Sabtu, 14 September 2013

Tips Berkemah di Obyek Wisata


Berkemah menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan, terlebih berkemah di obyek wisata yang menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pastinya akan membuat Anda merasa betah untuk berlama-lama menikmati acara kemah. Walaupun berkemah sangat identik dengan kegiatan di alam terbuka, jangan dikira Anda bisa bebas melakukan apa saja. Anda juga harus tetap menjaga lingkungan sekitar tempat berkemah. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk berkemah di obyek wisata:

Cari Info

Sebelum Anda memutuskan untuk berkemah, terlebih dahulu carilah info mengenai obyek wisata yang akan Anda kunjungi. Pastikan obyek wisata tersebut mempunyai fasilitas tempat berkemah. Keamanan dan suhu sekitar di lokasi tersebut juga harus Anda cari tahu agar Anda bisa berkemah dengan nyaman nantinya.

Baca Tata Tertib

Setelah menemukan lokasi yang cocok, Anda bisa mencari info mengenai tata tertib berkemah di obyek wisata tersebut. Baca baik-baik tata tertib yang berlaku tersebut. Anda juga perlu mengetahui apakah berkemah di lokasi tersebut harus membayar atau tidak karena ada beberapa obyek wisata dengan fasilitas lahan berkemah mewajibkan pengunjung untuk membayar. Jika memang diwajibkan untuk membayar, Anda bisa mempersiapkan dana tersendiri untuk itu.

Bawa Peralatan Kemah

Bawalah peralatan kemah yang memadai setelah mendapatkan lokasi berkemah. Pilihlah tenda yang bagus untuk digunakan. Tenda yang bagus memiliki bentuk yang kokoh dan tidak bolong. Sesuaikan pula peralatan lainnya dengan kondisi lokasi kemah. Anda bisa membawa jaket dan sleeping bag jika lokasi kemah Anda memiliki hawa dingin. Jika hawanya bersahabat, Anda bisa membawa matras sebagai alas tidur. Untuk berjaga-jaga, bawalah flysheet. Flysheet ini berguna untuk menutup bagian atas tenda saat hujan agar airnya tidak masuk ke dalam tenda.

Bawa Barang Seperlunya

Membawa peralatan kemah saja sudah bisa memenuhi tas Anda. Untuk itu bawalah barang seperlunya agar Anda tidak kerepotan sendiri. Tentunya Anda tidak berkemah sendirian kan? Anda bisa berbagi barang dengan kawan lainnya agar lebih ringan.

Minum Air Yang Mengalir

Air merupakan kebutuhan utama, apalagi saat berkemah. Kehabisan bekal air merupakan hal yang wajar terjadi saat berkemah. Jika di lokasi kemah tidak terdapat sumber mata air, Anda bisa memilih sumber air lainnya. Usahakan untuk mengambil air dari sumber yang mengalir, seperti sungai. Jangan mengkonsumsi air dari danau atau kolam yang airnya tidak mengalir. Hal ini untuk menghindari penyakit perut, seperti diare.

Jaga Lingkungan

Jangan membuang sampah sembarangan saat berkemah yang tentunya akan mengotori lingkungan sekitar tempat Anda berkemah. Anda bisa mengumpulkan sampah-sampah yang Anda hasilkan dalam wadah kantong plastik yang telah dipersiapkan sebelumnya. Berkemah bukan berarti harus meninggalkan jejak dengan membuang sampah sembarangan kan?

Sumber : utiket.com