Sabtu, 30 November 2013

Kenapa Pilih Kereta Api?


Banyak alat transportasi yang bisa kita pilih untuk traveling. Salah satu yang banyak diminati yaitu kereta api. Kereta api sekarang bukanlah kereta api yang dulu kita kenal. PT. KAI telah banyak berbenah sehingga kereta api beserta stasiunnya sekarang lebih nyaman dan kondusif. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda memilih kereta api sebagai salah satu pilihan Anda untuk berpergian. Selain harga tiketnya relatif lebih murah, ada beberapa kelebihan bepergian menggunakan kereta api dibandingkan alat transportasi lainnya, antara lain:

Memilih kereta api akan membuat perjalanan Anda bersama keluarga atau teman-teman akan terasa lebih mengasyikan karena hanya kereta api yang memungkinkan Anda duduk berdekatan dan saling berhadapan satu sama lainnya sehingga Anda bisa berkumpul bersama dalam satu gerbong. Kursi yang saling berhadapan satu sama lainnya juga akan membuat Anda lebih nyaman di perjalanan.

Kereta api seringkali melewati panorama alam seperti pegunungan, persawahan dan pedesaan di sepanjang perjalanananya. Hal ini tentu menambah pengalaman traveling Anda. Duduk bersantai di bangku kereta sambil menikmati pemandangan nan indah di sepanjang jalan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi jika Anda hobi memotret, panorama sepanjang perjalanan Anda bisa menjadi obyek foto Anda.

Jangan memandang remeh terlebih dahulu untuk kereta api kelas ekonomi. Menggunakan kereta api kelas ekonomi meskipun tarifnya murah tetapi juga memiliki kelebihan, yaitu di sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati aneka jajanan dan souvenir khas daerah setempat. Para pedagang akan menjajakan dagangannya ketika kereta berhenti di stasiun-stasiun di sepanjang daerah. Kereta api ekonomi pun sekarang sudah banyak berbenah. Tiap tiket hanya untuk satu kursi, jadi bisa dipastikan Anda pasti akan dapat kursi sesuai dengan nomor kursi yang ada di tiket dan tentu saja Anda tidak akan berdesak-desakan lagi.

Bagaimana, menyenangkan bukan menggunakan kereta api. Apalagi sekarang tiket kereta api sudah bisa dibeli secara online yang menjadikannya semakin praktis. Stasiun-stasiun kereta api sekarang juga lebih teratur dan semakin kondusif. Anda tidak lagi menemukan sampah yang berserakan, toilet kotor dan bau. Untuk jadwal keberangkatan kereta api sendiri sekarang semakin tepat. PT. KAI lebih memperketat peraturan agar semua merasa nyaman menggunakan alat tranportasi umum ini.

Sumber : utiket.com
 

Jumat, 29 November 2013

Tips Saat Berkunjung ke Bandara Luar Negeri


Ketika Anda berkunjung keluar negeri untuk suatu acara ataupun hanya berlibur, pasti transportasi yang sering di pilih adalah pesawat. Mungkin bagi Anda yang sudah sering berpergian ke luar negeri tak ada masalah dengan bandara di luar negeri. Tapi untuk Anda yang belum pernah keluar negeri dan berencana untuk pergi keluar negeri pasti akan sedikit kebingungan tentang apa saja yang pertama kali harus Anda lakukan saat tiba di bandara luar negeri nantinya. Tak usah bingung, Anda bisa membaca tips berikut ini:

Tetap tenang menghadapi proses imigrasi

Proses imigrasi selalu terjadi saat Anda berkunjung ke luar negeri, walaupun sedikit membuat Anda tak nyaman karena berbagai pertanyaan petugas imigrasi serta tatapannya yang lekat memperhatikan kesamaan Anda dan foto Anda, Anda harus tetap tenang menghadapinya. Jawab semua pertanyaan yang diperlukan dan tetaplah bersikap ramah pada mereka.

Jangan lupa cek barang dan bagasi Anda

Selalu cek barang bawaan Anda dan barang bagasi Anda, jangan sampai ada barang Anda yang tertinggal ataupun tertukar dengan penumpang lainnya. Cek secara detail, dari barang terkecil seperti dompet, paspor maupun ponsel.

Tukarkan uang Anda

Jika Anda belum sempat menukarkan mata uang Anda dengan mata uang lokal, maka Anda bisa menukarnya di money changer yang ada di bandara. Memang jika Anda menukarkan di money changer bandara uang Anda akan dihargai lebih rendah. Namun jika memang Anda belum menyiapkan uang lokal maka tak ada pilihan Anda harus menukarkannya untuk keperluan transportasi dan makan. Jangan tukarkan  semua persediaan uang Anda di money changer bandara, tukarkan secukupnya saja.

Persiapkan peta dan brosur tempat tujuan

Di bandara banyak disediakan brosur yang menjelaskan tentang tempat-tempat wisata, peta-peta menuju tempat-tempat penting juga hotel. Semua bisa Anda dapatkan secara gratis, jadi jangan segan-segan untuk mengambilnya karena pasti akan berguna di perjalanan Anda nanti.

Selalu perhatikan situasi

Walaupun Anda baru pertama kali tiba di bandara luar negeri dan mungkin sedikit bingung dengan situasi dan arah, tapi jangan perlihatkan ekspresi kebingungan Anda. Anda akan lebih mudah dibujuk oleh jasa-jasa yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Tetap fokus dan pelajari bagaimana cara orang-orang keluar dari bandara. Cari tahu dimana jejeran taksi maupun alat transportasi lain di bandara.

Gunakan transportasi paling aman menuju tempat tujuan

Anda bisa menanyakan tentang transportasi apa saja yang bisa Anda gunakan di bandara pada petugas Informasi Center. Tanyakan transportasi mana yang paling aman dan paling mudah mencapai tempat tujuan Anda.

Sumber : utiket.com
 

Kamis, 28 November 2013

Masalah Bagi Traveler Dan Cara Mengatasinya


Menggunakan alat transportasi baik umum maupun pribadi untuk traveling terkadang memang menimbulkan beberapa sakit perjalanan yang khas seperti mabuk, jetlag ataupun pusing. Meskipun terlihat sepele namun hal itu cukup mengganggu perjalanan Anda. Berikut adalah beberapa sakit yang sering dialami saat Anda traveling dan cara mengatasinya agar tidak semakin parah:

Mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain kondisi badan yang kuarang fit, perut kosong, dan tidak terbiasa berada di kendaraan dalam waktu yang lama. Gejala mabuk perjalanan yaitu perasaan mual yang disertai muntah serta kepala terasa pusing. Cara menanggulanginya yaitu dengan mengkonsumsi jahe. Jahe merupakan salah satu makanan yang ampuh untuk melawan mabuk kendaraan. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk permen ataupun minuman yang rasanya juga jauh lebih enak.

Gangguan pencernaan

Terkadang saat kita traveling tanpa sadar kita sudah terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Makanan lokal yang terkadang asing di perut kita bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.  Gangguan pencernaan bisa berupa diare, mual, perut kembung atau sakit perut.  Untuk mengatasi gangguan pencernaan ini saat perut sudah terasa tidak enak segera konsumsi kunyit, kentang, nanas dan ikan. Seperti yang telah kita ketahui kunyit ternyata mempunyai kemampuan ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, sementara itu nanas memiliki kandungan enzim yang bernama bromelain yang bisa membantu menghancurkan makanan yang ada di dalam perut.

Jet lag

Menggunakan pesawat terbang dengan jarak jauh dan membutuhkan waktu yang lama terkadang membuat tubuh kita kehilangan sistem keseimbangan. Hal tersebut biasanya sering kita kenal dengan sebutan jetlag. Jet lag sendiri bisa menimbulkan beberapa efek antara lain susah tidur, badan kurang fit dan pusing. Untuk menghidari jet lag Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, seperti telur ataupun daging.

Lelah

Seharian di perjalanan terkadang membuat badan terasa sangat lelah. Tidur merupakan obat yang paling mujarab saat Anda kelelahan. Namun seringkali justru karena terlalu kelelahan Anda bahkan sulit memejamkan mata. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memilih makanan pedas yang banyak mengandung cabe, buah-buahan dan sayuran untuk memulihkan dan menyegarkan tenaga Anda.

Rasa was-was

Kecemasan di perjalanan memang hal yang wajar, seperti kecemasan menaiki pesawat, takut akan kecelakaan yang mungkin terjadi terkadang dialami oleh beberapa traveler. Jangan mengkonsumsi obat penenang dalam situasi seperti ini, namun makanlah makanan sehat dan perbanyaklah minum air putih. Sementara sayuran yang bisa menenangkan yaitu batang seledri. Jika perlu konsumsi batang seledri beberapa jam sebelum perjalanan.

Sumber : utiket.com
 

Rabu, 27 November 2013

Traveling Bagi Remaja



Ada yang menyebut bahwa masa remaja adalah masa paling indah dan tentunya akan lebih indah jika melakukan traveling bersama teman-teman di masa remajamu. Keinginan dan kebutuhan traveling bagi remaja memang sering kali berbeda dengan orang dewasa. Sifat remaja yang masih labil terkadang bisa merusak momen seru saat traveling bersama. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat kamu akan melakukan perjalanan traveling bersama  teman-teman:

Selalu minta izin orang tua

Izin dan restu orang tua sangat menentukan kelancaran perjalananmu. Jadi hukumnya wajib untuk meminta ijin kepada orang tua. Jelaskan secara detail kemana dan dengan siapa saja kamu akan pergi. Ingat jangan pernah pergi tanpa ijin orang tua karena selain akan membahayakan kamu, juga akan membuat panik orang tua.

Jangan pergi sendiri

Meskipun kamu sudah merasa mandiri dan mempunyai percaya diri yang tinggi, namun tetap saja terlalu bahaya untuk traveling seorang diri. Apalgi jika kamu perempuan. Berada di tempat asing sendiri lebih menakutkan daripada yang kamu pikirkan. Akan lebih menyenangkan dan jauh lebih aman jika kamu pergi beramai-ramai bersama teman-temanmu. Usahakan dalam rombonganmu ada anak laki-laki yang sudah sangat dikenal dan bisa dipercaya untuk menjaga para remaja perempuan yang lainnya.

Tentukan tujuan dengan jelas

Semakin banyak persiapan yang dilakukan tentu saja akan lebih baik untuk perjalananmu. Jika kamu melakukan perjalanan dengan spontan tetap saja kamu harus mempunyai tujuan yang jelas. Namun akan lebih baik kamu mempersiapkan terlebih dahulu perjalananmu mulai dari tempat tujuan, transportasi, penginapan serta makanan. Dengan mempersiapkan rencana perjalananmu, kamu juga bisa menghitung perkiraan budget yang harus dikeluarkan.

Tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi

Sebelum berangkat sebaiknya tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh orang tua serta orang terdekat. Bukan hanya nomor telepon pribadi saja yang harus kamu tinggalkan tetapi juga nomor telepon teman-teman seperjalananmu. Simpanlah nomor telepon orang tua serta orang-orang terdekat yang bisa kamu hubungi untuk memberi kabar atau meminta bantuan jika terjadi hal-hal darurat.

Bawa buku panduan jalan serta peta

Walaupun rencana perjalanan sudah matang tetapi kamu tetap membutuhkan peta serta panduan perjalanan. Peta dan buku panduan perjalanan akan sangat dibutuhkan saat kamu tersesat atau saat keadaan darurat karena dalam buku panduan perjalanan biasanya dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting yang bisa dihubungi saat keadaan darurat.

Selalu kabari orang tua

Memberi kabar orang tua secara berkala, beri tahu mereka dimana kamu sedang berada saat itu dan apa yang sedang kamu lakukan. Ingat, memberi kabar orang tua juga merupakan hal yang penting. Untuk itu gunakan baterai handphone dengan bijaksana. Jangan melulu menggunakan handphone untuk mengakses media sosial atau mendengarkan musik karena bisa membuat baterai cepat habis.

Jangan banyak tingkah

Tingkah laku remaja memang bermacam-macam. Masa-masa dimana semua hal terasa menyenangkan. Namun tetap ingat dimana kamu berada. Berpakaianlah yang sopan agar tidak mengundang kejahatan. Jaga juga barang berhargamu, jangan terlalu terkesan pamer jika kamu tetap ingin pada posisi aman. Hormati warga lokal dan selalu jaga perilaku. Jadilah remaja cerdas dimanapun kamu berada.

Sumber : utiket.com

Selasa, 26 November 2013

Dampak Global Warming Bagi Penerbangan



Global warming, hal yang akhir-akhir ini semakin sering kita dengar. Global warming atau pemanasan global sendiri merupakan peningkatan suhu rata-rata udara pada permukaan bumi. Global warming mulai terjadi pada pertengahan abad 21. Global warming dari tahun ke tahun tejadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh ketergantungan kita tehadap bahan bakar fosil baik untuk energi listrik maupun sebagai bahan bakar alat transportasi yang menyebabkan udara semakin tercemar oleh polusi karbondioksida. Belum lagi aktivitas pembabatan hutan yang terjadi di mana-mana. Kebanyakan aktivitas tersebut memang ilegal, namun sayangnya pemerintah belum bisa memperbaiki sistem keamanan yang seharusnya bisa melindungi hutan dari pembabatan ilegal. Seperti yang kita ketahui, betapa hutan sangat penting bagi kehidupan kita dan anak cucu kita kelak. Hutan sebagai paru-paru dunia yang berfungsi untuk mendaur ulang karbondioksida yang terlepas dari atmosfer bumi.

Global warming sangat berdampak buruk bagi kehidupan manusia dan bumi. Hampir semua aspek kehidupan terkena imbas dari global warming ini. Begitu juga dengan dunia penerbangan. Mungkin sebagian dari Anda heran apa hubungannya global warming dengan penerbangan? Tentu ada hubungannya. Dampak dari global warming yaitu perubahan iklim (climate change) karena lapisan ozon yang menyelimuti bumi semakin menipis begitu pula dengan lapisan troposfer yang merupakan tempat terjadi berbagai fenomena cuaca. Perubahan musim ini bahkan sekarang mulai kita rasakan. Cuaca semakin sulit untuk diprediksi, sebentar panas dan sebentar hujan. Penerbangan sangat erat kaitannya dengan cuaca. Prediksi cuaca yang tepat sangat dibutuhkan bagi keselamatan penerbangan. Indonesia merupakan negara berkembang, namun begitu secara umum kemampuan tekhnologi di negara berkembang belum siap untuk menghadapi perubahan yang disebabkan oleh pemanasan global.

Cuaca ekstrim atau cuaca buruk pun makin sering terjadi dan sulit untuk diprediksi. Cuaca buruk ini sangat berpengaruh terhadap penerbangan, antara lain dapat menyebabkan turbulensi yaitu pergoncangan udara yang umumnya tidak dapat dilihat serta icing yang mana merupakan kondisi dimana es terbentuk pada badan pesawat bahkan bisa membekukan mesin pesawat. Jika hal ini terjadi maka akan fatal akibatnya. Selain itu, global warming yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut dari tahun ke tahun juga bisa berpengaruh terhadap bandara-bandara di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar bandara Indonesia berada di dekat pantai, seperti Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Internasional Minangkabau Padang. Naiknya permukaan air laut akan mengancam eksistensi sebagian besar bandara di Indonesia. Seperti yang pernah terjadi, kasus Bandara Soekarno Hatta yang tergenang banjir.

Dengan semakin naiknya permukaan air laut, bandara-bandara yang berada di dekat pantai bisa mengalami kebanjiran dan bahkan ditutup. Penutupan bandara tentu akan sangat berpengaruh terhadap industri penerbangan pesawat. Banyak pihak terutama maskapai yang akan mengalami kerugian. Untuk itu sudah seharusnya kita mulai berbenah diri, ikut mengurangi hal-hal yang bisa memacu pemanasan global semakin parah. Semua itu bisa dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan. Jangan sampai anak cucu kita tidak bisa merasakan indahnya bumi tercinta.

Sumber : utiket.com

Senin, 25 November 2013

Masih di Benua Asia


Utiket.com merupakan salah satu situs website yang membantu anda sekalian dalam hal pencarian maskapai penerbangan. Ketika kita mengakses situs ini, kita akan mendapati beberapa informasi mengenai jadwal penerbangan, maskapai yang digunakan, harganya hingga bagaimana pemesanan bisa dilakukan. Tentunya informasi ini bisa dikatakan informasi yang akurat serta bisa dibuktikan kebenarannya. Hal ini dikarenakan setiap informasi yang muncul mengenai maskapai penerbangan di halaman Utiket.com adalah semua informasi asli langsung dari maskapai yang bersangkutan. Oleh karenanya bisa dikatakan utiket.com benar-benar memberikan informasi yang bisa dipercaya.

Setiap informasi yang ditampilkan di Utiket.com bisa diakses kapan pun, dimana pun dan oleh siapapun. Asalkan PC atau notebook anda sudah tersambung dengan baik. Kalau tidak baik dalam hal server atau sambungannya ditakutkan harga yang didapatkan tidaklah update. Hal ini dikarenakan harga yang tertera di Utiket.com mengikuti harga asli dari maskapai penerbangan yang setiap saatnya berubah-rubah. Jangankan setiap hari, bahkan harga dapat berubah per menitnya. Oleh karena itu seringkali para punggawa dari Utiket.com mengingatkan kepada pelanggan untuk sering-sering update harga terbarunya.

Bisa dikatakan bahwasanya Utiket.com saat ini merupakan salah situs terfavorit bagi pengunjung yang menginginkan Informasi penerbangan. Karena aksesnya yang mudah, informasinya yang akurat dan juga lengkapnya Informasi yang disampaikan. Terlepas dari itu semua, Utiket.com masih beberapa kekurangan. Salah satunya yakni, kami Utiket.com sampai saat ini masih berkonsentrasi untuk menampilkan pelayanan maskapai penerbangan di area benua Asia saja. Misalnya di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan beberapa negara lain di kawasan Asia.

Tidak jarang pelanggan dari Utiket.com menanyakan penerbangan diluar Asia, misalnya penerbangan ke Eropa, Afrika, dan lain-lain. Meskipun saat ini Utiket.com memberikan informasi maskapai di seputaran Asia, bukan tidak mungkin kedepannya akan ada penambahan informasi dari maskapai di benua-benua lainnya. Hanya memang, untuk sementara waktu Utiket.com ingin lebih berkonsentrasi memberikan pelayanan secara maksimal dalam hal membantu memberikan informasi maskapai penerbangan di kawasan Asia kepada pelanggan sekalian.

Sumber : utiket.com

Minggu, 24 November 2013

Sejarah Tugu Yogyakarta


Banyak yang percaya bahwa bila datang ke Yogyakarta belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Tugu Yogyakarta. Tugu ini merupakan sebuah bangunan monumen bersejarah yang terletak  tepat di tengah perempatan antara Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Soedirman, Jalan A.M. Sangaji serta Jalan Diponegoro dan sudah berusia hampir tiga abad. Selain sebagai simbol dari kota Yogyakarta, tugu ini juga mempunyai satu poros imajiner antara Laut Selatan, Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Hal ini juga berkaitan dengan ikatan magis antara ketiga tempat tersebut.

Tugu Yogyakarta dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Pada awalnya, tugu ini berbentuk Golong-Gilig dan mempunyai tinggi mencapai 25 meter, dimana tiang dari tugu ini berbentuk Gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk Golong (bulat), sehingga pada masa itu tugu ini disebut dengan nama Tugu Golong-Gilig. Pada awal dibangunnya tugu ini mempunyai makna Manunggaling Kawula Gusti yang menggambarkan semangat persatuan antara rakyat dan penguasa dalam melawan penjajah. Namun di sisi lain juga bisa bermakna sebagai hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta.

