Saturday, April 19, 2014

Pemandian Air Panas Lombongo Gorontalo Indonesia


Tentang Pemandian Air Panas Lombongo

Gorontalo merupakan daerah vulkanis, tak heran jika Gorontalo mempunyai sumber air panas alami. Salah satu sumber air panas yang ada di Gorontalo dan cukup terkenal yaitu Air Panas Lombongo. Sumber Air Panas lombongo ini terletak di Desa Duwono, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Gorontalo, jaraknya kurang lebih 17 km dari Kota Gorontalo. Obyek wisata ini di resmikan pada tahun 1989, secara keseluruhan obyek wisata ini mempunyai luas sekitar 32 hektar. Terdiri dari dua kolam renang , satu kolam air panas dan satu kolam air dingin. Kolam air panas memiliki ukuran sekitar 500m persegi dengan kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter.

Pemandian air panas Lombongo mempunyai keunikan sendiri. Menikmati pemandangan alam pegunungan sembari berendam di kolam air panas tentu akan mengobati kepenatan Anda. Pemandangan di sekitar pemandian memang indah, ada aliran sungai dari air gunung yang sejuk serta berbagai jenis pepohonan yang hijau membuat Anda betah berlama-lama disini. Air yang keluar dari sumber mata airnya yang berada di sela-sela bebatuan, dipercaya bisa mengobati penyakit kulit. Suhu airnya yang panas juga bisa digunakan untuk merebus telur hingga matang.

Di pemandian ini juga sering di gelar event-event tradisonal yang menjadi agenda kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango. Acara yang di gelar biasanya berupa atraksi kesenian tradisonal khas Gorontalo. Jadi ketika Anda akan berkunjung ke pemandian ini ada baiknya Anda mencari informasi tentang jadwal gelaran seni tersebut, sehingga Anda tidak saja bisa berendam di Air kolam panas tetapi juga menyaksikan atraksi kesenian.

Akses ke Pemandian Air Panas Lombongo

Obyek wisata ini berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Gorontalo. Anda bisa menempuh perjalanan ke lokasi menggunakan mobil sewaan maupun ojek.

Biaya tiket masuk

Harga tiket masuk ke lokasi pemandian sangat terjangkau yaitu Rp 2.000/orang.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


No comments:

Post a Comment