Kamis, 31 Oktober 2013

Tips Memilih Tempat Makan Saat Traveling



Anda mungkin pernah mengalaminya: bingung memilih tempat makan saat Anda sedang traveling. Apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama Anda ke tempat tersebut. Makanan yang lezat tidak melulu ada di restoran mewah. Jangan ragu untuk mencoba warung-warung pinggir jalan yang juga menyajikan hidangan yang tak kalah lezat. Namun jangan asal memilih tempat makan. Perhatikanlah beberapa hal seperti di bawah ini :

Cari review dari teman maupun media

Cari review tempat makan dari teman ataupun media karena tempat makan yang memang sudah terkenal biasanya banyak direkomendasikan. Memang tak salah jika Anda ingin mencoba tempat makan baru, tapi Anda tetap harus mencari infonya terlebih dahulu, apalagi soal makanan. Jangan sampai Anda menyesal.

Perhatikan kebersihan tempat

Dimanapun tempat makan yang akan Anda kunjungi, baik di restoran maupun pedagang kaki lima, yang harus Anda perhatikan pertama kali yaitu kebersihannya. Kebersihan tempat akan menjamin bahwa makanan yang Anda makan juga bersih. Makan di pinggir jalan bukan berarti mengesampingkan hal satu ini karena banyak juga tempat makan di pinggir jalan yang sudah memperhatikan kebersihan tempat dan makanannya.

Lihat banyaknya pengunjung

Yang paling mudah untuk melihat apakah tempat makan yang akan Anda kunjungi memberikan rasa puas atau tidak yaitu dengan melihat pengunjung lain yang mengunjungi tempat makan tersebut. Jika tempat makan tersebut ramai oleh pengunjung, bisa dipastikan Anda juga akan merasa puas menikmati hidangan di sana.

Cek menu dan daftar harga

Jangan lupa untuk mengecek menu dan daftar harga saat Anda berkunjung ke tempat makan yang belum pernah Anda kunjungi. Pastikan Anda tahu range harga di tempat makan tersebut. Di luar sana banyak pedagang curang yang membandrol harga seenaknya. Jangan sampai setelah makan, Anda harus membayar dengan jumlah yang tak wajar.

Sumber : utiket.com

Rabu, 30 Oktober 2013

Menyalakan Handphone di Dalam Pesawat Fatal Akibatnya


Mungkin hampir semua penumpang pesawat tahu tentang aturan dilarang menyalakan handphone di dalam pesawat. Namun anehnya banyak orang yang masih melakukan hal itu, terutama di Indonesia. Padahal setiap kali terbang para awak kabin pesawat tak jemu-jemu mengingatkan kepada para penumpang untuk mematikan handphone.

Hal tersebut tak lepas kaitannya dengan kesadaran masyarakat yang masih sangat kurang terhadap keamanan penerbangan dan kemungkinan besar sebagian masyarakat belum sepenuhnya paham tentang apa bahaya besar yang bisa ditimbulkan  dari hal sepele seperti menyalakan handphone di pesawat.

Mungkin memang terlihat sepele dan sering kita abaikan, tapi menyalakan handphone di dalam pesawat dapat mengakibatkan bahaya besar.  Mengapa hal ini bisa sangat membahayakan? Karena apabila secara kebetulan frekuensi handphone yang kita nyalakan di dalam pesawat sama dengan frekuensi mesin turbin pesawat, maka mesin turbin pesawat akan mengalami gangguan sistem dan lebih bahayanya lagi bisa secara tiba-tiba turbin pesawat akan mati. Akibat dari matinya mesin turbin pesawat ini tentu fatal akibatnya.

Selain itu sinyal dari handphone juga bisa mengakibatkan bahaya lain pada penerbangan seperti arah terbang pesawat yang melenceng, gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectotional Receiver) yang tak terdengar, gangguan indikator bahan bakar, gangguan sistem kemudi dan Indikator HIS (Horizontal Situation Indicator) yang terganggu.

Handphone merupakan alat komunikasi yang canggih, apalagi belakangan ini ada lagi yang namanya smartphone yang jauh lebih canggih. Handphone memang penting dan sangat bermanfaat, meski begitu kita tetap harus bijak menggunakannya. Jangan sampai karena keegoisan beberapa penumpang pesawat dampaknya bisa membahayakan semua penumpang pesawat lainnya. Banyak loh kecelakaan pesawat yang konon diakibatkan oleh handphone yang masih nyala. Bijaklah, matikan handphone atau pilih airplane/flight mode saat memasuki pesawat kemudian nyalakan lagi sampai pesawat benar-benar berhenti.

Sumber : utiket.com

Selasa, 29 Oktober 2013

Tips Memilih Hotel Bagi Traveller



Memilih penginapan atau hotel saat liburan memang gampang-gampang susah. Apalagi jika budget Anda tidak banyak. Tidak ada salahnya memilih penginapan dengan biaya yang cenderung lebih murah, namun bukan berarti mengesampingkan kenyamanan Anda dan keluarga. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih hotel yang nyaman dan sesuai dengan budget yang sudah Anda siapkan:

1. Lokasi Hotel

Yang paling penting yang harus Anda pikirkan saat memilih hotel yaitu lokasi hotel. Pilihlah lokasi hotel yang dekat dengan tempat tujuan Anda agar tidak mempersulit anda dan merepotkan Anda dalam mobilitas. Jangan sampai Anda memilih hotel yang jauh dari tempat tujuan Anda sehingga akan menambah biaya transportasi Anda menuju tempat tujuan. Carilah beberapa referensi Hotel yang dekat dengan tempat tujuan Anda di internet maupun melalui pamphlet ataupun info dari teman.

2. Pelayanan Hotel

Walaupun Anda memilih hotel dengan tarif yang jauh lebih murah tapi tetap perhatikan pelayanan dari staf hotel. Pastikan mereka terlatih dan profesional dalam melayani Anda. Selalu ramah dan senang hati memenuhi permintaan dan kebutuhan Anda. Karena tamu adalah raja.

3. Keamanan

Keamanan hotel juga harus menjadi prioritas utama Anda. Anda bisa melihat para petugas keamanannya juga sistem penjagaannya. Teliti juga kunci-kunci pada pintu ataupun jendela. Keamanan dan privasi Anda harus selalu diutamakan.

4. Reservasi

Ada baiknya lakukan reservasi hotel jauh-jauh hari sebelumnya untuk menghindari hotel yang sudah Anda tentukan dan pilih telah penuh. Jangan lupa mengabarkan waktu kedatangan Anda  agar pihak hotel juga melakukan persiapan sebelum kedatangan Anda.

Sumber : utiket.com

Senin, 28 Oktober 2013

Hotel Bandara Termewah di Dunia



Akhir-akhir ini hotel bandara semakin diminati dan menjadi salah satu pilihan alternatif menginap oleh para traveler. Para traveler yang hanya sekedar transit atau karena jarak rumahnya yang terlalu jauh dari bandara memilih menginap di hotel bandara daripada harus menanggung resiko ketinggalan pesawat. Apalagi di kota-kota besar dunia yang terkenal dengan lalu lintasnya yang sering macet. Meskipun hanya terletak di bandara namun fasilitas hotel-hotel ini setara dengan hotel berbintang 5 di kota-kota besar.  Inilah hotel-hotel bandara termewah di dunia:

Sofitel London Heathrow, London

Hotel bandara ini terkenal akan arsitekturnya yang sangat modern. Mempunyai kamar dari standart room sampai imperial suit. Kamar imperial suitnya mempunyai kamar mandi yang mewah dengan sentuhan kristal Swarovski. Hotel bandara ini juga dilengakapi dengan tiga restoran yang menyuguhkan hidangan lezat serta dua bar dan spa yang mengusung tema alam seperti kayu, batu ataupun kaca.

The Fairmont Vancouver Airport, Vancouver

Pemandangan yang ada di hotel bandara ini menjadi salah satu daya tariknya. Secara bersamaan melalui kamar hotel bandara ini Anda akan disajikan pemandangan berupa landasan pesawat dengan latar belakang panorama pegunungan. Semua kamar di hotel ini juga kedap suara. Fasilitas hotel dilengkapi dengan restoran yang bernuansa homey serta spa yang menyediakan 130 pilihan perawatan dan terapi yang berbeda.  Hotelnya sendiri terletak persis di atas terminal keberangkatan.

Regal Airport Hotel, Hongkong

Yang paling menarik hotel ini mempunyai jalur khusus yang menghubungkan langsung antara hotel dan terminal keberangkatan internasional. Selain itu setiap kamar yang ada didesain secara modern dan kontemporer. Fasilitas lainnya yaitu spa dengan jacuzzi luar ruangan, steam room serta servis pijat. Kolam renang pun tersedia di sana. Enaknya lagi, hotel ini pun relatif dekat dengan pusat kota. Pengunjung cukup menggunakan shuttle bus untuk menuju pusat kota.

Kempinski Hotel Airport Munich, Munich

Hotel ini didesain senyaman mungkin. Lantainya yang terbuat dari kayu kian mempercantik hotel ini, belum lagi fasad kaca yang disinari oleh lampu warna-warni. Fasilitasnya pun komplit ada kolam renang, spa dan gym yang buka selama 24 jam. Anda juga mendapatkan fasilitas jemputan yang wow. Jika akan kembali ke Munich Airport, Anda akan dijemput dengan limousine BMW 7 series.

Cedarbrook Lodge, Seattle

Meskipun letaknya hanya sekitar lima menit dari SeaTac International Airport, namun hotel bandara ini mempunyai kawasan hijau dan rimbun. Panorama alamnya pun sangat menarik. Areanya yang luas sekitar tujuh hektar membuat wisatawan tidak hanya bisa bersantai di kamar hotel tetapi juga bisa melakukan kegiatan lain di luar ruangan.

