Senin, 30 September 2013

Jumbo Stay, Hotel di Dalam Pesawat



Tahukah Anda bahwa sebuah bekas pesawat komersial ternyata dapat diubah menjadi sebuah hotel mewah? Menariknya lagi, fasilitas hotel di dalam pesawat ini ternyata  tidak kalah dengan fasilitas yang ada di hotel bintang lima.

Oscar Divs, seorang pengusaha yang berasal dari Swedia telah berhasil membuat hotel di dalam pesawat. Pada tahun 2006, dia membeli pesawat jenis Boeing 747-200 yang merupakan sebuah pesawat jumbo jet  buatan tahun 1976 dengan kapasitas 450 kursi dan mengubahnya menjadi sebuah hotel dengan nama Jumbo Stay Hotel. Sebelumnya pesawat ini milik sebuah maskapai penerbangan asal Swedia, Transjet yang dinyatakan telah resmi bangkrut pada tahun 2002 lalu. Oscar Divs membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk merombak pesawat ini menjadi sebuah hotel unik.

Hotel unik ini dibuka untuk umum pada tahun 2009 lalu dan terletak di Jumbovagen 4, Arlanda Airport, Stockholm 19046, Swedia. Hotel ini memiliki 27 kabin yang dapat Anda pilih sebagai kamar untuk menginap dengan fasilitas Wifi dan tv layar datar di setiap kamarnya. Tidak hanya itu saja, hotel ini bahkan juga menyediakan kamar mewah yang ada di bagian kokpit dengan pemandangan di sekitar Bandara Arlanda. Sementara tarif untuk menginapnya sendiri berkisar mulai dari 50 Euro. Sedangkan untuk kamar mewah yang berada di bagian kokpit dipatok dengan tarif 200 Euro per malam.

Desain yang ditawarkan pada hotel ini pun cukup menarik dan nyaman serta dipadu dengan pilihan warnanya yang cerah. Selain itu, hotel ini juga dapat digunakan sebagai ruang pertemuan atau rapat dan buka hingga dua puluh empat jam. Ide mengubah sebuah pesawat menjadi hotel sebenarnya bukanlah hal yang baru karena sebelumnya di Costa Rica terdapat sebuah pesawat Boeing kuno yang juga telah diubah menjadi sebuah hotel dengan nama Costa Verde. Hanya saja Costa Verde terletak di tebing sedangkan Jumbo Stay terletak di bandara. Jadi Anda tertarik untuk menginap di hotel unik ini?

Sumber : utiket.com

Minggu, 29 September 2013

Tips Menghindari Pembobolan Koper di Bandara


Anda mungkin pernah mendengar tentang kasus pembobolan koper paksa yang dilakukan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab di bandara atau bahkan salah satu dari Anda pernah mengalaminya. Banyak para traveler yang mengalaminya. Tentu hal ini sangat menyebalkan, mengetahui koper yang sudah dikunci rapat malah dibobol paksa hingga rusak apalagi jika Anda juga dirugikan secara materi karena barang bawaan atau dokumen penting Anda hilang. Agar tak mengalami hal serupa, Anda bisa simak tips berikut ini:

Kunci Koper Dengan Kunci Yang Bagus dan Kuat
Pastikan Anda mengunci koper bawaan Anda dengan benar. Sebaiknya pilih juga kunci yang kualitasnya bagus sehingga akan sulit untuk dibobol karena kunci koper Anda akan jauh lebih kuat.

Beritahu Pihak Maskapai Bila Membawa Barang Berharga

Tak sedikit para traveler yang membawa barang-barang berharga saat berpergian. Barang berharga itu bisa berupa perhiasan ataupun dokumen-dokumen penting lainnya. Jika dalam bawaan Anda juga terdapat barang-barang berharga seperti ini, Anda wajib menghubungi pihak maskapai agar barang bawaan Anda mendapat penjagaan yang lebih ketat. Sehingga koper Anda akan lebih aman, bebas dari pembobolan.

Wrapping Koper Anda

Wrapping adalah fasilitas yang diberikan oleh bandara untuk membungkus koper dengan plastik yang kencang. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menghindari kemungkinan yang bisa terjadi. Fasilitas wrapping sudah tersedia di hampir seluruh bandara yang ada di Indonesia. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, Anda harus membayar Rp 25.000,-.

Segera Hubungi Pihak Bandara Jika Terjadi Pembobolan Koper

Jika sampai hal ini terjadi, sekalipun Anda sudah melakukan antisipasi dengan matang, sebaiknya segera hubungi pihak bandara. Tanyakan alasan kenapa hal ini bisa sampai terjadi pada koper Anda. Laporan Anda juga harus meliputi lokasi terjadi di bandara mana, jam berapa, maskapai yang digunakan, dan nomor penerbangan.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 28 September 2013

Festival Kesenian Bali



Festival Kesenian Bali (Bali Arts Festival) atau dikenal juga dengan nama Pesta Kesenian Bali merupakan salah satu festival budaya yang terkenal di Indonesia. Festival ini merupakan acara tahunan dan biasanya diselenggarakan setiap bulan Juni selama satu bulan penuh dengan tema yang selalu berbeda. Selain bertujuan untuk mempromosikan dan melestarikan pariwisata serta budaya yang ada di Bali, festival ini juga merupakan wadah bagi para seniman untuk mengekspresikan segala bentuk kreativitas dan karya cipta seni mereka. Karya seni yang ditampilkan pun tentunya adalah yang berkualitas dan terbaik.

Awalnya, Festival Kesenian Bali atau Pesta Kesenian Bali ini diprakarsai oleh Almarhum Prof.Dr.Ida Bagus Mantra pada tahun 1979, dimana pada saat itu beliau menjabat sebagai Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali. Pesta Kesenian Bali yang pertama diselenggarakan selama dua bulan yakni berlangsung pada tanggal 20 Juni 1979 hingga 23 Agustus 1979. Saat ini dasar penyelenggaraan festival ini adalah Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 07 Tahun 1986. Selama sejarah perjalanannya, festival ini umumnya selalu dibuka oleh pejabat tinggi negara.

Dalam festival ini persembahan karya seni yang ditampilkan tersebut mengandung makna pembebasan yang ikhlas dimana dalam ajaran agama Hindu disebut dengan Yadnya. Maka tak heran bila setiap seniman yang ikut berpartisipasi dalam festival ini akan selalu mempersembahkan karya seni terbaiknya. Banyak acara yang terangkum dalam festival ini, diantaranya adalah pameran, kegiatan budaya, kontes dan beberapa kegiatan terkait lainnya. Suasana meriah nan megah festival ini selalu mampu menarik wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri. Bagi para wisatawan selain dapat mencicipi beberapa makanan khas Bali yang disediakan di beberapa counter di festival, juga dapat belajar banyak hal tentang budaya lokal dan pedesaan di Indonesia. Beberapa tarian klasik dari Bali juga dapat Anda saksikan di festival ini. Festival ini merupakan salah satu festival berwarna yang patut Anda saksiksan.

Sumber : utiket.com

Jumat, 27 September 2013

Tips Snorkeling Bagi Pemula



Snorkeling merupakan salah satu kegiatan yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu libur Anda. Snorkeling mungkin belum terlalu populer mengingat tidak semua tempat cocok untuk bersnorkeling ria. Meski begitu, snorkeling merupakan kegiataan menyenangkan yang patut untuk dicoba. Menikmati keindahan bawah laut yang cantik secara langsung saat snorkeling akan menambah pengalaman Anda. Gimana, tertarik untuk bersnorkeling? Eeits buat yang pertama kali bersnorkeling, baca dulu tips berikut ini:

Gunakan Peralatan Dengan Benar

Ada beberapa peralatan yang harus Anda kenakan saat snorkeling. Peralatan ini selain sebagai alat pembantu Anda ketika berada di air juga sebagai alat pengaman Anda. Pilihlah peralatan yang paling nyaman saat Anda gunakan dan tentunya harus pas dengan badan Anda. Gunakan peralatan tersebut secara benar dan tepat. Dengan begitu Anda bisa bersnorkeling dengan nyaman.

Jangan Sendirian

Bagi Anda yang pemula, sebaiknya jangan bersnorkling sendirian tetapi bersama teman-teman yang membentuk kelompok. Saat bersnorkling mungkin akan menjadi saat yang menyenangkan untuk Anda, namun Anda harus selalu ingat untuk jangan terlalu jauh dengan kelompok Anda karena bisa membahayakan diri Anda sendiri. Untuk itu tetap perhatikan sekeliling agar Anda tetap aman saat bersnorkeling.

Jangan Lupa Pemanasan

Meskipun pemanasan terdengar sepele, namun pemanasan sangat penting untuk dilakukan. Begitu juga saat Anda akan bersnorkeling, Anda wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu. Saat snorkeling, Anda sangat membutuhkan gerakan kaki dan tangan Anda. Jika Anda tidak melakukan pemanasan bisa jadi Anda mengalami kram saat berada di air. Tentu Anda tidak ingin kegiatan snorkeling Anda terganggu bukan?

Segera Naik Jika Kram

Saat Anda bersnorkeling mungkin lamanya waktu tak akan terasa. Anda mungkin tidak merasakan jika Anda sudah lama berada di atas permukaan air dan kaki atau tangan Anda mulai kram atau kebas. Jika Anda mulai merasakan sesuatu yang kurang nyaman segeralah naik ke atas kapal. Jangan mencoba menahannya karena bisa jadi akan mengganggu keamanan Anda.