Pada tanggal 10 Juni 1867, gempa hebat mengguncang kota Yogyakarta dan mengakibatkan runtuhnya bangunan tugu. Dan baru pada tahun 1889, tugu ini mulai diperbaiki oleh pemerintah Belanda yang dilakukan oleh Opzichter van Waterstaat atau Kepala Dinas Pekerjaan Umum, JWS van Brussel di bawah pengawasan Pepatih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V dengan melakukan sedikit renovasi pada bangunan tugu ini. Tugu ini lalu dibangun dengan bentuk persegi dimana puncaknya tidak lagi bulat melainkan berbentuk kerucut runcing. Tiap sisi bangunan tugu juga dihiasi semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam proses renovasi tersebut. Tidak hanya itu saja, tinggi bangunan yang awalnya mencapai 25 meter pun dibuat hanya setinggi limabelas meter. Tugu ini kemudian diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII pada tanggal 3 Oktober 1889. Semenjak itu, tugu ini disebut dengan nama De Witt Paal atau Tugu Putih.

Kini Tugu Yogyakarta semakin bertambah cantik dengan taman kecil yang menghiasi sekitar area tugu. Selain menambah kecantikannya, taman ini juga dimaksudkan untuk menjaga agar pengunjung tidak semena-mena naik ke atas tugu dan mengotori bangunan bersejarah ini.

Maskapai terbang ke Yogyakarta

* Malaysia Airlines


Sumber : utiket.com

Sabtu, 23 November 2013

Curug Cikaso Bandung, Indonesia


Tentang Curug Cikaso

Air terjun Curug Luhur atau yang lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso ini berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Obyek wisata berupa air terjun ini berjarak kurang lebih 100 km dari Kota Sukabumi.

Nama asli air terjun ini adalah Curug Luhur namun oleh orang-orang lebih mengenalnya dengan nama ini berubah nama Curug Cikaso karena air yang mengalir di air terjun ini bersumber dari aliran anak sungai Cikaso. Di Curug Cikaso terdapat tiga titik air terjun yang berdampingan, dimana di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna air yang berwarna hijau kebiru-biruan.

Ketiga titik air terjun yang berada di lokasi obyek wisata ini memiliki ketinggian yang hampir sama, kurang lebih 80 meter dan lebar kurang lebih 100 meter. Ketiga air terjun ini berada dalam satu lokasi dengan nama yang berbeda untuk tiap air terjunnya: Curug Asepan, lokasinya berada di sebelah kiri. Lalu di bagian tengah ada Curug Meong dan yang ketiga di bagian paling kanan bernama Curug Aki. Dari ketiga Curug tersebut, Curug Aki letaknya sedikit tersembunyi di balik tebing yang menghadap ke bagian timur. Apabila hendak berkunjung ke lokasi ini, disarankan untuk datang pagi hari.

Hal tersebut dikarenakan ada satu keistimewaan di air terjun ini apabila bisa berkunjung pada pagi hari. Para pengunjung akan disuguhi pemandangan bias sinar matahari yang baru terbit. Bias tersebut akan sangat jelas terlihat dari butiran-butiran halus cipratan air terjun tersebut. Sangat disayangkan apabila keindahan ini sampai terlewatkan, terutama bagi para wisatawan yang hobi memotret. Keindahan momen tersebut merupakan salah satu yang wajib diabadikan dalam bidikan kamera anda.

Selain dapat menikmati keistimewaan momen tersebut, di lokasi ini pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air terjun Curug Cikaso dengan mandi atau berenang di danau kecil yang terbentuk dari aliran air terjun tersebut. Bagi para pengunjung yang memang belum mahir berenang, di obyek wisata ini tersedia jasa penyewaan ban sebagai pelampung. Fasilitas lain yang tersedia di lokasi obyek wisata ini antara lain warung makan, kios yang menjual berbagai macam souvenir, dan toilet.

Akses ke Curug Cikaso

Untuk menuju ke lokasi air terjun Curug Cikaso ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, dapat dimulai dari kota Surade menuju pertigaan Jalan Cikaso dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Apabila menggunakan angkutan umum dapat naik dari Kota Surade dengan tujuan Cikaso. Ongkos angkutan umum untuk sekali ini Rp 6.000 per orang. Anda bisa turun di Jalan Raya Cikaso, tepatnya di simpang tiga menuju curug. Dari pertigaan ini dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati pematang sawah dan ladang penduduk setempat dengan jarak tempuh sekitar dua kilometer menuju lokasi Curug Cikaso. Atau bisa juga menumpang truk pasir yang sering lewat menuju air terjun tersebut. Alternatif lain dengan menyewa sampan menyusuri sungai Cikaso. Harga sewanya antara Rp 70.000,- sampai Rp 80.000,- dengan muatan sepuluh sampai duabelas orang. Sampan-sampan ini banyak terdapat di jembatan Cikaso. Sesampainya di daratan, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter menuju Curug Cikaso berada. Untuk dapat masuk ke obyek wisata ini dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 2.000 per orang.

Maskapai terbang ke Bandung

* Susi Air


Sumber : utiket.com

Jumat, 22 November 2013

Kawah Putih Bandung, Indonesia


Tentang Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha yang terletak di daerah selatan kota Bandung, tidak jauh dari obyek wisata Situ Patenggang (5km), yaitu berjarak sekitar 46 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari pusat kota atau 35 kilometer dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang. Bersuhu antara 8-22 derajat, terdapat dua kawah yaitu Kawah Saat ( Saat dalam bahasa sunda berarti Surut) berada di bagian barat dan Kawah Putih yang berada di bawahnya pada ketinggian 2.194 meter. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan yang terjadi sekitar abad X dan XII

Dahulu kala sebelum Kawah Putih di buka untuk umum, masyarakat setempat percaya bahwa Kawah Putih menyimpan misteri dan Angker karena banyaknya burung yang mati saat melintasi Kawah Putih, namun pada tahun 1837 seorang ilmuwan dari Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun membantahnya. Ia pun kemudian melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa banyaknya burung mati saat melintasi kawasan tersebut tidak lain dikarenakan adanya semburan lava belerang. Karena kandungan belerang di Kawah Putih sangat tinggi maka pada zaman pemerintahan Belanda sempat dibangun pabrik belerang yang di beri nama Zwavel Ontgining Kawah Putih yang kemudian usaha tersebut di lanjutkan pada pemerintahan Jepang dengan mengganti namanya menjadi Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

Kemudian pada tahun 1987 PT. Perhutani unit III Jawa Barat, Banten mulai mengembangkan kawasan Kawah Putih sebagai obyek wisata, Keindahan danau Kawah Putih memang sangat mempesona. Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah warna, seperti hijau apel, kebiru-biruan bila cuaca terang terkena pantulan matahari, coklat susu, namun paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya. Kawasan ini tidak jarang sebagai obyek untuk foto pre wedding karena pemandangannya yang eksotis.

Obyek wisata danau Kawah Putih di buka pada pukul 07.00 sampai pukul 17.00, setiap harinya. Fasilitas yang tersedia pun sudah memadai dengan adanya area parkir, mushola, transportasi transit, pusat informasi serta adanya warung-warung makanan. Untuk tarif masuk Kawah Putih terbilang mahal yaitu Rp.150.000 untuk mobil sampai di atas kawasan Kawah Putih, Rp.35.000 untuk motor dan Rp. 15.000 per orang.

Akses ke Kawah Putih

Dari Jakarta melewati tol Cipularang menuju pintu keluar tol Kopo, lalu menuju Soreang ke arah selatan kota Ciwidey. Lamanya perjalanan dari Ciwidey sekitar 20 sampai 30 menit menuju gerbang masuk obyek wisata Kawah Putih, dan pengunjung disarankan menggunakan kendaraan untuk menuju Kawah Putih dari pintu masuk dikarenakan jaraknya yang cukup jauh dan menanjak sekitar 5,6 Kilometer atau sekitar 10-15 menit dengan berkendaraan.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi maka kamu bisa langsung menuju area parkir yang tidak jauh dari Kawah Putih, sementara pengunjung dengan rombongan besar hanya bisa menuju Kawah Putih dengan menggunakan Kendaraan Khusus yang tersedia di area parkir, karena kondisi jalan yang sempit dan menanjak tidak memungkinkan untuk dilewati bus atau kendaraan besar lainnya.

Kamu bisa juga dari Terminal Kebun Kelapa maupun Leuwi Panjang, Bandung dengan menggunakan transportasi umum menuju Ciwidey. Kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan pedesaan dengan tujuan Situ Patenggan.

Maskapai terbang ke Bandung
* Susi Air

Sumber : utiket.com

Kamis, 21 November 2013

Danau Pagaralam Bengkulu, Indonesia



Tentang Danau Pagaralam

Danau yang satu ini lain daripada yang lain. Bila biasanya air danau berwarna jernih, hijau atau biru maka di Danau Pagaralam ini airnya berwarna merah darah. Danau Pagaralam berlokasi di perbukitan Raje Mandare, di perbatasan antara Kota Pagaralam dan Kaur, Propinsi Bengkulu.

Danau seluas 6 hektar ini ditemukan pada tahun 2010 oleh masyarakat sekitar dan sempat membuat heboh karena warna airnya yang tak biasa itu. Ada hal unik mengenai air danau ini. Walau berwarna merah darah, namun saat kita mengambil airnya dengan tangan atau wadah maka airnya berwarna seperti air pada umumnya. Menurut warga sekitar, pada malam hari di lokasi sekitar danau ini akan tercium aroma pandan.

Keunikan lain yang ditawarkan Danau Pagaralam tidak hanya sebatas itu. Satwa yang ada di sekitar Danau Pagaralam pun juga mempunyai keunikan tersendiri, seperti ditemukannya kelabang raksasa dengan lebar 30 cm dan panjang 50 cm, kerbau memiliki sarang lebah di telinganya, beberapa burung terlihat memiliki ukuran yang cukup besar. Walaupun mempunyai penampakan yang tidak lazim, namun hewan-hewan tersebut tampak jinak.

Di sekitar danau terdapat banyak sisa-sisa bangunan yang diyakini sebagai sisa candi dari sebuah kerajaan di masa lampau. Hingga saat ini masih berlanjut penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog mengenai hal tersebut.

Keberadaan obyek wisata yang menawarkan keunikan dan kemistisan ini patut kamu kunjungi bagi kamu yang menyukai tantangan. Kenapa? Karena lokasi Danau Pagaralam tergolong sangat sulit ditempuh. Persiapkan fisik dan perlengkapan sebelum menuju Danau Pagaralam. Sebaiknya membawa rekan yang berpengalaman dalam menjelajah hutan jika kamu sama sekali belum berpengalaman dalam menjelajah hutan karena untuk mencapai Danau Pagaralam kamu harus menyusuri hutan yang panjang.

Akses ke Danau Pagaralam

Perjalanan menuju Danau Pagaralam dapat dimulai dari Desa Rimba Candi, Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Selatan menggunakan angkutan umum seperti ojek, becak bermotor maupun sewa mobil dari Kota Pagar Alam. Sesampainya di Desa Candi Rimba kamu akan menyusuri perbukitan dan hutan Rimba Candi. Untuk menyusuri perbukitan dan hutan Rimba Candi dibutuhkan waktu antara 1-2 hari tergantung fisik dan cuaca. Selama perjalanan, selain disuguhi pepohonan kamu juga akan melihat bekas reruntuhan candi dan gapura dari kerajaan di masa lampau yang berkuasa di wilayah ini yang diperkirakan merupakan kerajaan Sriwijaya. Setelah menyusuri perbukitan dan hutan Rimba Candi, kamu akan memasuki wilayah Bukit Raje Mandare. Di bukit inilah kamu akan menemukan lokasi Danau Pagaralam tersebut.

Maskapai terbang ke Bengkulu

* Susi Air


Sumber : utiket.com

Rabu, 20 November 2013

Danau Mempayak Tanjung Pandan, Indonesia



Tentang Danau Mempayak

Walaupun di Belitung Timur mempunyai banyak danau, namun Danau Mempayak merupakan danau terluas di Belitung Timur yang bisa anda kunjungi. Danau ini terletak di Desa Mempayak, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Obyek wisata alam ini berada di tepi jalan utama yang menghubungkan kota Kelapa Kampit dengan kota Manggar.

Danau Mempayak bukan merupakan danau alam, namun merupakan danau buatan yang terjadi akibat penambangan timah. Danau ini juga bukan merupakan obyek wisata terkenal namun tak ada salahnya jika anda sedang berada di Pulau Belitung, anda mengunjungi Danau Mempayak. Terletak di kaki Gunung Burung Mandi, panorama di sekitar Danau Mempunyai terlihat sangat indah. Bagi pecinta fotografi, anda dapat mengabadikannya dalam jepretan kamera anda.

Berenang, memancing dan berperahu merupakan kegiatan lain yang bisa anda lakukan saat berada di obyek wisata alam ini. Jika hanya ingin sekedar bersantai sambil menikmati keindahan panorama alamnya, anda dapat menggunakan gazebo yang tersedia di tepi danau. Beberapa penjual makanan dan minuman juga bisa anda temukan di sini.

Kawasan obyek wisata ini berada di pinggir jalan yang menuju ke arah obyek wisata lainnya, yaitu Vihara Dewi Kwan Im. Lokasi obyek wisata ini juga mempunyai lahan parkir yang luas. Selain itu, jika anda datang ke tempat ini pada hari-hari tertentu seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia, maka anda dapat menyaksikan berbagai lomba yang diadakan di danau ini, seperti misalnya lomba rakit. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik perhatian anda dan menambah hiburan wisata tersendiri.

