Kamis, 29 Agustus 2013

Tips Berlibur Menggunakan Kereta Api


Mau kemana liburan kali ini? Tentunya hal itu selalu menjadi pertanyaan saat musim liburan tiba. Ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk menentukan liburan Anda, salah satunya adalah transportasi. Transportasi memang menjadi sarana penting dalam berlibur. Jika liburan kali ini Anda memutuskan untuk berlibur menggunakan kereta api, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini :

Pesan tiket lebih awal

Jika memang merencanakan berlibur menggunakan kereta api, usahakan untuk memesan tiketnya jauh hari sebelum hari keberangkatan Anda untuk berlibur. Hal ini untuk menghindari kehabisan tiket karena kereta api sekarang mempunyai banyak peminat apalagi sudah didukung dengan fasilitas pemesanan tiket secara online.

Pilih jadwal kereta api

Pemilihan jadwal kereta api juga akan mempengaruhi ketersediaan tiket. Pilihlah jadwal kereta api di luar hari Jumat sore atau Senin pagi karena biasanya pada kedua hari tersebut tiket kereta api sudah banyak dipesan atau bahkan sudah habis terjual.

Bawa barang seperlunya

Bawalah barang seperlunya saja agar tidak merepotkan Anda sendiri saat berada di kereta api. Obat-obatan juga bisa Anda bawa untuk berjaga-jaga selama di perjalanan. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas diri dan beberapa uang tunai. Simpan di tempat yang aman namun tetap mudah untuk Anda ambil bila sewaktu-waktu diperlukan.

Selalu waspada

Anda tidak pernah tahu siapa yang ada di samping Anda. Untuk itu selalu waspadalah setiap saat. Taruhlah barang bawaan Anda di tempat yang selalu terjangkau oleh pengawasan Anda. Apalagi jika Anda membawa barang-barang berharga. Simpanlah di tempat yang aman. Waspada juga jika Anda mengenakan perhiasan. Jangan berlebihan dalam memakainya karena hanya akan memancing tindak kejahatan.

Hati-hati

Berhati-hatilah saat akan naik kereta api, selama di kereta api maupun saat akan turun. Jangan berdesak-desakan untuk melewati satu pintu. Anda bisa menggunakan pintu lain yang telah terbuka. Utamakan untuk mendahulukan penumpang wanita, anak-anak dan orang tua. Jika Anda berhenti di stasiun dimana kereta api tersebut mengangkut penumpang baru, sebaiknya Anda memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada para penumpang akan naik.

Sumber : utiket.com