Jangan Panik
Banyak hal di laut yang tidak bisa Anda prediksi terutama mengenai cuaca. Cuaca di laut yang berubah-ubah mungkin akan berpengaruh terhadap arus air laut. Arus air yang kencang mungkin bisa menarik Anda ke tengah namun jika hal itu terjadi jangan cepat panik, tetaplah tenang. Mintalah bantuan kepada kelompok dengan cara berteriak atau membunyikan peluit yang telah disiapkan dan cobalah berenang ke kapal Anda.

Sumber : utiket.com

Kamis, 26 September 2013

Tradisi Pemotongan Rambut Gimbal di Dieng



Dieng, berupa dataran tinggi yang terletak di dua wilayah: Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Nama Dieng berasal dari dua kata dalam bahasa Sunda Kuno yang terdiri dari kata Di yang berarti tempat atau gunung dan Hyang yang berarti dewa, sehingga Dieng dapat diartikan sebagai kawasan pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Dieng terkenal akan keindahan alam dan suasana sejuknya. Terdapat pula sebuah tradisi yang cukup unik di kawasan Dieng ini, yakni tradisi pemotongan rambut anak yang berambut gimbal.

Rambut gimbal yang ada pada beberapa anak-anak asli Dieng ini merupakan rambut yang tumbuh secara alami dan bukan direkayasa. Rambut gimbal tersebut ada yang hanya beberapa helai tergulung di belakang tertutup rambut halus, namun ada juga yang benar-benar gimbal dan tebal seolah-olah rambut tersebut tidak pernah dicuci. Konon rambut gimbal tersebut merupakan titipan dari penguasa alam gaib setempat. Mmenurut kepercayaan masyarakat setempat, rambut tersebut hanya bisa dipotong bila sudah ada permintaan dari sang anak sendiri. Sedangkan pemotongan rambut gimbalnya pun haruslah melalui upacara dan ritual yang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat.

Sebelum upacara pemotongan rambut biasanya akan dilakukan terlebih dahulu sebuah ritual doa di beberapa tempat yang dianggap suci seperti Candi Dwarawati, kompleks Candi Arjuna, Sendang Maerokoco, Candi Gatot Kaca, Telaga Balai Kembang, Candi Bima, Kawah Sikidang, kompleks Pertapaan Mandalasari (Gua di Telaga Warna), Kali Pepek serta pemakaman Dieng. Hal ini dimaksudkan agar upacara pemotongan rambut nantinya dapat berjalan lancar. Sedangkan pada malam harinya acara akan dilanjutkan upacara Jamasan Pusaka yakni upacara pencucian pusaka yang akan dibawa oleh anak berambut gimbal saat kirab nanti.

Pada keesokkan harinya dilaksanakan sebuah kirab dengan diikuti oleh para sesepuh desa, tokoh masyarakat, kelompok paguyuban seni tradisional serta masyarakat setempat untuk menuju ke tempat pemotongan rambut. Biasanya perjalanan dimulai dari rumah sesepuh pemangku adat dan berhenti sejenak di kawasan Sendang Maerokoco atau Sendang Sedayu untuk memandikan anak yang berambut gimbal. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke tempat pemotongan rambut.

Sebelum upacara pemotongan rambut dilaksanakan biasanya akan dipertunjukkan beberapa kesenian tradisional untuk menghibur masyarakat. Setelah pertunjukkan usai barulah proses upacara pemotongan rambut dilaksanakan yang akan dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat dengan didampingi oleh pemangku adat. Tempat yang dipilih biasanya ada di depan Candi Arjuna. Pada saat upacara dilaksanakan akan dipersembahkan sesajian berupa kepala ayam, tempe gembus, kambing etawa, marmut serta beberapa hasil bumi lainnya yang berasal dari dataran tinggi Dieng.

Acara selanjutnya setelah pemotongan rambut gimbal adalah penyerahan benda-benda yang sebelumnya telah diminta oleh anak yang dipotong rambutnya, potongan rambut gimbalnya dihanyutkan ke Telaga Warna yang mengalir ke Sungai Serayu dan bermuara ke Pantai Selatan. Hal ini sebagai simbol pengembalian bala yang dibawa oleh sang anak kepada para dewa. Masyarakat setempat percaya bahwa tradisi pemotongan rambut gimbal ini akan membuat sang anak bebas dari segala macam penyakit serta mendatangkan rezeki.

Tradisi pemotongan rambut gimbal masyarakat Dieng ini pun sudah dimasukkan dalam acara Festival Kebudayaan Dieng (Dieng Culture Festival) yang biasanya diselenggarakan pada bulan Juni setiap tahunnya. Selain tradisi pemotongan rambut gimbal, acara ini juga menampilkan festival seni dan budaya serta pameran produk-produk khas Dieng lainnya.

Sumber : utiket.com

Rabu, 25 September 2013

Canggihnya Boeing 777-300ER Milik Garuda Indonesia


Belakangan ini industri penerbangan di Indonesia semakin ramai. Masih teringat di awal tahun ini Lion Air sempat membuat gempar dengan membeli pesawat baru. Tidak tanggung-tanggung Lion Air bahkan membeli 234 pesawat Airbus baru senilai US$ 24 miliar. Garuda Indonesia juga seakan tidak mau kalah. Pada bulan Juli kemarin, pesawat baru pesanan Garuda Indonesia telah resmi diterima. Dari sepuluh unit  pesawat Boeing 777-30ER yang dipesan, dua pesawat telah diterima oleh Garuda dan akan disusul dengan dua pesawat lainnya pada akhir tahun ini. Untuk tiga pesawat lainnya akan didatangkan pada tahun 2014 dan tiga sisanya lainnya dijadwalkan datang pada 2015 nanti.

Pesawat Boeing 777-300ER ini merupakan salah satu pesawat canggih buatan Boeing Commercial Airplanes. Pesawat ini merupakan salah satu jenis pesawat dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak, yaitu 314 penumpang. Pesawat Boeing 777-300ER ini dilengkapi dengan mesin pesawat berjenis General Electric GE90-115B yang berdiameter lebih besar dibandingkan dengan kabin Boeing 737. Mesin pesawat ini juga diklaim sebagai mesin pesawat dengan gaya dorong terkuat di dunia. Untuk kemudinya menggunakan sistem kemudi fly-by-wire, yaitu sistem kemudi yang sering digunakan untuk jenis pesawat tempur. Dengan sistem kemudi ini, gejala turbulensi yang terjadi pada saat pilot menggerakkan tuas kemudinya bisa diatasi. Pesawat ini juga dilengkapi dengan layar LCD terpadu yang berbentuk glass cockpit.

Bukan hanya mesinnya saja yang canggih namun fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari wifi di pesawat yang menjadikan maskapai Garuda menjadi maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan layanan wifi di dalam pesawat. Layanan seperti chef on board yang dinilai mampu merubah kebiasaan penerbangan dalam negeri selama ini serta fasilitas lainnya seperti tv dengan siaran langsung, tentu akan sangat memanjakan penumpangnya. Tak heran jika pesawat Boeing 777-300ER ini menjadi pesawat terbaik di kelasnya yang telah berhasil menyandang predikat Best Aircraft selama lima tahun berturut-turut di ajang Leading Edge Awards.

Sumber : utiket.com
 

Batik Air, Premium Class Flight Versi Lion Group

Sumber : https://www.facebook.com/BatikAirID/photos_stream

Perusahan penerbangan Lion Air memang cukup cerdas untuk membidik pangsa pasar penerbangan di Indonesia. Garuda Indonesia sebagai saingan bisnis maskapai yang sangat diperhitungkan memang sebelumnya hanya fokus pada premium class flight, namun melalui Citilink, Garuda berhasil membidik konsumen di low-middle class flight. Begitu juga Lion Air Group yang tadinya hanya fokus pada low-middle class flight saja kini kian melebarkan sayapnya dengan meresmikan Batik Air sebagai maskapai dari Lion Group yang melayani premium class flight. Batik Air yang merupakan segment maskapai  full service versi Lion Air mulai beroperasi sejak 3 Mei 2013 lalu. Penerbangan perdananya yaitu Jakarta-Manado. Batik Air menggunakan jenis pesawat Boeing 737-900 ER. Pesawat ini berkapasitas 180 penumpang dengan 168 kursi untuk kelas ekonomi dan duabelas kursi untuk kelas bisnis.

Sebagai maskapai full service, tentunya Batik Air berbeda dengan Lion Air. Sesuai dengan konsepnya berupa maskapai full service, saat Anda menggunakan Batik Air maka dari awal hingga akhir Anda akan mendapat pelayanan yang lebih. Pesawat ini dilengkapi denga kursi penumpang yang nyaman dan elegan, ruang antara kursi juga lebih luas sehingga lebih lega. Anda juga akan mendapatkan makanan dan minuman selama penerbangan. Ruang bagasi dalam kabin Batik Air pun mengusung desain ergonomis sehingga terkesan lebih lapang. Menariknya lagi, sepanjang perjalanan Anda akan dihibur oleh fasilitas personal LCD serta wifi.

Sumber : https://www.facebook.com/BatikAirID/photos_stream

Dengan kehadiran Batik Air tentu perusahaan Lion Group optimis bisa mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. Bahkan General Manager Service Lion Air, Ari Azhari berharap Lion Group dapat menguasai lebih banyak pangsa pasar di Indonesia. Dalam sisi harga tiket, Batik Air juga berani bersaing dengan maskapai full service lainnya seperti Garuda Indonesia. Bahkan Batik Air cenderung lebih murah dari Garuda Indonesia. Hingga akhir tahun ini, Batik air menawarkan beberapa promo menarik. Penasaran dengan Batik Air? Silahkan coba promonya dan menambah pengalaman terbang Anda.

Sumber : utiket.com
 

Selasa, 24 September 2013

Tips Liburan di Pantai



Pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang menyenangkan dan banyak digemari. Apalagi saat cuaca cerah, berbagai kegiatan di pantai seperti berjemur, berenang atau memancing menjadi sarana refreshing yang menyenangkan. Meskipun sangat menyenangkan namun terkadang ada beberapa hal yang mengganggu kita seperti teriknya matahari yang bisa membakar kulit atau alergi angin laut dan lain-lain. Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan Anda perhatikan saat Anda berlibur ke pantai:

Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur
Berjemur di pantai merupakan salah satu kegiatan yang memang sangat menyenangkan dan dapat menyehatkan kulit. Namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh pemilihan waktu yang tepat. Perhatikan waktu yang tepat jika ingin berjemur. Jangan berjemur di siang hari. Lakukan di waktu pagi sebelum pukul 11.00 atau sore setelah pukul 15.00.

Bawa Pelindung Matahari
Banyak hal yang bisa melindungi Anda dari teriknya matahari seperti kacamata hitam, topi atau payung. Tidak hanya membuat Anda menjadi semakin gaya, namun benda-benda tersebut juga bisa melindungi Anda secara langsung dari teriknya matahari. Terkena sinar matahari terlalu terik bisa membuat Anda merasa pusing, menimbulkan rasa perih di mata dan lain-lain. Pelindung matahari akan melindungi Anda dari hal-hal tersebut.

Gunakan Sunblock Secara Berkala
Saat Anda berada di pantai di bawah sinar matahari yang terik, sunblock tidak cukup digunakan hanya sekali saja, namun harus diaplikasikan berulang-ulang dengan jeda waktu sekitar 4 jam. Meskipun sunblock bersifat waterproof namun tetap saja sunblock mempunyai daya tahan yang maksimal. Sunblock sangat penting digunakan untuk melindngi kulit Anda dari matahari, agar kulit Anda tidak menghitam apalagi terbakar. Namun jika kulit Anda sudah terlanjur terbakar, Anda bisa merawatnya menggunakan lotion berbahan dasar lidah buaya.

Pakailah Pakaian Dengan Bahan Ringan
Saat Anda pergi ke pantai hindarilah menggunakan pakaian yang mempunyai bahan berat. Pakaian dengan bahan tebal dan berat akan merepotkan Anda. Selain itu juga akan susah kering jika Anda berbasah-basahan di air. Gunakanlah pakaian dengan bahan ringan yang nyaman.

Perhatikan Saat Berenang
Berenang pastinya merupakan hal yang memang sangat mengasyikkan saat anda berlibur ke pantai. Walaupun sedang asyik berenang namun Anda tidak boleh lengah dan tetap harus memperhatikan tempat sekitar untuk berenang. Perhatikan baik-baik sekitar Anda, apakah ada karang atau binatang laut seperti bulu babi maupun ubur-ubur beracun yang bisa membahayakan Anda. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan celana panjang saat berenang di laut. Tentu saja dengan bahan yang tetap bisa membuat Anda nyaman.

Langsung Bilas Sehabis Berenang
Air laut bisa menyebabkan alergi bagi tubuh Anda karena memiliki kandungan garam yang banyak. Jadi saat Anda selesai bermain air laut, usahakan untuk langsung membilas menggunakan air bersih. Jangan terlalu lama menggunakan baju basah karena air laut. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kering.

Sumber : utiket.com

Tips Kendaraan Aman di Bandara



Saat Anda traveling menggunakan pesawat, ada saatnya Anda harus pergi ke bandara dengan kendaraan pribadi dan menginapkan kendaraan Anda di tempat parkir bandara. Terkadang ada perasaan kekhawatiran untuk menitipkan kendaraan Anda sehingga perjalannan Anda terasa kurang nyaman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa kendaraan Anda akan aman di tempat parkir bandara saat ditinggal berhari-hari selama traveling :

Jangan Meninggalkan Barang Berharga

Jika memang anda harus menginapkan kendaraan anda di bandara, terutama mobil, jangan meninggalkan barang berharga Anda dengan alasan apapun. Hal ini juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena tidak semua tempat parkir inap di bandara memiliki dinding dan atap sehingga memungkinkan siapa saja bisa melihat ke dalam mobil anda dari kaca mobil dan melakukan tindak kejahatan.

Lepas Kabel Aki Kendaraan

Dengan melepas kabel aki Anda bisa menghindari konsleting listrik pada kendaraan Anda. Selain itu, kendaraan juga bisa melemah karena tidak dinyalakan dalam waktu beberapa hari. Dengan mencabut kabel aki Anda juga bisa mengurangi resiko tindak kejahatan karena mobil akan sulit dinyalakan oleh orang lain.

Pastikan Kendaraan Terkunci Aman

Pastikan semua pintu dan kaca tertutup rapat dan dalam keadaan terkunci dengan aman sebelum anda meninggalkannya di parkir inap bandara. Jika perlu tambahkan pula kunci pengaman seperti kunci stir. Jangan terburu-buru meninggalkan kendaraan sebelum Anda mengecek semuanya dalam kondisi aman.

Parkir di Dekat Pos Jaga

Pilihlah posisi parkir yang ramai sehingga lebih aman untuk memarkir kendaraan. Atau sebisa mungkin usahakan kendaraan Anda diparkir dekat dengan pos jaga dan terjangkau oleh pandangan para penjaga, apalagi jika Anda akan meninggalkan kendaraan selama beberapa hari.

Gunakan Selimut Kendaraan

Pasanglah selimut kendaraan jika lokasi tempat parkir inap kendaraan anda dalam keadaan terbuka. Anda tak pernah bagaimana cuaca yang terjadi pada saat Anda meninggalkan kendaraan di tempat parkir. Jangan sampai kendaraan kesayangan Anda kehujanan atau kepanasan selama berhari-hari.

Jangan Lupa Tiket Parkir

Simpan baik-baik tiket parkir kendaraan anda dan jangan sampai hilang tetapi jangan disimpan di dalam kendaraan yang anda parkir. Jika perlu, mintalah nomor telepon petugas parkir yang bisa dihubungi untuk memastikan keadaan kendaraan anda pada saat Anda masih traveling.

Sumber : utiket.com

Senin, 23 September 2013

Tips Menjaga Keselamatan Selama Penerbangan


Kecelakaan pesawat yang terjadi belakangan ini, tentu membuat Anda ketakutan atau sedikit trauma untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Musibah memang bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, tidak pernah bisa dihindari. Namun bagi Anda yang masih juga merasa ketakutan menggunakan pesawat ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil kemungkinan Anda mengalami kecelakan pesawat:

Gunakan Penerbangan Langsung

Kecelakaan pesawat  banyak terjadi saat lepas landas maupun mendarat. Untuk mengantisipasi hal itu Anda bisa memilih penerbangan langsung, bukan penerbangan transit. Penerbangan transit akan memerlukan dua kali lepas landas dan mendarat. Dengan memilih penerbangan langsung Anda bisa mengurangi peluang mengalami kecelakaan pesawat.

Pilih Pesawat Besar

Pilih pesawat yang mempunyai kursi penumpang lebih dari 30 kursi atau pesawat yang mempunyai ukuran jauh lebih besar. Pesawat dengan kursi penumpang lebih dari 30 kursi dirancang dan disertifikasikan dalam peraturan yang cukup ketat sehingga keamanannyapun lebih terjamin.

Perhatikan Demo Keselamatan Dari Petugas

Meskipun terlihat membosankan karena informasinya sering diulang-ulang, namun demi keselamatan ini sangat penting untuk Anda ketahui secara detail. Jadi, jangan pernah sepelekan demo petunjuk keselamatan ini mengingat kondisi tiap pesawat juga berbeda, contohnya pintu darurat pesawat posisinya berbeda antara satu pesawat dengan pesawat lainnya.

Taruh Barang Berat di Bagasi Pesawat

Jangan taruh barang-barang berat di kabin pesawat. Gunakanlah bagasi pesawat. Barang berat yang ditaruh di kabin akan membahayakan Anda jika pesawat terjadi goncangan berat karena bisa menjatuhi kepala Anda.

Jangan Bawa Barang Berbahaya

Banyak barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat dan sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu tentang daftar barang-barang apa saja yang dilarang dibawa ke dalam pesawat. Jika maskapai yang akan Anda naiki melarang Anda membawa barang itu sebaiknya patuhi dan tinggalkan barang yang dilarang demi keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman merupakan salah satu alat pengaman yang ada di pesawat. Untuk itu Anda harus terus memakainya ketika Anda duduk di kursi penumpang pesawat. Sabuk pengaman juga bisa membantu jika turbulensi terjadi.

Jangan Minum Alkohol Terlalu Banyak

Hindari minum alkohol ketika Anda sedang dalam perjalanan di dalam pesawat. Terlalu banyak minum alkohol akan membuat Anda tidak bisa mengendalikan pikiran Anda. Bertengkar dengan penumpang lain saat Anda mabuk juga bisa memicu kecelakaan.

