Minggu, 23 Maret 2014

Lima Stasiun Kereta Api Termegah di Dunia


Tidak hanya di Indonesia saja, berbagai negara di penjuru dunia juga menggunakan kereta api sebagai salah satu transportasi utama. Di sebagian negara, kereta api menjadi transportasi pilihan utama bagi sebagian besar warganya. Stasiun kereta apinya pun dibangun dengan sedemikian rupa agar mampu mengakomodir seluruh penumpang. Yuk kita intip stasiun KA mana saja yang menjadi stasiun KA termegah di dunia. 

Berlin Hauptbahnhof, Jerman

Hauptbahnhof memiliki arti stasiun kereta api utama. Stasiun KA ini terletak di ibukota negara Jerman, Berlin. Pembangunan stasiun KA ini selesai pada tahun 2006 dan menjadi stasiun KA terbesar di benua Eropa. Berlin Hauptbahnhof memiliki konstruksi bangunan yang modern dan megah yang terbuat dari logam dan panel kaca dengan arsitektur bangunan yang futuristik. Bangunan stasiun ini terdiri dari dua tingkat, empat belas bagian dan memiliki 80 stand toko di dalamnya. 

St. Pancras Station, Inggris

Stasiun KA yang dibangun antara tahun 1864-1868 ini berada di kota London, ibukota negara Inggris. Arsitektur bangunan kuno di stasiun KA ini masih dipertahankan dengan arsitektur khas Britania yang berpadu dengan gaya Gothik terang. Hal tersebut membuat stasiun KA ini terlihat megah apalagi di dalam stasiun ini terdapat bar sampanye terpanjang di dunia. 

La Gare de Strasbourg, Perancis

Stasiun KA ini terletak di kota Strasbourg, Perancis yang berada di dekat perbatasan dengan negara Jerman. Pembangunan stasiun ini dirancang oleh seorang arsitek yang berasal dari Berlin, Johann Jacobsthal pada tahun 1883. Pada tahun 2007, stasiun ini sempat direnovasi dengan penambahan rangka kaca dan 120 meter konstruksi kaca di bagian luar bangunan. Hal tersebut menjadikan stasiun KA ini berkilau bagaikan permata saat sinar matahari menerpanya. 

Stasiun Kanazawa, Jepang

Salah satu stasiun KA di Negeri Sakura ini memiliki arsitektur bangunan bergaya tradisional berbasis kayu yang dipadukan dengan arsitektur modern berbasis logam. Pintu gerbang stasiun ini memiliki tinggi empat belas meter seperti halnya gerbang tradisional khas Jepang. Di dalam stasiun ini juga terdapat kubah besar yang terbuat dari 3.000 panel kaca yang menghubungkan antara bagian timur bangunan stasiun dengan bagian barat. 

Southern Cross Station, Australia

Stasiun KA ini berada di kota Melbourne, Australia dan menjadi stasiun KA utama di kota tersebut. Arsitektur bangunan stasiun ini terlihat sangat mengesankan dengan atapnya yang bergelombang. Stasiun ini dibuka pada tanggal 17 Januari 1859. Namun pada tahun 2002-2006, stasiun ini direkonstruksi dengan memakai rancangan arsitektur dari Nicholas Grimshaw. Arsitektur bangunan stasiun ini dinilai sangat mengesankan dan berhasil meraih penghargaan Lubetkin Prize oleh the Royal Institute of British Architects pada tahun 2007. Lubetkin Prize merupakan penghargaan tahunan untuk bangunan yang paling mengesankan di luar Uni Eropa.

Sumber : utiket.com