Selasa, 31 Desember 2013

Sejarah Pesawat Terbang


Dari jaman dahulu, manusia selalu memikirkan bagaimana caranya untuk terbang. Banyak hal yang telah dilakukan untuk mewujudkan mimpi terbang itu. Salah satu cara yang dilakukan manusia untuk bisa terbang yaitu dengan meniru cara burung yang mengepak-ngepakkan sayapnya. Namun manusia bukanlah burung. Walaupun mencoba mengepakkan tangan tentu saja cara seperti ini tidak berhasil membuat manusia bisa terbang. Namun manusia terus berpikir dan berkreasi hingga pada tahun 1890 si kembar Orville dan Wilbur Wright mendapat ide membuat pesawat terbang yang diadaptasi oleh konsep sepeda.

Pada tahun 1899 barulah mereka berhasil merangkai layang-layang dengan dua sayap besar. Mereka menggunakan ekor dan sayap untuk mengontrol arah dan ketinggian pesawat. Namun Wright bersaudara baru berhasil menerbangkan pesawat dengan Orville Wright sebagai pengemudi pada tahun 1903 yang mengudara setinggi 36 meter selama duabelas detik. Pesawat ini dinamakan Wright Flyer. Selanjutnya pada tahun 1908 Wright bersaudara mengembangkan temuan mereka dengan menciptakan pesawat dengan duabelas mesin tenaga kuda, lebar sayap duabelas meter yang terbuat dari kayu berlapis kain katun. Pesawat ini juga dilengkapi dengan tempat pilot di bawah sayap dimana pilot harus mengemudikan dengan posisi berbaring. Pesawat tersebut berhasil terbang selama satu setengah jam.

Pesawat temuan si kembar Wright bersaudara tersebut merupakan awal mula dari perkembangan pesawat-pesawat yang hingga saat ini telah semakin canggih. Proses perkembangan pesawat pun tidak lepas dari sejarah-sejarah kecelakan-kecelakaan pesawat yang banyak terjadi di masa lalu seperti kecelakaan pesawat terbang yang pertama kali terjadi pada tanggal 17 September 1908 dimana pesawat buatan Wright bersaudara mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut menewaskan Letnan Militer Amerika, Thomas E. Sedangkan Orville Wright yang ikut bersamanya mengalami luka-luka.

Ada lagi cerita sejarah kecelakaan pesawat yang cukup terkenal dengan korban pilot Amelia Earhart yang bermimpi berkeliling dunia. Tahun 1937 dalam perjalananya mewujudkan mimpinya tersebut, Amelia Earhart dan rekannya Putnam mengalami kecelakaan karena hilangnya sinyal radio dan pesawat mereka kehilangan arah. Kecelakaan tersebut tetap menjadi misteri hingga sekarang karena puing-puing pesawat dan kedua awaknya belum berhasil ditemukan hingga sekarang.

Kecelakaan pesawat yang terjadi membuat para penemu mengembangkan pesawat agar semakin aman dan canggih hingga saat ini. Banyak proses yang telah dilalui dan sulitnya proses tidak membuat mereka menyerah. Saat ini perusahaan-perusahaan peberbangan terus tumbuh dan berkembang. Pesawat masa kini mampu membawa lebih dari 300 penumpang dengan kenyamanan yang semakin diperhatikan. 

Sumber : utiket.com

Sekilas Tentang Boeing 777X


Belum lama ini dalam ajang pameran dirgantara di Dubai Airshow tahun 2013, The Boeing Company yang merupakan produsen pesawat komersial raksasa asal Amerika Serikat telah membuat kejutan pada dunia dengan mengumumkan telah berhasil menjual sebanyak 259 unit pesawat barunya yakni Boeing seri 777X. Dimana 150 unit pesawat dipesan oleh maskapai Emirates dengan perjanjian harga sekitar US $76 miliar dan total 109 unit pesawat dipesan oleh maskapai Etihad Airways, Qatar Airways serta maskapai Lufthansa dengan nilai penjualan sekitar US $95 miliar. 

Selain Boeing maskapai Emirates juga telah memesan sebanyak 50 unit Airbus tipe A380s dengan nilai sebesar US $23 miliar. Dengan perjanjian baru pemesanan pesawat tipe ini maka total pemesanannya menjadi 140 unit pesawat. Sehingga menjadikan maskapai ini sebagai konsumen terbesar bagi pesawat jenis Airbus A380s. Tak kalah ketinggalan, maskapai Etihad Airways yang notabene merupakan pesaing lokalnya juga telah memesan 87 unit pesawat Airbus yang terdiri dari 50 tipe A350 XWBs, 36 tipe A320 serta satu unit pesawat tipe A330-200F. 

Adapun Boeing 777X sendiri merupakan pesawat jet komersial bermesin ganda terbesar serta paling efisien di dunia. Pesawat ini merupakan versi terbaru dari Boeing 777. Hanya saja Boeing 777X mempunyai badan pesawat yang lebih panjang, dilengkapi dengan sayap komposit serta memiliki teknologi mesin GE9X GE Aviation terbaru yang lebih canggih. Nantinya Boeing 777X akan terdiri dari dua model yakni tipe 777-8X dan tipe 777-9X. Pesawat tipe 777-8X nantinya akan menyediakan ruangan dengan kapasitas dapat menampung sebanyak 400 penumpang dan akan bersaing dengan Airbus A350-1000. Sementara untuk pesawat tipe 777-9X akan bersaing di kelasnya sendiri. Boeing 777X banyak diminati oleh maskapai dunia karena pesawat tersebut menjanjikan penghematan bahan bakar hingga 12% di tengah melambungnya harga minyak. Boeing 777X sendiri akan mulai diproduksi pada tahun 2017 dan pengiriman pertama ditargetkan akan dilakukan pada tahun 2020. 

Pihak Boeing sendiri tak mengira bahwa respon maskapai terhadap pesawat barunya ini cukup mengejutkan dan mengatakan bahwa pemesanan terhadap pesawat Boeing 777x saat ini merupakan peluncuran produk terbesar dalam sejarah pesawat jet komersial dengan nilai nominal penjualan dalam dollar. Dari hasil ini, pengamat penerbangan komersial memprediksi bahwa setidaknya maskapai penerbangan yang berasal dari negara-negara Teluk akan mengeluarkan dana setidaknya US $100 miliar untuk pembelian pesawat baru.

Sumber : utiket.com

Senin, 30 Desember 2013

Bandara Terpendek di Dunia Juancho E. Yrausquin


Mengapa disebut dengan bandara terpendek di dunia? Hal ini dikarenakan Bandara Juancho E. Yrausquin memiliki landasan pacu hanya sepanjang 400 meter saja. Bandara ini juga merupakan satu-satunya bandara yang ada di Pulau Saba di Kepulauan Karibia yang berada di negara Belanda.

Selain itu, letak bandara ini termasuk mengerikan karena pada salah satu sisi berbatasan langsung dengan pegunungan dan pada kedua ujung landasan menghadap langsung ke laut. Walaupun letaknya mengerikan dan oleh pakar penerbangan disebut sebagai salah satu bandara paling berbahaya di dunia namun sampai saat ini belum pernah terjadi kecelakaan pesawat di Bandara Juancho E. Yrausquin.

Karena pendeknya landasan pacu yang dimiliki oleh Bandara Juancho E. Yrausquin mengakibatkan bandara ini tidak bisa didarati oleh pesawat jenis jet. Hanya pesawat kecil seperti Twin Otter atau helikopter saja yang bisa mendarat di bandara ini. Pesawat yang paling sering mendarat di bandara ini adalah pesawat Twin Otter dan BN-2 Islander.

