Kamis, 24 Oktober 2013

Apa sih turbulensi pesawat itu?



Pernah dengar tentang turbulensi pesawat? Atau bahkan beberapa dari Anda pernah mempunyai pengalaman saat pesawat mengalami turbulensi. Turbulensi pesawat sebenarnya bukanlah istilah asing bagi dunia penerbangan, namun tidak semua orang loh mengetahui apa itu turbulensi pesawat bahkan bagi mereka yang sering berpergian menggunakan pesawat.

Turbulensi pesawat sendiri merupakan guncangan pesawat yang disebabkan oleh benturan massa udara yang datang dengan kecepatan yang cukup tinggi dari berbagai arah yang terjadi di kolom udara. Hal ini akan mengakibatkan pesawat mengalami guncangan bahkan seperti dihempaskan. Kejadian ini mirip dengan melindas gundukan saat Anda mengendarai mobil di jalanan.

Meskipun tidak berbahaya namun saat pesawat mengalami turbulensi, guncangan tersebut akan terasa menakutkan bagi penumpang pesawat. Biasanya saat terjadi turbulensi pesawat maka pilot atau crew pesawat lainnya akan memberikan pengumuman kepada para penumpang. Para penumpang wajib menggunakan sabuk pengaman karena guncangan yang terjadi bisa menyebabkna cedera bagi penumpang pesawat.

Ada beberapa jenis dan penyebab turbulensi pesawat yang umumnya terjadi yaitu turbulensi pesawat yang terjadi di karenakan suhu karena panas matahari yang bisa menyebabkan udara naik atau sebaliknya massa udara dingin tiba-tiba turun. Turbulensi ini sering disebut dengan turbulensi thermis. Yang kedua adalah jenis turbulensi jet stream yaitu turbulensi yang sering terjadi dikarenakan pergerakan arus udara yang sangat cepat pada level ketinggian yang tinggi dan berpengaruh terhadap udara di sekelilingnya. Yang ketiga yaitu turbulensi mekanis yaitu turbulensi yang sering terjadi saat pesawat melewati daerah pegunungan karena massa udara di pegunungan. Dan yang keempat adalah wake turbulence, biasa terjadi saat pesawat berpapasan atau berdekatan dengan helikopter atau pesawat lainnya.

Turbulensi pesawat merupakan hal yang wajar dan sering terjadi. Turbulensi juga tidak berbahaya jadi saat Anda mengalaminya tidak perlu panik secara berlebihan apalagi sampai berteriak ketakutan. Sebenarnya pilot juga bisa menghindari turbulensi pesawat yang terjadi serta bisa dengan akurat memperkirakan turbulensi ini. Pilot akan selalu memilih jalan paling nyaman tanpa mengorbankan keamanan penumpang pesawatnya.

Sumber : utiket.com