Friday, October 3, 2014

Pulau Kumala Samarinda Indonesia



Tentang Pulau Kumala

Bila kamu berada di Samarinda atau Tenggarong, jangan lupa berkunjung di Dufan-nya Tenggarong. Yup, Tenggarong mempunyai taman rekreasi seperti Dufan Jakarta yang berada di Pulau Kumala. Pulau Kumala ini berada di Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, tepatnya di tengah-tengah Sungai Mahakam. Pulau yang berbentuk seperti perahu dengan luas sekitar 85 hektar ini dibangun menjadi tempat rekreasi pada tahun 2002.

Pada awalnya Pulau Kumala ini merupakan tempat untuk ratusan ekor bekantan dan berbagai jenis reptil liar Kalimantan. Kemudian pada tahun 2002 Pemkab Kukar membangun Pulau Kumala menjadi tempat rekreasi lengkap dengan resort dan alat transportasinya.

Di Pulau Kumala ini juga tersedia sekitar 10 permainan yang tak jauh berbeda dengan yang ada di Dufan Jakarta, seperti: sky tower tempat dimana kamu bisa melihat seluruh Pulau Kumala dan kota Tenggarong dari menara setinggi 78 meter, komedi putar, jet coaster, gokart, kereta gantung, dan lain-lain.

Untuk bisa menikmati permainan tersebut kamu dikenakan tarif Rp. 1.500 - Rp. 10.000 untuk setiap permainan yang berbeda. Tersedia juga area pemancingan di pulau ini bagi kamu yang gemar memancing. Bagi kamu yang ingin berkeliling Pulau Kumala, tersedia mobil wisata dengan tarif Rp. 3.000 - Rp. 4.000 per orang. Namun jika penumpangnya kurang dari 5 orang, maka mobil wisata ini harus disewa dengan tarif sebesar Rp. 20.000. Sedangkan untuk tiket masuk ke Pulau Kumala ini sebesar Rp. 2.000.

Akses ke Pulau Kumala

Di Samarinda kamu bisa menuju ke dermaga untuk menyewa ketinting atau perahu motor untuk menuju Pulau Kumala. Perjalanan dari dermaga menuju Pulau Kumala hanya memakan waktu sekitar 5 menit dan bertarif sekitar Rp. 4.000 per orang untuk menyewa ketinting bila penumpangnya lebih dari 5 orang. Namun bila penumpangnya kurang dari 5 orang maka kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp. 20.000 karena kamu akan dianggap menyewa perahunya.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment