Kamis, 18 Desember 2014

Pantai Tanjung Tinggi Tanjung Pandan Indonesia



Introduksi

Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Bilik karena diapit oleh dua semenanjung, Pantai Tanjung Tinggi berjarak sekitar 2 km dari Pantai Tanjung Kelayang. Pantai Tanjung Tinggi terletak di Dusun Tanjung Tinggi, Desa Keciput Kecamatan sijuk, Kabupaten Belitung. Belitung atau yang sekarang lebih dikenal dengan Negeri Laskar Pelangi karena letaknya sangat strategis, diapit oleh 3 pulau besar yaitu: Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Belitung merupakan daerah kepulauan yang dikelilingi laut lepas dan gugusan pulau kecil. Pantai Tanjung Tinggi berbentuk teluk kecil sepanjang kurang lebih 1000 meter, berpasir putih dan hamparan bebatuan granit yang tersusun rapi. Jika kamu mengunjugi Pantai Tanjung Tinggi akan merasakan seolah-olah berada di kawasan yang penuh dengan khayalan. Di ujung bagian timur Pantai Tanjung Tinggi terdapat bebatuan yang membentuk lorong yang dapat dilewati. Panorama di Pantai Tanjung Tinggi memang eksotis dan sangat memikat. Selain memiliki panorama yang indah Pantai Tanjung Tinggi juga di jadikan kawasan memancing, diving, bermain jet ski dan olah raga laut lainya, bahkan keindahan terumbu karang di Pantai Tanjung Tinggi dapat dilihat dengan kasat mata saat kita berada di atas kapal.


Tidak hanya itu di kawasan Pantai Tanjung Tinggi ini juga diadakan ritual Buang Jong setiap tahunnya, Buang Jong adalah salah satu adat masyarakat sekitar untuk keselamatan para nelayan maka tidak diragukan lagi Pantai Tanjung Tinggi adalah sebuah kawasan yang wajib dikunjugi, karena tidak hanya panoramanya yang unik tetapi kita juga bisa melihat pagelaran adat.

Akses ke Pantai Tanjung Tinggi Tanjung Pandan

Pantai ini berjarak sekitar 31 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Tidak ada angkutan umum yang menuju ke kawasan ini, taksi pun juga terbatas. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Biaya sewa mobil sekitar Rp 250.000 per hari. Beberapa penginapan juga tersedia di kawasan ini.

Gambar : utiket.com