Kamis, 29 Agustus 2013

Sejarah Citilink

Citilink merupakan salah satu maskapai dengan penerbangan berbiaya rendah yang ada di Indonesia.  Namun berbeda dengan maskapai berbiaya rendah lainnya yang cenderung mengabaikan pelayanan dan keamanan, Citilink tetap memprioritaskan hal tersebut sekalipun penumpang bisa terbang dengan harga terjangkau. Citilink merupakan salah satu Unit Bisnis Strategis dari maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, yaitu Garuda Indonesia. Dengan kata lain, maskapai Citilink merupakan salah satu anak perusahaan Garuda Indonesia.

Citilink didirikan pada tahun 2001 dengan nama PT. Citilink Indonesia. Awal beroperasi, Citilink menggunakan pesawat yang sebelumnya pernah dipakai oleh Garuda Indonesia yaitu Fokker 28 yang saat itu hanya berjumlah lima pesawat. Namun perjalanan Citilink pernah terhenti pada Januari tahun 2008. Saat itu Citilink menghentikan operasinya guna memperbaiki dan mempersiapkan konsep layanan terbaru. Waktu vakum Citilink tidaklah lama. Pada bulan September 2008, Citilink kembali terbang dengan konsep yang lebih matang.



Citilink terus mengembangkan konsepnya dengan komitmen menjadi maskapai penerbangan terdepan di kelas low cost carrier. Citilink selalu meningkatkan mutu pelayanannya kepada penumpang dengan menjaga ketepatan waktu serta memudahkan sistem pembayaran yang bisa dilakukan melalui atm bersama. Citilink juga mempunyai slogan Low Fares Everyday yang menegaskan bahwa Citilink merupakan maskapai berbiaya rendah dengan kualitas yang juga berkelas. Kini Citilink tampil lagi lebih fresh dengan livery hijau putih yang terpasang di maskapinya. Selain itu Citilink juga mengganti interior maskapai. Tampaknya Citilink akan membidik segmen pasar remaja dengan menggaet grup band Nidji sebagai brand ambassadornya.

Saat ini Citilink beroperasi dengan menggunakan 29 pesawat yang terdiri dari 22 pesawat Airbus A320 dan tujuh pesawat Boeing 737 untuk melayani 70 rute penerbangan domestik dan enambelas rute penerbangan regional di Indonesia. Kabarnya, hingga tahun 2015 nanti Citilink akan menambah lagi sejumlah armada baru sehingga memiliki total sebanyak 50 pesawat dan juga berencana menambah rute luar negeri guna menambah pelayanan bagi penumpangnya. Citilink selalu berusaha memberikan pengalaman terbang yang nyaman dan terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat.

Sumber : utiket.com