Senin, 19 Agustus 2013

Asyiknya Liburan di Taman Nasional




Di Indonesia terdapat bermacam-macam taman nasional yang bisa dijadikan sebagai tempat berlibur. Selain menikmati keindahan alamnya, berada di taman nasional juga bisa berlibur sambil belajar karena di beberapa taman nasional yang ada menyediakan tempat sebagai tempat konservasi. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum berlibur ke taman nasional agar liburan Anda tetap mengasyikkan. Simak beberapa hal berikut ini:

Surat Izin

Di taman nasional yang tidak digunakan sebagai kawasan konservasi, Anda bisa memasukinya dengan mudah. Hanya dengan membeli tiket masuknya saja Anda sudah bisa menikmati sajian taman nasional. Namun tidak begitu dengan taman nasional yang menjadi kawasan konservasi. Anda memerlukan surat izin masuk kawasan konservasi atau yang biasa disebut dengan Simaksi untuk memasuki taman nasional yang digunakan sebagai kawasan konservasi. Carilah info data apa saja yang dibutuhkan agar Anda bisa mendapatkan Simaksi tersebut.

Patuhi Peraturan

Di setiap lokasi obyek wisata biasanya terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung. Begitu juga dengan taman nasional. Anda bisa membaca peraturan berkunjung ke taman nasional dan jangan sekali-sekali mengabaikannya. Jika Anda ingin melakukan trekking di sini maka pilihlah rute trek yang telah ada. Jangan membuat rute baru karena bisa membuat Anda tersesat. Jika ingin berkemah di tempat ini pula maka dirikanlah tenda di tempat yang telah ditentukan.

Minta Bantuan Petugas

Di taman nasional biasanya terdapat polisi hutan yang disebut dengan ranger. Jika Anda merasa membutuhkan bantuannya selama berada di taman nasional, jangan malu untuk meminta bantuan ranger. Ranger ini bertugas untuk memberi petunjuk jalan dan menjelaskan semua yang berada di dalam kawasan taman nasional.

Jaga Kelestarian  dan Kebersihan Taman Nasional

Taman nasional selalu identik dengan alam. Untuk itu Anda harus bisa menjaga kelestarian alam di taman nasional saat Anda berlibur ke sini. Jangan sembarangan memetik daun ataupun bunga yang ada di sini. Jika melihat hewan yang sedang berkeliaran juga jangan diganggu. Satu hal yang tak kalah pentingnya juga adalah jangan membuang sampah sembarangan saat berlibur di taman nasional. Siapkan kantong plastik untuk membuang sampah agar Anda tidak kebingungan saat tidak menemukan tempat sampah. Kelestarian dan kebersihan taman nasional menjadi hal yang harus Anda perhatikan saat berlibur ke obyek wisata yang satu ini.

Sumber : utiket.com