Minggu, 21 Agustus 2016

Tips Menggunakan Kereta Api di Jepang



Di Indonesia kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang cukup populer. Peminatnya cukup banyak. Sama halnya dengan di Jepang, kereta api juga merupakan salah satu transportasi umum yang cukup populer. Hanya saja Anda tidak bisa asal naik jika akan menggunakan transportasi ini. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.

Pilih jenis kereta api yang akan digunakan

Sebelum menggunakan kereta api di Jepang, sebaiknya Anda tentukan dan pilih terlebih dahulu jenis keretanya. Perlu Anda ketahui bahwa Jepang memiliki beberapa jenis kereta seperti Sinkansen, JR, rapid dan lain-lain. Oleh karena itu tentukan terlebih dahulu jenis kereta apa yang akan Anda gunakan karena setiap kereta memiliki stasiun yang berbeda. Sehingga Anda akan menuju ke stasiun yang benar.

Cari info tentang jalur kereta yang akan digunakan

Setelah menentukan jenis kereta yang akan digunakan, sebaiknya Anda cari info tentang jalur atau line yang akan dilalui kereta tersebut. Caranya, Anda bisa melihat ke arah peta yang ada di stasiun. Cek stasiun asal dan stasiun tujuan Anda. Perhatikan pula warna garis yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Setelah itu Anda bisa menuju ke peron yang dimaksud.

Beli tiket di mesin tiket atau dengan IC Card

Sebelum sampai di peron, tentu Anda harus mempunyai tiket terlebih dahulu. Nah, Anda bisa membelinya di mesin tiket. Cara menggunakannya cukup mudah yakni Anda tinggal masukkan uang ke dalam mesin dan tentukan jumlah penumpangnya. Bayarlah biaya yang harus dibayar dengan melihat daftar harga yang ada di papan petunjuk. Setelah itu tiket akan keluar.

Selain membeli di mesin tiket, Anda bisa pula membeli IC Card, yakni kartu berlangganan kereta api. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli di setiap stasiun kereta api utama di Jepang.

Setelah mendapatkan tiket, Anda bisa langsung menuju ke peron. Ada banyak papan petunjuk arah yang akan membantu Anda untuk menuju ke lokasi peron.

Saat naik kereta, jangan lupa untuk mengamati e-ticket Anda. Di Jepang, berbicara di telepon saat sedang naik kereta merupakan salah satu bentuk ketidak sopanan. Jadi Anda sebaiknya tidak berbicara di telepon saat sedang berada di dalam kereta.

Sumber : utiket.com