Monday, September 1, 2014

Sungai Tamborasi Pomala Indonesia



Tentang Sungai Tamborasi

Tau kah kamu dimana sungai terpendek di dunia itu? Ternyata di Indonesia juga mempunyai sungai terpendek kedua di dunia dengan panjang sekitar 20 m dan lebar 15 m. Nomor satunya dipegang oleh Sungai Reprua di Abkhazia, republik separatis di Georgia dengan panjang sekitar 18 m.

Sungai Tamborasi terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Propinsi Sulawesi Tenggara. Berjarak sekitar 90 km utara barat Kota Kolaka. Air sungainya pun jernih berwarna hijau. Udara yang sejuk ditambah dengan pepohonan di hutan sekitar sungai ini menjadikan tempat ini sangat cocok untuk melepas penat. Di dalam hutan sekitar Sungai Tamborasi pun dihuni oleh berbagai macam satwa salah satunya satwa khas Sulawesi yaitu monyet bulu emas.

Di sepanjang pinggir Sungai Tamborasi terdapat pasir putih yang menambah keindahan sungai ini. Hal ini dikarenakan Sungai Tamborasi berbatasan langsung dengan Pantai Tamborasi. Selain pasir putihnya, ada keunikan tersendiri yang bisa kamu temui di Sungai Tamborasi. Saat berada di hilir sungai atau di sekitar mata air kamu akan merasakan air yang dingin dan sejuk. Namun saat kamu berada di hulu sungai atau di perbatasan sungai dengan pantai kamu akan merasakan air yang hangat. Kamu tinggal pilih saja, mau bermain dengan air dingin atau hangat. Cukup unik ya!

Akses ke Sungai Tamborasi

Cukup mudah untuk menjangkau Sungai Tamborasi. Kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Kolaka menuju Sungai Tamborasi dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati keindahan pemandangan gunung batu marmer.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment