Jumat, 19 Desember 2014

Pesawat dengan Bentuk Teraneh di Dunia



Umumnya bentuk pesawat menyerupai bentuk burung, namun tidak pada pesawat ini. Pesawat ini bentuknya malah menyerupai bentuk ikan paus. Sehingga pesawat ini sering disebut sebagai pesawat dengan bentuk teraneh di dunia. Pesawat ini dikenal dengan nama Pesawat Beluga. Dinamakan demikian karena bentuknya memang menyerupai bentuk ikan paus beluga. Yakni jenis ikan paus putih yang terdapat di perairan laut Kutub Utara dan sekitarnya. 

Pesawat Beluga adalah pesawat kargo dengan tipe Airbus A300-600ST. Pesawat berbentuk aneh ini terbang perdana pada tanggal 13 September 1994 dan secara resmi diperkenalkan pada bulan September 1995. Awalnya pesawat ini dinamakan Super Transporter, namun secara resmi akhirnya menggunakan nama Beluga. Hingga saat ini baru ada lima Pesawat Beluga yang dioperasikan oleh Airbus.

Bagian atap pesawat ini dipotong dan dibuat ruang tambahan dengan diameter hingga sekitar tujuh meter. Sehingga bentuknya menyerupai punuk ikan paus. Daya angkutnya pun mampu menampung hingga 47 ton. Karena bentuknya yang aneh dan berbeda dari pesawat pada umumnya, pesawat ini memiliki sayap khusus yang fungsinya untuk mengatur keseimbangan.

Pesawat ini dioperasikan oleh tiga orang sekaligus yang terbagi menjadi dua orang pilot dan seorang loadmaster yang mengurusi kargo pesawat. Dalam pelayanannya, pesawat ini pernah disewa untuk membawa kontainer yang berisi patung Firaun setinggi lima meter yang terbang dari Berlin menuju ke Paris.

Sementara itu, pihak Airbus sendiri saat ini sedang merencanakan untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat baru yang nantinya akan disebut dengan nama Beluga XL. Sementara Pesawat Beluga yang ada saat ini, rencananya akan dipensiunkan pada tahun 2025 nanti.

Sumber : utiket.com