Akses ke Danau Mempayak

Untuk menuju obyek wisata ini tidak lah sulit karena lokasi danau ini berada di pinggir jalan raya utama dari Kota Tanjung Pandan menuju Kota manggar, Belitung Timur. Dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan berjarak sekitar 50 km. Jika anda berangkat dari pusat Kota Manggar, anda dapat menyewa ojek dengan biaya sekitar Rp. 10.000 per orang kita atau sesuai dengan penawaran anda dengan pengemudi ojek. Namun jika anda berangkat dari pusat Kota Tanjung Pandan, anda dapat menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel maupun penginapan yang ada di Kota Tanjung Pandan dengan tarif mulai dari Rp. 250.000.

Maskapai terbang ke Tanjung Pandan



Sumber : utiket.com

Selasa, 19 November 2013

Pantai Keramat Tanjung Pandan, Indonesia



Tentang Pantai Keramat

Namanya memang Pantai Keramat namun tidak ada nuansa menyeramkan di lokasi obyek wisata yang satu ini. Obyek wisata yang terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung ini justru menyuguhkan keindahan alam pantai yang hampir sama dengan keindahan alam pantai lainnya yang berada di Pulau Belitung.

Kebanyakan pantai di Pulau Belitung memiliki pasir putih yang halus, air laut yang jernih, kontur pantai yang landai dan ombak yang kecil. Begitu pula dengan Pantai Keramat ini juga memilki hal sama. Keadaan alam di lokasi pantai ini masih alami karena belum terjamah oleh banyak tangan jahil dan belum dikelola oleh pemerintah setempat. Pantai ini cocok untuk berenang maupun memancing.

Pantai ini dinamakan Pantai Keramat karena di jarak sepuluh meter dari bibir pantai ini terdapat gugusan batu yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Dahulu warga sekitar sering mengadakan berbagai acara ritual di gugusan batu ini. Gugusan batu ini pun oleh warga sekitar disebut dengan nama Batu Keramat. Keberadaan pantai yang berada di dekat Batu Keramat ini menjadikan pantainya dikenal dengan nama Pantai Keramat.

Untuk memasuki wilayah pantai ini tidak dikenakan biaya retribusi karena pantai ini memang belum dikelola oleh pemerintah setempat. Walaupun begitu, fasilitas kamar mandi di Pantai Keramat sudah tersedia. Beberapa penjual makanan dan minuman pun bisa dijumpai di sekitar pantai ini.

Akses ke Pantai Keramat

Pantai Keramat berjarak sekitar 80 km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Untuk menuju Pantai Keramat dari Kota Tanjung Pandan dapat menyewa mobil dengan tarif sewa mulai dari Rp. 250.000. Atau jika berangkat dari pusat kota Belitung Timur yang ada di Kota Manggar, dapat menggunakan ojek dengan biaya sesuai kesepakatan.

Maskapai terbang ke Tanjung Pandan



Sumber : utiket.com

Senin, 18 November 2013

Tips Camping Bersama Buah Hati



Berlibur bukan melulu berhubungan dengan hal-hal mewah yang menghabiskan banyak biaya. Berlibur bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana namun tetap mengasyikan seperti camping atau berkemah. Ajaklah buah hati Anda camping di alam terbuka. Selain si kecil bisa belajar banyak hal secara langsung, camping juga bisa melatih kemandirian anak. Namun tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membawa si kecil untuk pergi camping, antara lain:

Pastikan tenda aman

Buatlah tenda senyaman dan seaman mungkin karena si kecil mungkin tidak terbiasa tidur di tempat yang terbatas. Untuk itu pastikan kondisi tenda terasa nyaman. Alasi tenda dengan sleeping bag dan matras agar lebih terasa nyaman. Periksa juga tiang tenda. Pastikan tenda berdiri di permukaan yang datar.

Bawa baju hangat dan selimut

Camping dilakukan di udara terbuka dan tentunya udara akan lebih dingin daripada suhu ruangan. Untuk itu Anda harus membawa baju hangat jika perlu selimut terutama untuk si kecil. Udara malam yang dingin bisa membahayakan si kecil. Bisa jadi tubuh anak kurang kuat menahannya dan menyebabkan sakit. Untuk itu bawalah baju hangat dan selimut, juga obat-obatan dan obat gosok yang bisa menghangatkan badan.

Sediakan makanan bergizi

Meskipun camping sangat identik dengan makanan instan dengan alasan kepraktisan, namun tidak saat Anda camping dengan anak. Tetap sediakan makanan sehat untuk anak. Bawalah sayur-sayuran yang cukup dimasak dengan cara direbus seperti brokoli atau wortel. Sarden atau abon juga bisa dijadikan pilihan. Untuk snack, pilihlah yang tidak mengandung MSG atau pengawet berlebih.

Dekat dengan sumber air bersih

Air bersih merupakan kebutuhan primer dimanapun Anda berada terutama jika Anda sedang bersama si kecil. Untuk itu pilihlah lokasi camping yang dekat dengan sumber air, sungai mengalir contohnya. Jika tidak, pastikan akses menuju ke tempat air bersih mudah dilalui. Air berguna untuk mencuci peralatan makan Anda termasuk si kecil. Mandi di sungai bersama si kecil juga menyenangkan, tetapi harus dengan pengawasan ekstra dan pastikan semuanya aman.

Bawa mainan dan buku kesayangan

Bawalah buku dan mainan si kecil karena kita tak pernah tahu apakah si kecil merasa nyaman atau tidak di luar sana. Buku bacaan dan mainan si kecil bisa anda gunakan untuk menenangkan jika si kecil mulai rewel dan merasa tidak nyaman.

Sumber : utiket.com

Minggu, 17 November 2013

Pantai Teropong Tanjung Pandan, Indonesia


Tentang Pantai Teropong

Pantai Teropong merupakan pantai yang berada dalam satu wilayah dengan Pantai Keramat, yaitu di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini dinamakan Pantai Teropong karena dahulu pada masa penjajahan Belanda, terdapat teropong yang dipasang oleh Belanda di bukit yang berbatasan langsung dengan pantai untuk mengawasi kapal-kapal pembawa minyak yang keluar masuk di Dermaga Olivir.

Teropong tersebut sekarang memang sudah tidak ada namun anda masih dapat menemukan tiang yang digunakan untuk meletakkan teropong tersebut di bukit yang berada di pinggir Pantai Teropong ini. Warga sekitar menyebut bukit tersebut dengan nama Bukit Samak. Hal tersebut dikarenakan dahulunya bukit ini banyak ditumbuhi oleh pohon samak. Anda dapat menuruni bukit ini dan menjumpai tebing dengan ketinggian sekitar enam meter dan menemukan perairan yang tersembunyi di balik Bukit Samak.

