Jumat, 23 Agustus 2013

Pantai Watu Maladong Tambolaka



Tentang Pantai Watu Maladong

Indonesia memang kaya akan budaya maupun wisata alamnya. Salah satu obyek wisata yang cukup indah yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Watu Maladong. Pantai Watu Maladong adalah sebuah pantai yang masih nampak alami dengan suasana dan pemandangan alamnya yang sungguh luar biasa. Pantai ini menawarkan keindahan alam berupa beberapa gugusan batu karang raksasa. Pantai ini terletak di Desa Panenggo Ede, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau sekitar 57 kilometer dari pusat kota Tambolaka.

Pantai ini tergolong masih cukup alami. Tebing-tebing batu karang yang tinggi dan besar banyak menghiasi di pinggir pantai ini, menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk aktivitas memanjat tebing. Plus ada satu keunikan lagi yang terdapat di pantai ini, yakni adanya sebuah batu karang yang cukup besar yang bentuknya menyerupai rumah adat Sumba dengan empat tiang penyangga dan memiliki celah di bawahnya.

Belum tersedia fasilitas umum seperti kafé, taman bermain maupun hotel di kawasan ini. Hal ini menjadikannya benar-benar sebuah obyek wisata dengan nuansa yang cukup alami. Terlebih lagi dengan adanya batu-batu karang raksasa yang tidak semua kawasan pantai memilikinya. Dan bila Anda ingin berjalan-jalan di kawasan pantai ini dengan telanjang kaki pun Anda tidak perlu khawatir kaki Anda akan terluka karena pantai ini memiliki pasir pantai yang cukup lembut teksturnya dan berwana sedikit coklat keabu-abuan. Terdapat juga beberapa sudut di pantai ini yang sangat cocok dijadikan tempat bersantai sembari menunggu pemandangan matahari terbenam. Bila Anda mau, Anda juga bisa berenang di tempat ini.

Akses ke Pantai Watu Maladong

Jika ingin berkunjung ke Pantai Watu Maladong, Anda bisa menggunakan pesawat dengan rute ke Tambolaka. Dari Bandara Tambolaka, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan. Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan mini bus yang menuju ke Walandimu. Sesampainya di Walandimu, perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek hingga ke Pantai Watu Maladong. Letak pantai ini lumayan terpencil sehingga tidak ada angkutan umum yang melayani tujuan hingga ke pantai ini.

Sumber : utiket.com