Minggu, 14 Desember 2014

Kepulauan Arwah Pekanbaru Indonesia



Introduksi

Namanya memang sangat unik dan sedikit menyeramkan yakni Kepulauan Arwah. Namun jangan salah, kepulauan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal-hal mistik. Bahkan keadaannya jauh dari kata menyeramkan. Bisa dibilang kepulauan ini justru menyimpan banyak pesona. Kepulauan Arwah terletak di Selat Malaka dan berada di kawasan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Kepulauan Arwah merupakan sebuah gugusan pulau yang terdiri dari sembilan pulau kecil yakni Pulau Jemur, Pulau Batu Mandi, Pulau Batu Berlayar, Pulau Batu Adang, Pulau Tokong Pucung, Pulau Tokong Simbang, Pulau Tokong Mas, Pulau Labuhan Bilik dan Pulau Pertandangan.

Kepulauan ini memang memiliki panorama yang indah. Pantai dan lautnya pun masih cukup bersih dan asri. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di kepulauan ini. Diantaranya snorkeling di beberapa spot terbaiknya, diving hingga memancing.

Dari kesembilan gugusan pulau yang ada di Kepulauan Arwah ini, Pulau Jemur merupakan pulau yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau Jemur merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun di dalam pulau ini terdapat sebuah pos pantau milik TNI AL. Selain itu pulau ini juga sering dijadikan sebagai tempat persinggahan sejenak bagi para nelayan. Pulau Jemur juga digunakan sebagai lokasi penangkaran penyu hijau.

Fasilitas

Fasilitas di Kepulauan Arwah masih sangat minim. Anda tidak akan menemukan penjual makanan dan minuman di tempat ini. Sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Begitu juga untuk penginapan. Tidak ada penginapan di kepulauan ini. Bila mau menginap Anda bisa mendirikan tenda di Pulau Jemur atau menginap di pos TNI AL yang ada di pulau tersebut.

Akses ke Kepulauan Arwah Pekanbaru

Untuk menuju ke kepulauan ini, Anda bisa melalui kota Pekanbaru, Riau. Dari pusat kota Pekanbaru, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Bagansiapiapi. Dari pelabuhan ini, Anda bisa menyewa perahu atau speedboat untuk menuju ke lokasi. Harga sewanya cukup terjangkau sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per orang. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan.

Sumber : utiket.com