Di sisi sebelah barat daya dari landasan pacu terdapat sebuah jalan landai yang memiliki helipad dan bangunan terminal bandara tempat dimana terdapat kantor Winair, imigrasi, keamanan dan pemadam kebakaran. Tempat pengisian bahan bakar pesawat tidak terdapat di sini. Walaupun begitu, Bandara Juancho E. Yrausquin memiliki satu-satunya maskapai yang melayani bandara ini, yaitu Winair.

Winair melayani penerbangan harian dengan rute ke Sint Maarten dan Sint Eustatius menggunakan pesawat DHC-6 Twin Otter. Penerbangan dari Bandara Juancho E. Yrausquin ke Bandara Sint Maarten hanya memakan waktu selama sekitar duabelas menit.

Sumber : utiket.com

Bandara Berbahaya Gibraltar


Saat berkendara di jalan raya kebanyakan kita berhenti untuk menunggu kereta api lewat, namun tidak demikian di Gibraltar. Di sini kamu perlu menunggu pesawat yang akan melintas. Bandara Internasional Gibraltar adalah satu-satunya bandara besar di dunia yang memiliki landasan pacu dengan empat perlintasan jalan raya.

Gibraltar adalah sebuah wilayah luar Inggris dengan pintu masuk Laut Mediterania selatan Spanyol. Dengan hanya 6,8 kilometer persegi dan 30.000 jiwa, pulau ini terhitung sangat kecil namun juga sangat strategis.

Bandara ini dibangun pada masa Perang Dunia Kedua ketika Angkatan Laut Inggris ditempatkan di sini, di Naval Base Gibraltar. Sebelumnya bandara ini dimiliki oleh Kementerian Pertahanan Inggris sebagai bandara militer dan hanya digunakan oleh Royal Air Force. Namun pemerintah sipil juga menggunakan bandara ini, saat ini setidaknya 7 penerbangan per hari berangkat dari bandara ini.


Bandara Gibraltar terletak hanya 500 meter dari pusat kota Gibraltar. Jalan yang memotong landasan pacu (Winston Churchill Avenue) adalah akses utama ke kota dan jalan raya dengan perbatasan Spanyol. Setiap kali pesawat akan mendarat atau lepas landas, jalan raya harus ditutup kurang lebih sekitar sepuluh menit sebelum penutupan total selama 2 jam perhari. Rencana telah dikembangkan untuk membangun terowongan dan dijadwalkan akan selesai pada tahun 2009 meski begitu, terowongan tersebut masih belum selesai.


Salah satu yang membuat bandara ini cukup berbahaya di dunia dikarenakan jalan raya sebagai landasan pacu serta akses utama bagi pengendara. Selain itu bandara ini juga memiliki landasan yang tidak biasa, yaitu: di kedua ujung landasannya berada di atas permukaan air laut. Karena bandara ini salah satu bandara berbahaya di dunia maka sangat diperlukan ketelitian pilot untuk dapat mendarat ataupun lepas landas dengan baik.



Sumber : utiket.com

Bandara Berbahaya St. Barthelemy


Bandara ini terletak di pulau Karibia Perancis Barthelemy. Pulau ini memiliki luas tanah hanya 21 Km2 dan berpenduduk kurang dari 10.000 jiwa. Bandara di sini juga dikenal sebagai Gustav III Airport (SBH), diambil dari Raja Gustav III asal Swedia yang dimiliki pulau kecil di abad 19.


Bandara ini hanya digunakan oleh pesawat kecil seperti Cessna dan Twin Otter yang mengangkut kurang dari 20 orang. Sedangkan pesawat yang lebih besar tidak dapat mendarat di sini karena landasan pacu hanya 650 meter. Bandara ini memiliki landasan pacu yang pendek sehingga membuat bandara ini cukup berbahaya. Namun sekarang tidak lagi, karena landasan berakhir di satu sisi pantai.


Sisi lain dari landasan pacu adalah sebuah bukit sehingga pesawat terbang harus terbang rendah di atas bukit dan turun dengan curam agar dapat menyentuh tanah. Di bukit ini juga terdapat jalan, dan jika kamu berada dijalan tersebut kamu harus benar-benar menunduk saat pesawat terbang berada di atas mu.

Sumber : utiket.com

Minggu, 29 Desember 2013

Lima Bandara Terbaik Di Dunia

Taukah kamu empat bandara terbaik di dunia berada di asia? Berdasarkan Skytrax International berikut ini adalah lima bandara terbaik di dunia, sebagian besar berada di Asia. Jadi jika kamu memiliki penerbangan dengan transit tidak ada salahnya untuk transit di salah satu bandara di bawah ini dan kamu dapat merasakan kenyamanan fasilitasnya, dijamin kamu tidak akan merasa bosan saat menunggu penerbanganmu berikutnya.

1. Chek Lap Kok International Airport, Hongkong

Dengan desain yang unik yang dirancang oleh Norman Foster & Partners, Bandara
Chek Lap Kok International Airport, Hongkong juga menjadi salah satu bandara tersibuk dan terbaik di dunia. Bandara ini juga memperoleh bintang lima dari Skytrax.

2. Changi Airport, Singapura

Changi Airport di Singapura adalah bandara kedua terbaik di dunia. Changi Airport telah beroperasi sejak tahun 1981. Sejak beroperasinya Changi Airport telah memenangkan tidak kurang dari 340 penghargaan Best Bandara dari survei dan organisasi yang berbeda.

3. Incheon International Airport, South Korea

Bandara Incheon beroperasi sejak 29 Maret 2001, meski bandara Incheon belum lama beroperasi namun bandara ini merupakan bandara salah satu tersibuk di dunia. Dan di tahun 2005 bandara Incheon menjadi bandara salah satu terbaik di dunia menurut Airport Council International sampai sekarang dengan memperoleh peringkat bintang 5 dari Skytrax.

4. Franz Josef Strauss Airport, Munich Germany

Beroperasi sejak 17 Mei 1992 dan bandara ini melayani 30-35 juta penumpang setiap tahunnya. Bandara ini di anugerahi bintang empat pada tahun 2010 yang menjadikannya bandara terbaik di Eropa oleh Skytrax Internasional.

5. Beijing Capital International Airport

Adalah bandara internasional utama yang melayani Beijing, Cina. Bandara ini dimiliki dan dioperasikan oleh Beijing Capital International Airport Company Limited. Beijing Airport merupakan bandara salah satu tersibuk dan pernah mendapatkan penghargaan pada tahun 2011 sebagai bandara salah satu terbaik berdasarkan kebersihan, keamanan, penanganan bagasi serta fasilitas yang ada. Dan pada tahun 2008 Bandara Beijing menambahkan terminal ketiga, terminal ketiga dari bandara Beijing merupakan terminal terbesar di dunia kedua setelah Terminal 3 Bandara International Dubai.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 28 Desember 2013

Bandara Tercantik di dunia Koh Samui


Siapa yang menyangka di Negara Thailand terdapat salah satu Bandara Tercantik di dunia. Bandara yang diberi nama Koh Samui atau Samui International Airport (IATA:USM, ICAO:VTSM) ini memang terkenal karena kecantikannya. Hal ini dikarenakan bandara ini menggunakan desain tradisional dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu bandara ini juga berdekatan dengan Pantai Bo Phut, sehingga semakin menambah kecantikan bandara Koh Samui.

Bukan hanya desainnya yang tradisional dan dikelilingi pemandangan alam yang sangat indah, akan tetapi bandara ini juga memiliki keistimewaan di bidang tata letak ruangan nya. Dimana bandara Koh Samui ini tidak memiliki ruangan sama sekali di area bandara, kecuali ruangan toko souvenir. Sehingga untuk area penumpang ditempatkan di area terbuka, dan bahkan saat penumpang berada di antara gate dan landasan pacu tidak ada pembatasnya sehingga penumpang yang masih berada di gate bisa dengan leluasa melihat aktifitas pesawat mendarat dan terbang.


Bandara yang sangat nyaman ini terletak di sekitar 2 km utara dari desa utama Chaweng, terletak di dekat Big Pier Buddha. Dimana Big Pier Budha merupakan tempat dimana kapal feri berangkat ke Kophangan, Koh Tao dan Chumphon yang berangkat dari Maenam Beach Pier, yang terletak 6 km barat laut dari bandara. Bandara dengan 2 terminal (domestic dan Internasional) ini di bangun diatas lahan seluas 800.000 m? dengan landasan pacu 1.800 m oleh Bangkok Airways pada tahun 1982 dan secara resmi dibuka pada 25 April 1989. Sesaat setelah dibuka, bandara ini langsung mendapatkan penghargaan Environment Impact Assessment Award. Penghargaan ini diberikan karena penggunaan daun palm yang diproduksi secara local dan alami serta system pendingin udara yang tidak lazim digunakan yakni penggunaan system pendingin udara terbuka.

Selain penghargaan itu, bandara Koh Samui juga memenangkan penghargaan kompetisi Outstanding Architecture yang diadakan oleh Siam Architects dibawah pengawasan Raja Thailand pada Tahun 1998. Beberapa tahun setelah diresmikan, bandara Koh Samui mengalami perombakan tepatnya pada tanggal 25 september 1997. Perenovasian ini berupa perubahan bandara menjadi bandara pabean dengan menambahkan beberapa fasilitas diantaranya, fasilitas imigrasi, pelayanan pajak, terminal baru dan penambahan rute penerbangan langsung menuju Samui.

Pada bulan Januari 2004, melakukan renovasi kembali. Yakni melakukan pelebaran bandara dan pembangunan 6 terminal baru yang terdiri dari 4 terminal domestik yang mulai difungsikan pada bulan Mei 2007 dan 2 terminal Internasional dengan luas seluruh area penumpang 73.000 m2 yang mulai difungsikan pada bulan September 2007. Sedangkan untuk landasan pacunya diperluas menjadi 2.100 m2, yang tentunya akan semakin menambah jumlah penumpang, yang diperkirakan akan mencapai 16.000 penumpang setiap hari nya dan akan mengalami peningkatan 6 juta penumpang per tahun nya.

Meskipun telah digunakan, namun grand opening baru dilakukan beberapa bulan berikutnya, tepatnya pada bulan Juli 2008. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan supaya bertepatan dengan dibukanya Samui Park Avenue yang dibangun di tengah-tengah terminal keberangkatan dan kedatangan di atas lahan seluas 6.400 m2. Inilah sedikit informasi mengenai salah satu bandara tercantik di dunia. Semoga dapat bermanfaat. Selamat jalan-jalan... semoga sampai tujuan dengan selamat.

Sumber : utiket.com

Bandara Internasional Kualanamu Nan Istimewa


Bandara Kualanamu merupakan salah satu bandara internasioanal yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Deli Serdang, Medan. Bandara Kualanamu merupakan bandara baru yang menggantikan Bandara Internasional Polonia Medan. Bandara Polonia memang sudah berusia lebih dari 70 tahun. Bandara Kualanamu mulai beroperasi pada tanggal 25 Juli 2013. Bandara Kualanamu sendiri mempunyai terminal penumpang dengan luas 6,5 hektar, fasilitas komersil seluas 3,5 hektar dan fasilitas kargo seluas 1,3 hektar. Sementara itu landasan pacunya memiliki panjang 3.750 meter.

Bandara ini dibangun dengan dua tahap dan digadang-gadang akan menjadi bandara tercantik di Indonesia. Berbagai fasilitas modern dan canggih sudah ada di sini. Bandara Kualanamu mempunyai 104 check-in counter dan sistem check-in counternya mempunyai model dan sistem yang mirip dengan Bandara Changi yang ada di Singapura. Bandara ini juga telah dilengkapi dengan transportasi kereta bandara pertama di Indonesia serta bangunan pelengkap lainnya yang ramah lingkungan.

Fasilitas bandara lainnya yang telah menggunakan teknologi canggih antara lain Common Use Passenger Processing System yang memungkinkan untuk menggunakan check-in counter secara bersama-sama, Baggage Handling System yang merupakan teknologi untuk layanan berupa konveyor angkutan bagasi penumpang usai melakukan cek in dan melakukan sortir otomatis terhadap bagasi tersebut untuk dikirim ke pesawat dengan tujuan dan nomor penerbangan secara akurat, Parking Management System merupakan sistem parkir bandara yang mampu memberi informasi secara rinci tentang jumlah parkir tersedia di tiap-tiap area, kapasitas parkir dan pembayarannya dengan electronic cash, serta masih banyak lagi sistem canggih lain yang telah digunakan oleh Bandara Kualanamu ini.

Bandara yang menjadi kebanggaan warga Sumatera Utara ini mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar daripada bandara sebelumnya, Bandara Polonia. Untuk itu Bandara Kualanamu diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan termasuk turis mancanegara untuk datang ke Sumatera Utara.

Sumber : utiket.com

Jumat, 27 Desember 2013

Kereta Batik Indonesia


Batik adalah salah satu kebanggaan Indonesia, belakangan ini batik tak hanya dikenal oleh bangsa Indonesia. Dunia internasional pun mengakui kecantikan batik Indonesia. Batik Indonesia sudah di tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009. Batik memang identik dengan kain, meskipun ada juga yang mengaplikasikan motif batik di sepatu, tas maupun benda lainnya. Namun PT KAI telah membuat suatu terobosan unik untuk mengenalkan dan menjunjung kebudayaan Indonesia yaitu dengan membuat kereta batik. Kereta batik ini pertama kali  diluncurkan pada tanggal 27 dan 28 Juli 2012 lalu. Kereta batik tersebut dilukis oleh lima orang konseptor dari Fakultas Seni Rupa dan Design ITB serta delapan orang teknisi dari MAP design. Kereta batik mempunyai panjang sekitar 21 meter dan tinggi lima meter. Kereta ini umumnya merupakan gerbong makan yang akan dipasang pada kereta api seperti KA Sancaka, KA Gajayana dan lain-lain. 

Bukan hanya gerbong kereta bagian luar yang bermotif batik, namun interior bagian dalam juga bermotif batik. Terdapat tiga jenis motif yang dipakai serta beberapa gambar tokoh pewayangan. Motif serta gambar juga mempunyai filosofi tersendiri. Seperti tokoh pewayangan Bima yang melambangkan kereta api akan menjadi pemimpin sarana transportasi di Indonesia. Hal ini didasarkan bahwa Bima merupakan pemimpin pasukan Pandawa. Kereta batik ini berhasil masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) serta museum rekor dunia. Kereta batik ini melayani perjalanan regular yang disambungkan dengan kereta Gajayana atau Sancaka, jadi siapapun bisa merasakan gerbong batik.

Sumber : utiket.com

Kamis, 26 Desember 2013

Cara Merubah Jadwal dan Pembatalan Tiket Kereta Api


Tidak hanya tiket pesawat saja yang bisa dirubah jadwal ataupun dibatalkan, tiket kereta api pun demikian. Yang berbeda hanya pada hal perubahan nama. Jika tiket pesawat memungkinkan untuk dilakukan perubahan nama penumpang, maka perubahan nama penumpang pada tiket KA tidak dapat dilakukan sejak bulan September 2012. Ada kalanya kita sudah memesan tiket kereta api jauh-jauh hari dan saat mendekati hari keberangkatan ada sesuatu hal yang mengharuskan kita untuk merubah jadwal atau bahkan membatalkannya. Tiket KA yang bisa dirubah jadwal atau dibatalkan adalah tiket KA untuk semua kelas: ekonomi, bisnis dan eksekutif dengan jarak menengah dan jauh. Di bawah ini merupakan tata cara perubahan jadwal dan pembatalan tiket kereta api:

Perubahan Jadwal Tiket KA

Perubahan jadwal hanya bisa dilakukan di semua loket stasiun online. Harap diingat bahwa batas waktu maksimal untuk perubahan jadwal tiket KA adalah satu jam atau 60 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta yang tercantum pada tiket. Jika kurang dari waktu tersebut maka tiket akan hangus. Kemudian di loket stasiun tersebut harus mengisi formulir permohonan perubahan jadwal dan menyerahkan tiket yang dilengkapi dengan fotokopi kartu identitas yang sesuai tertera pada tiket. Perubahan jadwal bisa dilakukan untuk semua tarif. Jika melakukan perubahan jadwal tiket KA dengan tarif yang lebih tinggi maka penumpang harus membayar kekurangan tersebut secara tunai. Sedangkan jika jadwal yang baru merupakan tarif yang lebih rendah maka tarif tersebut akan dianggap sama dengan tarif tiket sebelumnya dan tidak ada pengembalian dana.  Untuk proses perubahan jadwal ini dikenakan biaya sebesar 25% dari harga tiket. 

Pembatalan Tiket KA

Pembatalan tiket KA juga hanya bisa dilakukan di seluruh loket stasiun online di Indonesia dengan mengisi formulir permohonan pembatalan tiket kemudian menyerahkan tiket dan fotokopi kartu identitas sesuai dengan yang tercantum pada tiket. Batas waktu maksimal pembatalan tiket adalah 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang tercantum pada tiket. Jika kurang dari 30 menit maka tiket akan hangus. Untuk proses pembatalan tiket KA dikenakan biasa administrasi sebesar 25% dari harga tiket. Sedangkan untuk proses pengembalian dana tiket bisa secara tunai atau transfer dalam jangka waktu 30-45 hari. Jika menginginkan pengembalian dana secara tunai, pada formulir permohonan pembatalan tiket KA diisikan nama stasiun tempat dimana akan mengambil dana pengembalian tersebut. Jika menginginkan secara transfer, maka diisikan nomor rekening dan nama bank pada formulir tersebut.

Sumber : utiket.com

Rabu, 25 Desember 2013

Cara Memesan Tiket Kereta Api


Saat ini sudah tersedia banyak pilihan untuk memesan tiket kereta api. Anda tinggal menentukan cara mana yang menurut Anda lebih praktis. Namun harap diperhatikan bahwa terdapat perbedaan cara pemesanan tiket kereta api untuk kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Untuk pemesanan tiket KA kelas ekonomi pada dasarnya hanya bisa dilakukan melalui loket PT. KAI yang ada di stasiun KA. Sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif terdapat berbagai cara yang bisa digunakan untuk memesan tiket, diantaranya melalui:

Loket PT. KAI di Stasiun Kereta Api

Memang tidak dapat disangkal lagi bahwa memesan tiket KA melalui stasiun KA merupakan hal yang semua orang sudah mengetahui dan merupakan cara teraman karena loket penjualan tiket di stasiun KA merupakan pusatnya. Loket ini melayani pembelian tiket sejak 30 hari hingga tiga jam sebelum kereta berangkat. Pembeli pun bisa langsung membayar sesuai dengan harga tiket dan mendapatkan tiketnya. Untuk pembelian tiket dengan tarif reduksi pun hanya bisa dilakukan di loket ini.

Loket Penjualan Tiket di Kantor Pos, Agen dan Gerai Tiket KA

Saat ini sudah tersedia loket penjualan tiket KA di kantor pos, namun hanya terdapat di kantor pos yang sudah memiliki sistem online saja. Loket ini melayani pembelian tiket sejak 30 hari hingga dua hari sebelum jadwal keberangkatan kereta. Selain itu, saat ini juga sudah terdapat banyak agen tiket KA baik berupa travel agent ataupun perorangan. Untuk pembelian di gerai tiket KA bisa dilakukan antara lain di Indomaret, Alfamart, 7-Eleven, Lawson, dan Alfa Express. Pembeli bisa langsung membayar dan mendapatkan tanda bukti pembelian tiket yang berisi kode booking yang bisa digunakan untuk mencetak tiketnya di stasiun KA. Untuk pembelian tiket KA di semua tempat ini dikenakan tambahan biaya pemesanan dan tidak melayani pembelian tiket dengan tarif reduksi.

Menghubungi Call Center

Pembelian tiket KA juga dilayani melalui Call Center PT. KAI di nomor 121 atau 021-121/21391121. Layanan ini buka selama 24 jam. Saat menghubungi call center ini pembeli akan dimintai keterangan rute yang diinginkan dan identitas penumpang. Setelah itu akan diberi kode booking dan harus dibayar dalam jangka waktu maksimal tiga jam setelah pemesanan. Jika melebihi tiga jam belum dibayar maka tiket tersebut akan hangus. Untuk pembayaran tiket yang dipesan melalui call center bisa dilakukan melalui ATM, internet banking, gerai tiket KA dan kantor pos. Semua bentuk bukti pembayaran bisa digunakan untuk mencetak tiket di stasiun KA.

Memesan Online dan Melalui ATM

Terdapat banyak website yang menawarkan pembelian tiket KA secara online, salah satunya melalui website resmi PT. KAI. Selain itu, terdapat juga beberapa aplikasi ponsel yang memudahkan dalam pembelian tiket. Jika memesan secara online, maka pembayaran dilakukan sesuai dengan pembayaran yang diterapkan oleh masing-masing website dan aplikasi. Pembayaran untuk pemesanan online melalui website resmi PT. KAI bisa melalui ATM beberapa bank yang ditunjuk , seperti BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri dan lain-lain. Bisa juga melalui kantor pos, Indomaret, Alfamart, CIMB Clicks, e-Commerce BCA dan kartu kredit. Kalau nggak mau ribet bisa juga langsung memesan melalui ATM terdekat. PT. KAI sudah bekerja sama dengan beberapa bank dalam hal pembelian tiket langsung melalui ATM.

Menggunakan Rail Card dan Drive Thru

Rail Card merupakan pengganti uang tunai untuk membeli tiket KA dalam bentuk kartu prepaid. Selain itu, kartu ini juga berfungsi sebagai kartu keanggotaan KA. Kartu perdana Rail Card seharga Rp. 20.000 dan dapat diisi ulang hingga Rp. 1.000.000. Kartu ini bisa diperoleh melalui berbagai kantor cabang BNI dan customer service di stasiun KA. Penggunaannya melalui Rail Box yang tersedia di berbagai stasiun besar, mall dan berbagai tempat yang telah ditentukan. Selain itu, pemesanan tiket Drive Thru pun telah disediakan oleh PT. KAI. Namun saat ini baru terdapat di beberapa stasiun saja, seperti Stasiun Gambir, Cirebon dan Semarang Tawang. Layanan Drive Thru ini buka pada pukul 07.00-19.00 WIB. 

Sebagai catatan, pencetakan tiket dari semua bentuk bukti pembayaran tiket KA harus dilakukan maksimal satu jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Nah, sangat mudah dan banyak pilihan kan untuk memesan tiket KA?

Sumber : utiket.com

Selasa, 24 Desember 2013

Tetap Aman dan Nyaman Bepergian dengan Kereta Api



Pulau Jawa dan Sumatera memiliki kereta api sebagai salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh penduduk di kedua pulau tersebut. Bepergian dengan menggunakan kereta api akan tetap nyaman dan aman dengan beberapa tips berikut ini:

Pesan tiket jauh hari dan hindari calo

Jika merencakan bepergian dengan kereta api pada saat liburan, terutama menjelang hari raya atau liburan sekolah,  sebaiknya Anda memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket. Karena biasanya pada waktu-waktu tersebut Anda harus bersaing dengan para penumpang lain yang juga ingin berlibur menggunakan kereta api. Perlu diketahui bahwa tiket dapat di pesan H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan. Jadi, lebih cepat lebih baik. Hindari juga pembelian tiket melalui calo karena hanya akan merugikan Anda. So, Anda harus benar-benar gesit untuk memesan tiket pada saat high-season. 

Hitung durasi perjalanan

Saat ini sangat mudah untuk mengetahui jadwal perjalanan kereta api karena sudah bisa diakses secara online. Hitunglah lamanya perjalanan yang akan Anda tempuh sehingga Anda bisa memberi kabar pada orang di tempat tujuan atau bisa juga untuk menghindarkan diri terjebak kemacetan dalam perjalanan setelah keluar dari stasiun. Jangan lupa pula untuk datang lebih awal dari jam keberangkatan agar Anda tidak ketinggalan kereta.

Bawalah barang seperlunya

Membawa barang seperlunya berlaku bagi siapa saja yang bepergian dengan menggunakan moda transportasi umum. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kerepotan sendiri selama perjalanan. Membawa barang dalam jumlah banyak, selain menyusahkan Anda untuk membawanya juga bisa menggangu kenyamanan penumpang lainnya dan Anda pun akan kesulitan untuk mengawasinya.

Waspada terhadap tindak kriminal

Tetaplah waspada dimanapun Anda berada terutama saat sedang dalam perjalanan karena Anda tidak akan tahu siapa sebenarnya yang berada di samping Anda. Hindari untuk berpakaian dan menggunakan perhiasan yang berlebihan karena hal itu hanya akan memancing para pelaku tindak kriminal beraksi dengan cepat. Jaga agar pikiran Anda tidak kosong sehingga tidak menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan dengan cara hipnotis.

Periksalah barang bawaan sebelum turun

Anda bisa memperhitungkan kapan harus bersiap-siap turun karena pada saat kereta berhenti dan menurunkan semua penumpang maka bisa dipastikan para penumpang yang ada di dalam kereta tersebut juga akan menurunkan barang bawaannya. Tak usah panik, pastikan Anda telah memeriksa semua barang bawaan Anda sebelum turun agar tidak ada barang yang tertinggal.

Sumber : utiket.com

Taman Terbaik Se-Asia Ada Di Indonesia: Taman Bungkul, Surabaya



Sekilas tentang Taman Bungkul

Arek-arek Surabaya tentunya sangat bangga, tidak hanya warga Surabaya tentunya karena baru-baru ini taman yang berlokasi di di Jalan Raya Darmo ini menerima penghargaan internasional "The 2013 Asian Townscape Sector Award" dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).  Penghargaan bergengsi tersebut di serahkan di Jepang pada tanggal 26 November 2013. Taman ini pertama kali diresmikan pada tanggal 21 Maret 2007. Berbagai fasilitas pendukung seperti jogging track, skateboard serta BMX track, taman bermain untuk anak-anak, area taman hijau yang dilengkapi dengan kolam air mancur hingga zona akses free Wifi pun turut melengkapi. 

Walikota Surabaya yakni Tri Rismaharini mengatakan bahwa penilaian yang paling menonjol dari Taman Bungkul didasarkan atas fungsi sosial, budaya, rekreasi serta pendidikan. Selain itu keindahan design dan lingkungan yang asri juga menjadi salah satu dasar penilaiannya. 

Setiap harinya Taman Bungkul selalu ramai oleh pengunjung. Tidak peduli tua, muda, kaya dan miskin semua beramai-ramai mengunjungi taman ini. Mereka biasanya memanfaatkanya untuk sekedar bersantai, berolahraga hingga belajar bersama. Jadi sudah seharusnya kita bangga dan turut menjaga, merawat dan melestarikan keberadaan taman ini  dengan hal kecil, jangan membuang sampah sembarangan. Go Green :)

Sumber : utiket.com

Senin, 23 Desember 2013

Tips Meninggalkan Rumah Saat Traveling


Banyak hal yang harus kita persiapan saat akan pergi traveling. Bukan hanya jadwal perjalanan dan biaya traveling, namun keamanan rumah Anda juga harus diperhatikan. Traveling bersama keluarga akan terasa lebih menyenangkan jika Anda Anda telah mempersiapkan semuanya. Rasa khawatir saat pergi meninggalkan rumah kosong tanpa penjagaan yang tepat akan menimbulkan perasaan khawatir yang bisa mengganggu liburan Anda bersama keluarga. Berikut ada beberapa tips untuk mengamankan rumah Anda saat traveling:

Pastikan semua pintu terkunci

Hal utama yang harus dilakukan sebelum Anda berangkat traveling bersama keluarga yaitu tutup dan kunci seluruh jendela dan pintu rumah. Lakukan pengecekan berulang-ulang untuk memastikan bahwa semuanya telah aman. Selain itu Anda bisa menambahkan kunci atau gembok tambahan pada pintu pagar. Masukan kunci rumah di koper atau tas yang aman. Ingat jangan sampai hilang maupun ketinggalan.

Jangan ragu untuk minta bantuan tetangga
Tentu Anda mempunyai tetangga rumah bukan? Anda bisa meminta tolong kepada tetangga untuk turut menjaga rumah Anda saat Anda pergi. Selain itu dengan memberitahu kepada tetangga, Anda juga bisa mengecek keadaan rumah Anda setiap harinya dengan telpon ataupun mengirim SMS kepada tetangga. Tetangga juga bisa memberitahu tamu yang mencari Anda bahwa Anda sedang tidak berada di rumah.

Jangan lupa matikan barang eletronik

Sebelum melakukan perjalanan, amankan semua barang elektronik. Cabut aliran listriknya untuk menghindari resiko konsleting saat Anda tinggalkan untuk bepergian. Namun tak ada salahnya Anda menyalakan lampu luar untuk memberikan penerangan pada rumah dan tentu saja untuk mencegah maling memasuki rumah. Selain listrik, usahakan aliran gas kompor juga terhenti. Sebaiknya tutup tabung dengan kain basah agar lebih aman.

Simpan barang berharga di tempat aman
Barang-barang yang dirasa penting dan berharga termasuk surat-surat penting dan perhiasaan harus disimpan dengan benar. Bila perlu Anda bisa menyiapkan koper khusus untuk menyimpan benda-benda berharga Anda. Jangan lupa untuk menguncinya dengan aman dan menaruhnya ke dalam lemari yang terkunci.

Pastikan rumah dalam kondisi baik

Sebelum traveling ada baiknya Anda melalukan pengecekan seluruh bagian rumah terlebih dahulu beberapa hari sebelum Anda berangkat. Jangan sampai Anda meninggalkan rumah dalam keadaan kosong sementara atap-atap atau temboknya bocor. Periksa juga kran air, jangan sampai rumah tergenang air saat Anda tinggal berpergian.

Sumber : utiket.com

Minggu, 22 Desember 2013

Tips Menghindari Taksi Nakal Saat Traveling


Taksi merupakan salah satu alat transportasi yang dengan mudah bisa kita temui di kota-kota besar. Alat transportasi ini juga sangat nyaman dibandingkan alat transportasi lainnya seperti bus kota yang harus berdesak-desakan di dalamnya. Selain itu, taksi juga lebih praktis karena kita tinggal duduk santai di dalam maka supir taksi akan mengantar kita tepat di tempat tujuan. Namun seringkali kita merasa ragu untuk menggunakan taksi mengingat banyaknya supir-supir taksi nakal yang hanya ingin mencari keuntungan dari penumpang apalagi jika mereka tahu bahwa Anda seorang turis. Banyak pula kejahatan terjadi di taksi namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari para oknum taksi nakal:

Pilih Argo

Biasanya ketika Anda akan menaiki taksi, beberapa supir taksi akan menawarkan harga untuk mencapai tempat tujuan. Namun Anda harus jeli, jangan mudah percaya. Mintalah supir taksi untuk tetap menyalakan argonya agar Anda tahu berapa harga yang sebenarnya. Siapa tahu akan jauh lebih murah. Jika supir taksi tetap tidak mau juga, lebih baik cari taksi yang lain saja.

Pastikan Arah Jalannya

Supir taksi yang nakal akan membuat perjalanan Anda jauh lebih lama dibanding dengan yang seharusnya. Untuk itu sebaiknya Anda pastikan dahulu arah jalannya. Anda bisa menanyakannya ke orang atau gunakan teknologi yang ada. Dengan smartphone Anda bisa menggunakan failitas GPS agar lebih pasti.

Cari Informasi

Sebaiknya Anda juga mencari informasi terlebih dahulu tentang tarif taksi untuk rute Anda. Anda bisa mencari informasi via internet agar nantinya Anda bisa memperkirakan kisaran tarifnya. Ini penting untuk menghindari pembengkakan tarif yang mungkin bisa direkayasa.

Cek Kelengkapan Taksi

Anda bisa meminta kepada petugas bandara atau hotel untuk memanggilkan taksi saat Anda masih berada di bandara atau hotel. Anda juga bisa menggunakan taksi resmi yang ada di sana karena keamanannya tentu akan lebih terjamin. Namun jika Anda telah berada di jalanan di kota, sebelum memilih taksi ada baiknya Anda mengecek semua kelangkapannya mulai dari nomor kendaraan, nama perusahaan taksi sampai nama supir taksi penting untuk Anda lihat.

Siapkan Uang Receh

Pecahkan uang Anda menjadi uang recehan atau uang kecil agar nantinya tidak merepotkan Anda saat harus membayar, salah satunya saat membayar taksi. Ada kasus dimana supir taksi mengaku tidak punya kembalian sehingga Anda harus merelakan kembalian Anda. Bayarlah dengan uang yang pas saja agar tidak menjadi alasan supir taksi untuk mencari keuntungan lebih dari Anda.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 21 Desember 2013

Bandara Jakarta Akan Terjadi Banyak Penundaan Penerbangan


Terbang ke atau dari Jakarta seringkali terjadi penundaan. Maskapai penerbangan sering disalahkan tetapi ada satu alasan mengapa hal itu terjadi: Bandara Soekarna-Hatta merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia yang hanya mempunyai dua landasan pacu.

Bandara Soekarna-Hatta (Soetta) dibangun di akhir tahun 80an disaat jumlah penumpangnya masih sedikit. Dua terminal asli, terminal 1 dan 2 dibangun dengan kapasitas masing-masing terminal 9 juta penumpang per tahun. Terminal baru, terminal 3 mempunyai kapasitas 4 juta penumpang per tahun sehingga totalnya 22 juta penumpang. Tetapi pada tahun kemarin penumpang Soetta mencapai 52 juta penumpang, meningkat 19.3% dalan setahun.

Terminal tersebut sangat kecil khususnya di terminal domestik, Terminal 1, yang digunakan oleh sebagian besar pesawat domestik seperti Lion Air, Batavia dan Sriwijaya Air. Satu gerbang dan ruang tunggu seharusnya digunakan untuk satu penerbangan keberangkatan, tetapi sekarang ada banyak penerbangan keberangkatan sehingga ruang tunggunya digunakan oleh dua atau tiga penerbangan, menjadikannya cukup membingungkan saat boarding penerbanganmu. Di menit terakhir perubahan gerbang biasa terjadi.

Bandara Soekarno-Hatta berada di urutan 12 dalam daftar bandara tersibuk di dunia


Dengan 52 juta penumpang di tahun kemarin, Bandara Soekarno-Hatta berada di urutan 12 dalam daftar bandara tersibuk di dunia. Tetapi kebanyakan bandara di dunia memiliki tiga landasan pacu atau lebih.

Bandara di dunia yang memiliki dua landasan pacu dengan jumlah penumpang yang berlebih adalah Bandara Heathrow London dan Bandara Hong Kong. Tetapi mereka banyak digunakan untuk penerbangan jarak jauh menggunakan pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747 yang membawa penumpang lebih banyak dari pesawat lainnya. Dan juga, bandara tersebut mempunyai penerbangan 24 jam dalam sehari sementara Soekarno-Hatta cukup banyak ditutup dari jam 00.00 sampai jam 05.00 pagi hari.

Bandara Soekarno-Hatta pada tingkat pergerakan penerbangan maksimum

Bandara Soekarno-Hatta bisa mengatasi pada saat bandara tersebut berada pada tingkat pergerakan penerbangan maksimum. Hal ini sangat biasa terjadi akhir-akhir ini ketika kamu sudah naik ke pesawat dan pesawatnya meluncur ke landasan pacu kadang-kadang harus menunggu setengah jam sebelum lepas landas. Hal itu dikarenakan adanya kepadatan lalu lintas pesawat yang menunggu untuk lepas landas.

Pengendali lalu lintas udara melakukan tugasnya dengan luar biasa dalam menjalankan tugasnya yang rumit tetapi tetap harus dilakukan yang pastinya menyebabkan sakit kepala, dan juga dalam masalah penanganan jadwal penerbangan. Jika pesawat terlambat berangkat 30 menit dari yang dijadwalkan, berarti pesawat juga akan terlambat datang 30 menit juga. Para penumpang tidak hanya akan ketinggalan penerbangan sambungan mereka, hal ini juga menyebabkan penerbangan selanjutnya dengan pesawat kecil akan tertunda juga. Masalah kapasitas di Jakarta menyebabkan penundaan di seluruh negeri.

Permasalahan ini akan menjadi sangat jelas ketika terjadi kecelakaan di Soekarno - Hatta, misalnya saat pesawat mengalami kecelakaan atau ada oli tumpah di landasan pacu. Landasan pacu tersebut akan ditutup selama beberapa waktu sehingga menyebabkan terjadinya masalah yang besar tidak hanya di bandara Jakarta, tetapi di seluruh negeri. London dan Hong Kong memiliki beberapa bandara utama yang berdekatan sehingga ketika sewaktu-waktu terjadi penutupan di satu bandara bisa di alihkan ke bandara yang terdekat, sedangkan Jakarta tidak memiliki hal semacam itu. Bandara yang terdekat dari Jakarta yaitu bandara Bandung yang hanya memiliki kapasitas satu juta penumpang per tahun dan satu landasan pacu yang pendek.

Belum keputusan landasan pacu ketiga

Angkasa Pura II, pemilik bandara Soekarno-Hatta mengeluarkan biaya sebesar 11 triliun Rupiah (1.2 milyar Dolar) dalam pembangunan terminal baru, memperbaiki bangunan lama dan konstruksi landasan pacu ketiga. Dalam dua tahun ke depan, terminal yang ada bisa menampung sampai 62 juta penumpang per tahun. Landasan pacu yang ketiga awalnya dijadwalkan akan siap dipakai pada tahun 2014, tetapi keputusan mengenai hal ini belum dibuat dan lahan yang dibutuhkan belum didapatkan. Ada begitu banyak pembicaraan mengenai pembangunan bandara baru di Karawang. Kemungkinan besar hal itu akan memakan waktu beberapa tahun lagi sebelum masalah landasan pacu teratasi.

Saat pemerintah sedang membahas dan mempertimbangkan, semua maskapai penerbangan sedang memesan pesawat baru. Pada tahun depan lebih dari seratus pesawat baru akan dikirim ke Garuda, Mandala, Lion Air, Sriwijaya dan maskapai penerbangan lainnya. Kebanyakan dari pesawat-pesawat itu akan digunakan untuk terbang ke atau dari Jakarta. Apa yang terjadi pada jalanan di Jakarta (banyak mobil baru tapi tidak ada penambahan jalan) akan terjadi di bandara juga. Di tahun-tahun mendatang, akan terjadi penundaan yang lebih lama dan ingat, maskapai penerbangan tidak harus selalu disalahkan.

Sumber : utiket.com

Jumat, 20 Desember 2013

Tips Menyimpan Mata Uang Asing saat Traveling




Dollar merupakan mata uang yang paling fleksibel untuk digunakan saat Anda traveling ke luar negeri. Meski begitu mata uang dollar AS perlu perlakuan khusus agar nilai tukarnya tidak turun dan akhirnya hanya akan merugikan Anda. Ada beberapa trik yang harus diperhatikan untuk menyimpan dollar agar tidak merugikan Anda:

Mintalah dollar terbaru saat penukaran


Saat Anda menukarkan uang rupiah Anda di money changer di Indonesia, mintalah dollar dengan terbaru. Jika Anda menukarkan saat ini berarti Anda harus meminta dollar dengan cetakan 2013 atau minimal tahu 2012. Karena semakin tua tahun cetakannya, maka kemungkinan besar nilai tukarnya juga akan semakin turun. Money changer mungkin tidak akan memberitahu Anda tentang hal ini namun Anda harus lebih teliti dan ingat bahwa Anda berhak meminta info kepada mereka.

Tempatkan dollar dengan benar dan hati-hati

Saat Anda menukarkan uang dollar di money changer yang masih rapi dan belum terlipat atau rusak  maka nilai tukarnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan dollar yang sudah terlipat atau sedikit rusak. Untuk itu agar Anda tidak merugi nantinya, simpan uang dollar Anda dengan baik. Taruh di amplop jangan di dompet kecuali uang dollar pecahan kecil yang memang akan Anda gunakan untuk berbelanja bisa Anda simpan di dompet. Namun untuk uang dollar yang kemungkinan masih bisa ditukarkan nanti Anda wajib menjaganya dengan baik.

Belanjakan uang dollar dari pecahan terkecil


Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda menukarkan uang dollar pecahan kecil di money changer yang ada di Indonesia maka uang anda tersebut akan dihargai lebih murah. Untuk itu jika Anda berniat menyisakan uang dollar Anda maka Anda harus menjaga pecahan 100 dollar sedangkan untuk belanja gunakan pecahan yang paling kecil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian Anda jika nantinya Anda akan menukarkan uang dollar Anda kembali saat pulang ke Indonesia.

Hati-hati menukar dollar di luar negeri


Jika Anda menukarkan dollar di luar negeri maka Anda harus hati-hati dan teliti. Perhatikan setiap lembar uang dollar yang Anda terima. Jangan menerima uang dollar yang sudah rusak, kusut, atau ada cap dan tulisannya. Bentuk kerusakan seperti apapun pada dollar Anda bisa mengurangi nilai tukar dollar Anda di money changer Indonesia nantinya.

Belanjakan dollar yang cacat

Jika Anda ternyata mendapatkan dollar yang sudah kusut, cacat ataupun bercap sebaiknya gunakan dollar tersebut untuk berbelanja karena para pedagang di negara tujuan Anda tidak akan mempermasalahkan hal itu dan berarti nilai mata uang tersebut tidak turun.

Sumber : utiket.com

Kamis, 19 Desember 2013

Tips Berpetualang di Gua



Menjelajahi gua merupakan kegiatan wisata yang menantang sekaligus seru. Terdapat dua jenis gua yang bisa dijelajahi, yaitu gua kering dan gua yang bersungai. Sebelum menjelajahi gua, perhatikan beberapa tips berikut ini agar kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Siapkan badan yang fit dan mental

Salah satu hal terpenting sebelum memulai semua kegiatan wisata terutama untuk menjelajahi gua adalah tubuh yang fit. Pastikan Anda dalam keadaan fit sebelum menjelajahi gua. Dan ingat jangan memaksakan diri jika memang merasa dalam keadaan yang kurang fit karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Persiapan mental juga perlu Anda lakukan mengingat kondisi di dalam gua yang tentunya berbeda dengan di luar gua.

Jangan merusak alam

Dimanapun Anda berada, tentunya Anda tidak boleh melakukan pengrusakan. Saat menjelajah gua Anda akan menemui keadaan alam dan ekosistem yang berbeda dengan kehidupan Anda sehari-hari. Tetap jaga kelestariannya dan jangan merusak apapun, seperti mamatahkan atau mencabut tanaman, mencorat coret dinding dua maupun mematahkan stalaktit dan stalakmit.

Kenali jenis guanya

Sebaiknya Anda mengenali jenis gua yang akan Anda jelajahi agar bisa mendapatkan gambaran. Jika mengunjungi gua yang menjadi sarang kelelawar atau hewan lainnya, sebaiknya jangan berisik saat menjelajah agar tidak mengganggu mereka. Namun jika yang akan dijelajahi merupakan gua yang memiliki sungai dan Anda tidak bisa berenang, pastikan Anda melaporkan diri terlebih dahulu ke pemandu wisata di gua tersebut agar mendapatkan pengawasan khusus.

Berpakaian yang sesuai

Kemanapun Anda pergi, berpakaianlah yang sesuai dengan tujuan Anda. Kenakan pakaian yang nyaman, tertutup dan alas kaki yang tidak licin saat Anda menjelajahi gua. Pakaian tertutup akan lebih bisa melindungi tubuh Anda jika sewaktu-waktu Anda terjatuh. Kenakan pula perlengkapan keamanan selama menjelajahi gua agar agenda wisata Anda berjalan dengan aman.

Sumber : utiket.com


Rabu, 18 Desember 2013

Bandara Internasional Lombok Resmi Beroperasi


Bandara Internasional Lombok beroperasi dengan resmi menggantikan Bandara Selaparang Mataram, yang di tandai dengan mendaratnya pesawat Garuda Boing 737-800 ER di landasan pacu 2750 meter Bandara Internasional Lombok ( BIL ).

BIL terletak di Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut Lombok Tengah, sekitar 21 Km dari Mataram Ibukota NTB. Bandara Selaparang resmi di tutup sejak pukul 18.00 wita, tanggal 30 September 2011. Dengan digantikannya Bandara Selaparang dengan Bandara Internasional Lombok diharapkan mampu memicu perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB.

Bandara Internasional Lombok dengan luas 551 hektar ini merupakan Bandara terluas ke dua setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pembangunan Bandara Internasional Lombok cukup memakan waktu yang lama mencapai belasan tahun dengan biaya hampir Rp 1 trilyun tepatnya Rp 945,8 miliyar. Anggaran pembangunan Bandara Internasional lombok sebagian besar berasal dari PT. Angkasapura I

Jalan Menuju BIL belum selesai

Secara keseluruhan jalan menuju BIL belum selesai di kerjakan, baru sekitar 60 persen namun ruas jalan tersebut sudah bisa di gunakan. Saat ini, sudah terbangun ruas jalan akses BIL sepanjang 21,3 kilometer dari kawasan bandara di Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, hingga Patung Sapi di Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Pembangunan jalan tersebut menggunakan skema dua jalur empat lajur (ring road) diperkirakan pembangunan dua jalur empat lajur tersebut selesai pada akhir desember 2011.

Sumber : utiket.com

Selasa, 17 Desember 2013

Tips Packing Dengan Cepat


Mungkin Anda pernah mengalaminya traveling dadakan tanpa rencana, yang paling membingungkan Anda pasti pada saat packing. Karena pada saat packing dadakan Anda dituntut mempersiapkan semua barang yang di butuhkan dengan cepat dan tepat. Berikut ini adalah tips bagaimana cara cepat untuk packing yang bisa Anda tiru:

Gunakan tas yang sudah terbiasa Anda pakai

Dengan menggunakan tas yang sudah biasa di pakai bisa meminimalis kemungkinan barang tertinggal. Tas yang sering Anda gunakan biasanya didalamnya sudah tersimpan alat-alat yang sering Anda bawa sehari-hari, sehingga Anda tak perlu lagi menyiapkan hal-hal kecil seperti alat-alat dandan, atau parfum yang setiap hari Anda bawa.

