Sunday, April 13, 2014

Pantai Penggajawa Ende Indonesia


Tentang Pantai Penggajawa

Pantai dengan hamparan pasir, coklat maupun hitam tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian. Bahkan ada pantai di Indonesia yang berpasir pink. Nah, kali ini coba kita tengok ke Kabupaten Ende yang berada di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di kabupaten ini terdapat pantai cantik dengan pemandangan yang indah dan unik. Namanya Pantai Penggajawa.

Kenapa dibilang unik? Yup, karena pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang tertutup oleh bebatuan berwarna hijau kebiru-biruan (tosca). Coba bayangin gimana indahnya pemandangan di pantai ini dengan air lautnya yang biru jernih, alam sekitar yang masih asri karena belum banyak wisatawan yang datang ke sini ditemani hamparan bebatuan berwarna tosca di sepanjang pantainya. It’s so amazing!

Konon katanya bebatuan tersebut berasal dari dasar laut yang terseret ombak dan terdampar di tepi pantainya. Warga di sekitar pantai ini pun banyak yang bekerja sebagai penambang batu untuk dijual. Mereka akan mensortir bebatuan tersebut berdasarkan bentuk, warna dan ukuran. Nantinya bebatuan yang mereka kumpulkan tersebut dijual kepada pengepul yang datang dari kota. Biasanya bebatuan tersebut akan sampai ke toko bangunan di Jakarta. Tau nggak sih, kalau ternyata batu tersebut bakalan bernilai mahal kalau sudah masuk ke toko.

Walaupun terdapat banyak bebatuan berwarna cantik dan unik, namun jangan harap kalian bisa menemukan berbagai souvenir yang terbuat dari bebatuan tersebut. Jika mau, kalian bisa mengambil bebatun tersebut untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Di pantai ini juga belum terdapat fasilitas wisata dan pedagang makanan. Namun pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini bisa membayar ketiadaan fasilitas wisata tersebut. Apalagi perbukitan yang membentengi pantai ini menambah sejuknya pemandangan di sekitar pantai. Bentangan perbukitan tersebut memiliki tebing yang juga berwarna hijau, senada dengan bebatuannya.

Akses ke Pantai Penggajawa

Dari Tsim Sha Tsui Station, Anda bisa menggunakan bus Metro yang menuju ke arah Central Station. Setibanya di Central Station, Anda bisa berjalan menuju ke Peak Tram Station jika ingin menggunakan trem. Namun jika ingin menggunakan bus, Dari pusat kota Ende, Pantai Penggajawa berjarak sekitar 20 km. Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke pantai tersebut. Dari kota Ende naik angkutan kota yang menuju ke Terminal Ndao. Setibanya di Terminal Ndao, Anda bisa berganti angkutan umum yang menuju ke Nangapanda. Angkutan umum ini memiliki trayek yang mengikuti garis pantai. Anda bisa meminta kepada kondektur untuk menurunkan Anda di Pantai Penggajawa yang tentunya sudah dikenal oleh semua warga Ende.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Ende, Anda bisa mengunjungi :

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment