Jumat, 12 Desember 2014

Danau Tolire Ternate Indonesia



Introduksi

Tolire adalah nama sebuah danau yang berada di Ternate. Keindahan dan keunikan danau Tolire tidak kalah dengan danau-danau lain di Indonesia. Danau Tolire berada di kaki Gunung Gamalama yaitu gunung berapi tertinggi yang ada di Maluku Utara, terdiri dari dua buah danau, penduduk setempat menyebutnya Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil jarak antara keduanya sekitar 200 meter. Danau ini berbentuk unik menyerupai mangkok raksasa dengan kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektar. Akan tetapi menurut cerita leluhur dan kepercayaan masyarakat sekitar Danau Tolire kedalamannya berkilo-kilo meter dan langsung terhubung dengan laut.

Berkunjung ke Danau Tolire sangat sesuai bagi Anda yang sedang membutuhkan ketenangan. Pemandangannya yang indah, air jernih dan pohon-pohon hijau serta bukit di sekitar membuat Danau Tolire terlihat cantik. Danau Tolire yang jernih adalah tempat tinggal bagi beragam jenis ikan akan tetapi Anda tidak akan menjumpai satupun orang yang memancing di danau ini. Hal itu di karenakan warga setempat tidak ada yang berani menangkap ikan atau pun mandi di Danau Tolire. Mereka percaya bahwa Danau Tolire di huni oleh siluman buaya.

Keunikan lain dari danau ini yaitu jika melempar sesuatu ke danau, bagaimana pun kuatnya lemparan itu benda tersebut tidak akan bisa sampai menyentuh permukaan danau. Jika Anda penasaran dengan fakta tersebut dan mungkin masih belum bisa percaya maka Anda bisa mencobanya. Anda bisa mencoba dengan melempar batu, batu banyak dijual di sekitar danau, harganya Rp 1.000,- untuk lima biji batu. Sampai saat ini belum ada satu orang pun yang berhasil melempar batu sampai menyentuh permukaan air danau.

Akses ke Danau Tolire Ternate

Danau Tolire berjarak sekitar 10 Km dari kota Ternate, untuk menuju Danau Tolire tidak lah sulit. Dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota Ternate. Anda bisa menggunakan mobil carteran dengan biaya sekitar Rp 250.000 per hari atau dengan menyewa sepeda motor dengan tarif Rp 10.000 per jam.

Sumber : utiket.com