Sabtu, 31 Agustus 2013

Pentingnya Vaksin Sebelum Liburan



Musim liburan akan segera tiba. Bagi Anda yang sudah mempunyai rencana traveling ke luar negeri tentu sudah mulai menyiapkan banyak hal, mulai dari mengurus visa dan dokumen penting lainya serta mencari-cari info atau bahkan sudah memesan tiket pesawat serta penginapan di sana. Namun ada hal lain yang juga penting untuk Anda lakukan sebelum pergi traveling terutama bagi Anda yang akan pergi ke luar negeri, yaitu terlebih dahulu Anda harus melakukan vaksinasi.

Vaksinasi ini penting sekali agar kesehatan Anda tetap terjaga selama liburan. Anda tentu tidak ingin merasakan sakit saat liburan. Selain waktu bersenang-senang Anda akan terganggu, sakit selama liburan bisa juga berakibat lebih fatal seperti kecacatan atau bahkan sampai kematian.

Saat traveling tak jarang Anda mengalami kelelahan sehingga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Belum lagi cuaca dan udara yang tidak sama dengan kota atau negara asal. Tubuh akan mengalami proses adaptasi. Dengan kondisi yang demikian itu tidak heran jika para traveler sering terserang penyakit. Bukan hanya penyakit sepele seperti diare dan masuk angin tapi justru penyakit berbahaya seperti hepatitis, tipes, rabies ataupun meningitis.

Setiap negara di dunia memiliki penyakit endemis yang bisa menyerang para traveler. Dari sekian banyak penyakit endemis, salah satunya yang berbahaya yaitu meningitis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang selaput otak dan sum-sum tulang belakang. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling banyak menyerang para traveler.

Untuk itu vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan penularan penyakit. Sangat penting untuk dilakukan meskipun Anda harus mengeluarkan biaya lebih namun itu tergolong murah jika dibandingkan dengan biaya pengobatan jika Anda terserang penyakit tersebut. Waktu yang tepat untuk melakukan vaksin adalah satu bulan sebelum keberangkatan karena vaksin sendiri bekerja dua minggu setelah disuntikkan. Vaksin tersebut akan aktif selama 3 tahun. Jadi selama itu Anda bisa terlindungi dari penyakit. Nah, jangan lupa ya sebelum liburan lakukan vaksinasi terlebih dahulu.

Sumber : utiket.com