Senin, 12 Agustus 2013

Agar Terhindar dari Mabuk Perjalanan



Mabuk perjalanan menjadi salah satu ketidak nyamanan saat melakukan traveling apalagi di saat melakukan perjalanan jarak jauh dan lama baik itu menggunakan kendaraan darat, laut maupun udara. Perjalanan akan menjadi terganggu di saat Anda merasa pusing, mual dan muntah yang menyebabkan tubuh anda akan menjadi lemas. Banyak faktor yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan seperti badan yang kurang fit, bau-bauan yang menyengat, sirkulasi udara dalam kendaraan yang buruk  ataupun suspensi kendaraan. Walaupun demikian ada beberapa cara agar terhindar dari mabuk perjalanan, seperti :

Makan dan minum yang cukup
Perut yang kosong bisa menjadi salah satu pemicu mabuk kendaraan. Untuk itu usahakan untuk makan dan minum yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Namun jangan sampai terlalu kenyang karena hal tersebut hanya akan membuat anda merasa tak nyaman saat di kendaraan. Pilihlah makanan dan minuman yang tidak mengandung banyak minyak, asam serta tinggi lemak.

Pilih tempat duduk yang nyaman
Pemilihan tempat duduk juga sangat berpengaruh terhadap mabuk perjalanan. Hal tersebut berkaitan dengan banyaknya orang yang menggunakan jasa kendaraan yang anda tumpangi. Jika anda menggunakan kendaraan darat, cobalah untuk memilih tempat duduk yang berada di dekat sopir ataupun memilih kursi depan lainnya. Jika menggunakan kendaraan laut cobalah cari tempat dimana anda bisa memandang ke arah laut lepas. Dan jika menggunakan pesawat maka pilihlah tempat duduk yang berada di dekat sayap atau jendela.

Minumlah obat anti mabuk
Saat ini sudah banyak tersedia obat anti mabuk yang dijual bebas di toko-toko obat. Anda bisa meminumnya sebelum kendaraan berjalan jika anda merupakan orang yang sering mengalami mabuk perjalanan. Mengoleskan minyak kayu putih di perut anda juga efektif untuk membantu menghindari mabuk perjalanan. Bagi anda yang jarang mengalami mabuk perjalanan, ada baiknya tetap membawa obat anti mabuk untuk berjaga-jaga.

Perhatikan sirkulasi udara

Selama dalam perjalanan, perhatikan sirkulasi udara kendaraan yang anda tumpangi. Jika naik pesawat bisa dipastikan tidak ada orang yang merokok. Namun jika anda naik kendaraan darat atau laut maka menjauhlah dari orang yang merokok agar tidak memicu mabuk kendaraan pada diri anda.

Hindari untuk membaca buku
Membaca buku selama perjalanan dalam kendaraan yang anda tumpangi akan membuat otak anda bekerja lebih keras untuk merespon berbagai gerakan yang terjadi seperti gerakan mata saat membaca buku dan gerakan badan yang diakibatkan oleh guncangan kendaraan. Alihkan pandangan anda jauh keluar agar anda tidak merasa pusing. Karena dengan membaca maka pandangan anda hanya akan tertuju pada obyek yang terlalu dekat dan dapat membuat anda pusing.

Sumber : utiket.com