Sunday, September 22, 2013

Tips Saat Pendaratan Darurat Pesawat



Keselamatan perjalanan merupakan hal yang diinginkan oleh semua traveller, terutama bagi mereka yang kerap bepergian dengan pesawat. Namun berbagai kemungkinan itu selalu ada dan sebaiknya anda telah mempersiapkan dengan segala kemungkinan yang terjadi ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat, salah satunya adalah pendaratan darurat. Agar dapat berjaga-jaga ketika hal itu terjadi, simaklah beberapa tips berikut ini :

Pesan Tempat Duduk Yang Ada di Dekat Pintu


Ketika akan melakukan penerbangan, pesanlah tempat duduk yang berada di dekat pintu. Hal ini untuk memudahkan Anda berlari keluar bilamana sesuatu hal menimpa pesawat yang Anda tumpangi.

Jangan Panik

Ketika pesawat yang sedang Anda tumpangi akan melakukan pendaratan darurat, usahakan tetap bersikap tenang, jangan panik dan tetap fokus serta bergerak dengan cepat.

Selalu Pasang Sabuk Pengaman

Untuk berjaga-jaga, Anda harus selalu memakai sabuk pengaman. Tetapi penting juga untuk Anda mempelajari bagaimana cara membuka dan menutup sabuk pengaman dengan benar. Di saat darurat, membuka sabuk pengaman dengan cepat dapat mengurangi resiko kecelakaan.

Patuhi Semua Instruksi Awak Pesawat

Jangan pernah mengambil tindakan sendiri dan berbuat ceroboh. Hal itu dapat mengancam keselamatan Anda sendiri.

Ambil Posisi Berlindung Yang Benar


Ketika pesawat terguncang dengan keras dan Anda tidak bisa kemana-mana, maka segeralah ambil posisi berlindung. Caranya taruhlah tangan Anda di depan kursi dan menunduklah di bawah tangan Anda. Posisi ini terbukti dapat mengurangi resiko terluka saat pesawat mengalami masalah.

Setelah Pesawat Mendarat Segera Menjauh Dari Badan Pesawat

Amankan diri Anda sekitar 150 m dari badan pesawat. Jika pesawat mendarat di tempat terpencil, ada baiknya tetap berada di sekitar pesawat hingga bantuan datang. Tetapi jangan terlalu dekat juga. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko jika tiba-tiba pesawat mengeluarkan percikan api.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment