Sabtu, 24 Agustus 2013

Pemandian Air Panas Ranopaso Manado



Tentang Pemandian Air Panas Ranopaso

Kontur tanah di Kabupaten Minahasa berupa tanah vulkanik yang memiliki potensi air panas melimpah. Hal tersebut menyebabkan Kabupaten Minahasa memiliki beberapa obyek wisata pemandian air panas, salah satunya Pemandian Air Panas Ranopaso. Obyek wisata yang satu ini berada di Desa Koya, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Propinsi Sulawesi Utara atau sekitar 30 km dari Kota Manado. Ranopaso merupakan kata dalam bahasa setempat yang berarti air panas.

Air panas di obyek wisata ini terbagi dalam berbagai kolam dengan beberapa ukuran yang dialirkan langsung dari sumber mata air panas yang berada tak jauh dari lokasi pemandian. Pihak pengelola juga menyediakan kamar mandi khusus yang dilengkapi dengan bath-up jika kita menginginkan berendam secara private. Air panas di pemandian ini mempunyai kandungan belerang yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Kita juga akan merasa nyaman dan rileks saat berendam di pemandian air panas ini sehingga akan membuat badan kita terasa lebih segar.

Selain menikmati segarnya Pemandian Air Panas Ranopaso, kita juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar pemandian yang indah dan sejuk serta masih asri. Jika merencanakan menginap di sekitar pemandian ini, banyak terdapat cottage dan bungalow yang bisa kita sewa untuk menginap dengan harga terjangkau.


Akses ke Pemandian Air Panas Ranopaso

Dari Kota Manado kita bisa menggunakan kendaraan umum menuju Pemandian Air Panas Ranopaso yang berada di Kota Tondano dengan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Sumber : utiket.com