Sumber : utiket.com

Minggu, 27 Oktober 2013

Tips Membeli Souvenir Ketika Liburan



Tidak bisa dipungkiri souvenir atau cinderamata adalah hal yang paling dicari ketika Anda sedang jalan-jalan atau liburan. Souvenir seperti apa sajakah yang perlu Anda beli ketika sedang pergi berlibur? Berikut ada beberapa tips dalam memilih souvenir :
Beli souvenir khas daerah yang Anda kunjungi

Sebelum Anda membeli souvenir yang Anda inginkan alangkah baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu souvenir khas di daerah yang akan Anda kunjungi. Karena dengan membeli souvenir dengan ciri khas daerah yang kita kunjungi merupakan tanda bahwa Anda telah berkunjung di daerah tersebut.

Tentukan budget Anda

Hal ini sangat penting untuk menghemat biaya yang akan Anda keluarkan untuk membeli souvenir. Karena terkadang ketika kita sedang berburu souvenir dan melewati banyak toko yang menawarkan banyak barang menarik, mungkin Anda akan membeli semuanya. Dan begitu sampai di hotel barulah Anda akan sadar jika Anda telah menghabiskan uang.

Cek informasi lokasi belanja

Untuk mendapatkan souvenir dengan banyak variasi dan harga yang lebih murah, Anda perlu mengetahui di mana lokasi belanja yang akan Anda kunjungi. Biasanya suatu daerah mempunyai lebih dari satu lokasi belanja. Untuk itu Anda perlu survei terlebih dahulu di mana lokasinya.

Cari referensi harga ke banyak toko

Ini penting agar Anda bisa membandingkan harga dan kualitas souvenir yang akan Anda beli. Karena biasanya sebuah toko akan mengatakan bahwa barang yang dijualnya adalah yang termurah.

Cek kualitas dan teliti souvenir

Hal yang juga perlu Anda lakukan adalah perhatikan kualitas barang yang akan Anda beli. Terkadang souvenir suatu daerah justru dibuat oleh daerah lain. Ini mungkin akan mengurangi makna souvenir yang Anda harapkan dapat menjadi satu barang kenangan dari suatu perjalanan Anda. Untuk itu disarankan membeli souvenir yang dibuat asli di daerah tersebut.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 26 Oktober 2013

Festival Krakatau, Bandar Lampung



Festival Krakatau merupakan salah satu acara festival tahunan yang diadakan di Provinsi Lampung. Acara yang diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung ini juga menjadi acara tahunan terbesar dalam agenda wisata bagi provinsi tersebut karena mampu menarik banyak minat wisatawan untuk datang menyaksikan Festival Krakatau. Festival ini telah diadakan sejak tahun 1991 dan biasanya diadakan antara bulan Juni hingga Oktober setiap tahunnya.

Diadakannya festival ini dimaksudkan untuk mengenang peristiwa dahsyat pada masa lampau, yaitu peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada waktu itu merupakan letusan yang menggemparkan dunia karena suara letusannya terdengar terdengar hingga radius sekitar 4500 km dari pusat letusan dan menewaskan sekitar 36.000 orang. Bahkan debu vulkanis yang dihasilkan oleh letusan ini bisa dirasakan hingga New York, Amerika Serikat dan juga menimbulkan perubahan iklim global karena debu vulkanis tersebut sempat menutupi atmosfer selama dua setengah hari serta menyebabkan matahari bersinar dengan redup dalam jangka waktu satu tahun setelah letusan.

Hal tersebutlah yang membuat diadakannya Festival Krakatau sekaligus untuk mengenalkan potensi wisata Provinsi Lampung. Festival ini memiliki arti penting tersendiri bagi masyarakat Provinsi Lampung karena pada awalnya, festival ini merupakan suatu bentuk upaya dari masyarakat provinsi ini guna memperjelas bahwa Gunung Krakatau merupakan milik Provinsi Lampung karena dahulu wilayah Krakatau sempat mengalami ketidak jelasan masuk ke wilayah mana, apakah Jawa Barat atau Lampung.

Selain itu, festival ini juga diadakan untuk menunjukkan bahwa wilayah di sekitar Gunung Krakatau merupakan obyek wisata yang bisa diandalkan selain Taman Nasional Way Kambas. Di dalam rangkaian acara Festival Krakatau ini terdapat berbagai kegiatan menarik yang bisa disaksikan dan diikuti, antara lain pameran, pagelaran budaya, olahraga, tur Gunung Krakatau dan masih banyak lagi. Jika ingin menyaksikan festival ini secara langsung, jangan lupa untuk mencari tahu jadwal pelaksanaannya. Anda bisa mencari infonya dengan cara menghubungi pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung. Atau bisa juga mencari tahu infonya melalui internet karena biasanya jauh-jauh hari sebelum festival ini berlangsung, sudah ada pengumuman yang terpampang di internet.

Sumber : utiket.com

Jumat, 25 Oktober 2013

Bandara-Bandara Paling Berbahaya di Dunia


Pada umumnya, sebuah bandara memiliki landasan pacu yang lurus dan mulus. Namun ada beberapa bandara di dunia yang tidak memiliki landasan pacu seperti itu. Para pilot yang mengendalikan pesawat di bandara-bandara ini haruslah pilot yang sudah sangat ahli dan terlatih, salah-salah bisa fatal akibatnya. Mau tahu bandara apa saja dan seperti apa itu? Simak infonya di bawah ini:

Bandara Saba, Karibia

Bandara ini mendapat julukan bandara dengan landasan pacu terpendek di dunia. Landasannya hanya sepanjang 1.300 meter. Landasan ini terletak di atas lautan dengan tebing di sekelilingnya. Untuk mendarat di landasan ini, pilot harus menerbangkan pesawat ke tebing sebelum membuat belokan ke kiri tajam barulah bisa mendarat dengan mulus.

Bandara Paro, Bhutan

Bandara Paro, sebuah bandara yang berada di lembah dalam pegunungan Himalaya ini merupakan bandara yang sangat menantang. Terbukti dengan hanya adanya delapan pilot di dunia yang mengantongi sertifikat untuk mendarat di bandara ini. Untuk mendarat di bandara ini, sang pilot harus bisa menaklukkan gunung kemudian turun dengan cepat dan berbelok ke arah kiri dengan curam. Hal tersebut memang dikarenakan oleh letak bandara yang dikelilingi oleh puncak pegunungan Himalaya.

Bandara Sea Ice Runway, Antartika

Ini dia bandara yang berbahaya namun juga sekaligus unik. Bagaimana tidak unik, jika keberadaan bandara ini harus diukir terlebih di atas lautan es Ross Island setiap tahunnya. Bandara yang memiliki panjang landasan pacu sekitar 2,5 mil ini juga berbahaya karena pesawat yang mendarat di bandara ini tidak boleh tenggelam lebih dari sepuluh inchi ke dalam es. Jika tidak, akan fatal akibatnya.

Bandara Tenzing-Hillary, Lukla, Nepal

Terletak di gunung Everest, Bandara Tenzing-Hillary memiliki landasan pacu sepanjang 460 m dan lebar 20 m yang mengerikan karena memiliki kemiringan pada ujung landasan pacunya yang langsung mengarah ke lembah. Penerbangan di bandara ini hanya dilakukan pada siang hari saat cuaca cerah. Hal tersebut dikarenakan oleh cuaca buruk yang sering terjadi di wilayah bandara yang memang diperuntukkan bagi para pendaki gunung Everest ini.

Bandara Internasional Putri Juliana, St Maarten, Karibia

Bandara ini berdekatan dengan Pantai Maho dengan panjang landasan pacu sekitar 2.180 m. Landasan pacu tersebut merupakan landasan yang pendek terlebih lagi bandara ini terletak di antara laut dan perbukitan sehingga pesawat yang akan mendarat di bandara ini harus terbang rendah di atas perairan Pantai Maho dengan jarak badan pesawat yang sangat dekat.

Sumber : utiket.com

Kamis, 24 Oktober 2013

Apa sih turbulensi pesawat itu?



Pernah dengar tentang turbulensi pesawat? Atau bahkan beberapa dari Anda pernah mempunyai pengalaman saat pesawat mengalami turbulensi. Turbulensi pesawat sebenarnya bukanlah istilah asing bagi dunia penerbangan, namun tidak semua orang loh mengetahui apa itu turbulensi pesawat bahkan bagi mereka yang sering berpergian menggunakan pesawat.

Turbulensi pesawat sendiri merupakan guncangan pesawat yang disebabkan oleh benturan massa udara yang datang dengan kecepatan yang cukup tinggi dari berbagai arah yang terjadi di kolom udara. Hal ini akan mengakibatkan pesawat mengalami guncangan bahkan seperti dihempaskan. Kejadian ini mirip dengan melindas gundukan saat Anda mengendarai mobil di jalanan.

Meskipun tidak berbahaya namun saat pesawat mengalami turbulensi, guncangan tersebut akan terasa menakutkan bagi penumpang pesawat. Biasanya saat terjadi turbulensi pesawat maka pilot atau crew pesawat lainnya akan memberikan pengumuman kepada para penumpang. Para penumpang wajib menggunakan sabuk pengaman karena guncangan yang terjadi bisa menyebabkna cedera bagi penumpang pesawat.

Ada beberapa jenis dan penyebab turbulensi pesawat yang umumnya terjadi yaitu turbulensi pesawat yang terjadi di karenakan suhu karena panas matahari yang bisa menyebabkan udara naik atau sebaliknya massa udara dingin tiba-tiba turun. Turbulensi ini sering disebut dengan turbulensi thermis. Yang kedua adalah jenis turbulensi jet stream yaitu turbulensi yang sering terjadi dikarenakan pergerakan arus udara yang sangat cepat pada level ketinggian yang tinggi dan berpengaruh terhadap udara di sekelilingnya. Yang ketiga yaitu turbulensi mekanis yaitu turbulensi yang sering terjadi saat pesawat melewati daerah pegunungan karena massa udara di pegunungan. Dan yang keempat adalah wake turbulence, biasa terjadi saat pesawat berpapasan atau berdekatan dengan helikopter atau pesawat lainnya.

Turbulensi pesawat merupakan hal yang wajar dan sering terjadi. Turbulensi juga tidak berbahaya jadi saat Anda mengalaminya tidak perlu panik secara berlebihan apalagi sampai berteriak ketakutan. Sebenarnya pilot juga bisa menghindari turbulensi pesawat yang terjadi serta bisa dengan akurat memperkirakan turbulensi ini. Pilot akan selalu memilih jalan paling nyaman tanpa mengorbankan keamanan penumpang pesawatnya.

Sumber : utiket.com

Rabu, 23 Oktober 2013

Tips Membuat Traveling Anda Lebih Berkesan


Traveling adalah hal sangat menyenangkan, yang bisa memberikan pengalaman baru untuk Anda. Cerita soal traveling dan perjalanan Anda pasti akan menjadi hal menarik yang patut Anda ceritakan ke teman ataupun saudara. Namun ada hal yang bisa membuat traveling Anda jauh lebih seru dan berkesan dengan beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

Telusuri Semua Sudut Kota Tempat Anda Berlibur

Untuk mendapatkan momen-momen terbaik saat berlibur maka tak ada salahnya Anda menghabiskan waktu Anda dengan mengelilingi kota tempat Anda traveling. Jangan malu bertanya dan berbaur dengan penduduk setempat karena dengan melakukan hal tersebut Anda akan jauh lebih mengenal tempat Anda pergi.

Nikmati Waktu Yang Ada

Nikmati semua waktu yang Anda punya untuk berkeliling dan memanjakan diri Anda. Jika sempat buatlah tulisan yang menceritakan tentang liburan Anda agar suatu saat nanti Anda bisa mengenangnya saat membaca tulisan yang Anda buat. Jauhkan pikiran Anda dari urusan pekerjaan maupun rumah.

Beli Souvenir Untuk keluarga Atau Sahabat
 

Belanja souvenir yang menjadi salah satu ciri khas tempat Anda traveling juga akan sangat menyenangkan dan memberi pengalaman tersendiri untuk Anda. Selain itu Anda juga bisa membelikannya sebagai kenang-kenangan bagi sahabat dan keluarga tercinta. Namun tetap saja Anda harus memperhitungkan pengeluaran Anda jangan sampai melebihi budget yang telah ditentukan.

Menonton Acara Yang Sedang Digelar

Cari informasi tentang acara yang digelar di tempat Anda traveling dan jangan lewatkan untuk berpartisipasi sebagai penonton dalam acara yang sedang di gelar tersebut. Hal ini akan memberikan pengalaman tersendiri untuk Anda.

Singgahi Perpustakaan

Singgahi perpustakaan yang ada di kota tempat Anda traveling. Hal ini akan memberikan pengalaman serta pengetahuan baru untuk Anda yang mungkin tidak Anda dapatkan di tempat lain karena setiap Kota mempunyai nilai historis yang berbeda.

Bepergian Menggunakan Bus

Manfaatkan transportasi umum seperti bus untuk bepergian di tempat tujuan. Dengan begitu selain lebih menghemat uang Anda, Anda juga bisa lebih dekat menikmati setiap sudut kota. Dan tentu lebih banyak pengalaman menarik yang bisa Anda dapatkan.

Sumber : utiket.com

Selasa, 22 Oktober 2013

Fasilitas Mewah Yang Ada Di First Class Garuda Indonesia



Pada bulan Juli 2013, Garuda Indonesia resmi membuka layanan First Class. Ini bukan kali pertamanya Garuda menghadirkan layanan First Class. Dahulu Garuda sudah pernah menghadirkan layanan First Class, namun karena jumlah peminatnya yang sedikit maka kemudian Garuda meniadakannya pada tahun 1995 dan baru pada tahun 2013 ini dibuka kembali. Layanan First Class Garuda sudah diterapkan pada pesawat Boeing 777-300ER. Sementara untuk rutenya sendiri saat ini masih terbatas, hanya untuk rute Jakarta-Jedah dan Jakarta-Tokyo, namun rencananya akan ditambahkan untuk rute Jakarta-Sydney dan Jakarta-London.  Pesawat Boeing 777-300ER sendiri ber- kapasitas 314 penumpang, yang meliputi delapan kursi penumpang untuk First Class, 38 kursi penumpang kelas bisnis dan 268 kursi penumpang ekonomi.

Layanan untuk First Class tentu berbeda dengan layanan kelas lainnya. Garuda Indonesia telah mendisain kursi hingga kabin pesawat untuk First Class dengan sangat mewah. Bukan hanya itu saja, beberapa layanan super spesial akan sangat memanjakan pengguna tiket First Class ini. Beberapa layanan First Class Garuda Indonesia yang bisa Anda nikmati, seperti Pre Journey, merupakan layanan First Class yang dimulai bahkan sebelum naik pesawat. Pemegang tiket First Class akan dijemput menggunakan limousine serta dilayani oleh petugas First Class yang akan memastikan semua keperluan dan persiapan penerbangan sudah terpenuhi. Selama penerbangan, Anda akan ditemani oleh First Class Assistant dan Butler yang akan membantu Anda mulai dari proses check-in, bagasi, imigrasi serta semua kebutuhan yang Anda perlukan.

Kemudian ada juga Pre Flight, dimana Anda akan menikmati layanan terbaik sebelum penerbangan di lounge mewah khusus untuk First Class dengan berbagai fasilitas ekslusif sembari menunggu waktu penerbangan. Layanan In-Flight juga bisa Anda dapatkan, dimana dalam penerbangan Anda akan merasakan First Class Suite pribadi dengan kursi yang sangat lega dan nyaman serta bisa digunakan menjadi sebuah tempat tidur yang sangat nyaman sehingga sesampainya di tempat tujuan Anda akan bangun dengan segar. Penerbangan Anda juga akan ditemani dengan beragam hiburan dan koneksi canggih. Dan yang paling menarik, Anda bisa memesan aneka menu spesial dan eksklusif yang disiapkan langsung oleh on-board chef professional. Sesampainya di tempat tujuan Anda akan merasakan layanan Post Flight dimana terdapat petugas khusus yang akan membantu Anda dalam prosedur imigrasi dan pengambilan bagasi, serta limousine service yang akan mengantar Anda ke tempat tujuan.

Lalu dengan semua pelayanan super mewah tersebut berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk menikmati layanan FirstCclass Garuda? Jangan kaget, Anda harus menyiapkan dana kurang lebih sebanyak USD 8.000 per kursinya. Namun begitu, menurut Direktur Pemasaran dan Penjualan PT. Garuda Indonesia, Erik Meijer, harga tiket First Class sama seperti harga tiket pesawat pada umumnya. Jika pemesanan dilakukan jauh hari bisa lebih murah. Menurutnya, saat ini sulit untuk menentukan harga tiket pesawat karena harus disesuaikan dengan tempat dan waktunya. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

Sumber : utiket.com

Senin, 21 Oktober 2013

Tips Saat Kehabisan Uang Ketika Traveling



Mungkin salah satu dari Anda pernah mengalaminya, kehabisan uang saat traveling. Apalagi bagi para traveler yang sering backpakeran, biasanya uang dan dananya memang terbatas. Traveling memang membutuhkan biaya namun tenang saja jika uang Anda habis di jalan, Anda masih bisa kok menikmati perjalanan Anda. Tidak perlu panik, banyak hal yang bisa dilakukan saat Anda kehabisan uang di perjalanan:

Pinjam ke orang terdekat

Ini cara yang banyak dilakukan dan cenderung efektif. Anda bisa menghubungi teman terdekat Anda atau keluarga. Ceritakan tentang keadaan Anda yang kehabisan uang di perjalanan. Jangan malu untuk meminta pertolongan ataupun meminjam uang. Uang itu bisa dikirim ke Anda via transfer. Jelaskan pada mereka posisi Anda saat itu. Terakhir jangan lupa ucapkan terimakasih.

Mengamen

Jika Anda traveling beramai-ramai bersama kawan dan kehabisan uang di jalan, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mendapatkan uang dengan cara mengamen. Anda bisa mengamen secara beramai-ramai dengan memanfaatkan barang-barang yang ada sebagai alat musiknya. Pinggir jalan dan tempat makan merupakan tempat yang cocok sebagai tempat mengamen Anda. Jika mengamen di tempat makan, jangan lupa meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik tempat makannya ya.

Kerja paruh waktu

Kerja paruh waktu atau part-time di rumah makan atau kafe juga bisa Anda lakukan ketika kehabisan uang saat traveling. Anda bisa bercerita yang sebenarnya kepada pemilik rumah makan jika anda sedang kehabisan uang. Tidak perlu menggunakan kontrak kerja, Anda cukup menyepakati upah untuk kerja yang harus Anda lakukan.

Jual barang

Jika cara-cara di atas tidak berhasil sementara keadaan Anda semakin terdesak, Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual beberapa barang yang Anda miliki seperti jam tangan, ponsel atau benda lain yang bisa Anda jual. Anda bisa menjual kepada orang-orang yang Anda temui di jalan atau kepada pedagang-pedagang. Ingat, jangan mematok harga terlalu tinggi saat menjual namun jangan juga terlalu murah paling tidak setengah dari harga aslinya.

Cari tiket murah untuk pulang

Untuk perjalanan kembali, Anda harus sedikit mengabaikan kenyamanan Anda dalam perjalanan.  Pilihlah transportasi yang paling hemat dengan tiket paling murah untuk perjalan pulang. Anda bisa mencari tiket promo secara online atau bertanya kepada petugas setempat.

Sumber : utiket.com
 

Minggu, 20 Oktober 2013

Telah tersedia di Utiket Tiket Kereta Api



Pada hari ini kami mengambil langkah besar yang memungkinkan Anda dapat mencari tiket kereta api di Utiket . Kami sangat antusias mengenai hal ini karena kami telah memperbaiki sebagian besar pada pilihan pencarian kereta api.

Satu tempat untuk Penerbangan dan Kereta Api

Pertama, untuk beberapa kota yang keduanya memiliki jalur penerbangan dan kereta api , kami dapat menampilkannya sekaligus dalam satu wadah. Ketika Anda sedang mencari tiket kereta api, maka kami akan menampilkan kemungkinan adanya rute penerbangan serta harga yang kami temukan untuk rute yang sedang Anda cari begitu juga sebalikya. Kami akan menampilkan harga tiket kereta api jika Anda mencari penerbangan yang memiliki jalur kereta api dalam satu halaman. Sebagai contoh, jika Anda mencari penerbangan Jakarta-Jogja, kami menampilkan semua penerbangan yang tersedia selain itu kami juga dapat menampilkan harga tiket kereta api. Untuk sebagian besar orang mungkin hanya ingin mencari harga tiket pesawat namun kami berpikir akan lebih lengkap dan menjadikan hal tersebut sebagai info penting bagi Anda jika kami memberikan pilihan lain dalam satu halaman.
 
Pencarian berdasarkan Kota bukan Stasiun

Pengembangan yang kedua adalah pada situs-situs lain, atau bahkan di situs resmi Kereta Api Indonesia, Anda perlu memilih stasiun kereta api yang tepat untuk melakukan pencarian. Kami pikir hal ini sedikit rumit, jika Anda bukan seorang yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api. Sebagai contoh, Surabaya memiliki tiga stasiun kereta api, tetapi kereta jarak jauh hanya tiba di Pasar Turi atau Gubeng. Tentunya Anda harus mengetahui hal ini, kemudian setelah itu setidaknya Anda perlu melakukan pencarian minimal dua kali. Setelah Anda melakukan hal tersebut dengan mencari melalui Stasiun Turi dan Gubeng maka barulah Anda dapat membandingkan harga tiket untuk kedua stasiun tersebut. Di sini Utiket mempunyai peran untuk membuat pencarian tiket kereta api lebih mudah dengan melakukan pencarian melalui kota bukan stasiun. Anda hanya perlu mengisi kota tujuan, dengan begitu Utiket akan mencari semua kereta yang tersedia untuk seluruh stasiun di setiap kota. Di Utiket , Anda hanya perlu melakukan pencarian kota Surabaya sebagai kota keberangkatan atau tujuan dan teknologi pencarian Utiket akan dengan mudah menemukan semua stasiun yang berada di kota Surabaya baik Stasiun Turi maupun Gubeng, dengan begitu Anda akan lebih menghemat waktu dan lebih mudah membandingkan harga, karena kami menampilkan keseluruhannya dalam satu halaman.
 
Utiket Kedepannya

Visi kami adalah membangun sebuah website untuk semua kebutuhan perjalanan Anda. Kami sudah memiliki penerbangan, review, paket wisata, informasi wisata, dan sekarang kami telah menambahkan kereta api. Dalam waktu dekat kita akan menambahkan hotel, kereta api di setiap negara dan juga informasi tentang bus jika memang tersedia. Kami bertujuan untuk memberikan informasi dan mempermudah kebutuhan perjalanan Anda, baik itu perjalanan bisnis maupun liburan. Dari Anda melangkah keluar rumah hingga Anda kembali lagi ke rumah.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 19 Oktober 2013

Beberapa Hak Penumpang Jika Pesawat Delay



Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami delay saat traveling menggunakan pesawat. Delay memang sangat menyebalkan. Sering kali waktu Anda banyak terbuang karenanya. Selain rugi waktu, seringkali Anda juga bisa rugi secara materi. Namun mungkin sedikit dari Anda yang tahu bahwa ada hak-hak penumpang pesawat yang harus dipenuhi oleh maskapai saat pesawat delay. Ada beberapa kompensasi yang wajib diberikan oleh pihak maskapai kepada penumpang. Semua itu diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 25 Tahun 2008. Berikut beberapa hak penumpang jika pesawat mengalami delay:

Delay antara 30-90 menit

Jika pesawat mengalami delay penerbangan selama 30-90 menit maka penumpang berhak mendapatkan makanan ringan dan minuman yang wajib disediakan oleh pihak maskapai.

Delay antara 90-180 menit

Jika pesawat mengalami delay selama 90-180 menit maka penumpang berhak mendapatkan makanan ringan, minuman, makan siang atau makan malam serta berhak meminta pemindahan ke penerbangan berikutnya dari maskapai yang sama atau maskapai lainnya. Penumpang berhak pula untuk pindah ke penerbangan dengan jadwal yang berbeda.

Delay lebih dari 180 menit

 
Jika pesawat mengalami delay lebih dari 180 menit maka penumpang berhak mendapatkan minuman, makanan ringan, makan siang maupun makan malam serta berhak untuk beralih ke penerbangan berikutnya atau maskapai lain. Namun jika peralihan penerbangan tersebut tidak dapat dilakukan maka penumpang berhak mendapatkan fasilitas akomodasi kepada untuk dapat diangkut pada hari berikutnya yang tentunya hal tersebut merupakan kewajiban maskapai untuk menyediakannya. Hal ini juga berlaku untuk pembatalan penerbangan dari pihak maskapai.

Jika terjadi delay lebih dari 180 menit atau pembatalan penerbangan oleh pihak maskapai namun penumpang menolak untuk beralih ke penerbangan lain dengan maskapai yang sama atau maskapai lain maka pihak maskapai wajib mengembalikan sejumlah uang tiket yang telah dibayarkan oleh penumpang. Namun demikian, pihak maskapai diperbolehkan mengambil tindakan lain jika memang maskapai tersebut mempunyai kebijaksanaan lain yang memberikan kompensansi lebih baik dari ketentuan tersebut demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang.

Sumber : utiket.com

Maskapai di Indonesia Yang On Time dan Sering Delay



Keterlambatan jadwal pesawat dari waktu yang sudah ditentukan tak jarang sering membuat kesal para penumpang. Namun tidak semua maskapai di Indonesia ini memiliki ketepatan waktu yang buruk. Belum lama ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merilis data yang berkaitan dengan ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) dari sembilan maskapai yang ada di Indonesia untuk periode Januari-Juni 2013 atau Semester I.

Terdapat tiga indikator yang digunakan Kemenhub untuk menentukan baik atau buruknya OTP maskapai yang ada di Indonesia, yakni faktor teknis operasional (TO), faktor non teknis (NTO) dan faktor cuaca (CUA). Untuk Semester I tahun 2013 ini, nilai rata-rata OTP dari sembilan maskapai yang ada di Indonesia di atas 70%. Nilai OTP dari suatu maskapai terbilang baik jika nilainya di atas 80%, jika nilainya di atas 70% maka OTP dari maskapai tersebut terbilang biasa, sedangkan jika nilai OTP maskapai berada di bawah 70% maka terbilang buruk.

Posisi paling bawah atau paling terlambat ditempati oleh maskapai Merpati dengan nilai rata-rata OTP sebanyak 70,46% pada Semester I tahun 2013 ini. Posisi kedelapan ditempati oleh Indonesia AirAsia dengan nilai rata-rata OTP sebesar 74,78%. Posisi ketujuh ditempati oleh Lion Air dengan nilai rata-rata OTP sebesar 75,8%. Posisi keenam ditempati oleh maskapai Citilink dengan nilai rata-rata OTP  sebesar 77,78%. Sementara untuk posisi kelima ditempati oleh maskapai Wings Air yang banyak melayani rute penerbangan daerah dengan nilai rata-rata OTP sebesar 79,38%.

Untuk posisi keempat ditempati oleh maskapai Sriwijaya Air dengan nilai rata-rata OTP sebesar 80,34%. Nilai rata-rata OTP maskapai ini naik dari tahun 2012 lalu yang hanya sebesar 79,77%. Posisi tiga besar ditempati oleh maskapai Tigerair Mandala dengan nilai rata-rata OTP sebesar 81,76%. Nilai OTP pada maskapai ini menurun karena pada tahun 2012 lalu, Tigerair Mandala berhasil menembus nilai rata-rata OTP sebesar 91,18%.

Untuk posisi kedua ditempati oleh maskapai Batik Air dengan nilai rata-rata OTP sebesar 83%. Maskapai yang baru beroperasi beberapa bulan ini ternyata mampu menduduki posisi dua terbaik mengalahkan Lion Air yang notabene masih satu induk perusahaan. Sedangkan peringkat pertama ditempati oleh maskapai Garuda Indonesia dengan nilai rata-rata OTP sebesar 87,24%. Nilai rata-rata OTP pada maskapai ini terbilang naik karena pada tahun 2012 lalu nilai rata-ratanya hanya sebesar 84,96%.

Sumber : utiket.com

Jumat, 18 Oktober 2013

Mahalnya Harga Tiket Saat Peak Season



Tanpa terasa kita telah memasuki petengahan tahun 2013. Sebentar lagi berbagai momen liburan seperti lebaran, natal dan tahun baru akan dimulai. Seperti  sudah menjadi tradisi saat hari libur datang, harga tiket pesawat meroket naik. Terutama saat lebaran kemarin, harga tiket bisa menjadi tiga kali lipat dari harga normal. Sebagian dari kita mungkin sudah menyadari hal itu. Oleh karenanya banyak sekali yang melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatannya. Namun pasti banyak juga yang masih bertanya-tanya kenapa hal itu bisa terjadi. Kenapa harga tiket pesawat bisa melambung tinggi tidak seperti harga normal biasanya?

Sebelumnya Anda harus mengetahui bahwa harga tiket pesawat sendiri terdiri dari beberapa kelas. Harga tiket dari setiap kelas juga berbeda. Harga tiket pesawat secara berurutan dimulai dari kelas paling rendah yaitu kelas promo dan harga kelas tertingginya adalah kelas bisnis. Biasanya musim-musim liburan sering dikenal dengan istilah peak season, sedangkan hari-hari biasa dikenal dengan istilah low season. Pada low season biasanya maskapai akan membuka harga kelas promo sedangkan pada peak season, maskapai hanya akan membuka harga untuk kelas menengah ke atas. Itu berarti harga yang tersedia pada saat liburan adalah harga mahal. Peak season ini biasanya terjadi pada sepuluh hari menjelang liburan dan sepuluh hari sesudah liburan.

Selain itu kenapa harga tiket pesawat berbeda-beda meskipun mungkin Anda membeli untuk rute dan waktu terbang yang sama dengan maskapai yang sama pula? Kita sudah mengetahui bahwa pesawat mempunyai berbagai kelas dan di setiap kelasnya harganya juga berbeda. Namun tidak hanya itu, kursi maskapai per kelasnya juga terbatas, seperti contohnya: kelas A dengan harga Rp 600.00,- mempunyai jumlah kursi sepuluh, kelas B dengan harga Rp 700.000,- mempunyai kursi 20 serta kelas lainnya. Semakin murah harga tiket biasanya kursi yang tersedia semakin sedikit. Untuk itu jika dilihat dari contoh di atas maka sepuluh orang pertama tentu akan mendapatkan harga termurah.

Solusi agar Anda bisa mendapatkan harga tiket murah saat liburan yaitu dengan cara memesan tiket pada jauh-jauh hari, jangan terlalu mepet. Anda juga harus rajin mengecek harga tiket penerbangan Anda di utiket.com. Jika menemukan harga promo, jangan ragu untuk melakukan pembookingan karena harga promo sangat terbatas. Peminat tiket pesawat pada saat mendekati peak season memang melonjak sehingga hal ini juga berpengaruh kepada trik dagang, semakin tinggi permintaan maka harga akan semakin naik. Meskipun begitu, dengan sedikit usaha di atas Anda tetap bisa mendapatkan harga tiket penerbangan murah di peak season.

Sumber : utiket.com

Rambu Solo, Pemakaman Khas Tana Toraja


Tana Toraja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masih kental dengan nuansa adat istiadatnya. Tana Toraja terletak sekitar 300 kilometer dari kota Makasar, Sulawesi Selatan. Tana Toraja juga merupakan salah satu daerah wisata andalan yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Selatan. Setiap penduduk keturunan Suku Toraja sangat menjunjung tinggi  budaya serta adat istiadat peninggalan nenek moyang mereka hingga saat ini. Berbagai upacara adat yang diselenggarakan setiap tahunnya di daerah ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung, termasuk wisatawan mancanegara.

Salah satu upacara adat yang terkenal di Tana Toraja adalah Rambu Solo, yakni sebuah upacara adat berupa prosesi pemakaman khas Tana Toraja. Masyarakat Tana Toraja mempunyai kepercayaan bahwa seseorang yang telah meninggal maka kematiannya dianggap belum sempurna bila belum menyelenggarakan upacara adat Rambu Solo. Maka sebelum proses upacara diselenggarakan, orang yang meninggal tersebut akan diperlakukan layaknya orang yang sedang sakit atau dalam kondisi lemah. Mereka akan tetap dihormati dan diperlakukan layaknya mereka masih hidup, seperti membaringkannya di ranjang ketika akan tidur, meyediakan makanan dan minuman hingga mengajaknya bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan upacara adat ini tidaklah sedikit, maka tidak heran bila upacara pemakaman bisa diselenggarakan  berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya setelah orang tersebut meninggal.

Pada dasarnya upacara adat Rambu Solo terbagi menjadi dua prosesi, yakni Prosesi Pemakaman atau dikenal juga dengan nama Rante serta Pertunjukkan Seni. Kedua prosesi tersebut tidak diselenggarakan secara terpisah namun saling melengkapi secara keseluruhan. Untuk Prosesi Pemakaman atau Rante biasanya diselenggarakan di lapangan khusus yang terletak di tengah-tengah kompleks rumah adat Tongkonan dengan susunan acara yang pertama adalah proses pembungkusan jenazah yang disebut dengan Ma’Tudan Mebalun, yang kedua proses menghias peti jenazah dengan menggunakan benang emas dan perak atau disebut Ma’Roto, yang ketiga adalah proses perarakan jenazah ke sebuah tempat persemayaman atau disebut Ma’Popengkalo Alang, dan yang terakhir adalah Ma’Palao/Ma’Pasonglo yakni proses perarakan jenazah dari kompleks rumah adat Tongkonan menuju kompleks pemakaman (Lakkian).

Sedangkan untuk Prosesi Pertunjukkan Kesenian memiliki susunan acara yang pertama adalah perarakan kerbau untuk kurban, dilanjutkan dengan pertunjukkan beberapa musik daerah seperti Pa’Pompan, Pa’Dali Dali dan Unnosong serta tarian adat setempat seperti Pa’Badong, Pa’Dondi, Pa’Randing, Pa’Katia, Pa’Papanggan, Passailo dan Pa’Silaga Tedong. Baru kemudian menuju pertunjukkan adu kerbau yang dikenal dengan nama Mapasilaga Tedong. Yang terakhir adalah ritual penyembelihan kerbau sebagai hewan kurban.

Pertunjukkan seni yang diselenggarakan tidak hanya berfungsi untuk memeriahkan proses pemakaman, namun juga sebagai bentuk penghormatan dan doa bagi orang yang sudah meninggal. Biasanya jumlah kerbau yang disembelih menjadi ukuran tingkat kekayaan dan derajat orang yang meninggal ketika mereka masih hidup. Upacara adat Rambu Solo bagi masyarakat Tana Toraja dianggap sebagai satu upacara yang penting dan hukumnya wajib. Upacara adat ini mencerminkan kehidupan masyarakat Tana Toraja yang suka bergotong royong, memiliki sikap kekeluargaan serta sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian mereka kepada orang yang telah meninggal.

Sumber : utiket.com

Kamis, 17 Oktober 2013

Tips Liburan Singkat dan Seru



Rutinitas sehari-hari tentu sangat menjemukan, untuk itu Anda perlu berlibur. Terkadang karena kesibukan yang begitu padat, Anda tidak mempunyai waktu untuk berlibur. Namun tak perlu khawatir, hanya dalam satu hari (24 jam) Anda tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan. Tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan persiapkan. Simak tips berikut untuk membuat liburan singkat Anda jadi semakin seru:

Susun Rencana dan Tentukan Tempat Tujuan

Karena waktu liburan Anda sangat terbatas jadi pastikan Anda sudah mempunyai tujuan yang jelas. Pergi berlibur tanpa tujuan dan rencana yang jelas akan membuat Anda bingung dan membuang waktu Anda. Sebelum liburan, buatlah daftar perjalanan dan jadwal perjalanan Anda. Jangan lupa hitung juga budget dan waktu yang Anda punyai.

Atur Waktu Antara Satu Tempat Dengan Tempat Lainnya


Mengingat waktu yang Anda punyai terbatas maka Anda harus pintar-pintar membagi waktu antara satu obyek wisata dengan obyek lainnya. Ketika sudah sampai di satu obyek usahakan Anda konsisten dengan jadwal yang telah Anda buat. Jangan terlalu lama di satu obyek sehingga bisa mengacaukan jadwal yang telah Anda buat.

Siapkan Rencana Cadangan


Terkadang banyak hal yang terjadi di luar kendali kita. Untuk itu ada baiknya Anda juga membuat rencana cadangan. Jadi jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi maka Anda masih bisa tetap melanjutkan liburan singkat Anda.

Pilih Destinasi Yang Berbeda


Liburan yang akan Anda lakukan dalam waktu hanya satu hari ini mungkin akan terasa membosankan jika Anda memilih destinasi dengan panorama yang hampir sama. Untuk itu pilihlah destinasi dengan suasana yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pilihlah Waktu Yang Tepat


Pilihlah waktu yang tepat untuk berlibur agar liburan singkat Anda tidak terganggu dengan urusan-urusan yang belum terselesaikan misalnya pekerjaan, sehingga Anda bisa berlibur singkat dengan hati tenang dan gembira.

Siapkan Kondisi Tubuh


Untuk liburan singkat memang membutuhkan tenaga ekstra. Tentu dalam hal ini kondisi fisik Anda juga harus Anda siapkan dengan baik. Jangan sampai liburan seru Anda terhenti karena Anda lelah atau sakit di tengah perjalanan. Siapkan makanan bergizi dan bila perlu vitamin.

Sumber : utiket.com


Rabu, 16 Oktober 2013

Usia Bayi Yang Di Anjurkan Untuk Naik Pesawat




Para ibu yang mempunyai bayi dan berencana traveling menggunakan pesawat pasti masih punya ketakutan dan kekhawatiran apakah penerbangan nanti aman untuk bayi Anda. Atau ada juga ibu yang masih ragu untuk membawa terbang bayinya karena pertimbangan keamanan. Mungkin Anda juga masih bertanya-tanya berapa sih umur ideal yang aman untuk bayi diajak terbang dengan pesawat. Ada beberapa pendapat yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, antara lain menurut pendapat International Civil Aviation, International Air Transport Association, British Thoracis Society dan Canadian Pediatric Society usia yang aman bagi bayi untuk menempuh perjalanan udara yaitu di atas tujuh hari.

Namun menurut Aerospace Medical Association, usia yang aman bagi bayi untuk menempuh perjalanan udara yaitu saat umurnya telah mencapai dua minggu. Sedangkan menurut Center for Disease Control and Prevention, usia enam minggu merupakan batas minimal aman terbang bagi bayi. Perlu diketahui bahwa aturan tersebut hanya berlaku terhadap bayi yang lahir normal dan sehat. Akan berbeda untuk bayi dengan kelahiran prematur atau bayi yang lahir dengan kesehatan yang tidak cukup baik. Untuk bayi prematur sendiri, Anda harus lebih bersabar untuk mengajaknya terbang menggunakan pesawat karena Anda harus menunggu hingga bayi berumur enam bulan jika bayi tidak mempunyai riwayat penyakit sistem pernafasan atau setidaknya dua tahun jika bayi mempunyai riwayat sakit pernafasan maupun sakit lainnya.

Tubuh bayi memang masih sangat lemah dan bayi masih terbiasa dengan lingkungan rahim ibu sehingga masih sulit beradaptasi terutama jika berada di lingkungan baru. Tekanan udara yang tinggi di pesawat mungkin akan mengakibatkan rasa sakit pada telinga, begitu juga pada telinga bayi Anda. Meskipun hal ini tidak mengakibatkan telinga bayi menjadi tuli, namun kenyamanan bayi tentu harus kita prioritaskan. Untuk itu ada baiknya jika tidak terpaksa sekali tunggulah bayi Anda di usia yang lebih memungkinkan untuk diajak menggunakan pesawat terbang yaitu kurang lebih enam minggu. Namun jika memang keadaan sudah sangat mendesak, sebaiknya sebelum  memesan tiket konsultasikan dahulu kepada dokter tentang kesehatan bayi Anda. Untuk tiket pesawat, sebaiknya langsung pesan di maskapai dan beritahukan kepada maskapai bahwa Anda terbang bersama bayi Anda, sebutkan pula umurnya. Pastikan juga maskapi tersebut menyediakan keamanan khusus bayi, seperti seatbelt khusus bayi. Dengan begitu bayi Anda tetap aman selama penerbangan.

