Jumat, 21 November 2014

Pulau Raja Ampat Sorong Indonesia



Introduksi

Pesona dan kekayaan alam bawah laut, menjadi andalan di Kabupaten Raja Ampat. Kawasan ini di kenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Raja Ampat adalah kabupaten baru di Indonesia. Papua lebih dikenal dengan kebudayaannya yang masih sangat sederhana, pakaiannya yang unik, serta sumber daya alam yang berlimpah, bagi masyarakat kebanyakan namun tidak bagi para penyelam dan pecinta alam bawah laut. Salah satu yang terkenal adalah perairan Raja Ampat, kawasan ini di juluki sebagai coral reef paradise (surga terumbu karang) oleh para penyelam dunia. Berlokasi tepat di kepala burung pulau Papua, tepatnya di Propinsi Papua Barat.

Kepulauan Raja Ampat tidak hanya di anggap sebagai taman laut terbesar di Indonesia, namun juga di yakini memiliki biota laut terbesar di dunia menurut Conservation International. Dalam catatan fotografi bawah laut di kawasan Raja Ampat adalah paling besar di seluruh segitiga koral dunia, yaitu Philipina, Indonesia, Papua Nugini. Segitiga koral ini merupakan jantung kekayaan terumbu karang di dunia yang di lindungi dan di tetapkan berdasarkan konservasi perlindungan alam internasional, karena sekitar 600-an jenis terumbu karang di dunia, 75 persennya ada di perairan Raja Ampat.

Perairan Raja Ampat sangatlah luas dengan kekayaan biota lautnya serta pemandangan bawah laut yang begitu indah, wisatawan dapat memilih beberapa titik penyelaman. Titik penyelaman tersebut di antaranya di pulau Kri, di mana terdapat berbagai jenis ikan seperti kerapu, barracuda, napoeleon, hiu karang, tuna, wrasse, queensland groupe, giant trevally di tambah dengan terumbu karang yang menakjubkan.

Titik penyelaman lain yaitu di Sardine Reef, kedalaman 10 meter, di tempat ini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan termasuk parrotfish dengan warnanya yang cemerlang. Ada juga Kaboei Bay Rock, di kepulauan ini terdapat sebuah teluk yang dibawahnya merupakan sebuah terowongan, juga terdapat gua-gua yang di huni oleh ratusan kelelawar. Dan masih banyak titik lain penyelaman di perairan Raja Ampat.

Selain menyaksikan keindahan dan kekayaan biota laut, kamu juga dapat melihat kapal perang serta pesawat tempur yang karam di perairan Raja Ampat.

Tersedianya resort akan memudahkan kamu untuk menginap di sekitar perairan Raja Ampat.

Akses ke Pulau Raja Ampat Sorong

Untuk menuju perairan Raja Ampat, kamu bisa terbang dari kota-kota besar di Indonesia menuju Bandara Eduard Osok, Sorong kemudian perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan kapal selama 3 sampai 4 jam dengan tarif sekitar Rp. 3,2 juta untuk 10 orang.

Sumber : utiket.com