Sabtu, 03 Agustus 2013

Berlibur Saat Lebaran

Idul Fitri 1434 H

Libur lebaran akan segera tiba. Saatnya berkumpul bersama keluarga tercinta. Berwisata ke obyek wisata favorit di kota Anda bersama keluarga besar pasti menjadi momen yang menyenangkan. Sayangnya hampir semua tempat wisata penuh sesak. Namun tetap ada cara untuk menikmati momen liburan Anda bersama keluarga di hari istimewa. Berikut beberapa tipsnya:

Tentukan obyek wisata

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali yaitu memilih obyek wisata yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Fokuskan kepada satu tempat wisata saja. Jangan berencana untuk mengunjungi beberapa tempat wisata dalam satu hari karena waktu Anda pasti akan habis di jalan. Pilihlah obyek wisata yang luas, yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga seperti agrowisata, kebun binatang, pantai atau waterpark. Perhatikan juga biaya masuk. Biasanya hampir semua obyek wisata menaikan tiket masuk saat momen lebaran.

Alat transportasi

Jika Anda membawa mobil pribadi pasti tidak akan terlalu merepotkan. Yang harus Anda perhatikan hanyalah mempelajari rute menuju ke tempat wisata. Hindari rute-rute yang rawan kemacetan. Namun jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, ada baiknya Anda memilih untuk menyewa mobil daripada menggunakan transportasi umum lainnya. Selain lebih hemat, mengingat Anda bersama banyak orang juga akan lebih nyaman.

Datanglah lebih pagi

Di liburan lebaran tentu wisatawan akan meningkat tajam. Untuk itu datanglah sedini mungkin agar Anda tidak direpotkan dengan antrian tiket masuk wisata yang panjang. Jika perlu datang di saat obyek wisata belum buka.

Bawa makanan dan minuman

Tempat makan mungkin tersedia di tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Namun pada jam-jam makan siang pasti akan sangat ramai sekali. Biasanya pedagang-pedagang makanan pun akan menaikkan harga makanan jauh lebih mahal dari harga normal di musim liburan. Siapkan bekal dari rumah. Jika perlu bawalah tikar sehingga Anda bisa menikmati santap siang bersama keluarga. Momen seperti ini tentu akan terasa lebih menyenangkan.

Bawalah perlengkapan lainnya

Bawalah perlengkapan yang sekiranya akan dibutuhkan selama di perjalanan dan di obyek wisata, seperti jaket, payung, topi dll. Namun yang paling penting untuk Anda bawa adalah perlengkapan obat-obatan. Ini akan sangat membantu Anda saat terjadi hal-hal darurat.

Bawa uang tunai

Atm dan kartu kredit mungkin akan membuat hidup Anda lebih praktis. Hanya saja di tempat wisata bisa jadi antrean ATM juga akan panjang mengingat ini adalah momen liburan lebaran. Tidak semua hal bisa dibayar menggunakan kartu kredit, contohnya bayar parkir. Untuk itu sebaiknya Anda tetap menyiapkan uang tunai. Perhitungkan berapa kira-kira biaya yang Anda butuhkan untuk liburan kali ini agar Anda tidak berlebihan membawa uang tunai. Bawalah uang secukupnya.

Abadikan momen

Liburan bersama keluarga besar Anda pasti menjadi momen yang langka. Banyak momen-momen indah yang terjadi. Jangan lupa untuk selalu mengabadikan berbagai momen berharga Anda bersama keluarga. Anda bisa membawa kamera atau handycam untuk mengabadikannya.

Sumber : utiket.com