Wednesday, December 10, 2014

Gua Terdalam di Dunia



Gua ini merupakan gua paling dalam yang ada di dunia. Namanya adalah Gua Krubera. Kedalaman Gua Krubera saat ini adalah sekitar 2.197 meter. Kedalaman tersebut didapatkan selama ekspedisi pada bulan Agustus hingga September 2007. Letaknya berada di Distrik Gagra, Abkhazia, Georgia atau tepatnya berada di Arabika Massif, salah satu gunung kapur tertinggi dan terbesar di kawasan Kaukasus Barat, Georgia

Gua ini dikenal pula dengan nama Gua Voronya yang artinya Gua Gagak dalam bahasa Rusia. Nama tersebut mulai digunakan sejak tahun 1980 karena sejumlah burung gagak ditemukan bersarang di pintu masuk gua. Sedangkan nama Gua Krubera diberikan oleh Alexander Kruber, seorang ahli geografi yang pertama kali menemukan dan mengeksplorasi kedalaman gua ini untuk pertama kalinya.

Gua Krubera pada dasarnya merupakan gua yang terdiri dari beberapa sumur vertikal yang saling terhubung. Pintu masuk gua ini cukup sempit, namun semakin ke dalam menjadi semakin lebar. Gua ini merupakan salah satu tujuan populer untuk ekspedisi. Untuk dapat turun ke bawah diperlukan tali yang sangat panjang. Tebing yang tinggi dengan aneka ukiran alami serta bebatuan stalagtit dan stalagmit turut menambah keindahan gua ini. 

Meski saat ini kedalamannya sudah menjadikan gua ini sebagai gua terdalam di dunia, namun para penjelajah masih terus berdatangan. Selain untuk lebih mengeskplorasi tentang kondisi gua, para penjelajah juga masih penasaran untuk mencari tahu apakah kedalaman gua masih bisa bertambah atau tidak.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment