Rabu, 07 Agustus 2013

Tips Mencegah Mabuk Laut





Mabuk laut bisa terjadi pada siapa saja pada saat berada di atas kendaraan laut. Bagi traveler yang sering traveling dengan kapal laut pastinya sudah maklum akan hal itu. Sebenarnya mabuk laut bisa dicegah bukan hanya menggunakan obat anti mabuk perjalanan saja, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

Buat diri senyaman mungkin

Berada di atas kapal biasanya akan membuat traveler mabuk laut jika berada di dalam ruangan yang sempit dan tertutup atau berada di ruangan yang tekena sinar matahari langsung. Untuk itu carilah tempat terbuka dengan angin cukup tetapi tidak terkena matahari secara langsung. Memilih tempat duduk di dalam kapal pun bisa mencegah dari mabuk laut. Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh para ahli, di tengah kapal merupakan tempat yang paling baik karena tengah kapal merupakan titik yang paling seimbang.

Mengalihkan pandangan

Air laut yang bergelombang dan mengguncang kapal bisa membuat Anda merasa mual. Anda bisa memandangi langit agar tenang dan rileks. Memandangi langit sebagai pemandangan yang tak bergerak dan tenang akan membantu menyeimbangkan perasaan Anda selama di atas kapal. Bisa juga memandangi laut lepas dan menghirup udara segarnya untuk mengurangi rasa mual yang menghampiri saat berada di atas kapal.

Pilih makanan yang tepat

Jahe atau mint merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat merasakan mual di atas kapal karena kedua bahan tersebut bisa membantu mengurangi rasa mual yang Anda rasakan. Pilihlah makanan atau minuman yang mengandung kedua bahan tersebut. Bisa berupa permen, minyak aromaterapi ataupun wedang jahe.

Hindari bau menyengat

Berada di atas kapal membuat Anda bertemu dengan banyak orang. Dari sekian banyak orang tersebut bisa jadi orang yang berada di dekat Anda mengenakan parfum yang sangat menyengat. Hal tersebut bisa memicu mabuk laut. Untuk itu segera menghindar dan carilah tempat yang aman dari bau yang sangat menyengat tersebut.

Sumber : utiket.com