Rabu, 28 Agustus 2013

Serunya Bacpacking Bersama Buah Hati

Sumber: wolipopdetik.com

Liburan bersama anak dan keluarga tidak melulu harus merogoh kocek dalam. Anda bisa juga mengajak anak untuk berlibur ala backpacker. Selain bisa menumbuhkan jiwa kemandirian dan petualangan sejak dini untuk anak, liburan ala backpacker juga bisa memberikan pengalaman menarik yang sulit terlupakan untuk sang anak. Selain itu, hubungan Anda dan anak juga akan semakin dekat. Namun begitu tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membawa Anak berlibur ala backpacker, antara lain:

Buat Rencana Sematang-Matangnya


Susunlah rencana perjalanan Anda terlebih dahulu secara matang. Tentu saja Anda harus sedikit melibatkan anak. Tanyakan kepada anak apa yang diminati untuk liburan kali ini sehingga anak juga bisa menikmati acara liburan seru ala backpacker. Pilihlah tempat-tempat yang akan menarik minat anak seperti kebun binatang, taman hiburan, waterpark atau yang lainnya. Tetap komunikasikan dengan baik tujuan perjalanan liburan Anda dengan anak.

Cari Tempat Yang Ramah Untuk Anak

Selalu cari tempat destinasi wisata dan lingkungan tempat Anda menginap yang ramah untuk anak Anda. Mungkin Anda harus lebih selektif dalam hal ini karena Anda berbagi bersama anak maka Anda harus memilih lokasi tempat penginapan yang lingkungannya juga sesuai untuk anak. Hindari tempat-tempat yang dekat dengan lokasi hiburan malam ataupun bar.

Pentingkan Kualitas Daripada Kuantitas


Meskipun Anda sudah menyusun segala sesuatu untuk perjalanan Anda dengan si kecil, namun anda tetap harus ingat bahwa si kecil mungkin tidaklah sekuat Anda. Untuk itu janganlah terlalu banyak memilih tempat untuk liburan Anda. Lebih baik memilih sedikit tempat berlibur namun waktu yang dihabiskan di masing-masing tempat lebih lama dan berkualitas daripada harus berganti-ganti tempat terlalu banyak yang pastinya akan membuat si kecil terkuras tenaganya.

Bawa Barang Kesukaan Anak

Terkadang di perjalanan si kecil akan merasa bosan karena itu untuk mengusir rasa bosannya Anda perlu membawa benda-benda kesukaannya seperti mainan ataupun buku. Namun tetap ingat barang tersebut jangan sampai merepotkan perjalananan Anda dan jangan sampai tertinggal di jalan.

Bawa Persediaan Obat

Selalu bawa persediaan obat-obatan yang ada di rumah dan yang biasa dipakai karena di tempat tujuan belum tentu Anda menemukan obat yang sesuai dan yang sering Anda pakai.

Tetap Perhatikan Jam Istirahat Anak

Anda Anda bisa saja mempunyai ritme tubuh yang berbeda dengan Anda. Mungkin anak Anda sudah terbiasa tidur siang sehingga pada saat siang hari anak akan merasa ngantuk dan kurang bersemangat. Untuk itu tetap perhatikan  jam istirahat anak. Saat anak merasa capek dan ngantuk, gelarlah alas duduk di tempat yang teduh dan biarkan anak beristirahat.

Sumber : utiket.com