Jumat, 02 Agustus 2013

Sejarah Maskapai Garuda Indonesia

 
Sumber : KOMPAS.com

Garuda Indonesia merupakan maskapai nasional negara Indonesia. Garuda Indonesia sendiri telah ada sejak lama bahkan sebelum Indonesia merdeka tepatnya di tahun 1940an. Namun hari jadi maskapai ini jatuh pada tanggal 26 Januari 1949. Dulunya maskapai ini belum bernama Garuda tapi Indonesia Airways. Nama Garuda sendiri merupakan nama pemberian dari presiden pertama Indonesia yaitu Presiden Soekarno.

Pada tanggal 25 Desember 1949, Dr. Konijnenburg yang merupakan wakil KLM (Koninklijke Luchtvaart Maatschappij) sekaligus teman Presiden Soekarno melaporkan kepada Presiden Soekarno bahwa KLM yang awalnya merupakan perusahaan Belanda dimana Indonesia menanam sahamnya sebesar 51% berdasarkan keputusan Konferensi Meja Bundar (KMB) akan jatuh ke tangan Indonesia. Dr. Konijnenburg menemui Presiden Soekarno yang saat itu sedang berada di Yogyakarta untuk meminta nama perusahaan tersebut kepada Presiden Soekarno karena pesawat yang akan diterbangkan dari Yogyakarta menuju Jakarta akan dicatat sesuai dengan nama perusahaan.

Saat itu Presiden Soekarno memberi jawaban dengan mengutip salah satu baris dari sajak Belanda ciptaan pujangga terkenal yaitu Noto Soeroto pada zaman kolonial,”Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden”. Arti dari sajak tersebut yaitu aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi di atas kepulauanmu. Burung Garuda merupakan burung burung mitos dalam legenda pewayangan yang juga menjadi simbol Negara Indonesia.

Penerbangan bersejarah terjadi pada tanggal 28 Desember 1949 yaitu penerbangan pesawat DC-3 dengan registrasi PK-DPD milik KLM Interinsuilar. Penerbangan bersejarah itu membawa Presiden Soekarno dengan rute Yogyakarta-Jakarta untuk pelantikan sebagai presiden Republik Indonesia Serikat (RIS). Dengan nama baru, Garuda Indonesia Airways dan logo baru yang diberikan oleh Presiden Soekarno, maskapai tersebut mengudara dengan gagah hingga sekarang. Garuda Indonesia Airways juga merupakan perusahaan penerbangan pertama yang ada di Indonesia.


Sumber : utiket.com