Kamis, 29 Agustus 2013

Trekking yang Menantang Namun Tetap Seru


Trekking merupakan salah satu kegiatan bagi para traveler yang menantang sekaligus mendebarkan. Bagaimana tidak, jika Anda harus menyusuri hutan rimba, sungai dan area lain yang tentunya Anda belum mengetahui bagaimana seluk beluk tempat tersebut. Kegiatan ini memang banyak digemari oleh mereka yang hobi berpetualangan. Namun bagi Anda yang masih awam dengan kegiatan ini pun bisa juga lho mengikuti trekking saat Anda traveling. Agar trekking yang Anda lakukan tetap seru, perhatikan beberapa hal berikut ini :

Pilih rute

Trekking biasanya dilakukan dalam satu tim. Anda bisa menghubungi pihak kehutanan setempat bersama teman satu tim untuk mendapatkan peta trekking. Pilihlah rute trekking yang biasa digunakan oleh orang lain walaupun di peta tersebut banyak rute alternatif yang tersedia. Jangan membuka rute baru yang belum Anda ketahui karena hal tersebut bisa beresiko terhadap keselamatan Anda beserta tim.

Hitung lama perjalanan

Hitunglah lama perjalanan yang diperlukan untuk melalui satu rute trekking. Anda bisa memperkirakannya bersama tim Anda. Dengan menghitung dan memperkirakan lama perjalanan yang akan Anda tempuh, Anda dapat memberitahukan kepada petugas setempat kapan Anda dan tim akan pergi dan kembali saat trekking.

Bawa bekal secukupnya

Setelah memperkirakan lama perjalanan, Anda bisa menyiapkan bekal makanan dan minuman. Membawa makanan dan minuman sangat diperlukan saat trekking dan hal ini dipengaruhi oleh perkiraan lama perjalanan yang telah Anda hitung. Untuk itu bawalah bekal secukupnya saja. Namun satu hal yang harus diingat, Anda harus pandai menghemat bekal Anda tersebut agar tidak kehabisan bekal di perjalanan. Makan dan minumlah sekucupnya saja agar Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan dengan tenaga yang mencukupi.

Amati cuaca

Cuaca juga menjadi salah satu faktor penentu saat trekking. Jangan melakukan trekking di saat cuaca buruk, seperti huja lebat atau badai karena bisa membahayakan. Anda bisa melihat ramalan cuaca atau bertanya kepada petugas setempat mengenai kapan waktu terbaik untuk trekking. Walaupun kelihatannya cuaca bagus saat trekking dimulai, jangan lupa untuk membawa jas hujan untuk berjaga-jaga karena cuaca saat ini tidak dapat diprediksi.

Perhatikan kondisi tubuh

Kondisi tubuh selalu menjadi hal terpenting untuk melakukan segala aktifitas. Kondisi tubuh yang fit akan ikut memudahkan Anda untuk melakukan trekking. Jagalah kondisi tubuh Anda sebelum maupun di saat trekking. Saat Anda merasa butuh beristirahat dalam perjalanan trekking, jangan sungkan untuk mengutarakannya kepada ketua tim agar berhenti sejenak.

Kenakan pakaian yang aman dan nyaman

Mengenakan pakaian yang aman dan nyaman juga penting untuk Anda perhatikan. Kenakanlah pakaian yang menyerap keringat dan memudahkan Anda untuk bergerak. Menyusuri hutan tentunya akan melewati rumput ilalang yang bisa saja melukai atau membuat kulit Anda gatal. Anda bisa mengenakan celana kargo yang ringan namun tetap melindungi. Kenakan pula sepatu yang cocok untuk trekking dan topi untuk melindungi Anda dari sengatan sinat matahari langsung.

Sumber : utiket.com