Kamis, 04 Desember 2014

Ikan Kuah Pala Banda



Provinsi Maluku memang memiliki banyak obyek wisata yang indah dan mempesona. Berkunjung ke provinsi ini kurang lengkap rasanya bila tidak mencicipi salah satu kuliner khasnya. Salah satunya adalah Ikan Kuah Pala Banda. Ikan Kuah Pala Banda ini merupakan kuliner khas dari Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Ikan Kuah Pala Banda ini merupakan salah satu kuliner kebanggaan masyarakat setempat. 

Bahan dasarnya terbuat dari ikan segar, biasanya menggunakan ikan kakap atau kerapu yang dicampur dengan buah pala sebagai bumbunya. Rasanya cukup unik yakni campuran antara asam dan pedas. Pedas yang dihasilkan bukan berasal dari pedas cabai, namun berasal dari pedas merica dan bumbu rempah lainnya. Sekali mencoba, Anda pasti akan ketagihan. Konon karena rasanya yang sangat istimewa, pada jaman Belanda dulu masakan ini hanya disajikan khusus untuk para petinggi Belanda.

Cara membuat masakan ini pun cukup mudah

Pertama, siapkan ikan segar seperti ikan kerapu atau kakap merah. Ikan jenis ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan menyerap bumbu. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bumbu-bumbu yang akan dihaluskan seperti cabai merah, merica, bawang merah, laos dan terasi.

Kedua, rebus air hingga mendidih. Setelah itu masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan ke dalam air beserta irisan tipis daging pembungkus biji pala. Tambahkan pula garam secukupnya dan serai agar rasa dan aroma masakan menjadi lebih segar. Tunggu sejenak hingga ikan dan buah palanya matang, setelah itu baru diangkat dan Ikan Kuah Pala Banda siap disajikan.

Masakan ini biasanya disajikan dengan nasi, sambal bekasang serta ulang-ulang. Sambal bekasang adalah sambal yang terbuat dari ikan cakalang, cabai dan perasan jeruk limau. Sedangkan ulang-ulang adalah campuran beberapa sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, mentimun, wortel, terong, tauge yang dicampur dengan bumbu terasi, kenari tumbuk, cabai serta sedikit cuka dan garam.

Sumber : utiket.com