Sumber : utiket.com

Tips Perjalanan ke Papua


Papua adalah pulau terbesar kedua dibumi yang terkenal karena seni tradisional, budaya, satwa liar dan pemandangan alam yang menakjubkan dengan bahasa adat lebih dari 250 bahasa yang berbeda. Papua memiliki gunung eksotis yang tertutup salju abadi yaitu Jayawijaya dan kamu bisa mendaki Puncak Jaya untuk melihat salju serta keindahan alam Papua diketinggian 5050m. Kamu juga bisa hanya berbaring di pantai tropis dan tentunya masih sangat alami, selain itu melihat dan membeli karya seni ukiran kayu tradisional Suku Asmat atau seni kontemporer. Semua ada di Papua yang merupakan salah satu tempat paling menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Tapi sebelum menuju dan melakukan aktifitas di Papua, berikut adalah lima tips untuk memudahkan kamu berkeliling dan berwisata di pulau indah Papua:
  1. Papua adalah daerah endemik malaria, sebelum berangkat sebaiknya mengkonsumsi obat malaria.
  2. Sebaiknya siapkan baju tipis di Jayapura dan sebaliknya pakailah baju tebal saat di Wamena.
  3. Bersiaplah hidup sederhana dan jangan berlebihan karena di Papua cenderung lebih mahal.
  4. Jangan sembarangan memotret karena kemungkinan besar penduduk asli akan meminta kamu untuk membayar setiap jepretan.
  5. Berhati-hati jika kamu menggunakan kendaraan, karena sewaktu-waktu akan ada barisan babi yang menyebrang dan jika kamu tidak sengaja menabraknya maka kamu wajib menukar harga babi dikali punting babi yang kamu tabrak.

Sumber : utiket.com

Minggu, 22 September 2013

Beberapa Aplikasi Tepat Saat Traveling


Di zaman yang serba modern saat ini, teknologi kian memanjakan Anda. Banyak hal yang bisa terbantu dengan adanya teknologi. Semua menjadi praktis dan cepat. Begitu juga dengan para traveler, teknologi membuat perjalanan kian seru dan menyenangkan. Apalagi sekarang banyak aplikasi untuk smartphone yang dirancang untuk para traveler. Apa saja aplikasi yang sebaiknya dimiliki sebelum traveling? Check this out:

Flyer Rights

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang akan traveling menggunakan pesawat. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi tentang hak-hak Anda sebagai pengguna jasa penerbangan yang memang sebaiknya perlu Anda ketahui. Dengan fitur-fitur utama yang akan memberikan Anda akses yang cepat dan mudah untuk mengetahui informasi saat Anda mengalami kendala penerbangan. Aplikasi ini juga selalu mengupdate kebijakan dan aturan baru mengenai penerbangan.

Google Maps

Ini wajib Anda miliki jika Anda ingin traveling ke tempat baru yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Google Maps mempunyai sistem navigasi yang siap membantu Anda untuk mencari alamat dan lokasi yang akan Anda tuju. Dengan aplikasi ini tentu akan meminimalisir resiko Anda tersesat di tempat baru.

Trip It

Aplikasi yang satu ini sangat benar-benar penting untuk traveling. Kenapa? Karena Trip It menyediakan fitur komplit yang bisa merencanakan perjalanan Anda. Trip It juga bisa memberi informasi tentang hotel yang Anda pesan, mempunyai peta berjalan bahkan dokumen-dokumen penting seperti reservasi tiket bisa disimpan di sini. Sangat praktis bagi Anda yang malas membawa buku panduan serta teledor menyimpan berbagai dokumen penting saat traveling.

Path

Aplikasi Path sangat seru untuk Anda yang hobi berfoto. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengunggah foto traveling Anda untuk dibagi dengan orang-orang terdekat Anda. Kelebihan Path yaitu sifatnya lebih personal karena aplikasi ini hanya membatasi 150 perteman saja. Selain itu, Path menampilkan foto dengan resolusi tinggi bahkan bisa untuk video dengan resolusi maksimal full HD.

Instagram

Instagram juga aplikasi yang berkaitan dengan foto. Bedanya dengan Path, di Instagram foto-foto travelingmu bisa diedit dan dipoles lebih cantik dengan berbagai fitur yang disediakan. Instagram juga sangat cocok untuk Anda yang suka berbagi foto di sosial media karena banyak sekali penggunanya. Dengan Instragram Anda juga bisa mencari lokasi-lokasi favorit di suatu kota lewat foto-foto yang diupload oleh para pengguna aplikasi ini.

Aplikasi chating

Dimana pun Anda berada tentu harus memberi kabar untuk keluarga atau teman tercinta. Berbagai aplikasi chating di smartphone seperti Whatsapp ataupun Line tentu akan sangat memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Asyiknya aplikasi ini tidak menggunakan pulsa, jadi Anda bisa mengakses sepuasnya apalagi jika Anda menggunakan fasilitas wifi yang mungkin tersedia di sekitar Anda berada. Berbagai fitur emoticon yang lucu juga bisa menambah seru percakapan Anda.

Sumber : utiket.com

Tips Saat Pendaratan Darurat Pesawat



Keselamatan perjalanan merupakan hal yang diinginkan oleh semua traveller, terutama bagi mereka yang kerap bepergian dengan pesawat. Namun berbagai kemungkinan itu selalu ada dan sebaiknya anda telah mempersiapkan dengan segala kemungkinan yang terjadi ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat, salah satunya adalah pendaratan darurat. Agar dapat berjaga-jaga ketika hal itu terjadi, simaklah beberapa tips berikut ini :

Pesan Tempat Duduk Yang Ada di Dekat Pintu


Ketika akan melakukan penerbangan, pesanlah tempat duduk yang berada di dekat pintu. Hal ini untuk memudahkan Anda berlari keluar bilamana sesuatu hal menimpa pesawat yang Anda tumpangi.

Jangan Panik

Ketika pesawat yang sedang Anda tumpangi akan melakukan pendaratan darurat, usahakan tetap bersikap tenang, jangan panik dan tetap fokus serta bergerak dengan cepat.

Selalu Pasang Sabuk Pengaman

Untuk berjaga-jaga, Anda harus selalu memakai sabuk pengaman. Tetapi penting juga untuk Anda mempelajari bagaimana cara membuka dan menutup sabuk pengaman dengan benar. Di saat darurat, membuka sabuk pengaman dengan cepat dapat mengurangi resiko kecelakaan.

Patuhi Semua Instruksi Awak Pesawat

Jangan pernah mengambil tindakan sendiri dan berbuat ceroboh. Hal itu dapat mengancam keselamatan Anda sendiri.

Ambil Posisi Berlindung Yang Benar


Ketika pesawat terguncang dengan keras dan Anda tidak bisa kemana-mana, maka segeralah ambil posisi berlindung. Caranya taruhlah tangan Anda di depan kursi dan menunduklah di bawah tangan Anda. Posisi ini terbukti dapat mengurangi resiko terluka saat pesawat mengalami masalah.

Setelah Pesawat Mendarat Segera Menjauh Dari Badan Pesawat

Amankan diri Anda sekitar 150 m dari badan pesawat. Jika pesawat mendarat di tempat terpencil, ada baiknya tetap berada di sekitar pesawat hingga bantuan datang. Tetapi jangan terlalu dekat juga. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko jika tiba-tiba pesawat mengeluarkan percikan api.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 21 September 2013

Tips Mengatasi Bagasi Yang Overweight


Kadang kita lupa memperhitungkan barang-barang yang akan kita bawa saat travelling. Biasanya koper penuh dengan beraneka bawaan atau barang belanjaan sepulang dari travelling. Akibatnya bagasi overweight dan kita harus membayar biaya tambahan untuk bagasi. Namun jangan khawatir, koper yang overweight bisa kita siasati dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut:

1. Pindahkan Barang Dari Koper ke Ransel

Anda bisa mengurangi beban koper Anda agar tidak melebihi berat bagasi yang sudah ditentukan dengan cara memindahkan sebagian isi koper Anda ke ransel. Biasanya yang ditimbang di bandara hanyalah koper yang masuk ke bagasi sementara ransel yang masuk di kabin pesawat tidak berpengaruh.

2. Titip Barang ke Teman
 
Jika melakukan traveling dengan teman, Anda bisa berbagi isi koper. Ini akan sangat menguntungkan apalagi jika barang bawaan teman tidak banyak dan masih punya sisa untuk bagasi. Hal tersebut bisa Anda gunakan untuk menitipkan sebagian isi koper Anda.

3. Pakai Baju Berangkap-Rangkap
Solusi ini sering menjadi jurus jitu para traveller yang kopernya overweight. Pakaian yang menggunakan bahan yang berat seperti jeans, jaket bisa Anda rangkap. Memang terasa kurang nyaman, apalagi jika Anda melakukan perjalanan di negara yang mempunyai suhu tinggi. Tapi demi menghemat biaya, terkadang Anda perlu sedikit berkorban.

4. Buang Barang Yang Tidak Penting

Teliti kembali isi koper Anda, barangkali Anda menemukan beberapa barang yang tak lagi penting masih setia tersimpan di koper Anda. Barang yang sudah tak penting seperti alat-alat mandi, baju usang bisa Anda buang untuk mengurangi bagasi Anda. Jika Anda sayang untuk membuangnya Anda bisa memberikan barang Anda kepada kaum dhuafa di sekitar bandara. Selain menguntungkan Anda, barang Anda juga bisa lebih bermanfaat untuk mereka.

5. Kirim Barang Dengan Paket

Pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengirimkan barang Anda melalui paket. Memang sedikit merepotkan. Tapi jika Anda sudah tidak mempunyai solusi lain, Anda bisa mencoba cara tersebut. Jangan lupa tuliskan alamat yang jelas agar paket Anda sampai dengan aman ke tempat Anda.

Sumber : utiket.com
 

Tips Menghindari Fluktuasi Harga Tiket


Harga tiket pesawat yang selalu berubah-ubah setiap waktu (fluktuatif) memang sering bikin pusing, apalagi untuk anda yang tidak berkantong tebal. Tidak usah khawatir karena anda masih tetap bisa menggunakan pesawat dengan harga tiket yang murah, tentunya dengan beberapa perencanaan. Selengkapnya simak tips berikut ini:

1. Rencanakan Keberangkatan


Jika anda ingin melakukan perjalanan dengan pesawat dengan harga tiket murah hal pertama yang harus anda lakukan adalah merencanakan jadwal keberangkatan anda.

2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Perencanaan keberangkatan tadi juga akan mempermudah anda memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk mendapatkan tiket yang murah minimal 2-3 minggu sebelum keberangkatan.

3. Booking First

Jika anda menemukan tiket promo yang biasanya untuk keberangkatan beberapa bulan lagi segera booking, karena harga tiket promo sangat murah dibandingkan harga hari-hari biasa dan tentu saja peminatnya juga lebih banyak.

4. Gabung dengan Komunitas Traveling

Jika anda bergabung dengan komunitas travelling dengan cara mendaftar dalam milisanda akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya anda akan mendapat informasi tentang harga tiket pesawat yang murah, kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan yaitu informasi dan review mengenai tempat-tempat yang akan anda kunjungi.

5. Daftar ke Website Maskapai Atau Utiket

Bergabunglah menjadi member Utiket.com atau daftarkan diri anda melalui website maskapai. Cara ini sangat menguntungkan bagi anda yang sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

6. Early Morning or Night Flying

Cobalah untuk mendapatkan tiket pesawat dengan waktu penerbangan dini hari atau malam hari karena biasanya harganya akan lebih murah dibandingkan dengan harga pada jam-jam kerja siang.

Sumber : utiket.com

Jumat, 20 September 2013

Proses Check-in di Bandara


Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi yang banyak diminati orang. Meskipun harga tiketnya lebih mahal tapi kecepatan dan kepraktisannya terkadang lebih menguntungkan. Untuk sebagian orang yang sudah terbiasa menggunakan pesawat terbang tentu tidak akan terlalu dibingungkan ataupun direpotkan dengan sistem check-in di bandara. Namun untuk sebagian lainnya terutama untuk Anda yang belum pernah menggunakan pesawat terbang, proses check-in tentu akan terlihat membingungkan. Berikut sedikit gambaran tentang proses check-in yang harus Anda lewati sebelum naik pesawat:

Datanglah ke bandara minimal satu jam lebih awal sebelum waktu penerbangan Anda. Sesampainya di bandara tentu Anda harus mencari terminal keberangkatan. Ada dua terminal keberangkatan: internasional dan domestik. Ingat ya, jangan sampai salah masuk terminal. Setelah itu langsung menuju ke check-in counter. Pilih counter yang sesuai dengan nomor penerbangan Anda, contohnya Garuda=GAXXX, Lion=JTXXX. Sebelumnya Anda harus melewati sistem pemeriksaan dahulu  seperti x-ray dan metal detector. Pastikan Anda tidak membawa barang-barang yang dilarang.

Di check-in counter, Anda harus menunjukan tiket yang sesuai dengan nama Anda dan waktu penerbangan serta identitas Anda seperti KTP/SIM/Paspor. Di sini Anda juga harus membayar airport tax dan mendapatkan boarding pass. Untuk mengecek status penerbangan Anda, bisa dilihat di layar monitor bandara. Jika di monitor tersebut tertulis status Check-in berarti Anda bisa melaporkan diri, Waiting Room berarti sudah banyak calon penumpang yang check-in dan tengah menunggu untuk naik pesawat, sedangkan jika status yang tertulis adalah Boarding berarti Anda sudah ketinggalan pesawat.

Setelah melakukan check-in, Anda bisa langsung menuju ke ruang tunggu keberangkatan. Bisa jadi Anda akan bingung karena melihat banyak gate. Untuk mengetahui gate mana yang harus Anda lalui, Anda bisa melihatnya di boarding pass yang telah Anda dapatkan sebelumnya. Di situ tertera nomor gate yang harus dilalui. Anda akan melewati lagi proses pengecekan keamanan barang bawaan Anda dan petugas juga akan mengecek kembali boarding pass Anda. Baru setelah itu Anda akan masuk ke pesawat dan perjalanan Anda pun akan dimulai.

Sumber : utiket.com

Kamis, 19 September 2013

Tips Naik Pesawat Bagi Penderita Phobia Ketinggian

 
 
Perasaan takut pada ketinggian atau yang biasa disebut dengan Acrophobia adalah kondisi dimana seseorang mempunyai perasaan takut yang berlebihan saat berada ditempat-tempat tinggi, seperti di gedung bertingkat, menara, atau pada saat berada di pesawat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh trauma, seperti pernah jatuh dari tempat-tempat tinggi.
 
Bagi anda yang takut pada ketinggian naik pesawat mungkin akan terasa menakutkan, sehingga merepotkan anda saat berpergian terutama jika tujuan anda jauh seperti ke luar negeri yang mau tidak mau agar lebih menghemat waktu harus di tempuh dengan pesawat terbang. Anda yang fobia pada ketinggian harus melakukan persiapan khusus sebelum naik pesawat. Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan para pengidap fobia ketinggian saat akan berpergian dengan pesawat :
 
Makan
 
Makanlah sebelum anda pergi ke bandara, dengan makan anda bisa menjaga kadar gula darah anda. Tekanan udara di pesawat berpengaruh pada kadar gula anda, apalagi jika jarak yang di tempuh jauh. Saat anda merasa panic dan kegilisah kadar gula juga akan menurun sehingga anda akan merasa lemas.
 
Persiapkan Dengan Matang dan Datanglah Lebih Awal
 
Melakukan persiapan dari awal akan membantu anda untuk mengatasi kepanikan, siapkanlah barang bawaan yang akan dibawa jauh hari sebelumnya, dan pastikan anda membawa semua barang yang dibutuhkan. Datang lah ke bandara sekitar 2 jam sebelum keberangkatan, karena jika anda dating terlambat, akan mengakibatkan kepanikan dan rasa panic akan menyebabkan ketakutan yang lebih besar.
 
Lakukan Kegiatan Yang Menyenangkan
 
Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan sebelum memasuki pesawat, anda bisa mendengarkan music atau bermain games. Kegiatan yang menyenangkan bisa membuat perasaan anda menjadi rileks dan tenang.
 
Tidur
 
Cobalah untuk memejamkan mata saat pesawat lepas landas, awalnya anda mungkin akan merasa takut, atau tidak nyaman karena guncangan. Rileks dan tenangkan pikiran anda, agar anda bisa tertidur dengan pulas.
 
Berpikir Positif
 
Ini bukan hanya bagi anda yang takut naik pesawat karena phobia pada ketinggian, tapi juga bagi anda yang takut naik pesawat karena banyaknya kecelakaan pesawat yang terjadi. Cobalah untuk berpikir positif, banyak berdoa, dan tetap tenang saat berada di dalam pesawat. Perasaan takut anda sekecil apapun jika anda menanggapinya dengan berlebihan hanya akan membuat anda menjadi panic yang akhirnya menyusahkan anda sendiri.
 
Sumber : utiket.com
 

Rabu, 18 September 2013

Tips Berwisata Di Alam Terbuka


Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menentukan pilihan tempat untuk berwisata. Ada beberapa diantara kita yang menyukai obyek wisata dengan keramaian dan aneka atraksinya. Namun ada juga yang hanya ingin menikmati keindahan alam dan mengagumi pesona obyek wisata tersebut saja. Itu semua tergantung dengan selera dari setiap orang untuk menentukan pilihan tempat wisatanya. Namun tak dapat dipungkiri bahwa obyek wisata alam yang notabene merupakan wisata alam terbuka sangat banyak peminatnya. Berikut tips untuk berwisata di alam terbuka :

Gunakan Pemandu Wisata

Jika kita menentukan pilihan untuk berwisata ke daerah yang sekiranya belum pernah kita datangi sebelumnya, contohnya seperti pegunungan atau hutan alam, alangkah baiknya kita meminta bantuan orang entah itu pemandu wisata atau teman kita yang memang memahami keadaan tempat wisata tersebut. Hal tersebut untuk mengurangi resiko tersesat nantinya.

Bawa Peralatan Penting

Hendaknya kita mempersiapkan alat-alat bantu selama kita berwisata seperti kotak P3K, kompas, peta ataupun GPS. Peralatan tersebut bisa saja berguna sewaktu-waktu selama berwisata di alam terbuka.

Dokumentasikan Wisata

Tujuan kita berwisata ke alam bebas selain karena ingin mencari tempat yang sejuk dan tenang, pastinya kita juga ingin mengabadikan momen-momen saat kita sedang berwisata. Kamera adalah salah satu peralatan wajib untuk dibawa agar dapat mengabadikan momen tersebut.

Jaga Kesehatan

Persiapkan kondisi badan kita sebelum berwisata karena nantinya dengan kondisi badan yang bagus akan membantu memudahkan perjalanan wisata apalagi jika dalam berwisata itu kita diharuskan mengeluarkan tenaga ekstra seperti trekking, mendaki ataupun lainnya.

Sumber : utiket.com

Selasa, 17 September 2013

Tips Traveling ke Tempat Terpencil


Traveling menjadi suatu kegiatan yang bisa membantu Anda untuk refreshing apalagi jika traveling ke tempat-tempat favorit. Namun ada kalanya tujuan traveling Anda kali ini merupakan suatu lokasi yang terpencil, jauh dari jangkauan dan tidak ada fasilitas sama sekali. Tenang saja, traveling ke tempat terpencil juga akan tetap mengasyikkan jika Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat. Mau tahu apa saja persiapannya? Simak beberapa tips berikut ini:

Cari Info Mengenai Lokasi Tujuan


Carilah info sedetail mungkin mengenai lokasi tujuan traveling Anda. Anda bisa mencari tahu bagaimana akses, medan, sarana prasarana dan segala hal tentang lokasi tujuan tersebut dari berbagai sumber, seperti buku, website perjalanan yang terpercaya atau menanyakan langsung kepada teman yang pernah ke tempat itu. Jangan sampai Anda pergi ke negeri antah berantah dengan info minim kemudian Anda akan seperti pengembara yang tak tahu arah setelah sampai di tempat tujuan.

Bawa Makanan Lebih

Tempat terpencil biasanya jarang terdapat penjual makanan atau bahkan tidak ada sama sekali. Oleh karena itu bawalah makanan lebih jika hendak pergi traveling ke tempat tepencil. Anda bisa membawa makanan yang mengenyangkan dan bisa tahan selama beberapa hari, seperti roti, coklat ataupun biscuit.

Bawa Air Bersih

Membawa air bersih bisa Anda lakukan untuk berjaga-jaga. Anda bisa membawa air bersih itu ke dalam botol besar. Jangan buang botol itu jika airnya sudah habis. Anda bisa mengisinya kembali dengan air bersih yang Anda jumpai selama dalam perjalanan menuju lokasi tersebut. Ingat satu hal, jangan terlalu boros menggunakan air bersih yang Anda bawa.

Siapkan Tisu Basah, Tisu Kering dan Kantong Plastik

Ketiga benda tersebut kedengarannya sangat sepele namun akan sangat bermanfaat saat Anda melakukan traveling, apalagi traveling kali ini tujuannya adalah lokasi terpencil. Anda bisa menggunakan tisu basah sebagai pengganti air jika anda tidak menemukan cadangan air bersih untuk mengelap bagian yang kotor. Untuk tisu kering bisa Anda gunakan setiap saat sesuai kebutuhan. Sedangkan kantong plastik berguna untuk menampung tisu atau sampah yang Anda buang. Traveling ke tempat terpencil bukan berarti bisa membuang sampah sembarangan kan?

Bawa Baterai Cadangan

Tempat terpencil apa selalu identik dengan tanpa listrik? Belum tentu juga. Untuk itu ada baiknya Anda membawa baterai cadangan gadget Anda untuk berjaga-jaga. Pastinya Anda tidak bisa jauh-jauh dari gadget kan?

Sumber: utiket.com

Senin, 16 September 2013

Tips Berlibur Gratis


Siapa sih yang tidak suka liburan? Hampir semua orang menyukainya. Namun terkadang biaya menjadi penghalang acara liburan Anda. Jangan salah, di era modern seperti sekarang ini liburan gratis masih bisa Anda temukan dan Anda ikuti tentunya. Bahkan terkadang untuk beberapa cara selain Anda bisa berlibur gratis Anda pun akan dibayar. Mau tahu bagaimana cara mendapatkan liburan gratis? Simak tips berikut ini:

Ikut Kuis

Meskipun terdengar klise, mengikuti kuis yang berhadiah liburan bisa Anda coba. Di setiap kuis pasti ada pemenang dan selalu ada kemungkinan bahwa Andalah yang akan menjadi pemenang. Bacalah dengan seksama kemudian ikuti peraturan tersebut untuk memperbesar kemungkinan Anda memenangkan kuis. Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan saat mengikuti kuis yaitu jangan terlalu berharap dan jangan terlalu sedih saat Anda tidak memenangkan kuis tersebut. Namun untuk sekedar mencoba tidak ada salahnya bukan?

Jadi Sukarelawan
Menjadi sukarelawan tentunya akan memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk Anda. Selain Anda bisa pergi keluar negeri secara, gratis Anda juga bisa membantu orang-orang yang memang membutuhkan di sana. Carilah informasi di PBB atau instansi yang banyak membutuhkan sukarelawan. Menjadi sukarelawan akan membuat Anda bertemu dengan banyak orang dan yang paling penting akan mengubah cara pandang Anda tentang kehidupan. Meskipun terdengar tidak terlalu menyenangkan karena mungkin akan sangat berbeda dengan liburan yang Anda pikirkan. Namun percayalah ini merupakan cara berlibur unik. Liburan bukan melulu tentang senang-senang bukan?

Au Pair

Istilah ini mungkin belum terlalu akrab di telinga orang Indonesia pada umumnya. Au pair merupakan salah satu cara berlibur yang tak hanya gratis namun juga dibayar. Anda bisa tinggal selama satu hingga tiga tahun bersama keluarga angkat yang akan mengakomodasi keluarga Anda di sana. Namun tentu saja ada timbal baliknya karena Anda akan mendapatkan beberapa tugas seperti menjaga anak-anak kecil selama beberapa jam per hari. Memang caranya cukup panjang dan rumit tapi itu wajar karena Anda akan tinggal lama di negeri orang. Negara favorit yang menjadi tujuan au pair yaitu Eropa. Bagaimana, Anda tertarik untuk mengikutinya? Anda bisa mendapatkan banyak informasi melalui searching di internet dengan memasukkan kata kunci “aupair”.

Ikut Program Pertukaran Pelajar

Cara yang satu ini bisa diikuti oleh Anda yang masih berada di sekolah atau universitas. Meskipun mungkin membutuhkan sedikit usaha namun hampir semua pelajar pasti sangat tertarik dengan program ini. Bayangkan Anda bisa jalan-jalan keluar negeri dan sekaligus mendapatkan banyak ilmu. Banyak universitas dan sekolah yang mengadakan program ini. Jangan malas untuk mencari tahu baik melalui internet maupun madding sekolah atau kampus. Atau bisa juga mencari tahu di situs kedutaan negara asing.

Sumber : utiket.com

Minggu, 15 September 2013

Tips Traveling Saat Musim Hujan


Musim hujan tidaklah harus menjadi halangan jika ingin melakukan traveling. Traveling pada saat musim hujan memang tidak senyaman saat musim panas karena beberapa aktifitas kita akan terhalang oleh hujan. Berikut ini beberapa tips jika anda melakukan traveling pada saat musim hujan:

Tentukan Tujuan Anda
Pastikan lokasi traveling anda merupakan tempat yang aman dikunjungi pada saat musim hujan. Anda tidak inginkan ketika sedang traveling justru malah terjebak banjir? Pilihlah lokasi yang masih bisa dinikmati untuk beraktifitas walaupun sedang musim hujan.

Siapkan Dana Tambahan

Resiko yang kita alami jika melakukan traveling pada saat musim hujan biasanya tidak bisa di prediksi dan hal tersebut dapat mempengaruhi budget yang telah kita sediakan. Hal ini dapat terjadi jika pesawat yang akan anda tumpangi mengalami delay. Lamanya delay karena cuaca memang tidak dapat diprediksi. Terlebih jika anda menggunakan penerbangan transit dan connecting flight-nya mengalami delay, tentunya mau tidak mau anda harus menunggu atau bahkan bisa menginap di bandara yang tentunya akan menambah jumlah pengeluaran anda.

Pilih Penerbangan Langsung

Dengan memilih penerbangan langsung akan meminimalisir resiko jika terjadi delay walaupun harganya relatif agak mahal dibandingkan dengan penerbangan transit. Selain itu, dengan penerbangan langsung membuat waktu traveling anda tidak habis di perjalanan saja.

Bawa Obat-Obatan dan Perlengkapan Ekstra

Obat-obatan untuk penyakit ringan memang perlu dibawa pada saat anda traveling. Namun jika dilakukan pada saat musim hujan, anda perlu menambahkan beberapa jenis obat-obatan untuk menghindari beberapa jenis penyakit yang sering timbul pada waktu musim hujan. Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan hujan seperti jas hujan, cover tas yang anti air atau jaket tebal untuk menghindari udara yang dingin akibat hujan.

Pastikan Stamina Anda Dalam Keadaan Fit
Jika stamina anda dalam keadaan fit, maka anda akan dapat menikmati traveling walaupun dalam musim hujan.

Sumber : utiket.com

Tips Berlibur di Waterpark


Akhir-akhir ini udara memang panas. Bermain di obyek wisata dimana yang dipenuhi dengan air pasti menyenangkan, seperti di waterpark. Sayangnya, waterpark merupakan obyek wisata yang cenderung selalu padat oleh pengunjung. Namun agar acara liburan di waterpark tetap seru, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan:

Datang Pada Waktu Yang Tepat

Waterpark memang menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur. Hindari untuk tidak berkunjung ke waterpark pada hari libur, namun berkunjunglah pada hari kerja. Jika terpaksa berkunjung pada hari libur, datanglah pada sore hari karena pada jam tersebut biasanya pengunjung sudah mulai sepi. Matahari juga sudah tidak terlalu terik sehingga lebih nyaman untuk bermain.

Pakai Tabir Surya

Jangan lupa menggunakan sunblock atau tabir surya. Asyik bermain air terkadang membuat kita tidak sadar bahwa kulit terbakar matahari. Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa untuk memakai tabir surya sebelum berkunjung ke waterpark.

Gunakan Pakaian Yang Sesuai

Saat berlibur ke waterpark, Anda juga harus memperhatikan pakaian. Gunakan pakaian yang sesuai yaitu pakaian renang. Namun tentu saja Anda tetap harus memperhatikan norma kesopanan yang berlaku. Gunakan pakaian renang yang tidak terlalu tebuka. Jangan gunakan baju sehari-hari seperti kaos di waterpark karena selain tidak nyaman juga akan merepotkan Anda sendiri.

Pilihlah Wahana Yang Sesuai
Jika Anda belum terlalu mahir berenang sebaiknya lebih cermat untuk memilih wahana yang sesuai karena tidak semua wahana aman, contohnya seluncuran. Di wahana seluncuran, setelah Anda meluncur biasanya badan Anda akan dihempaskan ke kolam yang cukup dalam. Untuk itu jika Anda belum terlalu mahir berenang sebaiknya menghindarinya. Usahakan untuk bertanya terlebih dahulu kepada petugas waterpark tentang keamanan wahana yang akan Anda gunakan.

Perhatikan Syarat Wahana Permainan Air

Untuk wahana bermain di waterpark sendiri ada peraturan dan kadang ada syarat yang harus dipenuhi. Untuk itu terlebih dahulu bacalah peraturan yang ada dan syarat yang harus dipatuhi seperti umur, tinggi badan atau syarat kesehatan tertentu. Jangan sekalipun berfikir untuk melanggar peraturan karena peraturan tersebut telah dibuat untuk keselamatan Anda.

Sumber : utiket.com

Traveling Menggunakan Bus



Bus merupakan salah satu moda transportasi yang disukai oleh para traveler untuk bepergian. Selain biayanya relative jauh lebih murah, tentu saja saat perjalanan menggunakan bus akan disuguhi berbagai pemandangan. Memang sih, membutuhkan waktu yang agak lama untuk sampai ke tujuan saat traveling menggunakan bus namun hal tersebut bisa menjadi hal yang menyenangkan bila mengetahui beberapa hal seperti berikut ini:

Cari Info

Cari info sebanyak-banyaknya mengenai bus yang akan Anda pakai. Anda bisa mencari info tentang rute yang dilayani, harga tiket, waktu keberangkatan, beli tiket dimana, kantor atau agennya dimana, berangkat dan turun dimana. Dengan mengetahui berbagai info tersebut akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman dalam perjalanan. Jangan lupa untuk mencatat nomor telepon pihak agen bus tersebut jika sewaktu-waktu memerlukannya lagi.

Pilih Bus

Setelah mendapatkan info yang cocok mengenai bus yang akan dipakai, Anda bisa mendatangi agen bus tersebut untuk membeli tiketnya. Pada saat membeli tiket tentu saja Anda akan disodori dengan pilihan bus. Ada traveler yang suka menggunakan bus ber-AC, ada juga yang suka bus non-AC. Anda bisa menentukan pilhan sesuai selera. Pilihlah juga tempat duduk yang sekiranya bisa membuat Anda nyaman. Tempat duduk di dekat jendela merupakan favorit bagi kebanyakan traveler karena selain bisa mendapat tempat sandaran lebih, bisa mendapatkan pemandangan selama perjalanan.

Akrabkan Diri

Berada di dalam bus tentunya Anda akan bertemu dengan banyak orang baru. Daripada harus berdiam diri selama perjalanan, ada baiknya Anda mencairkan suasana dengan mengakrabkan diri bersama kru bus ataupun penumpang lainnya terutama orang yang duduk di sebelah Anda. Anda bisa bertukar cerita bersama mereka. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan berbagai cerita dan pengalaman baru. Perjalanan yang lama pun juga tidak akan terasa.

Selalu Waspada

Yang satu ini merupakan hal wajib yang harus selalu diterapkan dimanapun Anda berada karena tindakan kriminal bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jangan pula mudah percaya terhadap orang selama di perjalanan karena banyak modus yang bisa dilakukan oleh para pelaku kejahatan mulai dari menawarkan makanan atau minuman dan mengalihkan perhatian Anda. Tingkatkan kewaspadaan Anda selama traveling menggunakan bus sehingga Anda akan tetap aman dan nyaman.

Sumber : utiket.com


Tips Berkenalan Saat Traveling


Traveling ke suatu tempat sudah tentu Anda akan bertemu dengan banyak orang dan hal baru. Bukan tak mungkin, bertemu dengan banyak orang bisa membuat Anda mempunyai teman baru. Teman baru Anda tersebut bisa saja merupakan seorang traveler juga atau warga lokal. Terlebih jika Anda traveling seorang diri, berkenalan dengan teman baru akan menjadikan traveling yang Anda jalani semakin berwarna. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat berkenalan dengan teman baru saat traveling. Apa saja itu?

Jangan Sembarangan Berkenalan

 
Setiap orang memiliki perangai yang berbeda-beda terlebih jika mendapatkan teman baru. Untuk itu Anda harus pandai memilih orang untuk berkenalan. Anda bisa menggunakan instinct untuk menilai penampilan. Untuk memulai percakapan, Anda bisa melontarkan pertanyaan-pertanyaan umum agar tercipta suasana keakraban.

Jangan Mengekor

Mendapatkan kenalan baru memang menyenangkan. Apalagi bisa nyambung satu sama lain saat ngobrol. Namun hal tersebut bukan berarti Anda bisa mengekor kemana saja dia pergi. Bukannya merasa senang mendapat teman baru, bisa saja dia merasa risih jika Anda mengikuti dia melulu. Satu hal yang harus diingat, Anda memiliki jadwal traveling sendiri begitupun juga dengan teman baru Anda.

Bertukar Kontak Pribadi

Anda bisa saling bertukar kontak pribadi dengan teman baru untuk tetap menjalin komunikasi. Di era modern seperti sekarang ini, bukan hanya nomor telepon saja yang bisa digunakan bertukar kontak pribadi namun akun pribadi seperti Facebook ataupun Twitter juga bisa Anda gunakan. Dengan cara ini akan memudahkan Anda untuk keep contact dengan teman baru Anda dan bisa saja merencanakan traveling bersama di kesempatan selanjutnya.

Tetap Waspada
Walaupun Anda sudah merasa akrab dengan teman baru, bukan berarti Anda lantas percaya begitu saja terhadapnya. Anda juga tetap harus waspada terlebih dunia traveling tak lepas dari tindak penipuan yang saat ini marak terjadi. Apalagi di saat Anda melakukan traveling seorang diri maka Anda harus memiliki tingkat kewaspadaan yang berlipat ganda. Jangan biarkan teman baru tersebut melewati batas pertemanan dengan Anda.

sumber : utiket.com


Sabtu, 14 September 2013

Tips Berkemah di Obyek Wisata


Berkemah menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan, terlebih berkemah di obyek wisata yang menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pastinya akan membuat Anda merasa betah untuk berlama-lama menikmati acara kemah. Walaupun berkemah sangat identik dengan kegiatan di alam terbuka, jangan dikira Anda bisa bebas melakukan apa saja. Anda juga harus tetap menjaga lingkungan sekitar tempat berkemah. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk berkemah di obyek wisata:

Cari Info

Sebelum Anda memutuskan untuk berkemah, terlebih dahulu carilah info mengenai obyek wisata yang akan Anda kunjungi. Pastikan obyek wisata tersebut mempunyai fasilitas tempat berkemah. Keamanan dan suhu sekitar di lokasi tersebut juga harus Anda cari tahu agar Anda bisa berkemah dengan nyaman nantinya.

Baca Tata Tertib

Setelah menemukan lokasi yang cocok, Anda bisa mencari info mengenai tata tertib berkemah di obyek wisata tersebut. Baca baik-baik tata tertib yang berlaku tersebut. Anda juga perlu mengetahui apakah berkemah di lokasi tersebut harus membayar atau tidak karena ada beberapa obyek wisata dengan fasilitas lahan berkemah mewajibkan pengunjung untuk membayar. Jika memang diwajibkan untuk membayar, Anda bisa mempersiapkan dana tersendiri untuk itu.

Bawa Peralatan Kemah

Bawalah peralatan kemah yang memadai setelah mendapatkan lokasi berkemah. Pilihlah tenda yang bagus untuk digunakan. Tenda yang bagus memiliki bentuk yang kokoh dan tidak bolong. Sesuaikan pula peralatan lainnya dengan kondisi lokasi kemah. Anda bisa membawa jaket dan sleeping bag jika lokasi kemah Anda memiliki hawa dingin. Jika hawanya bersahabat, Anda bisa membawa matras sebagai alas tidur. Untuk berjaga-jaga, bawalah flysheet. Flysheet ini berguna untuk menutup bagian atas tenda saat hujan agar airnya tidak masuk ke dalam tenda.

Bawa Barang Seperlunya

Membawa peralatan kemah saja sudah bisa memenuhi tas Anda. Untuk itu bawalah barang seperlunya agar Anda tidak kerepotan sendiri. Tentunya Anda tidak berkemah sendirian kan? Anda bisa berbagi barang dengan kawan lainnya agar lebih ringan.

Minum Air Yang Mengalir

Air merupakan kebutuhan utama, apalagi saat berkemah. Kehabisan bekal air merupakan hal yang wajar terjadi saat berkemah. Jika di lokasi kemah tidak terdapat sumber mata air, Anda bisa memilih sumber air lainnya. Usahakan untuk mengambil air dari sumber yang mengalir, seperti sungai. Jangan mengkonsumsi air dari danau atau kolam yang airnya tidak mengalir. Hal ini untuk menghindari penyakit perut, seperti diare.

Jaga Lingkungan

Jangan membuang sampah sembarangan saat berkemah yang tentunya akan mengotori lingkungan sekitar tempat Anda berkemah. Anda bisa mengumpulkan sampah-sampah yang Anda hasilkan dalam wadah kantong plastik yang telah dipersiapkan sebelumnya. Berkemah bukan berarti harus meninggalkan jejak dengan membuang sampah sembarangan kan?

