Sabtu, 06 Agustus 2016

Pantai Penyabong Tanjung Pandan Indonesia



Introduksi

Pantai Penyabong merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Pulau Belitung. Terletak di Dusun Batu Lubang, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Belitung. Pantai Penyabong juga dikenal dengan nama Pantai Batu Lubang karena letaknya yang berada di Dusun Batu Lubang.

Pantai ini memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan keindahan Pantai Tanjung TinggiJika kita perhatikan pantai ini memiliki gugusan bebatuan granit yang sangat banyak bertebaran di sekitar pantai, sama hal nya dengan yang ada di pantai Tanjung Tinggi. Hanya saja yang membedakan dengan Pantai Tanjung Tinggi yaitu adanya batu granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain dengan batu granit lainnya dan menjorok ke arah laut yang menyerupai dermaga alami. Selain itu terdapat pepohonan pandan Laut yang tumbuh berderet rapi di sepanjang pinggir pantai ini.

Menurut cerita masyarakat setempat, dinamakan Penyabong dikarenakan adanya gugusan bebatuan granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain dengan batu granit lainnya. Makna kata penyabong sama halnya dengan menyambung. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih dengan kontur pantai yang landai, ombak laut yang sedang, air laut yang jernih dan bersih sehingga membuat pantai ini aman dan nyaman untuk berenang.

Fasilitas

Keterbatasan fasilitas di pantai ini membuat wisatawan yang datang ke pantai hanya pada waktu tertentu saja, seperti pada akhir pekan atau hari libur lainnya. Walaupun sudah terdapat beberapa warung makan kecil yang dikelola oleh penduduk sekitar, sangat disarankan jika berkunjung ke pantai ini untuk membawa bekal sendiri karena warung makan tersebut tidak buka setiap hari.

Akses ke Pantai Penyabong Tanjung Pandan

Pantai Penyabong berjarak sekitar 56 km dari Kota Tanjungpandan dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil sewaan yang dapat kita sewa di beberapa hotel atau penginapan yang ada di pusat kota. Tarif sewa mobil berkisar mulai dari Rp. 250.000 per 24 jam tanpa supir atau mulai dari Rp. 350.000 dengan supir per 24 jam.

Sumber : utiket.com