Tuesday, October 8, 2013

Tips Hemat BBM Saat Traveling



Seperti yang kita tahu, pemerintah resmi menaikan harga BBM. Meskipun demikian, bukan halangan bagi Anda untuk traveling apalagi di musim liburan seperti sekarang ini. Traveling menggunakan kendaraan pribadi memang lebih nyaman dibanding menggunakan kendaraan umum. Selain itu, waktu bersama keluarga juga terasa lebih lama di perjalanan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa tetap menghemat BBM saat traveling menggunakan kendaraan pribadi:

Survei Tempat Tujuan

 
Sebelum melakukan perjalanan Anda ke tempat liburan ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu dengan pasti lokasi liburan Anda. Pelajari bagaimana cara menuju ke sana dan siapa tahu Anda bisa menemukan alternatif jalan yang lebih dekat. Hindari juga jalan-jalan yang berpotensi macet. Dengan begitu, selain bahan bakar Anda akan lebih hemat karena jarak tempuh Anda lebih pendek, hal ini juga bisa menghindari Anda tersesat di perjalanan.

Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama

Memanaskan mobil idealnya hanya membutuhkan waktu antara lima hingga sepuluh menit saja. Hindari kebiasaan saat memanaskan mobil Anda malah pergi meninggalkannya untuk melakukan kegiatan lain. Hal ini akan membuat mobil boros bahan bakar. Saat memanaskan mobil sebaiknya AC dimatikan saja.

Pakai AC Sewajarnya

AC bisa membuat kendaraan Anda lebih boros bahan bakar karena beban perputaran mesin mobil akan semakin berat. Untuk mensiasatinya sebaiknya jangan terus-terusan menyalakan AC terutama saat Anda barada di jalan dengan hawa sejuk. Sebaiknya buka kaca mobil saja untuk mendapatkan udara yang segar.

Jangan Ngebut

Hindari kebut-kebutan di jalan. Selain hal tersebut dapat membahayakan keselamatan, membawa mobil dengan kecepatan tinggi akan membuat mobil semakin boros BBM. Menyetirlah dengan perasaan riang dan kecepatan yang stabil. Semakin sering Anda memainkan gas dan rem kendaraan Anda maka semakin cepat habis bahan bakar kendaraan Anda. Selain itu pula jagalah kondisi badan agar fit dalam mengendarai mobil Anda.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment