Monday, November 18, 2013

Tips Camping Bersama Buah Hati



Berlibur bukan melulu berhubungan dengan hal-hal mewah yang menghabiskan banyak biaya. Berlibur bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana namun tetap mengasyikan seperti camping atau berkemah. Ajaklah buah hati Anda camping di alam terbuka. Selain si kecil bisa belajar banyak hal secara langsung, camping juga bisa melatih kemandirian anak. Namun tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membawa si kecil untuk pergi camping, antara lain:

Pastikan tenda aman

Buatlah tenda senyaman dan seaman mungkin karena si kecil mungkin tidak terbiasa tidur di tempat yang terbatas. Untuk itu pastikan kondisi tenda terasa nyaman. Alasi tenda dengan sleeping bag dan matras agar lebih terasa nyaman. Periksa juga tiang tenda. Pastikan tenda berdiri di permukaan yang datar.

Bawa baju hangat dan selimut

Camping dilakukan di udara terbuka dan tentunya udara akan lebih dingin daripada suhu ruangan. Untuk itu Anda harus membawa baju hangat jika perlu selimut terutama untuk si kecil. Udara malam yang dingin bisa membahayakan si kecil. Bisa jadi tubuh anak kurang kuat menahannya dan menyebabkan sakit. Untuk itu bawalah baju hangat dan selimut, juga obat-obatan dan obat gosok yang bisa menghangatkan badan.

Sediakan makanan bergizi

Meskipun camping sangat identik dengan makanan instan dengan alasan kepraktisan, namun tidak saat Anda camping dengan anak. Tetap sediakan makanan sehat untuk anak. Bawalah sayur-sayuran yang cukup dimasak dengan cara direbus seperti brokoli atau wortel. Sarden atau abon juga bisa dijadikan pilihan. Untuk snack, pilihlah yang tidak mengandung MSG atau pengawet berlebih.

Dekat dengan sumber air bersih

Air bersih merupakan kebutuhan primer dimanapun Anda berada terutama jika Anda sedang bersama si kecil. Untuk itu pilihlah lokasi camping yang dekat dengan sumber air, sungai mengalir contohnya. Jika tidak, pastikan akses menuju ke tempat air bersih mudah dilalui. Air berguna untuk mencuci peralatan makan Anda termasuk si kecil. Mandi di sungai bersama si kecil juga menyenangkan, tetapi harus dengan pengawasan ekstra dan pastikan semuanya aman.

Bawa mainan dan buku kesayangan

Bawalah buku dan mainan si kecil karena kita tak pernah tahu apakah si kecil merasa nyaman atau tidak di luar sana. Buku bacaan dan mainan si kecil bisa anda gunakan untuk menenangkan jika si kecil mulai rewel dan merasa tidak nyaman.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment