kamu bisa mempersiapkan keperluan diving dan snorkeling sendiri sebelum berkunjung ke Pulau Bobale. Saat menyelam, kamu dilarang untuk berpijak di atas bunga karang. Kamu bisa mencari dasar pijakan yang tidak mengakibatkan kerusakan pada bunga karang yang berada di taman laut.

Selain pesona taman lautnya, di Pulau Bobale terdapat sejumlah sisa-sisa peninggalan Jepang pada masa Perang Dunia II. Salat satu peninggalan Jepang yang bisa kamu temui di Pulau Bobale ini adalah bunker dengan 3 ruangan berukuran sedang yang berada di tebing pantai.

Akses ke Pulau Bobale Tobelo Indonesia

Dari Kota Tobelo (ibukota Halmahera Utara) kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor menuju pelabuhan Desa Daru yang berjarak sekitar 57 km dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Letak pelabuhan ini tepat berada di depan Pulau Bobale. Dari pelabuhan, kamu bisa menggunakan ketinting menuju Pulau Bobale yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Sumber : utiket.com