Tuesday, September 24, 2013

Tips Liburan di Pantai



Pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang menyenangkan dan banyak digemari. Apalagi saat cuaca cerah, berbagai kegiatan di pantai seperti berjemur, berenang atau memancing menjadi sarana refreshing yang menyenangkan. Meskipun sangat menyenangkan namun terkadang ada beberapa hal yang mengganggu kita seperti teriknya matahari yang bisa membakar kulit atau alergi angin laut dan lain-lain. Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan Anda perhatikan saat Anda berlibur ke pantai:

Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur
Berjemur di pantai merupakan salah satu kegiatan yang memang sangat menyenangkan dan dapat menyehatkan kulit. Namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh pemilihan waktu yang tepat. Perhatikan waktu yang tepat jika ingin berjemur. Jangan berjemur di siang hari. Lakukan di waktu pagi sebelum pukul 11.00 atau sore setelah pukul 15.00.

Bawa Pelindung Matahari
Banyak hal yang bisa melindungi Anda dari teriknya matahari seperti kacamata hitam, topi atau payung. Tidak hanya membuat Anda menjadi semakin gaya, namun benda-benda tersebut juga bisa melindungi Anda secara langsung dari teriknya matahari. Terkena sinar matahari terlalu terik bisa membuat Anda merasa pusing, menimbulkan rasa perih di mata dan lain-lain. Pelindung matahari akan melindungi Anda dari hal-hal tersebut.

Gunakan Sunblock Secara Berkala
Saat Anda berada di pantai di bawah sinar matahari yang terik, sunblock tidak cukup digunakan hanya sekali saja, namun harus diaplikasikan berulang-ulang dengan jeda waktu sekitar 4 jam. Meskipun sunblock bersifat waterproof namun tetap saja sunblock mempunyai daya tahan yang maksimal. Sunblock sangat penting digunakan untuk melindngi kulit Anda dari matahari, agar kulit Anda tidak menghitam apalagi terbakar. Namun jika kulit Anda sudah terlanjur terbakar, Anda bisa merawatnya menggunakan lotion berbahan dasar lidah buaya.

Pakailah Pakaian Dengan Bahan Ringan
Saat Anda pergi ke pantai hindarilah menggunakan pakaian yang mempunyai bahan berat. Pakaian dengan bahan tebal dan berat akan merepotkan Anda. Selain itu juga akan susah kering jika Anda berbasah-basahan di air. Gunakanlah pakaian dengan bahan ringan yang nyaman.

Perhatikan Saat Berenang
Berenang pastinya merupakan hal yang memang sangat mengasyikkan saat anda berlibur ke pantai. Walaupun sedang asyik berenang namun Anda tidak boleh lengah dan tetap harus memperhatikan tempat sekitar untuk berenang. Perhatikan baik-baik sekitar Anda, apakah ada karang atau binatang laut seperti bulu babi maupun ubur-ubur beracun yang bisa membahayakan Anda. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan celana panjang saat berenang di laut. Tentu saja dengan bahan yang tetap bisa membuat Anda nyaman.

Langsung Bilas Sehabis Berenang
Air laut bisa menyebabkan alergi bagi tubuh Anda karena memiliki kandungan garam yang banyak. Jadi saat Anda selesai bermain air laut, usahakan untuk langsung membilas menggunakan air bersih. Jangan terlalu lama menggunakan baju basah karena air laut. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kering.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment