Sabtu, 13 Desember 2014

Pantai Papuma Surabaya Indonesia



Introduksi

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Jawa Timur memiliki banyak pantai eksotis, salah satunya yaitu Pantai Papuma. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat kota Jember atau sekitar 200 km dari kota SurabayaPantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Hamparan pasir pantainya berwarna putih serta batu karang banyak yang menghiasi pantai. Pantai Papuma juga dikenal dengan nama Pantai Tanjung Papuma karena posisi pantainya menjorok ke laut mirip dengan tanjung. Sementara nama Papuma sendiri merupakan kepanjangan dari Pasir Putih Malika. Malika adalah nama yang di berikan oleh Perhutani saat membuka lokasi wisata ini.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Papuma terlebih dahulu kita akan melewati hutan yang sebagian besar ditanami dengan pohon jati. Namanya Hutan Maliki, hutan ini masih menyimpan berbagai macam kekayaan flora dan fauna khas Indonesia. Tak perlu khawatir melewati hutan karena sudah ada jalur khusus untuk para wisatawan Pantai Papuma.

Pantai Papuma memiliki tujuh karang besar sehingga menyerupai pulau. Pulau karang ini memiliki nama sendiri-sendiri seperti Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Kajang dan Pulau Nusa Barong. Selain itu ada pulau pulau yang bentuknya menyerupai Kodok sehingga diberi nama Pulau Kodok.

Pantai Papuma cocok dijadikan sebagai objek foto, banyak spot-spot pantai yang sangat menarik untuk diabadikan. Karena air laut di pantai ini cukup tenang nyaris tanpa ombak, maka banyak nelayan yang berlabuh di pantai ini. Para nelayan biasanya turun dari kapal antara pukul 11.00 hingga pukul 13.00 WIB dengan membawa hasil tangkapan. Anda bisa membeli hasil tangkapan tersebut untuk dibakar di pinggir pantai bersama keluarga atau teman. Jika ingin lebih praktis Anda juga bisa membawa ikan tersebut ke warung sekitar pantai untuk dimasak, jadi nanti Anda hanya tinggal membayar biaya masaknya saja.

Fasilitas

Di sini juga sudah tersedia beberapa fasilitas seperti mushola, toilet, warung makan hingga tempat bermain anak. Beberapa penginapan dengan berbagai fasilitasnya juga bisa Anda temukan di kawasan ini. Biayanya sekitar Rp 70.000 hingga Rp 100.000 per kamar non AC (sudah termasuk fasilitas kamar mandi dalam, TV dan single bed).

Akses ke Pantai Papuma Surabaya

Anda bisa mengakses ke kawasan ini melalui kota Surabaya. Dari Surabaya, Anda bisa langsung menuju ke Jember. Dengan pesawat hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan.

Jarak pantai dari pusat kota Jember kurang lebih sekitar 45 menit perjalanan. Jangan khawatir karena akan ada banyak papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi pantai. Lebih mudah dijangkau dengan kendaran pribadi maupun kendaraan sewa.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp 14.000 per orang.

Sumber : utiket.com