Sumber : utiket.com


Tips Berbelanja Saat Traveling ke Luar Negeri


Traveling ke luar negeri memang sangat mengasyikkan dan tentu memberi pengalaman tersendiri untuk Anda. Berbagai hal bisa Anda lakukan di sana mulai dari mengunjungi berbagai tempat wisata, mencicipi kuliner khasnya serta yang tak ketinggalan adalah belanja. Memang benar, belanja menjadi bagian dari traveling yang tak terpisahkan. Mengunjungi tempat belanja dan belanja aneka macam souvenir juga memberi pengalaman unik tersendiri bagi Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berbelanja di luar negeri, antara lain:

Cari Info Pasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari informasi tentang pasar-pasar dan tempat belanja di kota tersebut karena biasanya satu pasar hanya menjual satu jenis dagangan saja, misalnya pasar yang menjual buah-buahan tidak menjual aneka macam souvenir. Jadi cari tahu secara detail agar Anda bisa mencari barang yang Anda butuhkan dengan mudah.

Pelajari Bahasa Sapaan

Untuk mempermudah Anda berkomunikasi dengan pedagang, ada baiknya Anda pelajari bahasa sapaan setempat. Hal ini juga akan membuat Anda terlihat lebih akrab dengan pedagang. Pedagang pasti akan lebih menyukai kita yang berusaha memahami bahasa mereka.

Berhitung  Dasar

Pelajari bahasa tentang hitungan dasar di tempat tersebut karena tidak semua pedagang yang Anda temui bisa berbahasa Inggris. Alangkah baiknya jika Anda mempelajari bahasa hitungan dasar di negara tersebut.

Bawa Kalkulator

Kalkulator akan sangat berguna jika Anda mengalami lost in translation. Gunakan kalkulator untuk menyebutkan barang yang Anda mau, sekalipun Anda dan pedagang sama-sama tidak memahami bahasa yang digunakan.

Bandingkan Harga

Jangan terburu-buru untuk membeli suatu barang. Akan lebih baik jika Anda membandingkan harga terlebih dahulu antara satu pedagang dengan pedagang lainnya. Biasanya banyak pedagang yang menjual barang yang sama dengan harga yang berbeda-beda.

Gigih Menawar

Walaupun di luar negeri namun tetap saja pasar di mana pun pasti melakukan aktifitas tawar menawar. Jadi jangan ragu untuk melakukan tawar menawar dengan pedagang dan jangan segan-segan untuk menawar 50-70 persen dari harga yang diajukan.

Sumber : utiket.com

Kamis, 12 September 2013

Tips Berbaur Dengan Warga Lokal Saat Traveling




Traveling selalu memungkinkan Anda untuk bertemu dengan berbagai hal. Bukan hanya tempat wisata dan suasana baru, namun Anda juga akan bertemu dengan warga lokal yang menjadi penduduk setempat di tujuan traveling Anda. Selama berada di tempat tujuan traveling, Anda bisa berbaur dan mengakrabkan diri bersama mereka. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pengalaman baru. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berbaur dengan warga lokal:

Belajar Bahasa Lokal

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku yang memiliki bahasa berbeda. Untuk itu sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk belajar bahasa daerah tempat tujuan traveling Anda. Anda bisa mempelajari bahasa panggilan dan sapaan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh warga lokal.

Sopan

Ingatlah pepatah dimana bumi dipijak, di situ langit di junjung yang mengartikan bahwa Anda harus menghormati setiap aturan dimanapun Anda berada. Saat berada di tempat lain, berusahalah untuk selalu berbuat sopan. Dengan begitu, Anda bisa mudah diterima oleh warga lokal. Jangan memasang wajah cemberut saat bertemu mereka. Tersenyumlah agar warga lokal tahu bahwa Anda berniat baik terhadap mereka.

Berbagi

Ketika berbaur dengan warga lokal tak ada salahnya untuk berbagi. Anda bisa berbagi cerita dengan mereka. Berbagi cerita mengenai budaya, tradisi dan keunikan daerah setempat yang Anda kagumi. Buatlah suasana terasa akrab. Anda bisa menyelipkan humor saat menceritakan hal tersebut. Tapi ingat ya, jangan memasukkan unsur SARA agar tidak menyinggung mereka.

Beri Kenang-Kenangan
Tak ada salahnya Anda memberikan kenang-kenangan kepada warga lokal. Anda bisa memberikan souvenir yang Anda bawa dari daerah asal. Atau bisa juga memberikan aksesoris berupa gelang atau kalung. Tapi jangan terkesan memaksa saat memberikannya. Pilihlah warga lokal yang menurut Anda sudah sangat akrab selama Anda berada di tempat tersebut.

Sumber : utiket.com


Tips Backpakeran


Hanya ada satu pertanyaan yang perlu dijawab kalau kamu pengen jalan-jalan: mau jalan-jalan pakai paket wisata, pesan sana sini dan direncanakan dulu atau pengen backpakeran. Kita di Utiket paling suka backpakeran karena rasanya seru sekali ketika perjalanan itu berakhir diatas kendaraan tumpangan kita yang berjalan ajut-ajutan terus kita diturunkan di sebuah desa yang benar-benar di negeri antah berantah dan kita tidak paham bahasanya sama sekali....

Kalau kata Paul Theroux: "Wisatawan tidak tahu dia kemarin dari mana, yang backpakeran tidak tahu kemana dia mau pergi". Dan itu hal yang penting: jangan merencanakan perjalananmu sampai benar-benar detil tapi putuskan rencanamu saat itu juga. Tidak tahu kamu mau kemana atau mau tidur dimana besok dalam sebuah perjalanan merupakan akhir rasa sebuah kebebasan yang benar-benar seru untuk dinikmati dan kalau kamu sependapat, hal semacam itu merupakan gaya hidup yang paling nyantai.

Apa yang perlu dibawa?

Hal yang pasti dan harus dibawa seperti passport, kartu ATM internasional dan sikat gigi yang bisa sangat berguna. Menyembunyikan beberapa uang tunai ditempat tersembunyi di dalam tasmu bisa menjadi pilihan yang bagus untuk cadangan kalau misalnya kartu ATM-mu dicuri atau rusak. Di setiap negara ada Western Union kalau kamu mau minta dikirimi uang sama orang tuamu, jadi bekal uangmu yang seratus dollar atau yang setara dengannya bisa cukup untuk menembus kota besar dan membayar hotel beberapa malam sebelum orang tuamu kirim uang. Beberapa perlengkapan mandi wajib dibawa tentunya, pilih tas kecil yang bisa memuatnya dan pertimbangkan kalau kamu benar-benar membutuhkannya.

Tapi hal terpenting kalau mau jalan-jalan backpakeran adalah apa yang tidak usah dibawa: kamu tidak mau kan kalau harus jalan jauh cuma untuk mencari hotel di teriknya matahari yang menyengat di siang bolong dengan beban 25 kilo di punggung dan 10 kilo lainnya di dada mu. Jadi apa ya yang tidak usah dibawa?

Apa yang tidak perlu dibawa?

Barang-barang yang bisa kamu beli dimanapun tapi tidak sering dipakai adalah barang-barang yang biarkan saja tinggal di rumah. Payung bisa berguna, tapi kenapa bawa payung kalau kamu bisa beli dimana saja hanya dengan beberapa dolar? Hal terbaik adalah saat kamu sudah selesai pakai suatu barang dan kamu bisa memberikannya ke orang lain dan bisa berkawan. Sama seperti buku, bawa satu atau dua saja karena di setiap tujuan backpakeran kamu bisa barter buku di toko-toko atau dengan teman yang baru ketemu.

Kecuali kamu punya kondisi kesehatan tertentu, tidak usah bawa obat-obatan yang kamu bisa beli dimana saja disaat kamu membutuhkannya. Persediaan obat untuk mabuk perjalanan bisa kamu bawa siapa tahu perutmu tiba-tiba tidak bersahabat dan kamu sedang dalam bis...

Pakaian biasanya menjadi barang yang memenuhi tas dan pastikan kamu menyeleksi barang bawaanmu. Ingat, kamu bisa mencuci pakaian dimana saja baik itu kamu cuci sendiri ataupun dilaundrykan. Bawa beberapa pakaian dalam, kaos, sweater atau jaket untuk dipakai kalau pas naik bis yang AC nya super dingin, celana pendek dan celana panjang yang terbuat dari bahan yang ringan. Cobalah untuk mengkombinasikan: bawa celana pendek yang biasa kamu pakai tapi juga bisa dipakai sebagai celana renang. Sepasang sepatu untuk jalan-jalan juga penting tapi jangan menaruhnya di dalam tas melainkan pakai saja saat jalan-jalan dan cobalah bawa sandal di tasmu.

Satu tip bagus agar tasmu tetap kecil bentuknya (tapi bukan enteng) yaitu jangan lipat pakaianmu tapi cobalah untuk menggulung pakaianmu. Gulung yang kencang, taruh dalam kantong plastik dan tekan supaya tidak ada udara di dalam kantong plastik. Tapi hal ini tidak begitu praktis kalau kamu banyak aktivitas gerak kesana kemari.

Yang terakhir, barang elektronik canggih. Membawa handphone merupakan pilihan yang bagus. Di kebanyakan negara kamu bisa beli sim-card lokal secara mudah sehingga kamu tetap bisa berkomunikasi dengan murah. Kalau kamu mau bawa laptopmu yang beratnya 3 kilo itu, coba pikirkan lagi apa kamu mau melihat-lihat negara yang kamu kunjungi atau kamu mau menghabiskan waktumu untuk berinternetan. Dalam kata lain: bergunakah membawa barang berat kemanapun? Kalau kamu ingin menulis tentang perjalananmu dalam blogmu atau kamu ingin tetap mengerjakan pekerjaanmu selama perjalanan ada baiknya kalau kamu membawa netbook atau komputer tablet yang kecil dan ringan.

Sumber : utiket.com