Tahu barang apa saja yang akan di bawa

Anda sudah harus tahu barang-barang apa saja yang wajib Anda bawa, jika tidak waktu Anda akan habis di depan lemari untuk memilih barang-barang apa saja yang mungkin akan Anda bawa. Contoh barang-barang yang wajib Anda bawa saat berpergian yaitu, baju, celana, perlengkapan mandi dan gadget.

Pilih Baju Favorit dengan warna-warna netral

Baju favorit adalah baju yang paling nyaman untuk Anda pakai, jadi bagaimanapun kondisinya disana Anda tetap nyaman dan pede menggunakan baju itu. Pilihlah baju-baju favorit Anda untuk menemani Anda bertraveling. Usahakan baju tersebut berwarna netral agar bisa Anda padu padankan dengan mudah, contoh celana hitam, baju putih atau cream.

Alat mandi dan Dompet jangan ketinggalan

Yang paling penting dan paling sering terlupakan saat Anda packing terburu-buru yaitu membawa peralatan mandi dan handuk. Walaupun terlihat sepele tapi akan cukup merepotkan Anda saat Anda kelupaan membawanya. Apalagi jika Anda sampai terlupa membawa dompet Anda, bisa-bisa acara traveling Anda akan kacau.

Bawa semua gadget

Di perjalanan dan di tempat tujuan gadget akan sangat Anda butuhkan. Oleh karena itu jangan ragu untuk membawa semua gadget Anda, jangan lupa juga bawa chargernya. Gadget akan membuat acara traveling Anda lebih menarik.

Sumber : utiket.com
 

Senin, 16 Desember 2013

Crew Cabin, tidak semua yang mereka lakukan itu mencari yang cantik


Pada setiap penerbangan, awak kabin diwajibkan memberikan petunjuk keselamatan, mengurus catering atau penjualan produk dan mengurus kesejahteraan para penumpang, dalam penerbangan. Tugas utama dari pramugari adalah berkaitan dengan keselamatan penumpang dan harus dilakukan dengan serius serta penuh tanggung jawab. Ketika kamu meminta secangkir kopi kepada pramugari yang menawan yang berjarak 10 kilometer dari bumi, kita harus menyadari bahwa itu tidak mungkin untuk dapat melayani kamu, dikarenakan jarak yang jauh.

Berbagai keterampilan dan pelatihan jauh hubungannya dengan penuangan kopi, tetapi kualifikasi seorang pramugari harus dijalani untuk diperbolehkan bekerja di pesawat terbang. Misalnya, apakah kamu tahu bahwa untuk menjadi pramugri, seseorang diwajibkan menjalani dan menyelesaikan kursus hingga enam bulan fokus utama dari pelatihan adalah keamanan. Berdasarkan standar internasional, dibutuhkan awak pesawat untuk menangani berbagai keadaan darurat.

Semua awak kabin telah dilatih tentang bagaimana pertolongan pertama contohnya pendarahan hidung, penyakit, dan luka kecil. Selain itu, awak pesawat harus tahu bagaimana cara menangani penumpang yang mabuk, agresif dan cemas. Pelatihan darurat mencakup, persiapan sebelum lepas landas dan keterampilan tentang bagaimana caranya bertahan hidup setelah melakukan pendaratan darurat. Pikirkan tentang semua hal yang bisa terjadi ketika sedang di pesawat: kebakaran, pada papan, kelahiran, kematian, pembajakan atau hilangnya tekanan kabin, awak kabin telah dilatih dan memenuhi syarat untuk menangani situasi ini. Selain pelatihan keselamatan menyeluruh, jam kerja di udara sangat lama dan tidak teratur, tak jarang para pramugari harus meninggalkan rumah di pagi hari dan kembali dilarut malam. Pramugari tidak adalah pekerjaan mudah, seperti yang terlihat. Memiliki pengalaman atau cerita menarik tentang awak kabin untuk berbagi?

Sumber : utiket.com

Minggu, 15 Desember 2013

Alasan Penutup Jendela Terbuka Saat Take-Off dan Landing



Pastinya anda sudah mengetahui bahwa pada saat melakukan penerbangan, sekat penutup penumpang harus terbuka pada saat pesawat take-off maupun landing. Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut yang terlihat sepele penting untuk anda perhatikan:

Adaptasi mata

Seperti anda ketahui, segala sesuatu pastilah butuh adaptasi dengan keadaan sekitar. Begitu juga halnya dengan indera mata anda. Indera mata akan butuh waktu beradaptasi untuk menyesuaikan dari cahaya terang ke cahaya yang agak gelap, begitu juga sebaliknya. Pada saat posisi sekat jendela dalam keadaan terbuka indera mata kita tidak perlu beradaptasi dengan perbedaan cahaya yang ada di luar maupun di dalam pesawat. Namun jika penerbangan dilakukan pada malam hari, biasanya lampu di dalam pesawat yang dimatikan untuk menyesuaikan indera mata anda.

Mengetahui hal darurat

Jika sekat jendela dibiarkan dalam keadaan terbuka, pada saat terjadi kebakaran atau terjadi suatu masalah pada bagian luar pesawat, penumpang dapat melihat dan segera memberitahukan kepada awak pesawat. Dengan keadaan tersebut memungkinkan awak pesawat untuk melakukan tindakan lebih lanjut sesuai prosedur.

Memudahkan bantuan

Dengan posisi sekat jendela terbuka, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, pihak tim penolong akan mudah untuk melihat bagian dalam pesawat tersebut. Sehingga tindakan apa saja yang akan dilakukan oleh tim penolong dapat diusahakan dengan melihat kondisi di dalam pesawat.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 14 Desember 2013

Tips Terbang Di Malam Hari


Bagi sebagian orang, melakukan penerbangan pada tengah malam hari sudah bukan merupakan hal yang baru lagi. Namun bagi Anda yang belum pernah mengalaminya, tentu hal tersebut bisa menimbulkan kendala tersendiri apalagi jika Anda merupakan orang yang tidak bisa melek di tengah malam. Penerbangan pada tengah malam hari terdapat pada beberapa tujuan penerbangan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya wilayah timur Indonesia, negara-negara Eropa dan Timur Tengah. Berikut ini terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika pada tiket yang sudah di tangan Anda terdapat penerbangan pada tengah malam hari:

Makan dan bawa bekal sebelum ke bandara

Makan bisa jadi merupakan hal yang terdengar sepele bagi Anda, namun jangan abaikan hal itu saat Anda memiliki jadwal penerbangan di tengah malam hari. Makanlah sebelum Anda berangkat ke bandara atau bisa juga membawa bekal. Hal tersebut untuk mengantisipasi kelaparan selama penerbangan dan belum tentu juga toko-toko makanan di bandara buka pada tengah malam hari.

Datang ke bandara on-time

Biasanya pesawat yang memiliki jadwal penerbangan pada tengah malam hari selalu on-time. Begitu pula dengan counter check-in di bandara juga selalu on-time. Untuk itu sebaiknya Anda juga on-time untuk datang ke bandara agar tidak ketinggalan pesawat.

Istirahat yang cukup pada siang hari

Penerbangan pada tengah malam tentunya membutuhkan energi ekstra bagi Anda yang terbiasa beristirahat pada jam tersebut. Untuk menyiasatinya, Anda bisa beristirahat yang cukup pada siang hari. Atau jika Anda mendapatkan penerbangan transit, Anda bisa menggunakan penerbangan sebelumnya untuk beristirahat di dalam pesawat. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda tetap terjaga selama menunggu penerbangan pada tengah malam.

Tidur selama penerbangan

Anda bisa memanfaatkan waktu selama penerbangan pada tengah malam hari untuk tidur. Lagipula tidak ada pemandangan yang bisa Anda lihat selama penerbangan pada tengah malam hari selain kemerlipnya lampu-lampu. Selain itu, waktu penerbangan pada tengah malam hari juga merupakan waktu istirahat Anda bukan?

Sumber : utiket.com