Selasa, 06 Agustus 2013

Tips Jika Tersesat di Luar negeri


Tersesat saat liburan mungkin Anda sudah sering mengalaminya. Namun jika tersesat saat liburan di negeri orang, yang bahkan Anda tidak menguasai bahasanya bisa menjadi masalah untuk Anda. Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda tersesat saat liburan di luar negeri? Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

Jangan panik


Meskipun Anda ketakutan dan kebingungan namun jangan terlalu memperlihatkan kepanikan Anda. Cobalah bertanya kepada warga lokal. Jika Anda tidak menguasai bahasanya, Anda bisa menggunakan bahasa isyarat atau bahasa Inggris yang umum digunakan di banyak tempat. Tanyakan dengan sopan. Jika Anda menjelaskan dengan sopan, warga lokal biasanya akan dengan senang hati membantu Anda.

Waspada

Amankan barang-barang bawaan Anda karena kejahatan bisa terjadi di mana saja. Untuk itu jaga sikap Anda agar tidak membuat Anda terlihat mencolok sehingga dimanfaatkan oleh orang-orang yang berniat jahat. Jangan keluarkan gadget atau dompet Anda di sembarang tempat. Perhatikan sekitar Anda sebelum mengeluarkannya.

Manfaatkan gadget Anda

Apa artinya smartphone Anda jika tidak bisa membantu Anda saat Anda tersesat di negara orang. Banyak aplikasi canggih yang bisa Anda manfaatkan di ponsel pintar Anda ini. Selain untuk menghubungi orang terdekat yang mungkin bisa membantu Anda, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti GPS atau dengan mengakses situs resmi pariwisata negara tersebut. Biasanya situs resmi pariwisata suatu negara dilengkapi dengan peta lengkap yang mudah dimengerti oleh para turis asing seperti Anda.

Cari kantor polisi terdekat

Mungkin ini susah bagi turis seperti Anda yang tidak menguasai daerah dan bahasa di tempat Anda berlibur. Ada cara yang bisa Anda lakukan jika memang sudah mendesak, yaitu mendatangi hotel terdekat. Biasanya staff hotel bisa menggunakan bahasa Inggris dan Anda bisa menanyakan dimana kantor polisi atau pelayanan umum terdekat yang bisa Anda datangi.

Catatan penting

Untuk Anda yang berlibur ke luar negeri, usahakan selalu membawa fotocopy  dokumen penting Anda seperti paspor ataupun kartu tanda pengenal lainnya sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dokumen itu akan memudahkan Anda.

Sumber : utiket.com