Pantai Teropong memang jarang dikunjungi oleh orang namun memiliki pemandangan yang sangat indah terutama saat matahari terbit. Pemandangan Bukit Samak yang rindang dengan pepohonan, air laut yang biru, jernih dan pasir putihnya akan semakin memanjakan mata saat semburat sang surya muncul dari peraduannya. Konon katanya pemandangan matahari terbit di Pantai Teropong ini merupakan pemandangan yang tercantik di Kota Manggar.

Dari atas Bukit Samak sambil menikmati pemandangan Pantai Teropong, anda juga bisa melihat puing-puing Dermaga Oliver, Pantai Nyiur Melambai dan Pantai Keramat. Di atas bukit ini juga tersedia gazebo tempat dimana anda dapat bersantai sambil melihat pemandangan Pantai Teropong. Penjual makanan dan minuman pun juga dapat anda temukan di tempat ini.

Akses ke Pantai Teropong

Dari Kota Tanjung Pandan anda dapat menyewa mobil untuk menuju Pantai Teropong ini. Tarif sewa mobilnya mulai dari Rp. 250.000 per hari. Atau anda juga dapat menggunakan bus dari terminal Tanjung Pandan yang melayani jurusan Manggar. Dari Kota Manggar anda dapat menggunakan ojek untuk menuju Pantai Teropong dengan tarif sesuai kesepakatan.


Maskapai terbang ke Tanjung Pandan

* Sriwijaya Air
* Sky Aviation Airlines
* Citilink Airlines

Cari tiket pesawat murah ke Tanjung Pandan


Sumber : utiket.com

Sabtu, 16 November 2013

Pulau Tidung Jakarta, Indonesia


Tentang Pulau Tidung

Pernah mendengar Jembatan Cinta? Pasti kamu berpikir itu berada di luar negeri, jangan salah, gak perlu jauh-jauh dan biaya mahal untuk dapat ke Jembatan cinta. Jembatan Cinta merupakan daya tarik sendiri untuk kawasan wisata yang satu ini. Tidung, merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu, dan masih dalam wilayah DKI Jakarta. Pulau Tidung di bagi menjadi dua yaitu pulau Tidung besar dan pulau Tidung kecil yang dihubungkan oleh jembatan yang biasa di sebut Jembatan Cinta dengan panjang kira-kira 800 meter.

Aktivitas yang bisa di lakukan di Pulau Tidung antara lain:

Berjalan: kamu bisa berjalan diatas jembatan Cinta menuju Pulau Tidung kecil sambil melihat pemandangan di bawah air laut seperti terumbu karang dan ikan - ikan kecil yang berada di sisi jembatan yang terbuat dari kayu ini.

Jembatan Cinta adalah tempat yang tepat untuk melihat terbit dan terbenamnya matahari atau jika kamu ingin menguji keberanianmu, kamu bisa melakukan aktivitas yang satu ini, kamu bisa melompat ke dasar laut dari atas jembatan dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Bersepeda: Hanya dengan Rp. 15.000, kamu sudah dapat bersepeda mengelilingi pulau Tidung Besar yang asri dan alami karena tidak ada mobil di sekitar pulau ini. Suasana di Pulau Tidung sangatlah berbeda dengan suasana perkotaan Jakarta. Di sini yang ada hanya rumah-rumah penduduk dengan tanaman di depannya dan pohon-pohon rindang sisi di jalan yang tidak terlalu besar.

Snorkeling: Jangan khawatir kalau kamu tidak memiliki atau tidak membawa peralatan snorkeling karena kamu dapat menyewanya, hanya dengan Rp.35.000. Airnya yang jernih membuat kita dapat melihat aneka makhluk hidup yang ada di bawah air beserta terumbu karang yang ada. Untuk menikmati pemandangan yang lebih indah, kamu dapat menyewa perahu agar dapat mencapai beberapa spot bawah laut yang indah.

Banana Boat dan kano: Kamu juga bisa menikmati permainan air yang satu ini, karena pantainya yang dangkal dan airnya yang bersih, pantai di sekitar Pulau Tidung merupakan alternatif tempat wisata yang aman bersama keluarga dan anak-anak.

Fasilitas di pulau ini juga telah dikembangkan, itu terbukti dengan adanya warung-warung di sekitar yang relatif murah sekitar Rp.10.000 per porsi makanan yang di sediakan oleh penduduk setempat. Di Pulau Tidung juga terdapat penginapan bergaya homestay yang nyaman, dengan pilihan kamar AC atau non AC meski tidak sekelas hotel ataupun resort namun penginapan yang disediakan cukuplah bersih, atau kamu ingin mencoba alternatif lain dengan berkemah dipinggir pantai untuk bermalam.


Akses ke Pulau Tidung

Dengan menggunakan kapal dari Muara Angke, Jakarta. Waktu yang diperlukan untuk pergi ke pulau Tidung tidaklah lama hanya sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Jadwal kapal yang menuju pulau Tidung sekitar pukul 07.00 WIB jadi pastikan kamu tidak ketinggalan kapal. Karena untuk menuju Pulau Tidung menggunakan jalur air maka selama perjalanan kamu tidak akan dibosankan dengan kemacetan yang biasa terjadi di jalan-jalan darat menuju tempat wisata, Untuk menuju pulau Tidung dengan menggunakan perahu hanya dengan Rp. 33.000 per orang. Cara lain menuju pulau Tidung dengan menggunakan jasa wisata, biasanya menggunakan kapal boat khusus yang akan berangkat dari Ancol dan tentunya harga lebih mahal daripada menggunakan perahu.

Sumber : utiket.com

Jumat, 15 November 2013

Festival Budaya Pasar Terapung, Banjarmasin


Festival Budaya Pasar Terapung adalah festival rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahun di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Festival ini biasanya diselenggarakan pada pertengahan tahun selama lebih dari tiga hari. Adapun tempat pelaksanaannya biasanya bertempat di Jalan Sudirman dan Sungai Martapura. Festival ini cukup terkenal. Tidak hanya dari wilayah Kalimantan saja, bahkan masyarakat yang berasal dari pulau lain pun rela berkunjung untuk menyaksikan festival ini.

Selama festival ini berlangsung, masyarakat bisa melihat kapal wisata dan kapal tanglung yang berjumlah puluhan serta lebih dari 250 buah perahu kayu kecil atau yang sering disebut dengan nama Jukung. Jukung merupakan perahu kayu kecil yang biasa digunakan oleh para pedagang pasar terapung di sepanjang Sungai Barito dan Sungai Martapura. Festival ini mencakup berbagai kegiatan, diantaranya adalah Lomba Dayung Tradisional, Festival Kuliner, Pasar Terapung, Atraksi Seni Budaya, Kampung Banjar serta Perlombaan Jukung Hias dan Tanglung.

Lomba dayung tradisional merupakan lomba dayung bagi masyarakat setempat yang mengandalkan kecepatan. Masyarakat cukup antusias untuk dapat melihat lomba ini. Sedangkan dalam festival kuliner, masyarakat akan disajikan berbagai kuliner lezat khas dari Banjar, seperti soto Banjar, ikan panggang, ketupat kandangan maupun aneka kue khas Banjar. Tidak hanya itu saja, ratusan pedagang Pasar Terapung di Sungai Martapura pun juga turut memeriahkan festival ini.

Berbagai atraksi seni dan budaya seperti Balogo, Madihin, Sinoman Haderah dan beberapa tarian tradisional juga turut meramaikan festival tahunan ini. Meski begitu tak jarang berbagai tarian tradisional di luar wilayah Kalimantan seperti tarian dari Minang, Jawa, Bali, Ambon bahkan Manado juga ditampilkan di acara ini. Sementara itu dalam event Kampung Banjar, masyarakat bisa menyaksikan dan mengenal adat budaya serta kerajinan asli Banjar dari tiga belas kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Selatan. Lomba Menghias Jukung dan Tanglong merupakan event yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Dalam event ini akan ditampilkan puluhan Jukung yang telah dihias dengan berbagai ornamen yang cukup indah dan hilir mudik memadati Sungai Martapura. Event ini tentunya semakin menambah kemeriahan Festival Budaya Pasar Terapung. Salah satu festival budaya yang harus senantiasa dijaga dan dilestarikan.           

Pada penghujung acara biasanya akan ditutup secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan. Pada kesempatan tersebut akan ditampilkan pula lagu-lagu daerah Banjar, tari pedalaman maupun tari melayu serta pengumuman dan penyerahan hadiah bagi para pemenang semua lomba. Festival ini memang cukup menarik dan bertujuan untuk membuat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara agar lebih mengenal Pasar Terapung, sebuah pasar khas Kalimantan Selatan dimana para pedagangnya menggunakan jukung atau perahu kayu kecil untuk menjajakan hasil buminya.

Sumber : utiket.com
 

Kamis, 14 November 2013

Pink beach Labuan Bajo Indonesia



Tentang Pink beach

Pink Beach atau Pantai Merah Muda adalah salah satu pantai yang ada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini disebut Pink Beach dikarenakan pasir pantainya yang berwarna pink, kesannya romantis gitu deh.

Warna pink dari pantainya merupakan campuran dari warna pantai pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang, cangkang kerang, serta kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil, dan juga Foraminifera, Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah. Pantai seperti ini hanya ada 7 lho di dunia. Jadi kita harus bangga mempunyai salah satu pantai yang berwarna pink ini.

Di Pink Beach ini terdapat begitu banyak biota lautnya meliputi 1000 spesies ikan, 260 spesies terumbu karang, dan 70 spesies spong. Dengan adanya biota laut yang begitu banyak, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat snorkeling maupun menyelam bagi para pecinta olah raga laut. Arus di pantai ini terkenal cukup kuat. Hal itu dikarenakan adanya pertemuan air laut tropis dari utara dan air laut dari selatan.

Akses ke Pink beach

Jalur laut: kamu bisa menuju Pink Beach menggunakan kapal yang berlayar dari Tanjung Benoa, Bali menuju Labuan Bajo yang membutuhkan waktu selama 1 hari.

Jalur darat: kamu bisa juga menuju pantai ini melalui jalur darat dengan menggunakan bus dari Denpasar ke Labuan Bajo yang tentunya dilanjutkan dengan naik kapal ferry untuk menyeberang.

Jalur udara: ini merupakan cara yang paling cepat untuk menuju pantai ini yaitu melalui jalur udara. Kamu bisa menggunakan pesawat dari Denpasar menuju Labuan Bajo yang memakan waktu sekitar 30 menit. Dan untuk mendapatkan tiket pesawat murah, Anda dapat mencari tiket pesawat promo dengan mengunjungi :


Sesampainya di Labuan Bajo dengan menggunakan salah satu jalur tersebut kamu masih harus menggunakan kapal ferry untuk menyeberang ke Loh Liang di Pulau Komodo. Sedangkan untuk menuju Pink Beach kamu bisa berjalan kaki selama 4 jam atau kalau mau lebih cepat sampai kamu bisa menggunakan perahu dari Loh Liang yang terletak di Pulau Komodo yang hanya membutuhkan waktu selama 30 menit.

Sumber : utiket.com

Rabu, 13 November 2013

Pulau Komodo Labuanbajo Indonesia


Tentang Pulau Komodo

Terletak di ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya diantara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dikembangkan oleh pemerintah pusat sebagai Taman Nasional Komodo.

Lebih tepatnya pulau ini sebagai habitat asli dari komodo, di pulau ini terdapat 2500 ekor komodo, selain komodo pulau ini juga memiliki kekayaan flora yang beraneka ragam seperti kayu sepang yang digunakan oleh warga sekitar sebagai pewarna pakaian ataupun pohon nitak yang dipercaya bisa sebagai obat yang bijinya gurih dan enak seperti kacang polong. Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature".

Dan Pulau ini juga memiliki kekhasan tersendiri dengan savana dan keindahan alam bawah lautnya, di pulau ini banyak hal yang bisa kamu nikmati antara lain, jika kamu hobi hiking di sini tempat yang paling tepat untuk hobi kamu, kamu juga bisa camping atau hanya sekedar mengamati satwa yang ada di sana.

Sedangkan untuk wisata airnya banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti memancing, diving, snorkeling, kano atau hanya berkeliling dengan menggunakan sampan. Pulau Komodo sangat tepat bagi kamu yang menyukai wisata alam.

Selain itu masih banyak daya tarik untuk pulau ini yang wajib dikunjungi, antara lain:
  • Satu-satunya pulau di dunia yang memiliki kadal terbesar yaitu komodo
  • Pada perairan di pulau ini terdapat perairan bawah air
  • Dasar laut perairan komodo merupakan dasar laut terbaik di dunia
  • Di permukaan laut banyak terdapat dataran kering yang berbentuk karang
Akses ke Pulau Komodo

Untuk dapat pergi ke pulau ini sangatlah mudah dan dapat menggunakan kapal feri dari Sape, Sumbawa dan dilanjutkan dengan speedboat atau kamu juga bisa langsung dari Bali menuju Labuan Bajo dan dapat menggunakan kapal ke pulau Komodo. Dan untuk ke Pulau Komodo Anda dapat menggunakan pesawat dengan mencari
tiket pesawat promo dan mengunjungi :


Sumber : utiket.com