Sumber : utiket.com

Selasa, 15 Oktober 2013

Pulau Umang Jakarta, Indonesia


Tentang Pulau Umang
 

Pulau Umang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pulau ini hanya berjarak sekitar 183 kilometer dari kota Jakarta. Obyek wisata yang satu ini tidak kalah cantik dengan Pantai Carita maupun Pantai Sawarna. Selain pemandangan alam yang cukup indah, pulau ini juga memiliki pantai dengan air lautnya yang berwarna biru jernih. Cukup serasi dengan hamparan pasir putih pantainya. Ombak lautnya juga cukup kecil, jadi cukup nyaman bagi anak-anak yang ingin bermain air laut.

Pulau ini memang tergolong kecil, jadi setelah tiba di tepi pantai Anda akan langsung menemukan sebuah resor dengan fasilitas perhotelan serta kamar dengan pemandangan yang langsung menghadap ke laut lepas. Hal itu menjadikannya seolah-olah pantai tersebut adalah halaman dari rumah Anda. Dengan semua keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan, pulau kecil ini juga merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang akan berbulan madu.

Berbagai aktivitas yang tentunya menarik dapat Anda lakukan di pulau ini, dari sekedar bermain air laut, bermain bola di tepian pantai, memancing, snorkeling hingga bermain jet ski serta banana boat. Bagi Anda yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir karena selain ombak lautnya yang relatif kecil, di pulau ini juga tersedia taman bermain bertema outbound yang dilengkapi juga dengan kolam renang anak-anak yang menghadap ke laut lepas. Selepas bersenang-senang dan menikmati segala aktivitas seru di pulau ini, Anda bisa mencicipi hidangan lezat khas Pulau Umang, diantaranya adalah kakap merah dan kerapu yang dimasak dengan dengan bumbu pilihan.

Resort di pulau ini setidaknya menyediakan tiga puluh kamar yang terbagi menjadi lima belas kamar yang menghadap langsung ke arah matahari terbenam serta lima belas kamar yang menghadap langsung ke arah matahari terbit. Pada saat waktu liburan, tempat ini biasanya cukup ramai oleh para wisatawan sehingga bila Anda ingin berkunjung ke pulau ini ada baiknya bila Anda memesan kamar terlebih dahulu jauh-jauh hari.

Akses ke Pulau Umang

Untuk dapat ke lokasi ini ada dua rute yang bisa Anda tempuh. Rute yang pertama adalah melalui jalan Tol Jakarta-Merak lalu keluar melalui Serang Timur atau di Km 71 kemudian dilanjutkan dengan mengikuti Jalan Pandeglang hingga sampai ke Labuan. Dari Labuan Anda dapat langsung menuju ke Taragong-Citeurup-Cigeulis-Cibaliung-Cimanggu hingga akhirnya sampai di Kecamatan Sumur.

Sedangkan rute yang kedua dari Tol Jakarta-Merak Anda dapat keluar melalui Cilegon Barat lalu dengan mengikuti Jalan Anyer-Carita menuju ke Labuan. Dari Labuan Anda dapat langsung menuju ke Kecamatan Sumur. Lama perjalanan yang akan Anda tempuh kira-kira sekitar lima hingga enam jam perjalanan. Dan dari kawasan Kecamatan Sumur, Anda bisa langsung menuju ke Pulau Umang menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar lima menit.

Sumber: utiket.com

Senin, 14 Oktober 2013

Tips Liburan Hemat



Anda ingin liburan,  tapi anda bingung bagaimana cara liburan dengan hemat? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk berlibur dengan hemat. Di bawah ini merupakan tips bagaimana liburan dengan harga ekonomis namun tetap manis :

Pilih rumah, jangan hotel

Biasanya hotel menjadi pilihan termudah untuk dijadikan tempat penginapan. Namun hal tersebut tentunya akan membuat anda mengeluarkan biaya lebih besar. Jika anda mengunjungi tempat terpencil, anda bisa dengan mudah menggunakan rumah-rumah penduduk sebagai tempat penginapan. Namun jika anda berkunjung ke suatu kota besar yang berada di luar negeri, anda bisa memanfaatkan website yang menyediakan data rumah sebagai tempat penginapan di berbagai negara. Anda dapat searching melalui internet sebelum anda pergi berlibur.

Beli tiket pesawat termurah

Berlibur menggunakan pesawat memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang, baik untuk tujuan liburan domestik maupun ke luar negeri. Tersedia banyak pilihan harga penerbangan yang bisa anda temukan. Namun sebaiknya anda memesan secara online melalui internet karena harga tiket pesawat yang tertera di sebuah website maskapai, terutama harga promo tidak dijual secara offline di loket penjualannya. Anda juga harus memperhatikan bahwa harga tiket pesawat akan murah pada hari Kamis. Hal tersebut dikarenakan penjualan harga baru tiket pesawat dimulai pada akhir hari Senin.

Kunjungi obyek wisata alternatif

Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun memang membutuhkan informasi yang tepat. Banyak orang yang tidak mau direpotkan dengan mencari tahu tujuan wisata alternative yang bisa dikunjungi. Padahal hal ini akan sangat membantu untuk menekan biaya pengeluaran selama berlibur. Kenapa tidak mencoba mengunjungi Danau Ohrid di Makedonia daripada ke Venice, Italia?

Bandingkan harga

Jangan pernah malu untuk membandingkan harga, baik itu untuk harga tiket transportasi seperti pesawat, kereta api atau bus; dan tarif sewa penginapan. Sekarang ini sudah tersedia banyak situs yang memberikan info perbandingan harga. Anda tinggal searching untuk mendapatkan harga terendah dalam satu situs.

Sumber : utiket.com

Minggu, 13 Oktober 2013

Pulau Pagang Padang, Indonesia


Tentang Pulau Pagang

Pulau Pagang terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini menghadap langsung dengan Samudera Hindia dan berjarak sekitar tigabelas kilometer dari kota Padang. Pantai ini cukup cantik dengan dengan adanya panorama yang mempesona dari hijaunya perbukitan Sumatera. Ditambah lagi hamparan pasir putihnya yang bersih dipadu dengan birunya air laut yang cukup jernih membuat para wisatawan yang berkunjung ke sini tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke dalam laut.

Selain itu ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau ini, seperti memancing, snorkeling hingga berkemah. Pemandangan bawah laut di pulau ini cukup bagus. Disediakan juga jasa penyewaan alat snorkeling di sini. Tidak hanya itu saja, beberapa penginapan juga tersedia di tempat ini. Namun bagi Anda yang ingin merasakan serunya berkemah di pulau ini, disediakan juga jasa penyewaan tenda untuk wisatawan. Pulau ini sebenarnya merupakan tempat transit bagi para nelayan untuk beristirahat sejenak. Ada juga beberapa nelayan yang tinggal di pulau ini. Bila Anda lapar, Anda bisa juga meminta jasa para nelayan tersebut untuk membuatkan makanan dengan biaya yang lebih murah.

Akses ke Pulau Pagang

Dari pusat kota Padang, Anda dapat langsung menuju ke Kecamatan Bungus Teluk Kabung atau Pelabuhan Muaro Padang atau bisa juga menuju ke Pelabuhan Bungus dengan menggunakan kendaraan darat. Dari tempat ini Anda harus menyewa perahu untuk menuju ke Pulau Pagang. Biaya sewa perahu ini lumayan mahal, untuk itu sebaiknya Anda pergi berombongan agar biaya sewa perahu bisa menjadi ringan.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 12 Oktober 2013

Tips Menginap di Bandara



Buat Anda yang tidak mau terburu-buru harus datang ke bandara di pagi buta atau Anda terpaksa menginap di bandara karena pesawat mendarat larut malam. Simak beberapa tips berikut agar Anda merasa nyaman dan aman ketika harus menginap di bandara.

Jangan Lupa Memilih Tempat Yang Nyaman

Pilihlah tempat yang sekiranya Anda merasa nyaman dan aman untuk istirahat. Tempat yang biasa digunakan adalah mushala (ruang ibadah). Lantai di mushala biasanya juga dilapisi karpet sehingga cocok untuk beristirahat. Tetapi tidak semua mushala di bandara bisa dijadikan tempat tidur. Selain itu bangku-bangku di sekitar bandara juga bisa dijadikan tempat untuk istirahat. Bahkan di beberapa bandara ada yang menyediakan fasilitas sofa yang bisa dijadikan tempat untuk merebahkan diri, sehingga Anda pun bisa beristirahat dengan nyaman.

Memakai Pakaian Yang Pas

Jika Anda benar-benar sudah mempunyai rencana untuk menginap di bandara, maka tidak ada salahnya mengenakan pakaian berlapis karena biasanya kondisi di sekitar bandara cukup dingin. Membawa selimut, jaket ataupun sweater juga lebih baik. Untuk Anda yang wanita hindari memakai rok atau pakaian ketat karena hal itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman nantinya.

Tetap Fokus dan Selalu Waspada

Adanya petugas keamanan yang selalu bekerja 24 jam belum tentu bisa menjamin keamanan Anda sendiri. Alangkah baiknya jika Anda tetap fokus dan selalu berhati-hati. Pastikan Anda menyimpan benda-benda penting dan berharga di tempat aman.

Jangan Lupa Membawa Perangkat Hiburan

Agar Anda tidak merasa bosan saat menginap, Anda dapat membawa bahan bacaan, pemutar musik, kartu, ataupun papan catur.

Persiapkan Bekal Minuman dan Makanan Ringan
Ada baiknya Anda membawa bekal minuman dan makanan ringan sendiri daripada harus membeli di bandara karena biasanya harga makanan dan minuman di bandara lebih mahal. Cara ini tentu juga dapat menghemat uang Anda.

Jangan Lupa Setel Alarm

Hal ini sangat penting. Jangan lupa menyetel alarm agar Anda tidak ketinggalan pesawat nantinya. Setidaknya setel alarm satu atau dua jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat Anda.

Sumber : utiket.com

Jumat, 11 Oktober 2013

Tradisi Lompat Batu Nias



Indonesia memang kaya akan tradisi budayanya. Salah satu tradisi yang cukup terkenal adalah tradisi lompat batu Nias atau lebih dikenal dengan nama Fahombo.  Tradisi lompat batu ini dapat Anda temui di Desa Bawo Mataluo, Kabupaten Nias Selatan. Kabupaten Nias Selatan sendiri merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang terletak di Pulau Nias.

Fahombo merupakan sebuah tradisi budaya yang dilakukan oleh seorang pria di Nias dengan menggunakan pakaian adat setempat untuk melompati sebuah susunan batu dengan tinggi sekitar dua meter, panjang sekitar enam puluh centimeter dan lebar sembilan puluh centimeter. Tradisi ini sudah berlangsung selama berabad-abad dan diwariskan secara turun-temurun di setiap keluarga yang memiliki anak lelaki. Namun meski sudah berlatih sedari kecil, tidak semua pemuda di Pulau Nias dapat melakukannya. Masyarakat setempat mempunyai kepercayaan bahwa selain unsur latihan secara rutin juga terdapat unsur magis dari roh leluhur sehingga seorang pemuda dapat melompati batu setinggi dua meter tersebut dengan sempurna.

Awalnya tradisi ini berfungsi sebagai sarana latihan atau persiapan dari masyarakat Nias sebelum berperang dengan suku maupun desa lain. Namun karena setiap desa wilayahnya selalu dibentengi dengan batu maupun bambu setinggi dua meter, maka setiap pria yang ingin ikut berperang selain harus kuat dan pandai dalam bela diri, juga harus dapat melompati susunan batu setinggi dua meter tersebut tanpa menyentuh permukaannya.

Seiring berjalannya waktu, kini tradisi tersebut bukanlah sebagai tradisi yang dilakukan sebelum melakukan peperangan namun lebih sebagai simbol budaya dari masyarakat Nias sendiri. Seorang pemuda yang berhasil melakukan Fahombo dengan sempurna akan dianggap telah dewasa dan matang secara fisik untuk dapat menikah, sehingga akan membawa kebanggaan bagi dirinya sendiri serta keluarga. Biasanya keluarga yang anak lelakinya telah berhasil melakukan tradisi ini akan menyelenggarakan sebuah pesta syukuran dengan menyembelih beberapa ekor hewan ternak. Indonesia memang kaya akan tradisi budayanya. Semoga saja tradisi lompat batu Nias ini akan tetap lestari dan tidak hilang ditelan waktu.

Sumber : utiket.com

Kamis, 10 Oktober 2013

Cottesloe Beach Perth, Australia



Tentang Cottesloe Beach

Meskipun Perth mempunyai belasan pantai, namun pantai yang paling terkenal dan muncul dalam salah satu nama pantai terbaik di dunia yaitu Cottesloe Beach. Cottesloe Beach merupakan pantai yanga ada di bagian barat Perth, letaknya diantara Central Business District dan Fremantle Port, dan masuk ke dalam wilayah Town of Cottesloe. Pantai ini dinamakan sesuai dengan nama politisi Inggris, yaitu Thomas Fremantle The First Baron Cottesloe.

Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini sehingga pantai ini menjadi tujuan utama banyak wisatawan. Cottesloe Beach merupakan pantai berpasir putih. Perairan di bibir pantai ini tidak terlalu dalam dan memiliki ombak yang tidak besar sehingga aman untuk berenang. Snorkeling dan surfing juga bisa dilakukan di sini. Lokasi pantai ini juga dekat dengan pemukiman serta area perbelanjaan dan juga lapangan golf. Di sepanjang pantai dipenuhi dengan kafe, restoran dan bar serta deretan pohon pinus yang telah berusia lebih dari satu abad. Bangunan-bangunan dengan arsitektur Spanyol yang unik dan komplit dengan tamannya yang indah juga bisa kita temukan di sepanjang pantai ini.

Cuaca di Cottesloe Beach memang terbilang unik karena udara di pantai ini terasa panas dan kering namun angin yang berhembus terasa dingin, sangat cocok untuk berjalan-jalan atau bersepeda menyusuri pantai. Di malam minggu, pantai ini sering menggelar event yang cukup terkenal yaitu Sunday Session yang diadakan di berbagai bar di pinggir pantai. Salah satu lokasi yang bisa Anda kunjungi saat Sunday Session adalah Cottesloe Beach Hotel. Sementara itu, untuk konser dan pertunjukan di malam tahun baru biasanya diadakan di Cottesloe Esplanade.

Jika Anda ingin berbelanja, berjalanlah di Napoleon Street yang dipenuhi dengan butik ekslusif serta berbagai toko souvenir. Jika berjalan ke arah Stirling Highway, Anda bisa menemukan pusat perbelanjaan Groove Shopping Center.

Akses ke Cottesloe Beach

Cottesloe Beach berada tak jauh dari pusat kota Perth. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar limebelas menit saja untuk menuju ke pantai ini. Dari pusat kota Perth, Anda bisa menggunakan Transperth dan turun di Cottesloe Train Station. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Selain itu bisa juga menggunakan kereta. Di musim panas biasanya disediakan Shuttle Bus gratis dari stasiun menuju Cottesloe Beach.

Makan di Cottesloe Beach

Restoran, bar dan hotel di sepanjang pantai menyuguhkan berbagai macam hidangan dan minuman enak sesuai dengan pilihan Anda. Jangan lupa juga untuk menikmati es krim gelato khas Italia yang selalu diserbu pengunjung setiap harinya.

Sumber: utiket.com

Rabu, 09 Oktober 2013

Bukit Jati Gentungan Mamuju, Indonesia



Tentang Bukit Jati Gentungan

Salah satu obyek wisata menarik yang ada di Mamuju, Sulawesi Barat yaitu Bukit Jati Gentungan. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata alam yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama saat waktu libur tiba. Obyek wisata Bukit Jati Gentungan sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Terletak di Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju dan berjaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Mamuju dan dua kilometer dari Bandara Tampa Padang.

Bukit Jati Gentungan mempunyai wilayah sekitar empat hektar yang dikelola oleh UPTD Wisata Gentungan dan mulai beroperasi di tahun 2008. Bukit Jati Gentungan merupakan wisata alam dengan pemandangan yang indah. Udaranya pun masih segar sehingga sangat cocok untuk liburan rekreatif, edukatif dan olahraga. Obyek wisata ini dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti kolam renang besar, lapangan bulutangkis, karaoke, lapangan futsal, dan lain-lainl. Kolam renangnya outdor dan semi waterboom. Serunya, sembari berenang Anda bisa menikmati panorama perbukitan yang asri. Selain itu, di sini juga disediakan kolam ikan yang cukup luas untuk memancing. Ada pula sungai dengan air yang cukup jernih.

Untuk fasilitas penunjang wisata lainnya tidak perlu dikhawatirkan karena pemerintah memang sengaja membangun Bukit Jati Gentungan sebagai obyek wisata yang diharapkan mampu untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor wisata, sehingga berbagai fasilitas bisa ada di sana mulai dari vila hingga cottage bisa Anda temukan serta berbagai tempat makan juga tersedia. Biasanya Bukit Jati Gentungan menjadi favorit para wisatawan untuk berkumpul bersama keluarga. Jadi tak ada salahnya untuk mampir ke sini saat Anda berada di Mamuju.

Akses ke Bukit Jati Gentungan

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Mamuju yaitu sekitar 20 kilometer menjadikan tempat ini mudah untuk dikunjungi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa untuk menuju ke tempat ini. Waktu perjalanan yang akan Anda tempuh sekitar 40 menit sampai satu jam.

Sumber: utiket.com


Selasa, 08 Oktober 2013

Tips Hemat BBM Saat Traveling



Seperti yang kita tahu, pemerintah resmi menaikan harga BBM. Meskipun demikian, bukan halangan bagi Anda untuk traveling apalagi di musim liburan seperti sekarang ini. Traveling menggunakan kendaraan pribadi memang lebih nyaman dibanding menggunakan kendaraan umum. Selain itu, waktu bersama keluarga juga terasa lebih lama di perjalanan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa tetap menghemat BBM saat traveling menggunakan kendaraan pribadi:

Survei Tempat Tujuan

 
Sebelum melakukan perjalanan Anda ke tempat liburan ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu dengan pasti lokasi liburan Anda. Pelajari bagaimana cara menuju ke sana dan siapa tahu Anda bisa menemukan alternatif jalan yang lebih dekat. Hindari juga jalan-jalan yang berpotensi macet. Dengan begitu, selain bahan bakar Anda akan lebih hemat karena jarak tempuh Anda lebih pendek, hal ini juga bisa menghindari Anda tersesat di perjalanan.

Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama

Memanaskan mobil idealnya hanya membutuhkan waktu antara lima hingga sepuluh menit saja. Hindari kebiasaan saat memanaskan mobil Anda malah pergi meninggalkannya untuk melakukan kegiatan lain. Hal ini akan membuat mobil boros bahan bakar. Saat memanaskan mobil sebaiknya AC dimatikan saja.

Pakai AC Sewajarnya

AC bisa membuat kendaraan Anda lebih boros bahan bakar karena beban perputaran mesin mobil akan semakin berat. Untuk mensiasatinya sebaiknya jangan terus-terusan menyalakan AC terutama saat Anda barada di jalan dengan hawa sejuk. Sebaiknya buka kaca mobil saja untuk mendapatkan udara yang segar.

Jangan Ngebut

Hindari kebut-kebutan di jalan. Selain hal tersebut dapat membahayakan keselamatan, membawa mobil dengan kecepatan tinggi akan membuat mobil semakin boros BBM. Menyetirlah dengan perasaan riang dan kecepatan yang stabil. Semakin sering Anda memainkan gas dan rem kendaraan Anda maka semakin cepat habis bahan bakar kendaraan Anda. Selain itu pula jagalah kondisi badan agar fit dalam mengendarai mobil Anda.

Sumber : utiket.com

Senin, 07 Oktober 2013

Sekilas Tentang Ondel-ondel Khas Betawi


Ondel-ondel merupakan sebuah boneka besar dengan tampilan matanya yang selalu melotot dan identik dengan budaya khas Betawi. Walaupun begitu, kesenian serupa juga terdapat di beberapa daerah di luar kota Jakarta, seperti kesenian di Pasundan yang menyerupai Ondel-ondel ini disebut dengan Badawang, sedangkan di Jawa Tengah disebut dengan Barongan Buncis, sementara di Bali dikenal dengan nama Barong Landung. Konon kesenian ini sudah ada sebelum masuknya agama Islam di Pulau Jawa.

Ondel-ondel biasanya mempunyai tinggi sekitar dua setengah meter dengan diameter garis tengahnya kurang lebih sekitar 80 centimeter. Ondel-ondel yang menggambarkan seorang laki-laki biasanya mukanya berwarna merah, sedangkan Ondel-ondel yang menggambarkan seorang perempuan biasanya akan bermuka putih atau kuning. Proses pembuatan Ondel-ondel sendiri biasanya dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap pembuatan rangka dan tahap pembuatan topeng. Untuk membuat sepasang boneka Ondel-ondel biasanya memerlukan waktu sekitar satu hingga tiga minggu tergantung ukuran yang diinginkan. Untuk pembuatan rangka, bahan yang digunakan biasanya adalah bambu dan ijuk, sedangkan untuk pembuatan topeng kini lebih banyak menggunakan bahan dari fiber glass daripada kayu karena dianggap lebih praktis. Sedangkan untuk baju yang nantinya akan digunakan pada boneka biasanya menggunakan bahan kain satin serta sarung untuk bagian bawahnya.

Awalnya Ondel-ondel mempunyai fungsi sebagai penolak bala dan dahulu masyarakat Betawi sering menjadikan Ondel-ondel sebagai simbol leluhur penjaga kampung untuk menjauhkan dari berbagai gangguan roh halus yang bergentayangan. Maka tidak heran apabila dahulu Ondel-ondel mempunyai wajah yang cukup menyeramkan. Terkait dengan fungsi awal Ondel-ondel tersebut maka dahulu sebelum akan memulai pembuatan Ondel-ondel biasanya seorang pengrajin akan melakukan ritual khusus seperti menyediakan aneka sesaji berupa kemenyan, kembang tujuh rupa serta bubur sumsum. Hal ini dimaksudkan agar proses pembuatan boneka dapat berjalan lancar serta diharapkan roh yang nantinya akan bersemayam di dalam boneka adalah roh baik. Ritual khusus ini menurut masyarakat setempat disebut dengan Ukup atau Ngukup.

Namun seiring dengan berjalannya waktu serta adanya pergeseran fungsi dari Ondel-ondel itu sendiri maka ritual khusus tersebut sudah mulai ditinggalkan. Semenjak kepemimpinan Ali Sadikin sebagai Gubernur DKI Jakarta dari tahun 1966-1977, Ondel-ondel telah beralih fungsi sebagai boneka seni khas Betawi sekaligus juga sebagai seni pertunjukkan rakyat yang menghibur. Wajah Ondel-ondel yang dahulu terkesan menyeramkan pun kini sudah berubah menjadi lebih manis. Dalam pertunjukkannya pun Ondel-ondel lebih sering diiringi dengan musik tradisional khas Betawi seperti Tanjidor, Bende, Ningnong, maupun Rebana Ketimpring.

Sumber : utiket.com

Minggu, 06 Oktober 2013

Sejarah Tugu Monas, Jakarta


Siapa yang tak kenal dengan Tugu Monas? Semua warga negara Indonesia tentunya mengenal salah satu ikon terkenal di ibukota negara Indonesia ini. Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Tugu Monas merupakan monumen peringatan dengan tinggi sekitar 132 meter. Tugu Monas ini dibangun untuk mengenang perlawanan serta perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Tugu Monas dirancang oleh Friedrich Silaban dan R.M. Soedarsono dan mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Soekarno dan mulai dibuka serta diresmikan untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975 oleh Presiden Soeharto. Pembangunan Tugu Monas ini terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama berlangsung antara tahun 1961/1962 – 1964/1965, dimana pada masa itu secara simbolik Presiden Soekarno meresmikan pembangunannya dengan menancapkan pasak beton yang pertama. Sedangkan tahap kedua berlangsung antara tahun 1966 hingga tahun 1968. Pembangunan tahap dua ini sempat tertunda terkait dengan adanya pemberontakan Gerakan 30 September 1965. Hingga akhirnya tahap terakhir berhasil dilaksanakan yakni sekitar tahun 1969 hingga tahun 1976.

Bentuk bangunan dari tugu ini berkonsep sebagai Lingga dan Yoni yang melambangkan kesuburan dan kesatuan yang harmonis dan saling melengkapi. Tugu yang menjulang tinggi digambarkan sebagai Lingga yang melambangkan elemen laki-laki dan melambangkan siang hari, sedangkan pelataran yang berbentuk cawan digambarkan sebagai Yoni yang melambangkan elemen perempuan dan melambangkan malam hari. Namun bentuk dari Tugu Monas ini juga dapat diartikan sebagai sepasang Alu dan Lesung yakni alat penumbuk padi tradisional yang menggambarkan budaya bangsa Indonesia.

Yang menarik dari tugu ini adalah bagian puncaknya yang berbentuk lidah api setinggi empat belas meter yang dilapisi lembaran emas seberat 50 kg yang melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia yang selalu menyala, dimana sebanyak 28 kilogram emas pada lidah api tersebut  merupakan sumbangan dari Teuku Markam yakni seorang pengusaha Aceh yang pernah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Sementara pada halaman luar tugu terdapat relief yang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia. Pada bagian dasar bangunan ini juga terdapat sebuah Museum Sejarah Nasional Indonesia yang dapat menampung sekitar 500 orang. Tugu yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini dapat Anda kunjungi setiap harinya mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Namun untuk hari Senin pekan terakhir setiap bulannya, tugu ini ditutup untuk masyarakat umum.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 05 Oktober 2013

Sekilas Sejarah Wayang di Indonesia



Wayang merupakan suatu bentuk karya seni budaya yang adiluhur dan sarat dengan kandungan nilai falsafah dan merupakan peninggalan asli milik bangsa Indonesia. UNESCO sendiri sudah menetapkan wayang sebagai warisan pusaka dunia yang berasal dari Indonesia pada tanggal 7 November 2003 lalu. Wayang berasal dari kata “Wayangan” yang memiliki makna sebuah penggambaran wujud tokoh serta cerita agar bisa tergambar dengan jelas dalam batin si penggambar karena wujud aslinya telah hilang.

Wayang adalah kebudayaan tertua dan asli dari Indonesia. Pertunjukkannya sendiri sudah dikenal di Indonesia sejak zaman Neolitikum atau sekitar tahun 1500 SM, jauh sebelum kedatangan orang-orang Hindu. Prasasti tertua yang memberikan informasi tentang pewayangan di Indonesia berasal dari prasasti pada masa pemerintahan Raja Airlangga, yakni pada abad ke-10 Masehi. Awalnya, wayang merupakan suatu bentuk bagian dari kegiatan menyembah Sang Hyang dan biasa dilakukan pada saat masa panen maupun masa bercocok tanam yang dilakukan dalam bentuk upacara Ruwatan, Tingkeban maupun Merti Desa dengan harapan agar panen berhasil maupun agar terhindar dari segala bentuk macam musibah. Baru pada tahun 898-910 Masehi, wayang sudah menjadi wayang purwa, namun masih mempunyai fungsi yang sama yakni ditujukan untuk menyembang Sang Hyang. Kemudian pada prosesnya, seni budaya wayang ini semakin dikembangkan pada zaman masuknya agama Hindu, hingga terjadi pembaharuan lagi pada zaman masuknya agama Islam di Indonesia.

Kebudayaan wayang di Indonesia memang sudah banyak diteliti oleh para cendekiawan dan budayawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Terdapat persamaan pendapat, namun tidak sedikit juga yang berbeda pendapat. Walaupun begitu, semuanya sependapat bahwa wayang di Indonesia sudah ada dan berkembang di Indonesia sejak zaman kuno, yakni sekitar tahun 1500 SM, jauh sebelum agama dan budaya luar masuk ke Indonesia. Jadi wayang dalam bentuknya yang masih sangat sederhana merupakan budaya asli dari Indonesia dimana pada prosesnya budaya ini semakin berkembang setelah bersentuhan dengan unsur-unsur lain sehingga wujud beserta isinya seperti yang kita ketahui saat ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah seni budaya akan selalu berubah dan berkembang mengikuti perubahan zaman. Wayang yang ada saat ini berbeda dengan wayang yang ada di masa lalu dan bisa jadi juga wayang di masa depan akan berubah sesuai zamannya. Namun perubahan seni budaya wayang ini tetap tidak berpengaruh pada jati dirinya yang telah tertanam dalam sejarah wayang itu sendiri karena wayang telah memiliki landasan utama yang sangat kokoh. Landasan utama itu terdiri dari tiga, yaitu adalah sifat Hamot: kemampuan dan keterbukaan budaya ini untuk menerima pengaruh dan masukan dari dalam maupun luar, Hamong: kemampuan untuk menyaring unsur-unsur baru tersebut sesuai dengan nilai-nilai wayang yang ada, dan Hamemangkat: kemampuan mengangkat suatu nilai menjadi nilai baru yang sesuai dengan nilai-nilai wayang  sehingga menyebabkannya memiliki daya tahan serta daya kembang wayang yang mengikuti perubahan dan perkembangan zaman.

Sumber : utiket.com