Thursday, September 12, 2013

Tips Berbaur Dengan Warga Lokal Saat Traveling




Traveling selalu memungkinkan Anda untuk bertemu dengan berbagai hal. Bukan hanya tempat wisata dan suasana baru, namun Anda juga akan bertemu dengan warga lokal yang menjadi penduduk setempat di tujuan traveling Anda. Selama berada di tempat tujuan traveling, Anda bisa berbaur dan mengakrabkan diri bersama mereka. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pengalaman baru. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berbaur dengan warga lokal:

Belajar Bahasa Lokal

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku yang memiliki bahasa berbeda. Untuk itu sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk belajar bahasa daerah tempat tujuan traveling Anda. Anda bisa mempelajari bahasa panggilan dan sapaan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh warga lokal.

Sopan

Ingatlah pepatah dimana bumi dipijak, di situ langit di junjung yang mengartikan bahwa Anda harus menghormati setiap aturan dimanapun Anda berada. Saat berada di tempat lain, berusahalah untuk selalu berbuat sopan. Dengan begitu, Anda bisa mudah diterima oleh warga lokal. Jangan memasang wajah cemberut saat bertemu mereka. Tersenyumlah agar warga lokal tahu bahwa Anda berniat baik terhadap mereka.

Berbagi

Ketika berbaur dengan warga lokal tak ada salahnya untuk berbagi. Anda bisa berbagi cerita dengan mereka. Berbagi cerita mengenai budaya, tradisi dan keunikan daerah setempat yang Anda kagumi. Buatlah suasana terasa akrab. Anda bisa menyelipkan humor saat menceritakan hal tersebut. Tapi ingat ya, jangan memasukkan unsur SARA agar tidak menyinggung mereka.

Beri Kenang-Kenangan
Tak ada salahnya Anda memberikan kenang-kenangan kepada warga lokal. Anda bisa memberikan souvenir yang Anda bawa dari daerah asal. Atau bisa juga memberikan aksesoris berupa gelang atau kalung. Tapi jangan terkesan memaksa saat memberikannya. Pilihlah warga lokal yang menurut Anda sudah sangat akrab selama Anda berada di tempat tersebut.

Sumber : utiket.com


No comments:

Post a Comment