Wednesday, November 12, 2014

Taman Laut 17 Pulau Riung Ende Indonesia



Introduksi

Indonesia memang memiliki banyak taman laut, salah satunya adalah Taman Laut 17 Pulau Riung. Taman laut ini terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman laut ini dikelola oleh KSDA Taman Nasional Riung.

Taman Laut 17 Pulau Riung terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil dan besar dan tak berpenghuni. Meskipun bernama Taman Laut 17 Pulau Riung, namun sebenarnya gugusan pulau-pulau tersebut berjumlah lebih dari 20 pulau. Pulau-pulau tersebut diantaranya meliputi :

Pulau Wire, Pulau Sui, Pulau Taor, Pulau Tembaga, Pulau Tiga (Pulau Panjang), Pulau Bampa, Pulau Meja, Pulau Rutong, Pulau Patta, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Besar, Pulau Dua, Pulau Kalong, Pulau Lainjawa dan Pulau Ontoloe.

Selain memiliki panorama yang indah, hampir seluruh kawasan darat di pulau ini merupakan hutan kering dimana pesisir pantainya ditumbuhi dengan pohon bakau. Perairan di sekitar pulau-pulau ini pun juga cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk bersnorkeling ataupun diving. Pulau Rutong dan Pulau Tiga merupakan pulau yang memiliki banyak spot terbaik untuk bersnorkeling ataupun diving. Selain itu banyak fauna seperti komodo, ayam hutan, bangau putih, kelelawar, burung nuri, kera , elang dan beberapa fauna lainnya hidup di kawasan ini. Begitu juga kehidupan bawah lautnya. Terdapat banyak jenis ikan dan terumbu karang pastinya.

Untuk menjelajah pulau-pulau di taman laut ini, Anda dapat menyewa perahu motor penduduk setempat. Biayanya tergantung kesepakatan dengan si pengemudi. Sebaiknya Anda juga mengikuti rekomendasi dari nelayan atau penduduk setempat mana pulau yang biasa dikunjungi oleh wisatawan dan mana yang tidak.

Fasilitas

Riung merupakan kawasan wisata yang masih perlu dikembangkan. Listrik di kawasan ini masih menggunakan generator yang hanya berfungsi mulai dari pukul 18.00 hingga pukul 06.00. Meski begitu beberapa penginapan dan rumah makan bisa Anda dapatkan di Riung. Biaya menginapnya mulai dari Rp 150.000 per malam.

Akses ke Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman laut ini dapat diakses melalui kota Ende. Waktu tempuhnya sekitar tiga hingga empat jam perjalanan darat. Yakni dengan menggunakan bus atau dengan menggunakan travel.

Jadwal keberangkan bus dari Ende ke Riung hanya ada dua kali (pagi dan siang hari). Rutenya dari Ende-Mbay-Riung.

Dari Ende ke Terminal Mbay, jalannya tidak terlalu mulus dan membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Baru dari Terminal Mbay, perjalanan dilanjutkan ke Riung. Waktu tempuhnya sekitar satu jam perjalanan.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment