Thursday, December 19, 2013

Tips Berpetualang di Gua



Menjelajahi gua merupakan kegiatan wisata yang menantang sekaligus seru. Terdapat dua jenis gua yang bisa dijelajahi, yaitu gua kering dan gua yang bersungai. Sebelum menjelajahi gua, perhatikan beberapa tips berikut ini agar kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Siapkan badan yang fit dan mental

Salah satu hal terpenting sebelum memulai semua kegiatan wisata terutama untuk menjelajahi gua adalah tubuh yang fit. Pastikan Anda dalam keadaan fit sebelum menjelajahi gua. Dan ingat jangan memaksakan diri jika memang merasa dalam keadaan yang kurang fit karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Persiapan mental juga perlu Anda lakukan mengingat kondisi di dalam gua yang tentunya berbeda dengan di luar gua.

Jangan merusak alam

Dimanapun Anda berada, tentunya Anda tidak boleh melakukan pengrusakan. Saat menjelajah gua Anda akan menemui keadaan alam dan ekosistem yang berbeda dengan kehidupan Anda sehari-hari. Tetap jaga kelestariannya dan jangan merusak apapun, seperti mamatahkan atau mencabut tanaman, mencorat coret dinding dua maupun mematahkan stalaktit dan stalakmit.

Kenali jenis guanya

Sebaiknya Anda mengenali jenis gua yang akan Anda jelajahi agar bisa mendapatkan gambaran. Jika mengunjungi gua yang menjadi sarang kelelawar atau hewan lainnya, sebaiknya jangan berisik saat menjelajah agar tidak mengganggu mereka. Namun jika yang akan dijelajahi merupakan gua yang memiliki sungai dan Anda tidak bisa berenang, pastikan Anda melaporkan diri terlebih dahulu ke pemandu wisata di gua tersebut agar mendapatkan pengawasan khusus.

Berpakaian yang sesuai

Kemanapun Anda pergi, berpakaianlah yang sesuai dengan tujuan Anda. Kenakan pakaian yang nyaman, tertutup dan alas kaki yang tidak licin saat Anda menjelajahi gua. Pakaian tertutup akan lebih bisa melindungi tubuh Anda jika sewaktu-waktu Anda terjatuh. Kenakan pula perlengkapan keamanan selama menjelajahi gua agar agenda wisata Anda berjalan dengan aman.

Sumber : utiket.com


No comments:

Post a Comment